Sarjana Teknik: Mendalami Beragam Bidang Teknik dan Variasi Internasional

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

07 Mei 2024, 08.29

Sumber: Wikipedia

Bachelor of Engineering (BE atau BEng) atau Bachelor of Science in Engineering (BSE atau BSc Engg) atau AMIE (Sec:A&B) adalah gelar akademik sarjana yang diberikan kepada lulusan perguruan tinggi yang mengambil jurusan teknik di lembaga pendidikan tinggi.

Di Inggris, program gelar Sarjana Teknik diakreditasi oleh salah satu lembaga teknik profesional Engineering Council yang sesuai untuk pendaftaran sebagai insinyur berbadan hukum atau insinyur sewaan dengan studi lanjutan ke tingkat master. Di Kanada, gelar dari universitas Kanada dapat diakreditasi oleh Dewan Akreditasi Teknik Kanada (CEAB). Atau, gelar tersebut dapat diakreditasi langsung oleh lembaga teknik profesional lainnya, seperti Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) yang berbasis di Amerika Serikat. Sarjana Teknik berkontribusi pada rute menuju insinyur chartered (Inggris), insinyur terdaftar atau insinyur profesional berlisensi dan telah disetujui oleh perwakilan profesi. Demikian pula Sarjana Teknik (BE) dan Sarjana Teknologi (B.Tech) di India diakreditasi oleh All India Council for Technical Education. Sebagian besar universitas di Amerika Serikat dan Eropa memberikan gelar sarjana di bidang teknik dengan berbagai nama.

Variasi yang kurang umum dan mungkin merupakan variasi tertua dari gelar ini di dunia berbahasa Inggris adalah Baccalaureus in Arte Ingeniaria (B.A.I.), sebuah nama Latin yang berarti Sarjana dalam Seni Teknik  Di sini, Baccalaureus in Arte Ingeniaria menyiratkan keunggulan dalam menjalankan 'seni' atau 'fungsi' seorang insinyur. Beberapa universitas di Afrika Selatan menyebut gelar teknik mereka sebagai B.Ing (Baccalaureus Ingenieurswese, dalam bahasa Afrika).

Bidang teknik

Gelar Bachelor of Engineering biasanya diambil dalam satu bidang teknik, yang terkadang dicatat dalam gelar postnominal, seperti B.E., B.AE. (Aero), atau B.Eng (Elec). Bidang yang umum untuk gelar Bachelor of Engineering meliputi bidang-bidang berikut:

  • Teknik Kedirgantaraan

  • Teknik Pertanian

  • Teknik Arsitektur

  • Teknik Otomotif

  • Teknik Biologi - termasuk Biokimia, Biomedis, Biosistem dan Biomolekuler

  • Teknik Kimia - berhubungan dengan proses mengubah bahan mentah atau bahan kimia menjadi bentuk yang lebih berguna atau bernilai

  • Teknologi Bersih - menggunakan energi, air, dan bahan mentah serta input lainnya secara lebih efisien dan produktif. Menghasilkan lebih sedikit limbah atau toksisitas dan memberikan kinerja yang sama atau lebih unggul.

  • Teknik Komputer

  • Ilmu dan Teknik Komputer

  • Teknik Sipil - bidang yang sangat luas, termasuk teknik bangunan, teknik sipil, teknik konstruksi, teknik industri, manufaktur, mekanik, material, dan kontrol

  • Teknik Elektro dan Komputer/Teknik Elektronika - bidang yang sangat beragam, termasuk Teknik Komputer, Teknik Komunikasi/Sistem Komunikasi, Teknologi Informasi, Teknik Elektro, Teknik Elektronika, Teknik Mikroelektronika, Teknik Mikroelektronika, Nanoteknologi, Mekatronika, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem, Nirkabel dan Telekomunikasi, Fotovoltaik, dan Teknik Tenaga

  • Teknik Kontrol - subbidang yang relatif baru dan lebih terspesialisasi dalam Teknik Elektro yang berfokus pada pengintegrasian Kontrol Elektro dan pemrogramannya.

  • Manajemen Teknik - penerapan prinsip-prinsip teknik pada perencanaan dan manajemen operasional operasi industri dan manufaktur

  • Teknik Lingkungan - mencakup bidang-bidang seperti Teknik Lingkungan, Geologi, Geomatika, Pertambangan, Kelautan dan Kelautan

  • Teknik Proteksi Kebakaran - penerapan prinsip-prinsip sains dan teknik untuk melindungi manusia dan lingkungannya dari dampak destruktif api dan asap.

  • Teknik Geologi - disiplin gabungan yang terdiri dari elemen-elemen teknik sipil, teknik pertambangan, teknik perminyakan, dan ilmu kebumian.

  • Teknik Geomatika - akuisisi, analisis pemodelan, dan pengelolaan data spasial. Berfokus pada penentuan posisi satelit, penginderaan jauh, survei tanah, lokasi nirkabel dan Sistem Informasi Geografis (SIG).

  • Teknik Geoteknik - kombinasi dari teknik sipil dan pertambangan dan melibatkan analisis material bumi.

  • Teknik Informasi - sama dengan Teknologi Informasi.

  • Teknik Industri - mempelajari perencanaan fasilitas, tata letak pabrik, pengukuran kerja, desain pekerjaan, rekayasa metode, faktor manusia, proses manufaktur, manajemen operasi, kontrol kualitas statistik, sistem, psikologi dan manajemen operasi dasar

  • Teknik Instrumentasi - cabang teknik yang berurusan dengan pengukuran

  • Teknik Terpadu - program gelar teknik multi-disiplin yang berbasis proyek desain.

  • Teknik Kulit - jenis kimia terapan yang berbasis pada kulit dan aplikasinya.

  • Teknik Manufaktur: Mencakup rekayasa metode, perencanaan proses manufaktur, desain alat, metrologi, Robotika, Manufaktur terintegrasi komputer, manajemen operasi dan manajemen manufaktur

  • Teknik Material - mencakup metalurgi, polimer dan teknik keramik

  • Teknik Kelautan - mencakup teknik perahu, kapal, anjungan minyak, dan kapal atau struktur kelautan lainnya, serta teknik oseanografi. Secara khusus, teknik kelautan adalah disiplin ilmu yang menerapkan ilmu teknik, termasuk teknik mesin, teknik elektro, teknik elektronik]] dan ilmu komputer, untuk pengembangan, desain, operasi dan pemeliharaan propulsi kapal dan sistem di dalam kapal serta teknologi oseanografi. Ini termasuk tetapi tidak terbatas pada pembangkit listrik dan penggerak, mesin, perpipaan, otomasi, dan sistem kontrol untuk kendaraan laut dalam bentuk apa pun, seperti kapal permukaan dan kapal selam.

  • Teknik Mesin - mencakup rekayasa sistem total di mana prinsip-prinsip ilmu mesin diterapkan pada objek yang bergerak termasuk transportasi, energi, bangunan, kedirgantaraan, dan desain mesin. Mengeksplorasi aplikasi bidang teori Mekanika, kinematika, termodinamika, ilmu material, analisis struktur, manufaktur dan listrik

  • Teknik Mekatronika - mencakup kombinasi teknik mesin, teknik elektro, teknik telekomunikasi, teknik kontrol dan teknik komputer

  • Teknik Pertambangan - berhubungan dengan penemuan, ekstraksi, manfaat, pemasaran dan pemanfaatan deposit mineral.

  • Teknik Nuklir - biasanya mencakup fisi nuklir, fusi nuklir, dan topik-topik terkait seperti transportasi panas/termodinamika, bahan bakar nuklir atau teknologi terkait lainnya (mis., pembuangan limbah radioaktif) dan masalah proliferasi nuklir. Dapat juga mencakup proteksi radiasi, detektor partikel dan fisika medis.

  • Teknik Perminyakan - bidang teknik yang berkaitan dengan kegiatan yang berhubungan dengan eksplorasi dan produksi hidrokarbon dari bawah permukaan bumi.

  • Teknik Plastik - Bidang yang sangat luas yang mencakup pemrosesan plastik, perancangan cetakan...

  • Rekayasa Proses - pemahaman dan penerapan prinsip-prinsip dasar dan hukum alam yang memungkinkan manusia mengubah bahan mentah dan energi menjadi produk yang berguna bagi masyarakat, pada tingkat industri.

  • Teknik Produksi - istilah yang digunakan di Inggris dan Eropa yang mirip dengan Teknik Industri di Amerika Utara. Ini mencakup rekayasa mesin, manusia, proses, dan manajemen. Mengeksplorasi aplikasi dari bidang teori Mekanika.

  • Teknik Tekstil - berdasarkan pada konversi tiga jenis serat menjadi benang, kemudian kain, lalu tekstil

  • Teknik Robotika dan Otomasi - mengaitkan semua bidang teknik untuk implementasi dalam robotika dan otomasi

  • Teknik Struktural - menganalisis, merancang, merencanakan, dan meneliti komponen, sistem, dan beban struktural, untuk mencapai tujuan desain termasuk struktur berisiko tinggi untuk memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna atau penghuni dalam berbagai bidang spesialisasi.

  • Rekayasa Perangkat Lunak - aplikasi sistematis dari pengetahuan ilmiah dan teknologi, metode dan pengalaman untuk desain, implementasi, pengujian dan dokumentasi perangkat lunak

  • Rekayasa Sistem - berfokus pada analisis, desain, pengembangan, dan pengorganisasian sistem yang kompleks

Variasi internasional

Australia

Di Australia, Bachelor of Engineering (BE atau BEng - tergantung pada institusinya) adalah program gelar sarjana empat tahun dan kualifikasi profesional.

Gelar "insinyur" tidak dilindungi di Australia, oleh karena itu siapa pun dapat mengaku sebagai insinyur dan berpraktik tanpa kompetensi yang diperlukan, pemahaman tentang standar, atau kepatuhan terhadap kode etik. Industri ini telah berusaha mengatasi kurangnya perlindungan gelar melalui program chartership (CPEng), registrasi nasional (NER), dan berbagai program registrasi negara bagian (RPEQ) yang biasanya diperoleh setelah beberapa tahun praktik profesional.

Kanada

Di Kanada, gelar yang diberikan untuk studi teknik sarjana meliputi Sarjana Teknik (B.Eng. atau B.E., tergantung pada institusinya); Baccalauréat en génie (B.Ing., setara dengan B.Eng. dalam bahasa Prancis; kadang-kadang disebut sebagai Baccalauréat en ingénierie); Sarjana Sains Terapan (B.A.Sc.); dan Sarjana Sains di bidang Teknik (B.Sc.Eng.).

Dewan Akreditasi Teknik Kanada (CEAB), sebuah divisi dari Engineers Canada, menetapkan dan mempertahankan standar akreditasi di antara program-program sarjana teknik Kanada. Lulusan dari program-program tersebut dianggap oleh profesi memiliki kualifikasi akademis yang diperlukan untuk mendapatkan lisensi sebagai insinyur profesional di Kanada. Praktik ini dimaksudkan untuk mempertahankan standar pendidikan dan memungkinkan mobilitas insinyur di berbagai provinsi di Kanada.

Gelar terakreditasi CEAB adalah persyaratan akademis minimum untuk pendaftaran sebagai insinyur profesional di mana pun di negara ini dan standar yang digunakan untuk mengukur semua kualifikasi akademis teknik lainnya. Lulus dari program terakreditasi, yang biasanya melibatkan empat tahun studi, merupakan langkah pertama yang diperlukan untuk menjadi insinyur profesional. Regulasi dan akreditasi dilakukan melalui badan yang mengatur dirinya sendiri (namanya bervariasi dari satu provinsi ke provinsi lainnya), yang diberi kekuasaan oleh undang-undang untuk mendaftarkan dan mendisiplinkan para insinyur, serta mengatur bidang keinsinyuran di masing-masing provinsi.

Lulusan dari program yang tidak terakreditasi CEAB harus menunjukkan bahwa pendidikan mereka setidaknya setara dengan lulusan program yang terakreditasi CEAB.

Nigeria

Di Nigeria, Bachelor of Engineering (B.Eng) adalah program gelar profesional sarjana selama lima tahun.

Gelar "Insinyur" atau "Engr" dilindungi di Nigeria, sehingga tidak mungkin seseorang disebut secara resmi sebagai insinyur, jika bukan insinyur bersertifikat.

Sertifikasi datang dengan pendaftaran dan akreditasi oleh Dewan untuk Peraturan Teknik di Nigeria (COREN). Ini adalah badan pengatur yang mengatur praktik keinsinyuran di Nigeria.

Keanggotaan diperlukan untuk mempraktikkan teknik secara mandiri. Ini adalah persyaratan untuk beberapa perusahaan teknik dan wajib untuk kontrak pemerintah.

Disadur dari: en.wikipedia.org