Mengelola Perusahaan Konstruksi: Panduan Praktik Terbaik

Dipublikasikan oleh Natasya Anggita Saputri

17 Juni 2024, 12.28

sumber: buildxact.com

Pasar perumahan merupakan salah satu sektor ekonomi yang paling dinamis, menghadapi siklus naik-turun sebagai respons terhadap perubahan suku bunga dan hipotek. Namun, industri konstruksi rumah merupakan fondasi ekonomi nasional dan menawarkan banyak peluang bagi bisnis konstruksi yang dikelola dengan baik, baik untuk pembangunan rumah baru maupun renovasi.

Ya, industri konstruksi juga menghadapi banyak tantangan, tetapi pemilik bisnis yang cerdas dapat mengatasinya. Inilah caranya:

Mengelola bisnis konstruksi yang sukses dengan mengatasi risiko
Pahami bahwa mengelola bisnis konstruksi dengan sukses berarti memiliki rencana bisnis yang bagus yang mengambil pendekatan "praktik terbaik" terhadap risiko. Ini berarti faktor risiko eksternal (seperti arus kas, penjadwalan, dan tantangan dengan pemasok material dan perusahaan mitra), dan faktor risiko internal (seperti risiko kepegawaian dan keselamatan).

Tidak mengherankan, semakin baik risiko dikelola, semakin sehat bisnis konstruksi. Namun, bagaimana cara kita mencapainya?

Manajemen yang baik meminimalkan faktor risiko eksternal
Para profesional konstruksi memiliki banyak kekhawatiran yang sama dengan pemilik bisnis lainnya dalam hal risiko eksternal. Itulah mengapa penting untuk mengadopsi banyak praktik bisnis yang sama yang telah terbukti berhasil di industri lain.

Mengelola risiko hukum dan keuangan
Perusahaan konstruksi menghadapi banyak risiko, termasuk keterlambatan material, kecelakaan di tempat kerja, faktur yang terlambat, dan bahkan cuaca yang menyebabkan proyek tidak terkendali dalam hal waktu dan biaya. Namun, keterlambatan produksi merupakan masalah umum di banyak industri yang membutuhkan banyak aliran tenaga kerja dan material.

Ada strategi khusus yang digunakan oleh semua manajer bisnis untuk menghindari penundaan produksi, tetapi pada dasarnya, mengelola risiko ini juga berarti dilindungi oleh polis asuransi yang memadai, memastikan kontrak memiliki klausul negosiasi, dan memiliki rencana untuk menagih faktur. Pembebasan hak gadai sangat penting ketika mengelola proyek konstruksi.

Perusahaan-perusahaan konstruksi menghadapi tantangan dan strategi yang umum
Seperti yang ditunjukkan tahun lalu, dengan banyaknya perusahaan konstruksi yang mengalami kesulitan keuangan, para pembangun rumah menghadapi banyak tantangan profitabilitas. Ini termasuk:

  • Pengendalian biaya-proyek konstruksi memiliki begitu banyak variabel sehingga sulit untuk mengendalikan biaya, yang menggerogoti margin keuntungan dan menghambat bisnis yang berulang;
  • Kekurangan tenaga kerja-keterampilan yang diperlukan untuk proyek bisa jadi sulit didapat, dan hal ini dapat mengakibatkan jadwal proyek yang lebih lama... atau berpotensi menghalangi perusahaan untuk mendapatkan penawaran kerja;
  • Keselamatan-konstruksi rumah memiliki risiko keselamatan yang melekat yang dapat mengakibatkan premi asuransi yang sangat tinggi dan berpotensi membuat perusahaan harus membayar biaya hukum yang mahal;
  • Manajemen rantai pasokan-biaya yang meningkat dan seringnya ketidaktersediaan material membuat para pembangun rumah menghadapi risiko yang belum pernah terjadi sebelumnya karena para pemasok material harus bekerja keras untuk mengisi kekosongan pasokan;
  • Manajemen kontrak-mengelola kontrak, termasuk penyusunan, negosiasi, dan penegakan hukum, bisa jadi rumit dan memakan waktu. Hal ini dengan mudah dihitung sebagai salah satu biaya "tersembunyi" yang besar.
  • Praktik-praktik terbaik untuk mengelola perusahaan konstruksi

Mari kita lihat bagaimana perusahaan konstruksi rumah melawan beberapa tren di atas:

Menciptakan Sistem Penghasil Prospek
Terlalu sering, pemilik bisnis salah mengasumsikan bahwa pemasaran dasar dan situs web merupakan hal yang dibutuhkan oleh bisnis. Pemasaran memang penting, tetapi tanpa adanya perolehan prospek yang aktif yang mendukungnya, upaya pemasaran tersebut sering kali gagal.

Pembuatan prospek harus melibatkan penelitian terhadap arsitek, agen penjual, pengembang, manajer properti, dan desainer yang ingin Anda ajak bekerja sama, menemui mereka, dan meminta untuk ditambahkan ke dalam daftar penawaran mereka. Jaringan tersebut membantu memastikan bahwa, ketika ada kesempatan, Anda tidak akan melewatkan penawaran untuk sebuah kontrak.

Pendelegasian dan kepemimpinan
Kepemimpinan yang baik bukan berarti mengambil alih kendali dan mengelola semuanya sendiri. Pemimpin yang baik mengelilingi diri mereka dengan orang-orang yang sangat kompeten yang dapat mereka percayai dan mendelegasikan pekerjaan kepada karyawan terbaik mereka. Ini berarti memiliki manajer proyek dan orang-orang penting lainnya untuk membuat keputusan dan melakukan pendekatan ke lokasi pekerjaan dengan cara yang paling mereka ketahui, tanpa melakukan manajemen mikro di pihak Anda.

Anda tidak hanya mendapatkan keuntungan dari orang-orang yang membawa ide mereka sendiri ke dalam proyek, tetapi juga membebaskan Anda untuk fokus pada masa depan jangka panjang bisnis itu sendiri.

Bekerja secara efisien dengan perangkat lunak 
Perangkat lunak adalah alat yang sangat berguna, jika digunakan dengan benar. Dengan memanfaatkan perangkat lunak akuntansi, CRM, dan estimasi pekerjaan dengan otomatisasi berkualitas tinggi yang sudah terpasang, Anda bisa menghemat banyak "pekerjaan kasar" setiap minggunya, dan merasa tenang karena mengetahui apa yang terjadi di balik layar berjalan lancar.

Perangkat lunak menawarkan manfaat lain, jika diimplementasikan dan dikelola dengan baik, perangkat lunak ini juga membantu menghilangkan risiko keuangan. Berapa banyak perusahaan konstruksi yang mengalami kerugian besar karena faktur diterbitkan dengan perhitungan yang salah (manual), sehingga menghasilkan harga yang salah? Perangkat lunak dapat sangat mengurangi risiko ini.

Perangkat lunak manajemen konstruksi
Industri konstruksi membutuhkan perangkat lunak yang unik untuk membantu pemilik mengelola proyek dengan baik. Perangkat lunak manajemen industri konstruksi yang baik, seperti Buildxact, menghasilkan estimasi dalam waktu yang singkat, mengelola prospek, menawarkan harga material secara real-time, dan membuat kontrak dan jadwal subkontraktor yang akurat dengan cepat. Perangkat lunak ini juga terhubung dengan perangkat lunak akuntansi untuk mengintegrasikan keuangan dan operasi bisnis Anda dengan lebih baik.

Cara meningkatkan produktivitas konstruksi 
Salah satu kunci keberhasilan bisnis konstruksi adalah seberapa produktif bisnis tersebut beroperasi. Semakin efektif Anda menjalankan bisnis konstruksi, semakin banyak pekerjaan yang akan Anda dapatkan dan semakin tinggi kepuasan pelanggan yang akan Anda peroleh. Momentum dalam bisnis Anda terbangun dengan sendirinya.

Ada beberapa hal yang dilakukan perangkat lunak manajemen konstruksi untuk meningkatkan produktivitas:

  • Memungkinkan Anda membuat rencana ke depan, membuat rencana yang mendalam, dan sering membuat rencana. Semakin komprehensif rencana Anda, pada setiap tahap proses konstruksi, semakin besar kemungkinan proyek Anda selesai tanpa penundaan atau kemunduran. Perangkat lunak memungkinkan Anda untuk menyiapkan templat estimasi dan biaya berdasarkan proyek-proyek Anda yang paling sukses untuk mempercepat perencanaan;
  • Berkomunikasi dengan jelas dan sering. Semakin baik jalur komunikasi antara setiap pemangku kepentingan, semakin kecil kemungkinan kesalahan informasi akan menyebabkan sesuatu dilakukan dengan buruk atau terlewatkan sama sekali. Perangkat lunak memindahkan penjadwalan secara online agar dapat dilihat oleh semua orang, kapan pun waktunya.
  • Namun, perangkat lunak juga dapat membantu dengan cara lain. Sebagai contoh, siapa yang tidak ingin meningkatkan manajemen dokumen? Menghilangkan kebutuhan untuk memiliki catatan kertas dan menyimpan semua file di cloud dapat membuat pengaksesan sesuai permintaan menjadi lebih cepat.

Bagaimana Buildxact dapat membantu
Pada akhirnya, bisnis konstruksi yang sukses menemukan kesuksesan itu karena pemiliknya telah membuat keputusan yang cerdas saat menyusun bisnis mereka. Ini berarti menggunakan alat yang tepat untuk mengawasi kinerja sekaligus membantu mengelola bisnis dan mengejar peluang baru.

Platform perangkat lunak Buildxact memberikan manfaat ini. Sebagai alat yang komprehensif untuk semua aspek manajemen konstruksi, Buildxact menjadi pusat yang dapat digunakan pemilik untuk mengelola setiap proyek dan biayanya, sekaligus merencanakan kesehatan jangka panjang bisnis konstruksi.

Ingin tahu lebih lanjut? Buildxact menawarkan platform lengkap yang dapat membantu Anda mencapai tujuan Anda. Pelajari lebih lanjut tentang harga yang terjangkau. Anda juga dapat memesan demo atau langsung memulai dengan uji coba gratis 14 hari tanpa biaya.

Sumber: buildxact.com