Cara Meningkatkan Efisiensi Konstruksi pada Proyek Anda: 5 Tips Mudah

Dipublikasikan oleh Natasya Anggita Saputri

18 Juni 2024, 08.27

sumber: capterra.com

Pelajari cara meningkatkan produktivitas proyek efisiensi konstruksi.
Skenario terburuk yang mungkin terjadi pada setiap proyek konstruksi adalah tidak selesai tepat waktu atau mungkin anggaran proyek yang sangat rendah sehingga menyelesaikan pekerjaan dengan baik adalah hal yang mustahil. Masalah dengan tenggat waktu dan anggaran adalah tanda-tanda ketidakefisienan.

Jika Anda pernah mengalami masalah efisiensi konstruksi, Anda tidak sendirian. Dalam sebuah survei terhadap para profesional konstruksi yang baru-baru ini kami lakukan, 38% mengatakan bahwa menyelesaikan pekerjaan tepat waktu adalah tantangan terbesar yang mereka hadapi selama penutupan proyek. Terkadang, Anda dapat mengaitkan masalah ini dengan faktor-faktor di luar kendali Anda, seperti cuaca atau masalah rantai pasokan yang membatasi aliran material dan suku cadang. Namun, dalam hampir semua kasus, efisiensi konstruksi berada dalam genggaman Anda.*

Mengikuti beberapa tips mudah berikut ini dapat mengurangi miskomunikasi dan penundaan yang dapat menghambat efisiensi konstruksi. Berikut adalah lima cara mudah untuk meningkatkan produktivitas dalam proyek konstruksi.

Tips #1: Berinvestasi dalam pelatihan
Pelatihan sangat penting untuk efisiensi konstruksi, terutama bagi mandor dan pengawas lainnya. Setiap proyek konstruksi harus dipimpin dengan prinsip-prinsip manajemen yang baik, karena efisiensi mengalir dari atas ke bawah di lokasi kerja mana pun. Karyawan Anda juga membutuhkan pelatihan untuk mengetahui cara menyelesaikan pekerjaan dengan cepat dan benar.

Jenis-jenis pelatihan konstruksi
Jika Anda tidak pernah menganggap pelatihan sebagai bagian penting dari pekerjaan konstruksi, Anda mungkin bertanya-tanya jenis pelatihan apa yang diperlukan. Berikut adalah beberapa jenis pelatihan konstruksi yang penting bagi semua personel:

  • Pelatihan keselamatan: Setiap orang di lokasi kerja harus dilatih untuk menggunakan alat pelindung diri (APD), bekerja di ketinggian, dan sistem perlindungan dari jatuh. Pelatihan keselamatan listrik dan penanganan material juga dapat mencegah terjadinya bencana dan meningkatkan efisiensi.
  • Pelatihan khusus perdagangan: Mulai dari tukang kayu dan tukang batu hingga tukang ledeng dan teknisi listrik, lokasi kerja membutuhkan banyak peran khusus. Program pelatihan membantu memastikan karyawan Anda memiliki keterampilan teknis yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan mereka.
  • Pelatihan komunikasi dan kolaborasi: Komunikasi dan kolaborasi yang efektif sangat penting untuk kelancaran proyek konstruksi. Program pelatihan dapat membantu membangun keterampilan lunak ini, yang mengarah pada kerja tim yang efektif.Pelatihan teknologi: Industri konstruksi terus berkembang, dengan teknologi baru yang secara teratur muncul di lokasi. Memberikan pelatihan kepada pekerja Anda akan memaksimalkan nilai dari teknologi konstruksi yang baru.

Manfaat berinvestasi dalam pelatihan konstruksi
Berinvestasi dalam berbagai jenis pelatihan konstruksi ini membantu menciptakan tenaga kerja yang terampil dan kompeten yang diberdayakan untuk menghasilkan proyek yang sukses. Selain itu, tim yang terlatih dengan baik akan lebih aman dan berkontribusi pada lingkungan kerja yang positif dan kolaboratif.

Kiat #2: Manfaatkan perangkat lunak manajemen konstruksi
Berkat perangkat lunak manajemen konstruksi yang membantu, manajemen proyek konstruksi jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Aplikasi ini membantu merampingkan dan mengoptimalkan proyek konstruksi, karena aplikasi ini mengelola segala sesuatu mulai dari perencanaan dan penjadwalan hingga jadwal proyek dan pelacakan biaya.

Apa itu perangkat lunak manajemen konstruksi?
Perangkat lunak manajemen konstruksi adalah kelas aplikasi yang dirancang untuk mengelola dan mengawasi proyek konstruksi. Meskipun aplikasi ini memiliki banyak kesamaan dengan perangkat lunak manajemen proyek, perangkat lunak di kelas ini memiliki fitur khusus untuk proyek konstruksi.

Misalnya, perangkat lunak manajemen konstruksi memungkinkan Anda membuat dan memvisualisasikan jadwal proyek dengan bagan Gantt, selain itu juga memungkinkan Anda berbagi dokumen, spesifikasi, dan rencana proyek dengan tim dan pemangku kepentingan lainnya. Fitur manajemen lapangan dan pelaporan membantu memantau produktivitas, penggunaan material, dan insiden keselamatan.

Manfaat menggunakan perangkat lunak manajemen konstruksi
Survei kami terhadap para profesional konstruksi menunjukkan nilai perangkat lunak manajemen konstruksi yang baik, karena 57% responden mengatakan bahwa perangkat lunak ini meningkatkan akurasi proyek secara keseluruhan. Secara khusus, 46% mengatakan bahwa perangkat lunak bertanggung jawab atas penawaran yang lebih akurat. Dan 44% mengatakan bahwa perangkat lunak manajemen konstruksi bertanggung jawab atas peningkatan efisiensi dan pengurangan biaya.

Kiat # 3: Tingkatkan komunikasi
Komunikasi yang buruk adalah resep untuk inefisiensi dan masalah anggaran dalam proyek konstruksi. Di sisi lain, komunikasi yang efektif memastikan kelancaran operasi dan mencegah kesalahan yang merugikan. Hal ini juga mengurangi kesalahpahaman dan membantu membangun kepercayaan di antara tim dan klien Anda. Setiap lokasi kerja pasti akan menghadapi masalah yang tidak terduga, tetapi keterampilan komunikasi yang kuat membantu tim Anda memecahkan masalah bersama.

Cara meningkatkan komunikasi di lokasi konstruksi
Untuk meningkatkan komunikasi di lokasi konstruksi, pertama-tama tentukan peran dan tanggung jawab. Hal ini akan membantu setiap orang di lokasi mengetahui siapa yang harus dihubungi untuk berbagai masalah atau informasi. Rantai komando akan membantu memastikan masalah ditangani secara sistematis dan efektif saat muncul. Gunakan teknologi yang Anda miliki juga, karena perangkat lunak manajemen konstruksi biasanya memiliki fitur kolaboratif yang memfasilitasi komunikasi yang efektif.

Kiat #4: Tetapkan pengukuran kinerja dan minta pertanggungjawaban kru Anda
Pengukuran kinerja adalah alat serbaguna untuk setiap proyek konstruksi. Pengukuran kinerja tidak hanya menetapkan ekspektasi dasar bagi pekerja Anda, tetapi juga berfungsi sebagai alat motivasi yang efektif. Lagi pula, ketika para pekerja mengetahui tujuan yang ingin mereka capai, mereka akan berusaha keras untuk mencapainya.

Menetapkan metrik pengukuran kinerja juga akan membantu komunikasi karena tujuan setiap orang akan lebih jelas. Beberapa metrik kinerja standar yang dapat diukur antara lain:

  • Datang tepat waktu untuk bekerja.
  • Menyelesaikan tugas tepat waktu.
  • Hari tanpa insiden keselamatan.
  • Melakukan pekerjaan ekstra.

Tip #5: Gunakan BIM (Pemodelan Informasi Bangunan)
Pemodelan Informasi Bangunan (Building Information Modeling/BIM) telah muncul sebagai salah satu proses yang paling populer dalam proyek konstruksi modern. Representasi digital dari bangunan yang bahkan belum mulai dicor ini memungkinkan Anda untuk memvisualisasikan proyek sebelum menghabiskan waktu dan uang, sehingga membantu Anda mengelola sumber daya dengan lebih efisien.

Apa itu BIM?
BIM (Building Information Modeling) adalah teknologi yang relatif baru yang mirip dengan pemodelan 3D namun dengan hasil yang lebih detail dan akurat. Model BIM menggabungkan informasi tentang bahan, komponen, sistem, dan material yang digunakan dalam proyek konstruksi yang diusulkan. Hal ini memberikan Anda simulasi yang akurat dari sebuah proyek bangunan, sehingga memungkinkan estimasi biaya yang akurat, analisis energi, dan manajemen fasilitas.

Manfaat menggunakan BIM
Dibandingkan dengan gambar pena dan kertas dan pemodelan 3D tradisional, BIM menawarkan banyak manfaat. Dengan BIM, Anda dapat secara virtual menelusuri proyek bangunan yang diusulkan dan menunjukkan potensi masalah sebelum memulai pembangunan atau menghabiskan dana proyek. Model BIM juga bersifat kolaboratif, karena Anda dapat membaginya dengan arsitek, insinyur, dan kontraktor untuk membantu mengidentifikasi masalah apa pun dalam fase perencanaan proyek.

Gunakan kiat-kiat ini untuk proyek konstruksi yang lebih efisien
Ketidakefisienan adalah penguras terbesar pada setiap proyek konstruksi. Hal ini menyebabkan pemborosan waktu dan anggaran, bahkan dapat menyebabkan miskomunikasi dan masalah keselamatan. Namun, dengan mengikuti lima tips ini, Anda akan menguasai seni produktivitas dalam konstruksi. Anda juga akan memiliki tenaga kerja yang lebih produktif dan klien yang lebih bahagia.

Sumber: capterra.com