Melangkah Menuju Masa Depan Energi: Program Sarjana Teknik Perminyakan sebagai Jalur Sukses dalam Industri Energi

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

22 Juni 2024, 11.46

Sumber: pinterest

Deskripsi

Banyak yang mengatakan bahwa cadangan minyak bumi Indonesia akan habis dalam 20 tahun mendatang. Namun, tahukah Anda bahwa pernyataan ini tidak sepenuhnya benar? Para dosen TM tahun 70-an dan 90-an, yang memiliki pengetahuan dan pengalaman di bidang ini, juga menyatakan hal yang sama. Selain itu, data dari BP MIGAS menyatakan bahwa cadangan minyak bumi diperkirakan akan bertahan selama itu. Mengapa demikian, meskipun minyak bumi diekstraksi dari kerak bumi, mengapa cadangannya tetap konstan? Hal ini karena cadangan minyak bumi dapat berubah seiring dengan ditemukannya cadangan baru. Anda mungkin pernah mendengar bahwa minyak bumi terbentuk dari sisa-sisa organisme mikroskopis yang telah tertimbun selama ribuan tahun di bawah permukaan bumi. Selama ada organisme hidup yang mati dan sisa-sisanya diendapkan, mereka akan terus mengalami proses alami dan berubah menjadi minyak bumi. Dapat dikatakan bahwa minyak bumi merupakan salah satu bentuk energi terbarukan, namun karena proses pembentukannya membutuhkan waktu yang lama, minyak bumi sering dikategorikan sebagai energi yang tidak dapat diperbaharui.

Topik penelitian

Belajar di TM berarti belajar tentang minyak bumi, gas alam, dan panas bumi. Ketiga sumber daya alam ini secara kolektif dikenal sebagai hidrokarbon, dengan hidrogen dan karbon sebagai komponen utamanya. Dalam program studi ini, kamu akan mempelajari aspek-aspek penting seperti reservoir, pengeboran, produksi, fasilitas permukaan, dan manajemen lapangan yang komprehensif. Jangan khawatir jika istilah-istilah ini terdengar asing; Anda akan mempelajarinya secara mendetail.

Reservoir adalah lokasi di bawah permukaan di mana hidrokarbon terperangkap di dalam pori-pori batuan dan melekat pada permukaan batuan. Pengeboran adalah membuat lubang dari permukaan untuk mencapai batuan yang mengandung hidrokarbon. Produksi melibatkan aliran hidrokarbon dari reservoir ke permukaan. Setelah mencapai permukaan, hidrokarbon diangkut ke fasilitas permukaan, termasuk pemisah yang memisahkan minyak, air, dan gas. Setelah itu, hidrokarbon disimpan di tangki penyimpanan primer sebelum diangkut ke kilang untuk diproses lebih lanjut. Kamu juga akan mempelajari aspek ekonomi dan manajemen dari pengelolaan ladang minyak.

Berminat untuk berkuliah di Program Studi Teknik Perminyakan (TM) ITB? Persiapkan dirimu untuk pengalaman belajar yang menyenangkan dan menantang! Program Studi Teknik Perminyakan (TM) melibatkan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi yang berkaitan dengan hidrokarbon, yang mencakup berbagai bidang ilmu. Kamu akan mengambil mata kuliah dari program studi lain seperti Teknik Geologi, Teknik Geofisika, Teknik Elektro, Matematika, Fisika, Kimia, dan Teknik Komputer. Tidak hanya itu, karena kamu akan bekerja di daerah terpencil di tengah-tengah masyarakat, mengambil mata kuliah dari jurusan Sosio-Teknologi (SOSTEK), seperti Psikologi Sosial, Teknik Semiotika, Komunikasi, dan Antropologi, sangat disarankan. Hal ini akan memberikan dasar yang baik untuk berinteraksi dengan masyarakat sekitar.

Selain kegiatan akademik, Program Studi Teknik Perminyakan juga memfasilitasi kegiatan non-akademik mahasiswa melalui Perhimpunan Mahasiswa Teknik Perminyakan "PATRA", Himpunan Mahasiswa SPE, dan Himpunan Mahasiswa IATMI.

Indonesia memiliki potensi untuk meningkatkan cadangan minyak di masa depan. Hanya sekitar 30% dari cekungan minyak di Indonesia yang telah dieksplorasi. Banyak cekungan yang masih belum dieksplorasi karena berbagai faktor, seperti keterbatasan teknologi, lokasi yang jauh dari pantai, kurangnya studi nilai keekonomian, dan faktor regulasi yang berkaitan dengan bagi hasil antara pemerintah pusat dan daerah, insentif pajak, dan persentase produksi untuk kebutuhan dalam negeri.

Prospek karier

Setelah lulus, terdapat berbagai prospek karir yang menarik untuk dipilih oleh para alumni di perusahaan minyak nasional maupun asing seperti Pertamina, Medco, CNOOC SES, Exxon, Chevron, Total E&P, dan BP. Posisi di pemerintahan juga dapat menjadi pilihan, seperti di BP MIGAS atau Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral. Selain itu, ahli perminyakan juga dibutuhkan di sektor perbankan dan asuransi sebagai analis risiko untuk kredit dan klaim yang berkaitan dengan kegiatan eksploitasi minyak dan gas. Bagi Anda yang tertarik dengan bidang akademis, ada peluang untuk mendapatkan beasiswa di program pascasarjana PE kami dan di universitas-universitas luar negeri untuk melanjutkan studi di dalam maupun luar negeri dan menjadi peneliti atau dosen. Jika Anda memiliki jiwa wirausaha, banyak alumni kami yang memulai bisnis mereka di industri minyak dan gas setelah mendapatkan pengalaman kerja di perusahaan lain atau bahkan di bidang pendidikan, makanan dan minuman. Selain itu, hubungan antara Program Studi Teknik Perminyakan ITB dengan para alumninya sangat kuat, dengan banyaknya alumni yang mendukung program studi ini, menjadikannya program TM yang kuat

Sumber: itb.ac.id