Teknologi Arsitektur: Definisi, Contoh, dan Aplikasi

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

06 Juni 2024, 07.24

Sumber: Pinterest.com

Arsitektur merupakan praktik dan produk dari perancangan, desain, dan pendirian bangunan dan struktur lainnya. Proses ini sudah ada sejak zaman prasejarah umat manusia dan memiliki signifikansi budaya dan sejarah yang tak terukur. Dan, selain kegunaan utamanya untuk menyediakan tempat tinggal, arsitektur perlahan-lahan berevolusi menjadi sebuah karya seni. Selain itu, teknologi arsitektur membawa perubahan sosial dan menjadi salah satu kekuatan pendorong di balik industrialisasi, modernisasi, dan manajemen populasi yang terus berkembang. Dengan demikian, mari kita analisis terlebih dahulu apa yang dirangkum oleh teknologi arsitektur.

Daftar Isi

  • Apa itu teknologi arsitektur?
  • Contoh teknologi arsitektur
  • Penerapan teknologi arsitektur
  • Dampak teknologi pada arsitektur

Apa itu teknologi arsitektur?

Kami enggan memberikan satu definisi tunggal tentang teknologi arsitektur, jadi kami akan memberikan tiga definisi:

  • Teknologi arsitektur mewakili kemampuan menganalisis, mengevaluasi, dan menggabungkan faktor-faktor dalam desain arsitektur untuk menghasilkan solusi teknologi yang efektif yang memenuhi persyaratan dalam fabrikasi/pabrikasi, kinerja, dan akuisisi barang atau jasa.
  • Teknologi arsitektur mewakili kemahiran teknis dan perencanaan yang digunakan dalam integrasi dan penerapan teknologi bangunan dalam proses desain dan konstruksi.
  • Teknologi bangunan adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan analisis dan studi bangunan dan perencanaan, optimasi, kinerja, konstruksi, dan standarisasinya.

Contoh teknologi arsitektur

Setelah anda memahami arti istilah ini, mari kita bahas beberapa contoh teknologi arsitektur:

Pemodelan informasi bangunan (BIM)

Kita akan mulai dengan produk yang paling nyata dari teknologi arsitektur. BIM atau pemodelan informasi bangunan adalah proses menghasilkan dan mengelola penggambaran digital dari atribut fisik dan praktis tempat atau bangunan. Teknologi ini adalah kekuatan pendorong di balik perencanaan kota modern dan digunakan oleh individu, bisnis, dan lembaga pemerintah. Selain memungkinkan kolaborasi secara simultan, teknologi ini menyusup ke setiap bagian dari proses, mulai dari perencanaan dan perancangan hingga pengoperasian, pembangunan, dan pemeliharaan infrastruktur. Mulai dari fasilitas itu sendiri hingga implementasi infrastruktur transportasi, air, listrik, gas, teknologi komunikasi, pengumpulan dan pembagian sampah, dan banyak lagi. Berikut ini adalah blok bangunan penting dari BIM:

Desain berbantuan komputer (CAD)

Computer-aided Design (CAD), juga dikenal sebagai CADD (Computer-aided design and drafting) adalah pemanfaatan komputer atau workstation untuk membantu membuat, memodifikasi, menganalisis, dan mengoptimalkan desain. Bentuk teknologi arsitektur ini memberikan banyak manfaat dibandingkan membuat desain dengan tangan:

  • Meningkatkan produktivitas perancang dan meningkatkan kualitas desain
  • Desain berbasis grafis vektor dapat dimanipulasi tanpa kehilangan kualitas
  • Gambar digital dapat menyampaikan data tambahan seperti bahan, skala, rasio aspek, toleransi, dan proses lainnya
  • CAD dapat menyarankan perubahan material, struktur, metode pembangunan, dan modifikasi yang sesuai dengan kode atau spesifikasi bangunan
  • Meningkatkan dokumentasi: kelengkapan, penyimpanan, perlindungan (aplikasi paten, cadangan), pencetakan, konversi, dll.
  • Desain dapat digunakan untuk pemesinan atau operasi manufaktur lainnya secara langsung
  • Desainer dapat menggunakan atau menggabungkan CAD dengan EDA (otomasi desain elektronik), MDA (otomasi desain mekanis), geometri komputasi, dll.

Pemodelan 3D

Pemodelan 3D mewakili pembuatan representasi 3 dimensi dari penskalaan, perspektif, rendering, dimensi, dan ilustrasi permukaan atau objek. Hal ini dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak komputer dan memanfaatkan kekuatan GPU (Graphics processing unit). Selain itu, model 3D dapat dibuat secara manual, melalui pemindaian objek fisik, atau secara algoritmik, menggunakan operator Boolean, yang dikenal sebagai pemodelan prosedural.

Pencetakan 3D

Pemodelan deposisi leburan (FDM) adalah bentuk pencetakan 3D yang paling umum saat ini dan menggunakan bahan termoplastik sebagai filamen. Hal ini sangat berguna dalam membangun prototipe visual atau fungsional atau bagian dari objek yang lebih besar. Namun, pencetakan 3D sedang bertransisi ke dalam produksi industri. Hal ini karena teknologi ini dapat membuat geometri dan bentuk yang kompleks yang tidak mungkin dibuat secara manual.

Dengan demikian, teknologi ini dapat, misalnya, memperkuat atau meringankan objek dengan menggunakan segmen berongga atau rangka internal. Selain itu, melalui teknologi desain generatif, algoritme AI dapat meniru fungsionalitas organisme di alam dan memungkinkan printer 3D untuk menduplikasi kreasi alami dengan tepat.

Realitas Virtual

Menggunakan headset VR (Virtual Reality) menghemat banyak waktu, tenaga, dan uang dengan menciptakan lingkungan virtual di depan mata pengguna. Tidak hanya memungkinkan para desainer untuk berkolaborasi dalam proyek-proyek arsitektur, tetapi juga mengurangi kebutuhan untuk membuat prototipe fisik atau meniadakannya. Selain itu, teknologi ini menghilangkan kebutuhan untuk mencoba-coba dan melakukan koreksi saat itu juga, yang mengganggu arsitektur selama berabad-abad.

Augmented Reality dan hologram

Augmented Reality memiliki manfaat yang mirip dengan Virtual Reality, namun cara kerjanya berlawanan. Alih-alih membuat sebuah lingkungan, Augmented Reality menggunakan lingkungan yang sudah ada dan kemudian menambahkan elemen-elemen yang dibuat oleh komputer secara berlapis-lapis.

Sebagai contoh, para ilmuwan telah menemukan cara untuk membuat "hologram yang dapat disentuh". Setelah pengguna menyentuh objek 3D virtual, misalnya, objek tersebut akan memancarkan tekanan radiasi ultrasonik dan memberikan umpan balik yang realistis. Teknologi ini, dikombinasikan dengan teknologi tekstur 3D, dapat merevolusi arsitektur selamanya.

Bangunan pintar

Kita telah menyinggung tentang rumah dan bangunan pintar saat membahas bagaimana teknologi membuat kita malas. Namun, meskipun sering kali berkonotasi negatif, teknologi rumah pintar juga memberikan dampak lingkungan yang sangat besar. Melalui hubungan langsung dengan Internet of Things (IoT), teknologi bangunan memberikan alternatif yang lebih unggul, lebih murah, lebih nyaman, hemat energi, dan berkelanjutan dalam perencanaan, pembuatan desain, dan konstruksi.

Penerapan teknologi arsitektur

Berikut ini adalah beberapa bidang aplikasi teknologi arsitektur:

Simulasi

Dengan menerapkan BIM, CAD, pemodelan 3D, VR, dan AR, kita dapat mensimulasikan berbagai proses arsitektur. Dengan itu, kita menghemat waktu, tenaga, uang, dan yang terpenting, nyawa manusia. Komputer dapat mensimulasikan tata letak, posisi, lansekap, pencahayaan, dan efek cuaca, serta memprediksi tekanan dan deformasi struktural pada berbagai titik waktu. Hal ini membantu para insinyur dan arsitek untuk mengatasi kekusutan dalam desain yang diusulkan, dan memastikan kekuatan, keamanan, dan stabilitas dioptimalkan hingga tingkat tertinggi.

Pracetak

Pracetak adalah praktik membangun dan merakit elemen-elemen struktur di lokasi mana pun selain di lokasi bangunan. Setelah itu, teknologi transportasi mengantarkan bagian-bagian tersebut ke lokasi, di mana para pekerja merakitnya menjadi fasilitas yang lengkap.

Praktik ini, dikombinasikan dengan lean manufacturing, membantu menetapkan metode dan biaya operasi yang optimal. Hal ini juga mengurangi waktu produksi dan upah sekaligus meningkatkan kualitas produk, memastikan kepatuhan terhadap kode bangunan, menghilangkan limbah produksi dan inventaris yang tidak perlu, serta memperkenalkan konsistensi dan keberlanjutan.

Bangunan atau struktur pencetakan 3D

Apis Cor, sebuah perusahaan di San Francisco membuat sebuah rumah pada tahun 2017 hanya dalam waktu 24 jam. Mereka menggunakan printer 3D seluler berdasarkan sistem koordinat kutub, menghabiskan $ 10.000, dan menciptakan ruang layak huni seluas 38 meter persegi. Selain itu, beton yang mereka gunakan sebagai filamen dapat bertahan selama 175 tahun. Mereka harus memasang jendela, pipa ledeng, dan kabel listrik secara manual, meskipun kami tidak meragukan robot dapat menggantikan pekerjaan ini.

Dampak teknologi pada arsitektur

Sebuah survei baru-baru ini menunjukkan bahwa hampir 90% perusahaan arsitektur Eropa percaya bahwa penggunaan alat dan teknologi digital telah meningkatkan produktivitas dalam hal arsitektur. Hal ini dengan sendirinya menandakan dampak teknologi terhadap arsitektur modern. Tentunya, teknologi telah mempengaruhi segalanya. Faktanya, abad ke-21 menjadi seperti sekarang ini karena adanya teknologi. Dan arsitektur hanyalah salah satu sektor di mana kita dapat melihat dampak nyata dari teknologi dengan lebih jelas.

Hal ini berdampak pada proses arsitektur dari awal hingga akhir, baik itu desain, perencanaan, pertemuan dengan investor dan klien, atau konstruksi. Hal ini jelas meningkatkan daya tahan konstruksi dan meningkatkan proses konstruksi secara signifikan. Sebagai bukti dari fakta ini, pasar teknologi arsitektur global berharap dapat mencapai $7,8 miliar hanya dalam waktu empat tahun.

Aspek lain di mana teknologi memainkan peran besar adalah bahan konstruksi, yang merupakan dasar untuk arsitektur. Video berikut ini membahas material konstruksi baru yang telah diperkenalkan di pasar dan bagaimana mereka membentuk masa depan arsitektur dan konstruksi inovasi terbaru dalam bahan konstruksi

Dampak Positif teknologi pada arsitektur

Teknologi membawa beberapa keuntungan yang jelas dan menentukan industri, yang dibahas di bawah ini:

Peningkatan efisiensi yang substansial

Dalam beberapa cara yang paling jelas, teknologi telah meningkatkan efisiensi keseluruhan dari keseluruhan proses arsitektur, dari A hingga Z. Teknologi tidak hanya berdampak pada fase perancangan dan perencanaan, namun juga membuat konstruksi bangunan tersebut menjadi lebih cepat.

Hal ini juga membuat orang dapat menghemat waktu dan meminimalisir kemungkinan terjadinya kesalahan. Perancangan dan perencanaan juga menjadi lebih tepat, memungkinkan margin kesalahan yang lebih rendah, dan dengan material yang lebih baik, proses konstruksi juga telah berkembang.

Rasa estetika dan fungsionalitas yang lebih baik

Ya, estetika bisa bersifat subjektif, itulah sebabnya arsitektur modern mengadopsi pendekatan zero-trust di mana mereka meminimalkan modifikasi kosmetik. Namun, bukan berarti desainnya sederhana. Sebaliknya, arsitek masa kini dapat mendesain bangunan yang jauh lebih rumit dan canggih dengan menggunakan CAD. Mereka dapat meningkatkan desain lebih lanjut dengan menambahkan kepraktisan dan fungsi menggunakan pemodelan informasi bangunan, sebuah inovasi lain dalam arsitektur. Dengan demikian, mereka bahkan dapat mengatasi masalah yang belum ada sebelumnya, hanya dengan mengandalkan konstruksi virtual.

Keamanan yang lebih baik dan perlindungan tingkat lanjut

Terakhir, kita dapat menyimpulkan bahwa teknologi telah memungkinkan arsitektur menjadi lebih aman daripada sebelumnya. Karena mereka dapat menemukan risiko tersembunyi selama proses desain, mereka dapat secara efektif mengatasi masalah apa pun bahkan sebelum masalah itu muncul. Saat ini, bangunan yang dibangun dirancang dengan mempertimbangkan banyak faktor.

Mereka dirancang dengan mempertimbangkan kebakaran, banjir, gempa bumi, dan bahkan kecepatan dan gesekan udara. Arsitek bahkan dapat menambahkan perlindungan canggih pada desain mereka dengan mudah menggunakan perangkat lunak desain yang canggih.

Dampak Negatif dari teknologi pada arsitektur

Sayangnya, setiap koin memiliki dua sisi, dan teknologi arsitektur tidak terkecuali dari hal ini. Berikut adalah beberapa kelemahan mencolok dari teknologi dalam arsitektur:

Ketergantungan yang berlebihan pada teknologi

Terkadang, ketergantungan yang berlebihan pada teknologi dapat menjadi kontraproduktif, seperti yang telah diamati pada arsitektur. Sejak arsitek modern menjadi sangat bergantung pada perangkat lunak untuk tujuan desain, banyak yang bertanya apakah hal ini akan berdampak pada kreativitas atau inovasi manusia.

Desain berbantuan komputer juga harus menghadapi masalah estetika, yang sangat subjektif, dan bahkan dengan munculnya AI, kemungkinan besar akan tetap seperti itu di masa mendatang. Meskipun banyak yang menyukai kepraktisan dari desain tanpa kepercayaan, beberapa ahli, seperti Frank Gehry, percaya bahwa arsitek modern telah kehilangan kecintaan mereka terhadap keahlian mereka karena desain mereka kurang masuk akal dan tampaknya tidak memiliki rasa hormat atau kemanusiaan.

Cukup mahal

Kita juga harus memperhitungkan keuangan pembangunan dan desain ketika berbicara tentang arsitektur. Bukan rahasia lagi bahwa menerapkan teknologi yang sangat canggih bisa sangat mahal, terutama jika skalanya besar. Oleh karena itu, perusahaan yang lebih kecil tidak mungkin mempertahankan keunggulan atau bahkan daya saing, yang mengarah pada monopoli ide dan praktik yang basi. Mengikuti atau mengikuti standar teknologi canggih juga dapat menambah biaya pemeliharaan bangunan, yang merupakan faktor lain yang perlu dipertimbangkan saat menggunakan teknologi.

Disadur dari: techquintal.com