10 Aturan Keselamatan di Lokasi Konstruksi

Dipublikasikan oleh Natasya Anggita Saputri

25 Juni 2024, 07.55

sumber: safetyculture.com

10 Aturan untuk Keselamatan Konstruksi
Untuk menghindari cedera, kecelakaan, dan masalah kesehatan lainnya di lokasi konstruksi, berikut ini adalah aturan keselamatan konstruksi umum yang harus diikuti untuk menjaga keselamatan pekerja dan pengunjung:

1. Selalu kenakan APD
Semua pekerja dan pengunjung di lokasi konstruksi harus mengenakan APD yang sesuai untuk mengurangi paparan berbagai bahaya di lokasi kerja. APD yang umum digunakan meliputi kacamata, helm, sarung tangan, penutup telinga atau sumbat telinga, sepatu bot, serta rompi dan pakaian dengan visibilitas tinggi.

2. Berhati-hatilah dan ikuti rambu-rambu
Rambu-rambu keselamatan memungkinkan manajemen untuk memperingatkan dan meningkatkan kesadaran akan kesehatan dan keselamatan karyawan dan pengunjung. Letakkan rambu-rambu tersebut di sekitar lokasi jika diperlukan. Pekerja harus terbiasa dengan kiat-kiat keselamatan di lokasi konstruksi dan rambu-rambu yang berbeda: rambu larangan, rambu wajib, rambu peringatan, rambu kondisi aman, dan rambu peralatan pemadam kebakaran.

3. Berikan instruksi yang jelas
Induksi lokasi untuk kontraktor umum harus ada di lokasi. Hal ini akan memungkinkan pekerja baru untuk terbiasa dengan operasi di lokasi. Pembicaraan kotak peralatan juga merupakan cara yang efektif untuk menyampaikan instruksi kesehatan dan keselamatan kepada tenaga kerja. Hal ini dilakukan sebelum memulai pekerjaan baik setiap hari atau lebih sering.

4. Jaga kebersihan lokasi konstruksi
Pastikan puing-puing, debu, paku-paku yang lepas, dan air yang tergenang dari penggalian dan penimbunan tidak berserakan di sekitar lokasi. Lokasi konstruksi harus dibersihkan setiap hari dan tetap bebas dari kekacauan untuk mencegah terpeleset dan tersandung.

5. Atur dan simpan peralatan dengan benar
Pastikan tidak ada peralatan yang tergeletak di sekitar, dan biarkan lampu dan peralatan listrik tidak terpasang. Mengikuti aturan di lokasi konstruksi akan membantu mencegah perkakas rusak atau bahkan menyebabkan cedera pada pekerja. Mengaturnya di tempat yang semestinya juga akan memudahkan navigasi.

6. Gunakan peralatan yang tepat untuk setiap tugas
Seringkali, kecelakaan terjadi karena penyalahgunaan alat atau peralatan. Hindari menggunakan alat seadanya. Sebaliknya, gunakan alat yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan dengan lebih cepat dan aman.

7. Siapkan rencana tanggap darurat
Rencana tanggap darurat mengarahkan tenaga kerja tentang apa yang harus dilakukan saat keadaan darurat seperti bencana alam, kebakaran, tumpahan bahan berbahaya, atau jenis insiden lainnya terjadi. Miliki tim khusus yang bertanggung jawab untuk mengelola krisis darurat, menjawab pertanyaan, dan melaporkan potensi bahaya, masalah kualitas, atau nyaris celaka.

8. Menyiapkan perlindungan
Salah satu cara untuk memastikan keamanan di lokasi adalah dengan menempatkan kontrol teknik seperti pembatas, pagar, dan pengaman. Hal ini akan membantu mengisolasi orang dari area berbahaya dengan listrik bertegangan tinggi atau bahan kimia dengan asap beracun.

9. Memeriksa peralatan dan perlengkapan secara teratur
Sebelum memulai pekerjaan, pastikan alat dan perlengkapan yang akan digunakan bebas dari cacat atau kerusakan.

10. Laporkan masalah dengan segera
Latihlah pekerja untuk melaporkan cacat dan nyaris celaka di lokasi segera setelah mereka mengetahuinya. Masalah hanya bisa diselesaikan jika diketahui oleh manajemen. Semakin cepat masalah dilaporkan, semakin kecil kemungkinan masalah tersebut memburuk dan menyebabkan kecelakaan atau kerusakan lebih lanjut.

Pasar Budaya Keselamatan:  Toko Perlengkapan dan Peralatan Kerja Satu Atap Anda
Tingkatkan keselamatan di tempat kerja Anda dengan SafetyCulture Marketplace sebagai toko serba ada untuk semua kebutuhan perlengkapan dan peralatan kerja. Dapatkan akses sesuai permintaan ke perlengkapan kerja berkualitas tinggi dan khusus dari merek peralatan tepercaya di industri ini-semuanya di satu lokasi terpusat. Tingkatkan standar keselamatan dan efisiensi dengan memberdayakan karyawan untuk meminta apa yang mereka butuhkan hanya dengan beberapa ketukan, kapan pun dan di mana pun!

Sumber: safetyculture.com