Transformasi Transportasi Kota Bogor melalui BisKita Trans Pakuan: Menerobos Kemacetan dengan Solusi Terintegrasi

Dipublikasikan oleh Dimas Dani Zaini

30 April 2024, 10.52

Sumber: id.wikipedia.org

BisKita Trans Pakuan merupakan layanan angkutan umum berbasis bus berkecepatan tinggi di Kota Bogor, Jawa Barat, yang menerapkan metode pembiayaan dan pengelolaan BPTJ Kementerian Perhubungan (BTS) dan PT Kodjari Tata Angkutan.

Berdasarkan standar pelayanan yang ditetapkan pemerintah. Bus kota ini sangat mirip dengan Transjakarta dan berhenti di lokasi tertentu. Namun bedanya bus ini tidak menggunakan jalur khusus. Bus ini juga diharapkan dapat mengurangi kemacetan di kota-kota yang ada dan menghilangkan kemacetan lalu lintas di Kota Bogor.

Sejarah

BISKITA Trans Pakuan akan mulai beroperasi pada 2 November 2021. Sudah dimulai. Terpilih sebagai tes logam sederhana Coba layanan BisKita Trans Pakuan Balai Kota Bogor. Layanan angkutan umum ini merupakan salah satu proyek yang masuk dalam mekanisme pendanaan Buy The Service (BTS) pemerintah pusat (dalam hal ini Kementerian Perhubungan melalui Otoritas Transportasi Jabodetabek).

Berbeda dengan metode pinjaman saat ini, pembiayaan dengan metode BTS terdiri dari pembelian seluruh layanan yang disediakan oleh operator yang memberikan layanan sesuai standar layanan yang ditetapkan pemerintah. Layanan BisKita Trans Pakuan, “Solusi Transportasi Perkotaan Terpadu Bus Inovatif dan Milik Anda”, beroperasi pada empat rute layanan di Kota Bogor, dan kedepannya layanan tersebut juga akan dilepas dari BISKITA Trans Pakuan ke rute lainnya.

Koridor 1\ Koridor Jalur 1 merupakan jalur pertama yang dioperasikan bus Trans Pakuan sejak tahun 2008. Jalur ini menghubungkan Terminal Bubulak di Bubulak, Bogor, sebelah barat Bogor, dan Terminal Bus Cidanghiang di Tegallega, Bogor, Bogor tengah.\ n
Koridor 2\ nKoridor 2 adalah Trans Jalur bus Pakuan yang dibuka pada Desember 2021. Jalur ini menghubungkan Terminal Bubulak di Bubulak, Bogor, sebelah barat Bogor dan Pangkalan Ciawi, Harjasari, Bogor, selatan Bogor.

Koridor 5

Koridor 5 merupakan jalur bus Trans Pakuan. Jalur ini dibuka pada bulan November 2021. Jalur ini menghubungkan Stasiun Bogor di Bogor Chibogor, Bogor Tengah, dan Terminal Chiparigi di Bogor Sipargi, Bogor Utara, Villa Bogor Indah Residence.

Pass 6\ nPasador 6 Jalur bus Trans Pakuan dibuka pada bulan November 2021. Desember 2021. Rute yang menghubungkan Simpang Parung Banteng Muhammad Syam di Katulampa, Bogor Timur, Bogor dan Gelanggang Olah Raga Remaja Padjajaran Bogor di Jalan Ahmad Yani, Tanahsareal, Bogor.

Koridor 7

Koridor 7 merupakan jalur bus terbuka di pedalaman. Data tidak diketahui. Jalan raya ini menghubungkan AEON Mall Sentul, Praza Niaga dan Plaza Amsterdam di Sentul, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, serta menghubungkan Jalan MH Thamrin, Cipambuan, Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Cidangiang dan Bellanova Mall yang berlokasi di Jawa Barat. 

Sumber: id.wikipedia.com