Teknik kimia atau Teknik Perminyakan Mana yang Lebih Baik?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

22 Juni 2024, 09.22

Sumber: pexels.com

Gelar teknik mana yang lebih baik: teknik kimia atau teknik perminyakan?

Bagi pembaca yang telah sampai di halaman ini, pasti mengalami kesulitan dalam membedakan kedua gelar teknik tersebut. Meskipun memilih jurusan atau universitas teknik yang tepat untuk dipelajari dapat berdampak besar pada jalur karir Anda. Meskipun keduanya merupakan pekerjaan atau program studi yang berhubungan dengan teknik, perbedaannya jauh lebih besar daripada persamaannya. Sebagai contoh, teknik kimia mencakup area yang luas termasuk biomedis, makanan, elektronik, dan lingkungan. Seorang lulusan teknik kimia dapat bekerja di banyak industri. Sedangkan, teknik perminyakan lebih bersifat langsung, yang berhubungan dengan ekstraksi minyak dan gas. Oleh karena itu, lulusan teknik perminyakan akan lebih mungkin untuk terjun ke industri minyak dan gas. Hal ini juga menunjukkan bahwa kedua gelar ini menawarkan silabus yang berbeda.

1. Insinyur Kimia

Seorang Insinyur Kimia dapat bekerja di berbagai industri yang menggunakan zat material. Hal ini karena, mereka memecahkan masalah dengan menerapkan ilmu kimia, biologi, fisika dan matematika pada produksi atau penggunaan bahan kimia dan bahan lainnya. Selain itu, mereka juga memecahkan masalah pada lini produksi dan mengembangkan metode produksi baru atau mendesain peralatan untuk produksi berskala besar. Selain itu, seorang insinyur kimia perlu merencanakan dan menguji metode produksi untuk memastikan prosedur yang aman bagi mereka yang bekerja dengan bahan kimia berbahaya sebelum meluncurkan operasi.

Tugas Insinyur Kimia sehari-hari:

  • Mengembangkan proses manufaktur yang baru dan lebih baik
  • Menetapkan prosedur keselamatan bagi mereka yang bekerja dengan bahan kimia berbahaya
  • Mengembangkan proses pemisahan untuk komponen cairan dan gas, atau untuk menghasilkan arus listrik
  • Merancang tata letak peralatan
  • Menganalisis kinerja produksi
  • Pemecahan masalah proses manufaktur
  • Memastikan peralatan atau produksi sesuai dengan peraturan keselamatan dan lingkungan
  • Memperkirakan biaya produksi untuk manajemen

Lingkungan Kerja Insinyur Kimia

Insinyur kimia kebanyakan bekerja di kantor dan laboratorium. Hampir semua insinyur kimia bekerja penuh waktu karena mereka diharuskan menghabiskan waktu di pabrik industri, kilang, dan lokasi lain untuk memantau, mengarahkan operasi, atau menyelesaikan masalah di lokasi.

Jenjang karier untuk lulusan Teknik Kimia

  1. Insinyur Kimia
  2. Insinyur kesehatan dan keselamatan
  3. Insinyur lingkungan
  4. Ahli Kimia dan Ilmuwan Material
  5. Insinyur Nuklir
  6. Insinyur Proses
  7. Insinyur Biaya

Gaji Teknik Kimia 

Pekerjaan insinyur kimia diperkirakan tumbuh 8% dari 2016 hingga 2026, hampir sama cepatnya dengan rata-rata semua pekerjaan. Permintaan akan jasa insinyur kimia sangat bergantung pada pertumbuhan berbagai industri manufaktur. Upah tahunan rata-rata untuk insinyur kimia adalah RM 46.508. Upah median adalah upah di mana setengah pekerja dalam suatu pekerjaan mendapatkan lebih dari jumlah tersebut, dan setengahnya mendapatkan lebih sedikit. 10% (persen) terendah memperoleh sekitar RM 23.000, dan 10% (persen) tertinggi memperoleh lebih dari RM 95.500.

Tempat belajar Teknik Kimia di Malaysia

Profesi ini membutuhkan gelar sarjana minimum dalam bidang teknik kimia, yang lebih sering disebut teknik kimia dan biomolekuler. Lisensi insinyur profesional juga dapat meningkatkan prospek kerja.

Universitas durasi kuliah biaya kuliah per tahun

  1. Monash Malaysia BA (Hons) Teknik Kimia 4 tahun RM 45,700
  2. Curtin Malaysia BA (Hons) Teknik Kimia 4 tahun RM 29,696
  3. Universitas SEGI BA (Hons) Teknik Kimia 4 tahun RM 20,238
  4. Universitas Taylor BA (Hons) Teknik Kimia 4 tahun RM 33,300
  5. Universitas UCSI BA (Hons) Teknik Kimia 4 tahun RM 19,403

Program yang tercantum di sini hanya disediakan sebagai panduan umum, biaya program diambil berdasarkan informasi yang tersedia secara umum di internet. Silakan berkonsultasi dengan penasihat pendidikan kami untuk penilaian lebih lanjut.

2. Teknik Perminyakan

Insinyur perminyakan menemukan cara yang lebih efisien dan menguntungkan untuk mengekstraksi minyak dan gas dari sumur-sumur tua. Mereka mengembangkan metode baru atau merancang peralatan baru untuk mengebor ladang minyak dan gas untuk menguji sumur. Mereka sering bekerja dengan ahli geologi dan spesialis ilmu bumi lainnya untuk memahami bagaimana formasi geologi mempengaruhi batuan yang mengandung cadangan minyak.

Tugas sehari-hari Insinyur Perminyakan:

  • Menemukan reservoir dan cadangan minyak bumi
  • Mempelajari dan memeriksa formasi geologi, sifat batuan yang mengandung reservoir (dengan bantuan ahli geologi)
  • Mengembangkan metode baru untuk mengebor ladang minyak dan gas
  • Merancang peralatan ekstraksi dari cadangan darat dan lepas pantai jauh di bawah tanah
  • Mengembangkan cara-cara untuk menyuntikkan gas, air, uap, atau bahan kimia ke dalam cadangan minyak untuk mengeluarkan lebih banyak minyak atau gas
  • Memastikan bahwa peralatan ladang minyak dipasang, dioperasikan, dan dipelihara dengan benar
  • Mengevaluasi produksi sumur melalui survei, pengujian, dan analisis

Lingkungan kerja Insinyur Perminyakan

Insinyur perminyakan umumnya bekerja di lokasi pengeboran dan sumur atau terkadang di kantor. Selain itu, perusahaan minyak dan gas besar juga memiliki operasi di seluruh dunia. Oleh karena itu, perjalanan ke luar negeri atau dalam negeri diperlukan untuk tujuan kunjungan ke lokasi atau bertemu dengan insinyur lain, pekerja ladang minyak, dan pelanggan.

Jenjang karir lulusan Teknik Perminyakan

  1. Ahli geologi perminyakan
  2. Insinyur penyelesaian
  3. Insinyur pengeboran
  4. Insinyur produksi
  5. Insinyur reservoir

Prospek dan gaji pekerjaan Insinyur Perminyakan

Lapangan kerja insinyur perminyakan diperkirakan tumbuh 15% dari 2016 hingga 2026, jauh lebih cepat daripada rata-rata semua pekerjaan. Harga minyak akan menjadi penentu utama pertumbuhan lapangan kerja. Harga yang lebih tinggi dapat menyebabkan perusahaan minyak dan gas meningkatkan investasi modal di fasilitas baru dan memperluas operasi produksi yang sudah ada, bersama dengan eksplorasi. Upah tahunan rata-rata untuk insinyur perminyakan adalah RM 98.794. Upah median adalah upah di mana separuh pekerja dalam suatu pekerjaan mendapatkan lebih dari jumlah tersebut, dan separuhnya lagi mendapatkan lebih sedikit. 10% (persen) terendah mendapatkan sekitar RM 31.122, dan 10% (persen) tertinggi mendapatkan lebih dari RM 405.000.

Tempat belajar Teknik Perminyakan di Malaysia

Gelar sarjana di bidang teknik perminyakan sudah cukup untuk pekerjaan tingkat pemula. Namun, gelar master memungkinkan untuk bekerja sebagai instruktur di beberapa universitas, atau dalam penelitian dan pengembangan. Pengalaman praktis, seperti dari magang atau pekerjaan musim panas, juga diinginkan bagi lulusan.

Universitas durasi kuliah biaya kuliah per tahun

  1. APU University B.Eng (Hons) Teknik minyak dan gas 4 tahun RM 23,750
  2. Curtin Malaysia B.Eng (Hons) Teknik Perminyakan 4 tahun RM 29,696
  3. Universitas Heriot-Watt B.Eng (Hons) Teknik Perminyakan 4 tahun RM 43.280
  4. MSc di bidang Teknik Perminyakan 2 Tahun RM 73.000
  5. Universitas UCSI B.Eng (Hons) Teknik Perminyakan 4 tahun RM 19,793

Program yang tercantum di sini hanya disediakan sebagai panduan umum, biaya program diambil berdasarkan informasi yang tersedia untuk umum di internet. Silakan berkonsultasi dengan penasihat pendidikan kami untuk penilaian lebih lanjut.

Kesimpulan

Meskipun keduanya merupakan pekerjaan bergaji tinggi, insinyur perminyakan dapat menghasilkan rata-rata RM 52.000 lebih banyak setiap tahun daripada teknik kimia. Secara umum, kedua cabang ini bagus, hanya tergantung pada apa yang ingin Anda lakukan dan yang paling penting adalah apa yang paling menarik bagi Anda.

Peluang Beasiswa

Ada banyak beasiswa, hibah, dan beasiswa yang dapat membantu mendukung Anda secara finansial selama studi di Malaysia. Beberapa ditawarkan oleh Pemerintah Malaysia, lembaga pendidikan, dan sejumlah sektor publik dan swasta lainnya. 

Disadur dari: e3studysolution.com