Masalah Penjadwalan Konstruksi: Perbaikan Paling Umum

Dipublikasikan oleh Natasya Anggita Saputri

15 Juni 2024, 21.59

sumber: workyard.com

Apa saja masalah penjadwalan yang paling umum terjadi dalam industri konstruksi dan bagaimana cara mengatasinya? Tingkatkan ROI Anda dan kendalikan tenaga kerja Anda.

Industri konstruksi dikenal dengan kesulitan penjadwalannya. Pada tahun 2021, 88% kontraktor konstruksi melaporkan adanya penundaan atau pembatalan proyek. Namun, bukan berarti masalah penjadwalan ini adalah sesuatu yang harus kita terima.

Penjadwalan konstruksi memang menantang karena kompleksitasnya. Pada saat yang sama, masalah penjadwalan konstruksi dapat menyebabkan pembengkakan biaya yang signifikan - dan klien yang tidak senang. Anda harus mampu menghadapi hal-hal yang tidak terduga dan tetap dapat menyesuaikan diri.

Hari ini, kita akan membahas beberapa masalah penjadwalan konstruksi yang paling umum:

  • Penjadwalan dan perencanaan yang tidak realistis
  • Miskomunikasi dan kesalahan penjadwalan
  • Manajemen kru konstruksi yang tidak efektif
  • Menggunakan teknologi dan alat yang salah
  • Alur kerja dan proses yang tidak efisien

Apakah Anda mengalami masalah-masalah ini dengan jadwal konstruksi Anda? Inilah yang perlu Anda ketahui untuk kembali ke jalur yang benar.

Kembangkan Jadwal Realistis Dengan Penyangga Bawaan
Salah satu masalah paling umum dalam perencanaan dan jadwal konstruksi adalah jadwal tersebut sering kali tidak realistis.  Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti meremehkan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan tugas tertentu atau tidak memperhitungkan potensi penundaan.

Jika Anda merasa jadwal Anda tidak realistis, duduklah bersama tim Anda dan bahaslah setiap tugas untuk mendapatkan perkiraan yang lebih akurat tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan secara realistis. Anda juga harus menyediakan waktu cadangan untuk memperhitungkan kemungkinan penundaan. Bahaya rantai pasokan tidak akan hilang dalam semalam. 

Workyard memberikan informasi yang Anda butuhkan untuk memproyeksikan biaya tenaga kerja secara akurat. Jalankan laporan biaya pekerjaan secara menyeluruh untuk memperkirakan penawaran secara akurat dan melacak status proyek yang sedang berjalan. Gunakan perangkat lunak absensi konstruksi untuk mengidentifikasi proyek yang memakan waktu terlalu lama.


Berinvestasi dalam Platform Komunikasi dan Penjadwalan Terkonsolidasi
Masalah umum lainnya adalah miskomunikasi dan kesalahan penjadwalan karena penggunaan beberapa sistem yang tidak terhubung, baik itu dua platform perangkat lunak yang tidak terhubung atau dua lembar kertas.  Hal ini dapat menyebabkan kebingungan dan frustrasi di antara anggota tim dan pada akhirnya mengakibatkan penundaan.

Berinvestasilah pada platform komunikasi dan penjadwalan terkonsolidasi yang dapat diakses dan diperbarui oleh semua orang secara real-time. Ketika semua orang mendapatkan pembaruan secara real-time, semua orang akan mendapatkan informasi yang sama.

Workyard mengkonsolidasikan komunikasi dan penjadwalan dalam aplikasi penjadwalan pekerjaan seluler yang mudah digunakan dan real-time. Berikan pekerjaan dengan mudah kepada karyawan, tentukan secara spesifik apa yang perlu dilakukan dengan daftar periksa, foto, dan dokumen, serta lacak kemajuan secara langsung dengan pelacakan GPS dan catatan/foto yang dibagikan dari lapangan.


Bangun Proses dan Teknologi untuk Koordinasi Antar Tim
Kurangnya komunikasi dan koordinasi antara tim yang berbeda (dan subkontraktor) bisa menjadi bencana. Apakah Anda tahu kapan satu tim melangkah maju dan satu tim mundur? Jika satu tim tidak menyelesaikan pekerjaan mereka, apakah tim berikutnya akan tahu bahwa mereka tertunda?

Buatlah rencana komunikasi yang jelas dan ringkas, dan permudah komunikasi antar tim. Menyimpan pembaruan proyek dan tugas dalam platform yang terkonsolidasi sehingga semua anggota tim dapat melihat disposisi proyek.

Workyard melacak proyek berdasarkan tugas, memungkinkan karyawan mengunggah teks, foto, dan laporan secara real-time. Karyawan dapat dengan mudah memeriksa status setiap proyek, dan Anda dapat melihat laporan tugas seolah-olah Anda berada di sana.


Menyederhanakan Alur dan Proses Kerja Anda
Jika Anda mendapati bahwa jadwal konstruksi Anda terus-menerus terganggu, itu mungkin disebabkan oleh alur kerja dan proses yang tidak efisien. Bagaimana karyawan dijadwalkan? Tugas apa saja yang menjadi tanggung jawab mereka?

Jika karyawan Anda tidak tahu tugas mana yang menjadi tanggung jawab mereka, maka tidak akan ada akuntabilitas. Dan jika mereka menghabiskan sebagian besar waktu mereka untuk bepergian, mereka tidak akan dapat menyelesaikan tugas mereka. Gunakan proses dan alur kerja untuk memberikan tugas secara cerdas.

Gunakan Workyard untuk memberikan tugas secara langsung kepada karyawan dan menugaskan karyawan berdasarkan kedekatan. Pisahkan proyek yang lebih besar menjadi tugas-tugas yang lebih kecil dan buat tingkat pertanggungjawaban masing-masing. Gunakan pelacakan real-time yang didukung GPS untuk menempatkan karyawan di tempat yang paling dibutuhkan.


Berinvestasi pada Teknologi dan Alat yang Tepat
Perangkat lunak penjadwalan konstruksi bisa menjadi cara yang bagus untuk tetap teratur dan terkoordinasi. Namun, bukan berarti Anda harus berinvestasi pada teknologi demi teknologi. 

Kontraktor kecil mungkin berinvestasi pada teknologi yang tidak perlu dan rumit. Perangkat lunak itu sendiri bisa menjadi penghalang. Atau, perusahaan konstruksi dapat membangun tumpukan teknologi yang berantakan dari lusinan alat yang berbeda. 

Pertimbangkan dengan cermat teknologi yang Anda butuhkan, nilai kesenjangan Anda, dan lakukan konsolidasi. Temukan perangkat lunak pelacakan tenaga kerja konstruksi dengan sistem lengkap yang dapat melacak waktu karyawan, menghindari konflik penjadwalan, dan mengkonsolidasikan informasi proyek dan tugas. 

Workyard adalah aplikasi manajemen tenaga kerja all-in-one terbaik untuk konstruksi. Dengan penjadwalan, manajemen tugas, pelacakan jarak tempuh, dan pelaporan GPS waktu nyata, Workyard melakukan semua yang dibutuhkan bisnis-dan masih banyak lagi. Lebih baik lagi, aplikasi ini dirancang khusus untuk kebutuhan industri konstruksi. Jadi, cobalah Workyard hari ini.


Perbaiki Masalah Penjadwalan Konstruksi Anda dengan Workyard
Workyard adalah jawaban lengkap untuk masalah konstruksi. Di Workyard, Anda dapat:

  • Menjadwalkan secara akurat berdasarkan pekerjaan sebelumnya
  • Berkomunikasi dalam satu platform yang terkonsolidasi
  • Mengoordinasikan beberapa tim dan jadwal
  • Menugaskan tugas kepada tim dan karyawan tertentu

Dan, yang paling penting:

  • Bekerja dengan platform sederhana dan terkonsolidasi yang dibuat untuk kontraktor

Workyard memiliki semua fitur yang Anda butuhkan dan tidak ada fitur yang tidak Anda butuhkan. 

Sumber: workyard.com