Transportasi: Menghubungkan Manusia, Hewan, dan Barang dari Satu Tempat ke Tempat Lain

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

15 Mei 2024, 10.22

Disadur dari: en.wikipedia.org

Transportasi (dikenal sebagai transportation dalam Bahasa Inggris Amerika) adalah pergerakan manusia, hewan, dan barang dengan sengaja dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Mode transportasi meliputi udara, darat (rel dan jalan raya), air, kabel, pipa, dan ruang angkasa. Bidang ini dapat dibagi menjadi infrastruktur, kendaraan, dan operasi. Transportasi memungkinkan perdagangan manusia, yang penting untuk perkembangan peradaban.

Infrastruktur Transportasi

Infrastruktur transportasi terdiri dari instalasi tetap, termasuk jalan raya, rel kereta api, jalur udara, jalur air, kanal, dan pipa, serta terminal seperti bandara, stasiun kereta api, terminal bus, gudang, terminal truk, depo pengisian bahan bakar (termasuk dermaga bahan bakar dan pompa bahan bakar), dan pelabuhan laut. Terminal dapat digunakan baik untuk pertukaran penumpang dan kargo maupun untuk pemeliharaan.

Kendaraan

Kendaraan merupakan berbagai fasilitas transportasi yang digunakan untuk mengangkut orang atau kargo. Mereka dapat mencakup kendaraan bermotor, hewan tunggangan, dan hewan pengangkut. Kendaraan dapat berupa gerobak, mobil, sepeda, bus, kereta api, truk, helikopter, perahu, wahana antariksa, dan pesawat terbang.

Mode

Sebuah mode transportasi adalah solusi yang menggunakan jenis kendaraan, infrastruktur, dan operasi tertentu. Transportasi orang atau kargo dapat melibatkan satu atau beberapa mode, dengan kasus terakhir disebut transportasi inter-modal atau multi-modal. Setiap mode memiliki keuntungan dan kerugiannya sendiri, dan akan dipilih berdasarkan biaya, kemampuan, dan rute.

Transportasi Udara

Pesawat tetap, umumnya disebut pesawat terbang, adalah kendaraan yang lebih berat dari udara di mana gerakan udara relatif terhadap sayap digunakan untuk menghasilkan angkat. Istilah ini digunakan untuk membedakan ini dari pesawat berputar, di mana gerakan permukaan angkat relatif terhadap udara menghasilkan angkat. Gyroplane adalah gabungan antara pesawat tetap dan pesawat berputar. Pesawat tetap bervariasi mulai dari pelatih kecil dan pesawat rekreasi hingga pesawat terbang besar dan pesawat kargo militer.

Dua hal yang diperlukan untuk pesawat adalah aliran udara di atas sayap untuk menghasilkan angkat dan area untuk mendarat. Sebagian besar pesawat juga memerlukan bandara dengan infrastruktur untuk pemeliharaan, pengisian ulang, dan pengisian bahan bakar serta untuk memuat dan membongkar awak, kargo, dan penumpang. Meskipun sebagian besar pesawat mendarat dan lepas landas di darat, beberapa mampu lepas landas dan mendarat di es, salju, dan air tenang.

Pesawat adalah metode transportasi tercepat kedua, setelah roket. Jet komersial dapat mencapai kecepatan hingga 955 kilometer per jam (593 mph), pesawat satu mesin 555 kilometer per jam (345 mph). Penerbangan mampu mengangkut orang dan jumlah kargo terbatas secara cepat dan melewati jarak yang lebih jauh, tetapi menimbulkan biaya dan penggunaan energi yang tinggi; untuk jarak pendek atau di tempat yang sulit dijangkau, helikopter dapat digunakan. Menurut artikel The Guardian pada tanggal 28 April 2009, "WHO memperkirakan bahwa hingga 500.000 orang berada di pesawat setiap saat."

Disadur dari: en.wikipedia.org