Tujuan Manajemen Keuangan Dalam Bisnis/Perusahaan

Dipublikasikan oleh Mochammad Reichand Qolby

30 Januari 2023, 14.43

Sumber : Wallpaper Cave

Beberapa Tujuan Manajemen Keuangan

1. Menjaga Arus Keluar Masuk Kas

Tujuan pertama dari penerapan manajemen keuangan adalah untuk menjaga arus keluar masuk kas. Aktivitas operasi merupakan segala aktivitas yang berhubungan dengan kegiatan operasional perusahaan. Kas digunakan untuk membayar gaji karyawan, pajak hingga pembelian bahan material dan ATK. Banyaknya aktivitas di perusahaan yang membutuhkan uang kas menjadi salah satu tujuan dibuatnya manajemen keuangan.

2. Mengatur Pengeluaran Lebih Baik

Pengeluaran harus diatur secara efisien dengan menggunakan manajemen keuangan. Cobalah untuk melakukan evaluasi melalui laporan keuangan bisnis JULOvers dalam beberapa periode waktu yang lampau. Cari sumber yang menyebabkan terjadinya pembengkakan atau pengeluaran mana yang tidak memberikan manfaat  apa pun bagi bisnis kamu.

3. Memaksimalkan Keuntungan 

Tujuan dalam bisnis merupakan meraih jalan usaha untuk mendapatkan banyak revenue atau keuntungan. Oleh karena itu, pelaku bisnis harus memaksimalkan penerapan manajemen keuangannya untuk mengambil keputusan dalam melakukan tindakan sehingga memaksimalkan keuntungan perusahaan atau bisnis.

4. Memperkecil Risiko

Bisnis memiliki banyak risiko yang mengakibatkan terhadap terancamnya operasional. Penerapan manajemen keuangan dapat membantu pembisnis untuk memperkecil risiko yang akan didapatkan. Banyak strategi yang dapat diperoleh dengan memanfaatkan secara baik untuk memaksimalkan manajemen keuangan. 

 

Sumber : julo.co.id