Teknik Industri

Titik Temu antara Etika dan Hukum Teknik

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana pada 16 Mei 2024


Hukum keteknikan adalah studi tentang bagaimana etika keteknikan dan kerangka kerja hukum diadopsi untuk memastikan keselamatan publik seputar praktik keteknikan. Hukum California mendefinisikan rekayasa sebagai "praktik profesional dalam memberikan layanan atau pekerjaan kreatif yang membutuhkan pendidikan, pelatihan, dan pengalaman dalam ilmu teknik dan penerapan pengetahuan khusus tentang ilmu matematika, fisika, dan teknik dalam pekerjaan profesional atau kreatif seperti konsultasi, investigasi, evaluasi, perencanaan, atau desain utilitas publik atau swasta, struktur, mesin, proses, sirkuit, bangunan, peralatan, atau proyek, serta pengawasan konstruksi dengan tujuan untuk memastikan kepatuhan terhadap spesifikasi dan desain untuk pekerjaan tersebut."Sebagai perbandingan, hukum New York dan Ontario menggunakan kehidupan dan kesehatan dalam definisi mereka. Ontario mendefinisikan rekayasa sebagai "perencanaan, perancangan, penyusunan, evaluasi, pemberian saran, pelaporan, pengarahan atau pengawasan yang memerlukan penerapan prinsip-prinsip rekayasa dan menyangkut perlindungan kehidupan, kesehatan, properti, kepentingan ekonomi, kesejahteraan masyarakat atau lingkungan, atau pengelolaan tindakan semacam itu."

Hukum California menjadikan perlindungan publik sebagai hal yang terpenting. Maksud legislatifnya adalah bahwa perlindungan publik harus menjadi prioritas tertinggi Dewan Insinyur Profesional di California. Rekayasa adalah kegiatan yang terkendali di Amerika Utara. Praktik teknik sebagian besar dipisahkan dari praktik ilmuwan alam atau teknisi oleh hukum dan pendidikan teknik. Fisikawan semikonduktor dan insinyur listrik yang berpraktik di perusahaan besar terutama dibedakan oleh hukum tempat mereka berpraktik dan lisensi yang mereka bawa, yang memengaruhi pekerjaan yang menjadi tanggung jawab hukum mereka.

Hukum bervariasi dari satu negara bagian ke negara bagian lain, tetapi seorang insinyur kemungkinan harus bertanggung jawab secara hukum atas pekerjaan teknik. Kekebalan yang diberikan kepada orang yang tidak berlisensi (misalnya insinyur dalam pelatihan, ilmuwan atau teknisi) yang karyanya ditinjau dan disetujui oleh insinyur profesional berlisensi adalah mutlak. Insinyur memiliki standar hukum khusus untuk etika dan kinerja (lihat di bawah), sedangkan ilmuwan atau teknisi tidak. Pemerintah dan masyarakat mempercayai insinyur karena kualifikasi dan pengalaman mereka diatur oleh dewan insinyur dan mereka tunduk pada tindakan disipliner atas kesalahan atau kelalaian profesional, seperti denda atau penangguhan lisensi.

Kompetensi profesional

Di Amerika Utara, empat tahun pendidikan teknik dan empat tahun pengalaman profesional merupakan persyaratan umum sebelum mendapatkan lisensi sebagai insinyur. Pelatihan pembaruan selama 16-40 jam per tahun juga umumnya diperlukan agar seorang insinyur berlisensi dapat terus berpraktik, untuk memastikan bahwa mereka tetap mengikuti perkembangan keterampilan keras seperti kode, standar, dan teknologi yang relevan. Komunikasi teknik, manajemen teknik, dan keterampilan lunak lainnya juga merupakan pelatihan yang populer bagi para insinyur yang berpraktik.

Topik-topik utama

Area topik utama untuk hukum keinsinyuran adalah:

  • Etika teknik, kesalahan profesional, praktik yang lalai, kelalaian berat, dan kelalaian kriminal sering kali didefinisikan oleh hukum kasus dan undang-undang.
  • Perundang-undangan, standar, kode, dan peraturan keselamatan, yang mencakup keselamatan kereta api, keselamatan pabrik, manajemen risiko, kode kelistrikan, dan keamanan makanan.
  • Hukum gugatan merupakan bagian integral dari penetapan kesalahan dan ganti rugi setelah kegagalan teknik.
  • Hukum kontrak adalah dasar perjanjian untuk sebagian besar proyek rekayasa.
  • Hukum pertanggungjawaban produk untuk produk yang diproduksi mungkin merupakan kombinasi dari hukum gugatan dan undang-undang, tergantung pada yurisdiksinya.
  • Perlindungan kekayaan intelektual, yang mencakup paten, hak cipta, rahasia dagang, dan topografi sirkuit terpadu.

Maksud dari undang-undang teknik

Seorang insinyur yang berpraktik adalah ilegal jika membahayakan keselamatan publik dengan cara apa pun. Ini berarti bahwa seorang insinyur harus menjaga dirinya sendiri pada tingkat tertinggi dalam hal perilaku teknis dan moral yang masuk akal atau harus menghadapi tuntutan hukum jika suatu sistem rekayasa gagal sehingga membahayakan publik, termasuk teknisi pemeliharaan. Pelanggaran hukum keteknikan sering kali menjadi dasar yang cukup untuk melakukan tindakan penegakan hukum, yang dapat mencakup penangguhan atau hilangnya lisensi dan hukuman finansial. Hukuman tersebut juga dapat mencakup hukuman penjara, jika kelalaian berat terbukti berperan dalam hilangnya nyawa manusia.

Lisensi teknik memberikan jaminan kepada publik bahwa orang yang berkualifikasi melakukan atau mengawasi pekerjaan teknik. Pekerja atau manajer yang tidak berlisensi tidak memiliki tanggung jawab khusus, karena hal ini ditanggung oleh pemberi kerja melalui hukum gugatan atau undang-undang keteknikan, dan tidak ada otoritas pengawas untuk menegakkan praktik keteknikan yang baik yang diterapkan terkait dengan pekerjaan tersebut. Dalam kasus kelalaian berat, perusahaan teknik tidak dapat dianggap bertanggung jawab secara perwakilan atas pelanggaran yang dilakukan oleh seorang insinyur.

Komite disipliner

Hukum California menentukan proses disipliner oleh Dewan Insinyur Profesional, Surveyor Tanah, dan Ahli Geologi terhadap insinyur berlisensi yang telah melakukan penipuan, kesalahan penyajian, kelalaian, atau pelanggaran kontrak. Insinyur Profesional Ontario memiliki komite disipliner yang mendengar keluhan atas kesalahan profesional dan ketidakmampuan. [Komite disiplin dapat menangguhkan sertifikat otorisasi (lisensi perusahaan) untuk perusahaan teknik, lisensi teknik, atau mengeluarkan denda atas pelanggaran undang-undang teknik setempat untuk pelanggaran profesional, penipuan, kesalahan penyajian, kelalaian, atau pelanggaran kontrak.

Bertanggung jawab atas pekerjaan teknik (pengawasan dan pengawasan)

Ada pengecualian pengawasan untuk pekerjaan teknik di beberapa negara bagian atau provinsi. Karyawan yang tidak berlisensi boleh melakukan pekerjaan perekayasaan jika dilakukan di bawah pengawasan insinyur berlisensi dengan model pengawasan yang sesuai dan terdokumentasi.

Jika seorang insinyur akan bertanggung jawab secara hukum atas pekerjaan seorang insinyur dalam pelatihan, teknisi, atau ilmuwan alam, mereka harus mengikuti pekerjaan tersebut selama berlangsung (terutama masalah yang muncul), meninjau pekerjaan tersebut secara menyeluruh, dan memastikan bahwa pertimbangan yang memadai telah diberikan untuk pekerjaan tersebut. Selain itu, insinyur harus sepenuhnya menyadari semua tantangan dalam pekerjaan teknik, pengawasan atau desain. Insinyur harus terlibat langsung dalam semua solusi untuk tantangan dalam pekerjaan rekayasa. Insinyur memikul tanggung jawab hukum atas konsekuensi dari kesalahan dalam pekerjaan rekayasa yang menjadi tanggung jawabnya sesuai dengan Undang-Undang Rekayasa Profesional setempat.

Segel atau stempel

Di banyak yurisdiksi, badan pengatur keinsinyuran mewajibkan stempel atau cap untuk semua gambar, analisis, dan dokumentasi keinsinyuran yang terkait dengan pelanggan yang mengandalkan insinyur. Insinyur yang menyegel atau memberi stempel pada pekerjaan harus memegang kendali atas pekerjaan tersebut sebagai penulis atau peninjau. Analisis atau gambar harus memenuhi standar teknik yang kompeten dan dapat diandalkan sebagaimana mestinya. Segel atau stempel menunjukkan bahwa insinyur yang menyegel dokumen atau gambar tersebut kemungkinan besar bertanggung jawab secara hukum atas kesalahan dalam dokumen atau gambar tersebut.

Hukum teknik internasional

Dalam proyek rekayasa internasional, mungkin terdapat negara tempat pekerjaan berasal dan negara tempat pekerjaan dilaksanakan. Hukum negara asal dan negara tujuan proyek harus dipatuhi. Komplikasi lebih lanjut dapat terjadi ketika negara tempat pekerjaan perekayasaan ditinjau dan disetujui bukan merupakan negara tempat pekerjaan tersebut berasal atau dilaksanakan (misalnya, outsourcing di perusahaan besar). Dalam hal ini, standar etika yang tinggi harus dipatuhi di mana semua hukum, kode etik, dan standar yang relevan diterapkan. Kehati-hatian yang ekstrem harus diterapkan dalam outsourcing pekerjaan teknik karena kematian telah terjadi karena kecerobohan.

Dalam hukum kontrak, hukum kontrak di negara tempat kontrak ditandatangani umumnya dipatuhi. Washington Accord adalah perjanjian yang dibuat oleh sejumlah penandatangan internasional, yang mengakui pendekatan dan sistem mereka untuk mengakreditasi program-program teknik universitas sebagai hal yang sebanding. Penandatangan Washington Accord adalah Australia, Kanada, Cina, Taiwan, Cina Hong Kong, India, Irlandia, Jepang, Korea, Malaysia, Selandia Baru, Pakistan, Rusia, Singapura, Afrika Selatan, Sri Lanka, Turki, Inggris, dan Amerika Serikat.

Ketertiban dalam perekayasaan

Rekayasa harus dilakukan dengan cara yang tertib dan etis di mana semua kode dan standar yang sesuai dipertimbangkan dengan cermat. Pertimbangan yang teratur adalah bagian penting dari setiap pekerjaan teknik yang melibatkan keselamatan publik atau kontrak. Setiap kekacauan yang terlibat dalam praktik rekayasa dapat disebut sebagai kecerobohan atau peretasan dan dapat membahayakan kepercayaan publik terhadap keselamatan atau kualitas rekayasa yang sedang dipraktikkan. Praktik yang lalai berkembang ketika tekanan manajerial, akuntansi, penjadwalan, atau hukum mengganggu pertimbangan yang cermat atas praktik keinsinyuran yang benar. Insinyur harus berperilaku dengan cara yang bermartabat dan pekerjaan mereka harus mencerminkan martabat dan dedikasi terhadap kesempurnaan.

Praktik yang memuaskan

Meskipun seorang insinyur yang berpraktik mungkin memiliki cita-cita yang tinggi dan praktik kerja yang patut dicontoh, ia akan menghadapi tekanan jadwal dan anggaran dalam praktik konvensional. Pertanyaannya adalah seberapa baik yang cukup baik untuk sebuah pekerjaan perekayasaan? Pertanyaan ini dijawab secara berbeda untuk gambar atau analisis teknik dan produk rekayasa. Gambar atau analisis teknik umumnya harus dipertimbangkan dengan baik sehubungan dengan kode dan standar yang sesuai dan memiliki nilai 'B' di sekolah teknik tahun keempat oleh profesor teknik yang berlisensi dan berpengalaman. Gambar atau analisis teknik tidak boleh menimbulkan bahaya keselamatan bagi mereka yang mengandalkan pekerjaan tersebut. Produk rekayasa harus aman bagi konsumen atau industri yang mengandalkan produk tersebut. Kualitas produk rekayasa harus memadai untuk memenuhi undang-undang tanggung jawab produk lokal dan hukum kasus.

Hukum pertanggungjawaban produk

Hukum pertanggungjawaban produk mempengaruhi para insinyur dan penemu. Hukum pertanggungjawaban produk didasarkan pada hukum gugatan tetapi tidak memerlukan kontrak atau kelalaian yang terbukti. Seorang insinyur dapat dikenakan tindakan disipliner dari dewan insinyur setempat serta litigasi melalui hukum gugatan seperti hukum pertanggungjawaban produk untuk cacat berbahaya pada produk rekayasa.

Hukum paten

Paten adalah jenis kekayaan intelektual yang memberikan pemiliknya hak hukum untuk mengecualikan orang lain dari membuat, menggunakan, atau menjual penemuan untuk jangka waktu terbatas dengan imbalan penerbitan dan memungkinkan pengungkapan penemuan. Di sebagian besar negara, hak paten berada di bawah hukum privat dan pemegang paten harus menuntut seseorang yang melanggar paten untuk menegakkan haknya. Di beberapa industri, paten merupakan bentuk penting dari keunggulan kompetitif.

Pengecualian industri

Pengecualian industri tidak aman menurut Masyarakat Nasional Insinyur Profesional dan Insinyur Profesional Ontario. Tidak ada perusahaan yang etis yang boleh menggunakan pengecualian industri meskipun itu legal. Pengecualian industri memungkinkan beberapa perusahaan untuk menggunakan orang yang tidak berlisensi tanpa pengawasan untuk melakukan kegiatan teknik pada peralatan manufaktur. Banyak negara bagian dan provinsi tidak memiliki pengecualian industri sementara negara bagian lain memiliki pengecualian industri yang liberal.


Disadur dari: en.wikipedia.org

Selengkapnya
Titik Temu antara Etika dan Hukum Teknik

Teknik Industri

Memahami Kontrak: Elemen-elemen Utama, Konsekuensi Pelanggaran, dan Perjanjian Internasional

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana pada 16 Mei 2024


Kontrak adalah perjanjian yang menetapkan hak dan kewajiban tertentu yang dapat ditegakkan secara hukum yang berkaitan dengan dua pihak atau lebih. Sebuah kontrak biasanya melibatkan penyerahan barang, jasa, uang, atau janji untuk menyerahkan salah satu dari hal-hal tersebut di masa mendatang, dan aktivitas serta niat para pihak yang menandatangani kontrak dapat disebut sebagai kontrak. Jika terjadi pelanggaran kontrak, pihak yang dirugikan dapat mencari upaya hukum seperti ganti rugi atau upaya hukum yang adil seperti pelaksanaan tertentu atau pembatalan. Perjanjian yang mengikat antara para aktor dalam hukum internasional dikenal sebagai perjanjian.

Hukum kontrak, bidang hukum kewajiban yang berkaitan dengan kontrak, didasarkan pada prinsip bahwa perjanjian harus dihormati. Seperti bidang hukum privat lainnya, hukum kontrak bervariasi di setiap yurisdiksi. Secara umum, hukum kontrak dilaksanakan dan diatur baik di bawah yurisdiksi hukum umum, yurisdiksi hukum perdata, atau yurisdiksi hukum campuran yang menggabungkan elemen-elemen hukum umum dan hukum perdata. Yurisdiksi common law biasanya mengharuskan kontrak untuk menyertakan pertimbangan agar sah, sedangkan yurisdiksi perdata dan sebagian besar yurisdiksi hukum campuran hanya mengharuskan adanya kesepakatan di antara para pihak.

Dalam kategori yurisdiksi hukum perdata yang menyeluruh, terdapat beberapa jenis hukum kontrak yang berbeda dengan kriteria yang berbeda pula: tradisi Jerman dicirikan oleh doktrin abstraksi yang unik, sistem yang didasarkan pada Kode Napoleon dicirikan oleh perbedaan sistematis antara berbagai jenis kontrak, dan hukum Romawi-Belanda sebagian besar didasarkan pada tulisan-tulisan para ahli hukum Belanda di era renaisans dan hukum kasus yang menerapkan prinsip-prinsip umum hukum Romawi sebelum Belanda mengadopsi Kode Napoleon. Prinsip-prinsip UNIDROIT tentang Kontrak Komersial Internasional, yang diterbitkan pada tahun 2016, bertujuan untuk menyediakan kerangka kerja umum yang diselaraskan untuk kontrak internasional, terlepas dari perbedaan antara hukum nasional, serta pernyataan prinsip-prinsip kontrak umum untuk diterapkan oleh para arbiter dan hakim ketika hukum nasional tidak memadai. Khususnya, Prinsip-prinsip ini menolak doktrin pertimbangan, dengan alasan bahwa penghapusan doktrin tersebut "membawa kepastian yang lebih besar dan mengurangi litigasi" dalam perdagangan internasional. Prinsip-prinsip ini juga menolak prinsip abstraksi dengan alasan bahwa prinsip ini dan doktrin-doktrin serupa "tidak mudah sesuai dengan persepsi dan praktik bisnis modern."

Hukum kontrak dapat dikontraskan dengan hukum perbuatan melawan hukum (juga disebut di beberapa yurisdiksi sebagai hukum delik), bidang utama lainnya dari hukum kewajiban. Sementara hukum perbuatan melawan hukum umumnya berhubungan dengan tugas dan kewajiban pribadi yang ada karena hukum, dan memberikan ganti rugi atas kesalahan perdata yang dilakukan antara individu yang tidak memiliki hubungan hukum yang sudah ada sebelumnya, hukum kontrak mengatur pembuatan dan penegakan tugas dan kewajiban melalui perjanjian sebelumnya antara para pihak. Munculnya kuasi-kontrak, kuasi- gugatan, dan kuasi-wanprestasi membuat batas antara hukum gugatan dan hukum kontrak menjadi tidak jelas.

Gambaran Umum

Kontrak digunakan secara luas dalam hukum komersial, dan sebagian besar membentuk landasan hukum untuk transaksi di seluruh dunia. Contoh umum termasuk kontrak untuk penjualan jasa dan barang, kontrak konstruksi, kontrak pengangkutan, lisensi perangkat lunak, kontrak kerja, polis asuransi, penjualan atau sewa tanah, dan lain-lain. Syarat kontrak adalah "ketentuan yang menjadi bagian dari kontrak."Setiap syarat menimbulkan kewajiban kontrak, yang jika dilanggar dapat menimbulkan litigasi, meskipun kontrak juga dapat menyatakan keadaan di mana pelaksanaan kewajiban dapat dimaafkan. Tidak semua persyaratan dinyatakan secara tegas, dan persyaratan memiliki bobot hukum yang berbeda tergantung pada seberapa penting persyaratan tersebut bagi tujuan kontrak.

Kewajiban yang diciptakan oleh kontrak pada umumnya dapat dialihkan, dengan tunduk pada persyaratan yang ditetapkan oleh hukum. Hukum mengenai modifikasi kontrak atau pengalihan hak di bawah kontrak secara umum serupa di seluruh yurisdiksi. Di sebagian besar yurisdiksi, sebuah kontrak dapat dimodifikasi oleh kontrak atau perjanjian berikutnya antara para pihak untuk mengubah ketentuan yang mengatur kewajiban mereka satu sama lain. Hal ini tercermin dalam Pasal 3.1.2 dari Prinsip-Prinsip Kontrak Komersial Internasional, yang menyatakan bahwa "sebuah kontrak diselesaikan, dimodifikasi atau diakhiri hanya dengan kesepakatan para pihak, tanpa persyaratan lebih lanjut." Pengalihan biasanya tunduk pada pembatasan hukum, terutama yang berkaitan dengan persetujuan dari pihak lain dalam kontrak.

Teori kontrak adalah bagian besar dari teori hukum yang membahas pertanyaan-pertanyaan normatif dan konseptual dalam hukum kontrak. Salah satu pertanyaan terpenting yang diajukan dalam teori kontrak adalah mengapa kontrak ditegakkan. Salah satu jawaban yang menonjol untuk pertanyaan ini berfokus pada manfaat ekonomi dari penegakan kontrak. Pendekatan lain, yang dikaitkan dengan Charles Fried dalam bukunya Contract as Promise, menyatakan bahwa tujuan umum hukum kontrak adalah untuk menegakkan janji. Pendekatan lain terhadap teori kontrak ditemukan dalam tulisan-tulisan para realis hukum dan para ahli teori studi hukum kritis, yang telah mengajukan interpretasi Marxis dan feminis terhadap kontrak. Upaya untuk memahami tujuan menyeluruh dan sifat kontrak sebagai sebuah fenomena telah dilakukan, terutama teori kontrak relasional. Selain itu, konsepsi akademis tertentu tentang kontrak berfokus pada pertanyaan-pertanyaan tentang biaya transaksi dan teori 'pelanggaran yang efisien'.

Dimensi penting lainnya dari perdebatan teoretis dalam kontrak adalah tempatnya di dalam, dan hubungannya dengan hukum kewajiban yang lebih luas. Kewajiban secara tradisional telah dibagi menjadi kontrak, yang dilakukan secara sukarela dan terutang kepada seseorang atau beberapa orang tertentu, dan kewajiban dalam perbuatan melawan hukum yang didasarkan pada tindakan yang salah yang merugikan kepentingan tertentu yang dilindungi, yang terutama dibebankan oleh hukum, dan biasanya terutang kepada kelas orang yang lebih luas. Penelitian dalam bisnis dan manajemen juga memperhatikan pengaruh kontrak terhadap pengembangan hubungan dan kinerja.

Hukum internasional privat berakar pada prinsip bahwa setiap yurisdiksi memiliki hukum kontrak yang berbeda yang dibentuk oleh perbedaan kebijakan publik, tradisi peradilan, dan praktik-praktik bisnis lokal. Akibatnya, meskipun semua sistem hukum kontrak memiliki tujuan yang sama yaitu memungkinkan terciptanya kewajiban yang dapat ditegakkan secara hukum, sistem-sistem tersebut mungkin memiliki perbedaan yang signifikan. Oleh karena itu, banyak kontrak berisi klausul pilihan hukum dan klausul pemilihan forum untuk menentukan yurisdiksi yang sistem hukum kontraknya akan mengatur kontrak dan pengadilan atau forum lain tempat perselisihan akan diselesaikan. Jika tidak ada kesepakatan tegas mengenai hal tersebut dalam kontrak itu sendiri, negara-negara memiliki aturan untuk menentukan hukum yang mengatur kontrak dan yurisdiksi untuk perselisihan. Sebagai contoh, negara-negara anggota Uni Eropa menerapkan Pasal 4 Regulasi Roma I untuk menentukan hukum yang mengatur kontrak, dan Regulasi Brussel I untuk menentukan yurisdiksi.

Sejarah

Kontrak telah ada sejak zaman kuno, membentuk dasar perdagangan sejak awal perdagangan dan sedentisme selama Revolusi Neolitikum. Perkembangan modern awal yang penting dalam hukum kontrak adalah munculnya sistem hawala di anak benua India dan dunia Arab, di mana serangkaian hubungan kontraktual membentuk dasar sistem transfer nilai informal yang mencakup Jalur Sutra. Di anak benua India, sistem hawala memunculkan hundi, kontrak yang dapat dipindahtangankan yang memberikan hak kepada pemegangnya pada waktunya untuk mendapatkan uang dari penerbit atau agennya, sehingga menimbulkan prinsip yang mendasari surat berharga kontemporer.

Sistem hawala juga memengaruhi perkembangan keagenan dalam hukum umum dan hukum perdata. Dalam hukum Romawi, agen tidak dapat bertindak atas nama individu lain dalam pembentukan kontrak yang mengikat. Di sisi lain, hukum Islam menerima keagenan sebagai hal yang diperbolehkan tidak hanya dalam hukum kontrak tetapi juga dalam hukum kewajiban secara umum, sebuah pendekatan yang sejak saat itu menjadi arus utama dalam hukum umum, hukum campuran, dan sebagian besar yurisdiksi hukum perdata. Secara analogi, pengalihan utang, yang tidak diterima di bawah hukum Romawi, menjadi dipraktikkan secara luas dalam perdagangan Eropa abad pertengahan, yang sebagian besar disebabkan oleh perdagangan dengan dunia Muslim selama Abad Pertengahan.

Sejak abad kesembilan belas, dua tradisi hukum kontrak yang berbeda muncul. Yurisdiksi yang sebelumnya merupakan koloni Inggris umumnya mengadopsi hukum umum Inggris. Yurisdiksi lain sebagian besar mengadopsi tradisi hukum perdata, baik mewarisi sistem hukum perdata pada masa kemerdekaan atau mengadopsi kode perdata dan komersial berdasarkan hukum Jerman atau Prancis. Sementara yurisdiksi seperti Jepang, Korea Selatan, dan Republik Tiongkok memodelkan hukum kontrak mereka berdasarkan tradisi pandektisme Jerman, dunia Arab sebagian besar memodelkan kerangka hukumnya berdasarkan Kode Napoleon. Sementara Belanda mengadopsi sistem hukum berdasarkan Kode Napoleon pada awal abad ke-19, koloni-koloni Belanda mempertahankan hukum Romawi-Belanda yang berbasis preseden. Koloni-koloni Inggris di Afrika Selatan mengadopsi prinsip-prinsip Romawi-Belanda di bidang hukum privat melalui undang-undang penerimaan yang mengadopsi hukum Afrika Selatan, mempertahankan hukum Romawi-Belanda untuk sebagian besar masalah hukum privat sambil menerapkan prinsip-prinsip common law Inggris dalam sebagian besar masalah hukum publik. Saint Lucia, Mauritius, Seychelles, dan provinsi Quebec di Kanada merupakan yurisdiksi hukum campuran yang terutama menganut tradisi hukum Prancis terkait hukum kontrak dan prinsip-prinsip hukum privat lainnya.

Selama abad ke-19 dan ke-20, sebagian besar yurisdiksi di Timur Tengah dan Asia Timur mengadopsi kerangka hukum hukum perdata berdasarkan model Napoleon, Jerman, atau Swiss. Kode Napoleon membentuk hukum kontrak di sebagian besar wilayah Timur Tengah, sementara hukum kontrak di Jepang, Korea Selatan, dan Republik Tiongkok berakar pada tradisi pandektisme Jerman. Pada tahun 1926, Turki menggantikan campuran hukum Islam dan sekuler era Ottoman dengan hukum perdata sekuler yang dimodelkan dari Swiss, dengan hukum kontrak dan komersial yang dimodelkan dari Swiss Code of Obligations, yang pada gilirannya dipengaruhi oleh tradisi hukum Jerman dan Prancis. Setelah Restorasi Meiji, Jepang mengadopsi serangkaian kode hukum yang dimodelkan terutama pada hukum Jerman, dengan mengadopsi kode komersialnya pada tahun 1899. Adaptasi Jepang terhadap hukum perdata Jerman menyebar ke Semenanjung Korea dan Cina sebagai akibat dari pendudukan dan pengaruh Jepang, dan terus membentuk dasar sistem hukum di Korea Selatan dan Republik Cina. Pada tahun 1949, Abd El-Razzak El-Sanhuri dan Edouard Lambert merancang Kitab Undang-Undang Hukum Perdata Mesir, yang dimodelkan setelah Kitab Undang-Undang Napoleon, tetapi berisi ketentuan-ketentuan yang dirancang agar sesuai dengan masyarakat Arab dan Islam. Hukum Perdata Mesir kemudian digunakan sebagai model untuk sebagian besar negara Arab.

Pada abad ke-20, pertumbuhan perdagangan ekspor menyebabkan negara-negara mengadopsi konvensi internasional, seperti Aturan Den Haag-Visby dan Konvensi PBB tentang Kontrak Penjualan Barang Internasional, yang mendekatkan berbagai tradisi hukum. Pada awal abad ke-20, Amerika Serikat mengalami "era Lochner", di mana Mahkamah Agung Amerika Serikat membatalkan peraturan ekonomi berdasarkan kebebasan berkontrak dan Klausul Due Process. Keputusan-keputusan ini akhirnya dibatalkan, dan Mahkamah Agung menetapkan penghormatan terhadap undang-undang dan peraturan legislatif yang membatasi kebebasan berkontrak. Kebutuhan untuk mencegah diskriminasi dan praktik bisnis yang tidak adil telah menempatkan pembatasan tambahan pada kebebasan berkontrak. Sebagai contoh, Undang-Undang Hak Sipil tahun 1964 membatasi diskriminasi rasial swasta terhadap orang Afrika-Amerika. Konstitusi AS memuat Klausul Kontrak, namun hal ini ditafsirkan hanya membatasi pembatalan kontrak yang berlaku surut. Pada akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21, undang-undang perlindungan konsumen, seperti Undang-Undang Perlindungan Konsumen (Perdagangan yang Adil) Singapura tahun 2003, secara progresif memberlakukan batasan pada kebebasan berkontrak untuk mencegah pelaku usaha mengeksploitasi konsumen.

Pada tahun 1993, Harvey McGregor, seorang pengacara dan akademisi Inggris, membuat "Kode Kontrak" di bawah naungan Komisi Hukum Inggris dan Skotlandia, yang merupakan proposal untuk menyatukan dan mengkodifikasikan hukum kontrak di Inggris dan Skotlandia. Dokumen ini ditawarkan sebagai "Kode Kontrak untuk Eropa", tetapi ketegangan antara ahli hukum Inggris dan Jerman menyebabkan proposal ini tidak berhasil. Meskipun Uni Eropa merupakan komunitas ekonomi dengan berbagai aturan perdagangan, namun hingga saat ini belum ada "Hukum Kontrak Uni Eropa" yang menyeluruh.

Pada tahun 2021, Tiongkok Daratan mengadopsi Hukum Perdata Republik Rakyat Tiongkok, yang mengkodifikasi hukum kontraknya dalam buku ketiga. Meskipun secara umum diklasifikasikan sebagai yurisdiksi hukum perdata, hukum kontrak di Tiongkok daratan telah dipengaruhi oleh sejumlah sumber, termasuk pandangan tradisional Tiongkok terhadap peran hukum, latar belakang sosialis RRT, hukum Republik Tiongkok di Taiwan yang berbasis di Jepang/Jerman, dan hukum umum berbasis bahasa Inggris yang digunakan di Hong Kong. Akibatnya, hukum kontrak di daratan Tiongkok berfungsi sebagai sistem campuran secara de facto. Hukum perdata 2021 mengatur regulasi kontrak yang dinominasikan dengan cara yang mirip dengan yurisdiksi seperti Jepang, Jerman, Prancis, dan Quebec.


Disadur dari: en.wikipedia.org

Selengkapnya
Memahami Kontrak: Elemen-elemen Utama, Konsekuensi Pelanggaran, dan Perjanjian Internasional

Keprofesian

Apa Itu Profesi?

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani pada 16 Mei 2024


KOMPAS.com - Profesi adalah pekerjaan, tapi tidak semua pekerjaan masuk ke dalam profesi. Lantas apa yang dimaksud dengan profesi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, apa yang dimaksud profesi adalah bidang pekerjaan yang dilandasi pendidikan keahlian seperti keterampilan dan kejuruan tertentu.

Mengutip buku Etika Profesi: Membangun Profesionalisme Diri oleh Sukarman Purba, Astuti Astuti, dan Juniyanto Gulo, apa itu profesi adalah segala seutu hal yang berkaitan dengan bidang yang sangat dipengaruhi oleh pendidikan dan keahlian. Dengan demikian, apa yang dimaksud dengan profesi adalah pekerjaan yang dilakukan untuk menghasilkan nafkah hidup yang mengandalkan suatu keahlian.

Artinya, tidak semua pekerjaan termasuk dengan profesi. Profesi hanya pekerjaan yang mengandalkan keahlian saja yang masuk pada apa itu profesi. Profesi adalah tidak seperti pekerjaan karena tidak bisa dilakukan oleh sembarangan orang yang tidak dilatih dan tidak disiapkan secara khusus untuk melakukan pekerjaan itu.

Keahlian ini diperoleh melalui profesionalisasi seperti latihan, pendidikan, atau sertifikasi, yang dilakukan sebelum menjalani profesi maupun setelah menjalani macam-macam profesi tersebut.

Pengertian apa itu profesi menurut ahli

Untuk lebih memahami tentang apa itu profesi, simak definisi profesi adalah dari beberapa ahli, dikutip dari buku Etika Profesi: Membangun Profesionalisme Diri, yaitu:

  • Prakoso dan Tobing menyatakan apa itu profesi adalah sebutan atau jabatan di mana penyandangnya memiliki pengetahuan khusus yang diperolehnya melalui pelatihan atau pengalaman lain atau keduanya. Sehingga dapat membimbing, memberi nasihat, dan saran untuk melayani orang lain dalam bidang profesinya.
  • Muchtar menyatakan apa itu profesi adalah suatu konsep yang lebih spesifik dari pekerjaan. Istilah pekerjaan memiliki arti yang lebih luas dari profesi. Setiap profesi adalah pekerjaan tapi tidak semua pekerjaan merupakan apa itu profesi.
  • Sumaryono memiliki definisi profesi adalah sebutan atau jabatan di mana orang yang menyandangnya memiliki pengetahuan khusus yang diperoleh melalui training atau pengalaman lain, sehingga penyandang profesi bisa membimbing, memberi nasihat atau saran, dan melayani orang lain sesuai bidangnya.
  • Darmodiharjo dan Sidarta, mendefinisikan apa itu profesi adalah pekerjaan yang dilakukan sebagai kegiatan pokok untuk menghasilkan nafkah hidup dan yang mengandalkan suatu keahlian khusus. Unsur keahlian inilah yang membedakan profesi menjadi profesi bersifat umum dan profesi bersifat luhur.

Ciri-ciri apa itu profesi

Menurut Isnanto, dikutip dari Etika Profesi: Membangun Profesionalisme Diri, ciri-ciri apa yang dimaksud dengan profesi adalah sebagai berikut:

  • Macam-macam profesi memiliki pengetahuan khusus biasanya berupa keahlian dan keterampilan yang dimiliki dari menjalani pendidikan, pelatihan, dan pengalaman yang bertahun-tahun.
  • Memiliki kaidah dan standar moral yang sangat tinggi karena pelaku apa itu profesi umumnya melakukan kegiatannya berdasarkan kode etik profesi.
  • Mengabdi pada kepentingan masyarakat.Setiap pelaku profesi harus meletakkan kepentingan pribadi di bawah kepentingan masyarakat.
  • Ada izin khusus untuk menjalankan apa itu profesi. Setiap profesi adalah akan selalu berkaitan dengan kepentingan masyarakat seperti kemanusiaan, keselamatan, keamanan, kelangsungan hidup sehingga untuk menjalankan profesi harus ada izin khusus.
  • Kaum profesional biasanya menjadi anggota dari suatu apa yang dimaksud dengan profesi.

Macam-macam profesi

Ada berbagai macam-macam profesi yang berbeda dari berbagai sektor pekerjaan. Berikut macam-macam profesi di Indonesia, di antaranya adalah:

  • Akuntan.
  • Guru Teknisi.
  • Fisik.
  • Bankir komersial.
  • Insinyur.
  • Pengacara.
  • Psikolog.
  • Apoteker.
  • Ahli diet.
  • Analis riset.
  • Bidan.
  • Montir.
  • Dokter.
  • Montir listrik.
  • Konsultan.
  • Bankir investasi.
  • Programmer.
  • Pilot.

Kesimpulannya, apa yang dimaksud dengan profesi adalah pekerjaan yang memiliki keterampilan atau keahlian tertentu. Contoh apa itu profesi ada macam-macam profesi di Indonesia seperti dokter, akuntan, guru, psikolog, pilot, bidan, dan lainnya.

Sumber: money.kompas.com

Selengkapnya
Apa Itu Profesi?

Teknik Industri

Mengoptimalkan Proses Bisnis

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana pada 16 Mei 2024


Proses bisnis, metode bisnis, atau fungsi bisnis adalah kumpulan aktivitas atau tugas yang saling terkait dan terstruktur yang dilakukan oleh orang atau peralatan yang dalam urutan tertentu menghasilkan layanan atau produk (yang melayani tujuan bisnis tertentu) untuk pelanggan atau pelanggan tertentu. Proses bisnis terjadi di semua tingkat organisasi dan mungkin terlihat atau tidak terlihat oleh pelanggan. Proses bisnis sering kali divisualisasikan (dimodelkan) sebagai diagram alir dari urutan aktivitas dengan titik-titik keputusan yang saling berhubungan atau sebagai matriks proses dari urutan aktivitas dengan aturan relevansi berdasarkan data dalam proses tersebut.

Manfaat dari penggunaan proses bisnis antara lain meningkatkan kepuasan pelanggan dan meningkatkan kelincahan dalam bereaksi terhadap perubahan pasar yang cepat. Organisasi yang berorientasi pada proses mendobrak hambatan departemen struktural dan mencoba menghindari silo-silo fungsional. Organisasi yang berorientasi pada proses mendobrak hambatan departemen struktural dan mencoba menghindari silo-silo fungsional.

Gambaran Umum

Sebuah proses bisnis dimulai dengan tujuan misi (kejadian eksternal) dan diakhiri dengan pencapaian tujuan bisnis untuk memberikan hasil yang memberikan nilai bagi pelanggan. Selain itu, sebuah proses dapat dibagi menjadi subproses (dekomposisi proses), yaitu fungsi-fungsi bagian dalam dari proses tersebut. Proses bisnis juga dapat memiliki pemilik proses, yaitu pihak yang bertanggung jawab untuk memastikan proses berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Secara garis besar, proses bisnis dapat diorganisasikan menjadi tiga jenis, menurut von Rosing dkk.

  1. Proses operasional, yang merupakan bisnis inti dan menciptakan aliran nilai utama, misalnya, menerima pesanan dari pelanggan, membuka akun, dan membuat komponen
  2. Proses manajemen, proses yang mengawasi proses operasional, termasuk tata kelola perusahaan, pengawasan anggaran, dan pengawasan karyawan
  3. Proses pendukung, yang mendukung proses operasional inti, misalnya akuntansi, rekrutmen, call center, dukungan teknis, dan pelatihan keselamatan

Ada definisi lain dari klasifikasi proses yang diusulkan oleh.

  1. Proses strategis, yang merupakan proses manajerial, pengarahan, atau pengarahan. Manajemen memiliki peran penting dalam setiap proses ini. Jenis proses ini terkait dengan perencanaan strategis, kemitraan, dll.
  2. Proses operasional, yang merupakan proses bisnis, bersifat produktif atau "misi". Proses-proses ini menghasilkan produk atau layanan yang akan dikirimkan kepada pelanggan. Proses-proses ini dianggap unik atau spesifik untuk setiap organisasi.
  3. Proses pendukung, yang bersifat tambahan, mendukung proses operasional dan strategis. Proses ini bertanggung jawab untuk menyediakan sumber daya dan terdapat di sebagian besar organisasi.

Sebuah bisnis yang terdiri dari banyak proses dapat diuraikan menjadi berbagai subproses, yang masing-masing memiliki aspek-aspek khusus tetapi juga berkontribusi untuk mencapai tujuan bisnis. Tinjauan bisnis menganalisis proses, yang biasanya mencakup pemetaan atau pemodelan proses dan sub-proses hingga ke sekelompok aktivitas di tingkat yang berbeda. Proses dapat dimodelkan dengan menggunakan banyak metode dan teknik.

Misalnya, Notasi Pemodelan Proses Bisnis adalah teknik pemodelan proses bisnis yang dapat digunakan untuk menggambar proses bisnis dalam alur kerja yang divisualisasikan. Ketika menguraikan proses ke dalam klasifikasi proses, kategori dapat sangat membantu, tetapi harus berhati-hati dalam melakukannya karena mungkin ada persilangan. Pada akhirnya, semua proses adalah bagian dari hasil yang sebagian besar berfokus pada pelanggan, salah satunya adalah "penciptaan nilai pelanggan." Tujuan ini dipercepat dengan manajemen proses bisnis, yang bertujuan untuk menganalisis, meningkatkan, dan memberlakukan proses bisnis.

Sejarah

  • Adam Smith

Deskripsi awal yang penting (1776) tentang proses adalah deskripsi ekonom Adam Smith dalam contohnya yang terkenal tentang pabrik peniti. Terinspirasi dari sebuah artikel di Encyclopédie karya Diderot, Smith menggambarkan produksi peniti dengan cara berikut: Satu orang menarik kawat; yang lain meluruskannya; yang ketiga memotongnya; yang keempat mengarahkannya; yang kelima menggilingnya di bagian atas untuk menerima kepala; untuk membuat kepala membutuhkan dua atau tiga operasi yang berbeda; untuk memakainya adalah urusan yang aneh; untuk memutihkan pin adalah urusan yang berbeda... dan urusan penting untuk membuat pin, dengan cara ini, dibagi menjadi sekitar delapan belas operasi yang berbeda, yang, di beberapa pabrik, semuanya dilakukan oleh tangan yang berbeda, meskipun di tempat lain, orang yang sama terkadang melakukan dua atau tiga operasi.

Smith juga pertama kali menyadari bagaimana hasil produksi dapat ditingkatkan melalui penggunaan pembagian kerja. Sebelumnya, dalam masyarakat yang produksinya didominasi oleh barang-barang kerajinan tangan, satu orang akan melakukan semua kegiatan yang diperlukan selama proses produksi, sementara Smith menggambarkan bagaimana pekerjaan itu dibagi menjadi serangkaian tugas sederhana yang akan dilakukan oleh pekerja yang terspesialisasi. Hasil dari pembagian kerja dalam contoh Smith menghasilkan produktivitas yang meningkat sebesar 24.000 persen (sic), yaitu jumlah pekerja yang sama membuat 240 kali lebih banyak pin daripada yang mereka hasilkan sebelum diperkenalkannya pembagian kerja.

Smith tidak menganjurkan pembagian kerja dengan harga berapa pun atau dengan cara apa pun. Tingkat pembagian tugas yang tepat ditentukan melalui desain eksperimental proses produksi. Berbeda dengan pandangan Smith yang terbatas pada domain fungsional yang sama dan terdiri dari aktivitas yang berurutan langsung dalam proses produksi, konsep proses saat ini mencakup fungsi silang sebagai karakteristik penting. Mengikuti ide-idenya, pembagian kerja diadopsi secara luas, sementara integrasi tugas ke dalam proses fungsional, atau lintas fungsi, tidak dianggap sebagai pilihan alternatif sampai beberapa waktu kemudian.

  • Frederick Winslow Taylor

Insinyur Amerika Frederick Winslow Taylor sangat mempengaruhi dan meningkatkan kualitas proses industri di awal abad ke-20. Prinsip-prinsip Manajemen Ilmiahnya berfokus pada standarisasi proses, pelatihan sistematis, dan mendefinisikan dengan jelas peran manajemen dan karyawan. Metodenya diadopsi secara luas di Amerika Serikat, Rusia, dan beberapa bagian Eropa dan mengarah pada pengembangan lebih lanjut seperti "studi waktu dan gerakan" dan teknik pengoptimalan tugas secara visual, seperti bagan Gantt.

  • Peter Drucker

Pada akhir abad ke-20, ahli manajemen Peter Drucker memfokuskan sebagian besar karyanya pada penyederhanaan dan desentralisasi proses, yang kemudian melahirkan konsep outsourcing. Dia juga menciptakan konsep "pekerja pengetahuan", yang dibedakan dari pekerja manual - dan bagaimana manajemen pengetahuan akan menjadi bagian dari proses entitas.

Konsep terkait

  • Alur kerja

Alur kerja adalah pergerakan prosedural informasi, materi, dan tugas dari satu peserta ke peserta lainnya.Alur kerja mencakup prosedur, orang, dan alat yang terlibat dalam setiap langkah proses bisnis. Alur kerja tunggal dapat berupa alur kerja berurutan, dengan setiap langkah bergantung pada penyelesaian langkah sebelumnya, atau paralel, dengan beberapa langkah yang terjadi secara bersamaan. Beberapa kombinasi alur kerja tunggal dapat dihubungkan untuk mencapai proses keseluruhan yang dihasilkan.

  • Rekayasa ulang proses bisnis

Rekayasa ulang proses bisnis (BPR) pada awalnya dikonseptualisasikan oleh Hammer dan Davenport sebagai sarana untuk meningkatkan efektivitas dan produktivitas organisasi. Hal ini dapat melibatkan mulai dari "batu tulis kosong" dan sepenuhnya menciptakan kembali proses bisnis utama, atau dapat melibatkan perbandingan proses "as-is" dan proses "to-be" dan memetakan jalur untuk perubahan dari satu ke yang lain. Seringkali BPR akan melibatkan penggunaan teknologi informasi untuk mengamankan peningkatan kinerja yang signifikan. Sayangnya, istilah ini kemudian diasosiasikan dengan "perampingan" perusahaan pada pertengahan tahun 1990-an.

  • Manajemen proses bisnis (BPM)

Meskipun istilah ini telah digunakan secara kontekstual dengan efek yang beragam, "manajemen proses bisnis" (BPM) secara umum dapat didefinisikan sebagai suatu disiplin yang melibatkan kombinasi dari berbagai macam aliran aktivitas bisnis (misalnya, otomatisasi proses bisnis, pemodelan, dan pengoptimalan) yang berusaha untuk mendukung tujuan perusahaan di dalam dan di luar berbagai batasan, yang melibatkan banyak orang, mulai dari karyawan hingga pelanggan dan mitra eksternal. Bagian utama dari dukungan perusahaan BPM melibatkan evaluasi terus menerus terhadap proses yang ada dan identifikasi cara-cara untuk memperbaikinya, yang menghasilkan siklus peningkatan organisasi secara keseluruhan.

  • Manajemen pengetahuan

Manajemen pengetahuan adalah definisi dari pengetahuan yang digunakan oleh karyawan dan sistem untuk menjalankan fungsi mereka dan memeliharanya dalam format yang dapat diakses oleh orang lain. Duhon dan Gartner Group telah mendefinisikannya sebagai "sebuah disiplin yang mempromosikan pendekatan terpadu untuk mengidentifikasi, menangkap, mengevaluasi, mengambil, dan berbagi semua aset informasi perusahaan. Aset-aset ini dapat mencakup database, dokumen, kebijakan, prosedur, serta keahlian dan pengalaman yang sebelumnya tidak terekam dalam diri setiap pekerja."

  • Manajemen kualitas total

Manajemen kualitas total (TQM) muncul di awal tahun 1980-an ketika organisasi berusaha meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka. Hal ini diikuti oleh metodologi Six Sigma pada pertengahan tahun 1980-an, yang pertama kali diperkenalkan oleh Motorola. Six Sigma terdiri dari metode statistik untuk meningkatkan proses bisnis dan dengan demikian mengurangi cacat pada output. "Pendekatan ramping" terhadap manajemen kualitas diperkenalkan oleh Toyota Motor Company pada tahun 1990-an dan berfokus pada kebutuhan pelanggan dan mengurangi pemborosan.

  • Teknologi informasi sebagai pendukung manajemen proses bisnis

Kemajuan teknologi informasi selama bertahun-tahun telah mengubah proses bisnis di dalam dan di antara perusahaan-perusahaan. Pada tahun 1960-an, sistem operasi memiliki fungsionalitas yang terbatas, dan setiap sistem manajemen alur kerja yang digunakan dibuat khusus untuk organisasi tertentu. Tahun 1970-an dan 1980-an melihat perkembangan pendekatan berbasis data seiring dengan peningkatan teknologi penyimpanan dan pengambilan data. Pemodelan data, dan bukan pemodelan proses merupakan titik awal untuk membangun sistem informasi. Proses bisnis harus beradaptasi dengan teknologi informasi karena pemodelan proses diabaikan. Pergeseran ke arah manajemen yang berorientasi pada proses terjadi pada tahun 1990-an. Perangkat lunak perencanaan sumber daya perusahaan dengan komponen manajemen alur kerja seperti SAP, Baan, PeopleSoft, Oracle, dan JD Edwards muncul, seperti halnya sistem manajemen proses bisnis (BPMS) yang muncul kemudian.

Disadur dari: en.wikipedia.org

Selengkapnya
Mengoptimalkan Proses Bisnis

Industri Otomotif

Bahlil Dukung IBC Akuisisi Pabrik Mobil Jerman

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani pada 16 Mei 2024


NUSA DUA, KOMPAS.com - Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mendukung rencana Indonesia Battery Corporation (IBC) untuk mengakuisisi saham pabrik mobil Jerman.

Bahlil menyebutkan langkah tersebut merupakan salah satu upaya untuk untuk menggaet investasi baterai mobil listrik ke Indonesia, selaian promosi dan memberikan kemudahan perizinan.

"BUMN kan punya IBC, perusahaan untuk handle (urus) ekosistem baterai mobil dan mobil. Itu ada rencana mau akuisisi saham pabrik mobil di Jerman. Cuma dua kan caranya, kalau enggak bisa bangun, ya kita akuisisi," kata Bahlil seperti dilansir Antara.,Minggu (19/12/2021).

Bahlil menegaskan meski mengambil langkah akuisisi, ia memastikan harganya tetap harus ekonomis dan prosesnya transparan. Mantan Ketua Umum Hipmi itu menjelaskan upaya promosi juga tetap dilakukan, termasuk promosi dalam kemudahan perizinan investasi.

Bahlil menyebutkan bahwa  Indonesia memegang 22-24 persen cadangan nikel dunia. Kualitas kadar nikel Indonesia sebut dia, merupakan yang terbaik. Selain itu, jarak lokasi tambang nikel Indonesia masih terhitung dekat ke pelabuhan sehingga ongkos produksinya jauh lebih ekonomis.

"Baterai mobil itu bahannya nikel, mangan, kobalt dan lithium. Dari empat itu, kita cuma tidak punya lithium. Jadi 85 persen bahan baku baterai mobil itu ada di negara kita. Makanya orang semua sedang obok-obok kita untuk kita ekspor barang ini. Kita enggak mau, " katanya.

Bahlil menuturkan, sebagaimana rencana strategis nasional, Indonesia sudah harus beralih penuh ke kendaraan listrik pada 2040. Rencana tersebut pun sudah mulai digenjot sejak 2019 lalu di mana pemerintah akhirnya berhasil menggaet Hyundai asal Korea Selatan, untuk masuk ke Indonesia.

Tidak hanya Korea Selatan, pemerintah juga membidik produsen baterai listrik dan industri kendaraan listrik dunia untuk menanamkan modal di Indonesia. Komitmen investasi juga sudah datang dari CATL asal China dan Foxconn asal Taiwan.

"Foxconn juga akan bangun mobil listrik juga 2022. Sekarang ada CATL akan bangun pabrik baterai, tapi dia juga menggandeng pabrik mobil dari China," kata Bahlil.

Sumber: money.kompas.com

Selengkapnya
Bahlil Dukung IBC Akuisisi Pabrik Mobil Jerman

Pertanian

Tinjauan Mendalam tentang Keluarga Arecaceae: Apa itu Arecaceae?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi pada 16 Mei 2024


ArecaceaeSuku pinang-pinangan, atau suku palem-paleman adalah keluarga botani tanaman tahunan. Kelapa dikenal seluruh penduduk kepulauan tropika sebagai tumbuhan serba guna. Demikian pula enau dan pinang. Pemanfaatannya mencakup hampir semua bagian tumbuhan, tetapi terutama adalah buahnya. Masyarakat Indonesia, khususnya di Maluku, memanfaatkan tanaman ini sebagai makanan pokok yaitu sagu yang diambil dari batangnya jenis Metroxylon sago, hal ini merupakan keunikan tersendiri dalam hal makanan pokok masyarakat di dunia. Suku ini dulu dikenal sebagai Palmae dan mencakup semua tumbuhan yang biasa disebut palma atau palem.

Pemerian

Biasanya berbentuk pohon, semak atau perdu dengan batang yang jarang bercabang dan tumbuh tegak ke atas. Tumbuh secara berbatang tunggal (umpamanya kelapa) dan juga ada yang berumpun (umpamanya salak). Beberapa anggotanya setengah merambat atau memanjat (umpamanya rotan).

Akarnya tumbuh dari pangkal batang, berbentuk silinder, kurang bercabang tetapi biasanya tumbuh banyak dan masif (padat). Akar palem biasanya menghunjam dalam ke tanah, sehingga mampu menopang batang yang tumbuh menjulang tinggi (hingga 20m atau bahkan lebih).

Batangnya beruas-ruas dan tidak memiliki kambium sejati. Bila diiris melintang, batangnya memperlihatkan saluran pembuluh yang menyebar di bagian dalamnya. Luka batang ini cenderung tidak tertutup kembali, justru malah membesar atau malah membusuk.

Daun majemuk dan tersusun menyirip tunggal yang khas dan menjadi tanda pengenal yang paling mudah. Pada beberapa kelompok ditumbuhi duri. Tangkai daun dilengkapi pelepah daun yang membungkus batang.

Bunga tersusun dalam karangan yang bila masih muda terlindung oleh seludang bunga. Karangan bunga palem ini disebut mayang. Tangkai mayang ini bila dilukai akan mengeluarkan cairan manis yang disebut nira. Dalam karangan bunga ini terdapat bunga betina dan/atau bunga jantan. Jika keduanya ditemukan bunga betina terletak di bagian lebih pangkal. Orang Jawa menyebut bunga betina sebagai bluluk. Penyerbukan dilakukan oleh serangga atau burung.

Buahnya biasanya memiliki kulit luar yang relatif tebal, yang menutupi bagian dalam (mesokarpium) yang berair atau berserat. Biji dilindungi oleh lapisan buah bagian dalam (endokarpium) yang keras dan berkayu. Pada kelapa, lapisan ini disebut sebagai batok. Serat buah dikenal juga sebagai sabut. Di dalam batok terdapat biji yang ketika buah masih muda relatif cair dan berangsur-angsur membentuk endapan yang semakin lama mengeras. Endapan ini biasanya mengandung banyak lemak dan protein. Beberapa jenis masih menyisakan cairan di dalamnya. Cairan ini dapat diminum sebagai minuman penyegar (seperti pada kelapa dan siwalan).

Anggota-anggota penting

Berikut adalah sejumlah anggota Arecaceae yang penting atau dikenal dalam kehidupan manusia sehari-hari:

  • Enau atau aren (Arenga pinnata), penghasil gula palem dan kolang-kaling
  • Kelapa (Cocos nucifera), penghasil berbagai macam produk industri
  • Siwalan (Borassus flabellifer), penghasil buah atep/lontar dan daun tal
  • Pinang (Areca catechu)
  • Kurma (Phoenix dactylifera)
  • Salak (Salacca zalacca)
  • Rumbia atau sagu (Metroxylon sago), penghasil tepung sagu
  • Kelapa sawit (Elaeis spp.), penghasil minyak kelapa sawit
  • Rotan (Calamus spp.)
  • Gebang (Corypha utan)
  • Palem kuning (Chrysalidocarpus lutescens)
  • Palem merah (Cyrtostachys lakka)
  • Palem raja (Roystonea regia)
  • Palem botol (Hyophorbe lagenicaulis)

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/

Selengkapnya
Tinjauan Mendalam tentang Keluarga Arecaceae: Apa itu Arecaceae?
page 1 of 684 Next Last »