Tinjauan Mendalam tentang Rekayasa Waduk

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

22 Juni 2024, 09.03

Sumber: pexels.com

Teknik Reservoir adalah cabang dari teknik perminyakan yang menerapkan prinsip-prinsip ilmiah pada aliran fluida melalui media berpori selama pengembangan dan produksi reservoir minyak dan gas untuk mendapatkan pemulihan ekonomi yang tinggi. Alat kerja insinyur reservoir adalah geologi bawah permukaan, matematika terapan, dan hukum dasar fisika dan kimia yang mengatur perilaku fase cair dan uap minyak mentah, gas alam, dan air dalam batuan reservoir. Hal yang paling menarik bagi para insinyur reservoir adalah menghasilkan estimasi cadangan yang akurat untuk digunakan dalam pelaporan keuangan kepada SEC dan badan pengatur lainnya. Tanggung jawab pekerjaan lainnya termasuk pemodelan reservoir numerik, peramalan produksi, pengujian sumur, pengeboran sumur dan perencanaan workover, pemodelan ekonomi, dan analisis PVT cairan reservoir. Insinyur reservoir juga memainkan peran sentral dalam perencanaan pengembangan lapangan, merekomendasikan skema pengurasan reservoir yang tepat dan hemat biaya seperti waterflooding atau injeksi gas untuk memaksimalkan pemulihan hidrokarbon. Karena perubahan legislatif di banyak negara penghasil hidrokarbon, mereka juga terlibat dalam desain dan implementasi proyek-proyek penyerapan karbon untuk meminimalkan emisi gas rumah kaca.

Jenis

Insinyur waduk sering kali berspesialisasi dalam dua bidang:

  1. Rekayasa pengawasan, yaitu pemantauan lapangan yang ada dan optimalisasi tingkat produksi dan injeksi. Insinyur pengawasan biasanya menggunakan teknik analitis dan empiris untuk melakukan pekerjaan mereka, termasuk analisis kurva penurunan, pemodelan keseimbangan material, dan analisis aliran masuk/keluar.
  2. Pemodelan dinamis, yaitu pelaksanaan studi simulasi reservoir untuk menentukan rencana pengembangan yang optimal untuk reservoir minyak dan gas. Selain itu, para insinyur reservoir juga melakukan dan mengintegrasikan pengujian sumur ke dalam data mereka untuk reservoir dalam pengeboran panas bumi. Model dinamis menggabungkan model statis, sifat-sifat yang bergantung pada tekanan dan saturasi, lokasi dan geometri sumur, serta tata letak fasilitas untuk menghitung distribusi tekanan/saturasi ke dalam reservoir, dan profil produksi vs waktu.​​​​​​

Disadur dari: en.wikipedia.org