Teknik Fisika dan Prospeknya

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

02 Juni 2024, 09.59

Sumber: umn.ac.id

Teknik Fisika dan Prospeknya. Fisika merupakan salah satu mata pelajaran yang paling rumit di sekolah selain Matematika. Namun, tidak banyak yang memilih fisika sebagai jurusan di perguruan tinggi, salah satunya Teknik Fisika. Bagi kalian yang berencana memilih Teknik Fisika, ada baiknya mengenal jurusan ini lebih dalam. Karena sering kali mahasiswa salah memilih antara Fisika Murni dan Fisika Teknik. Yuk, kenalan dengan jurusan Teknik Fisika ini lebih dalam lagi!

Apa itu jurusan Teknik Fisika?

Teknik Fisika mempelajari fisika dan teknik, mulai dari desain, perencanaan, hingga konstruksi alat berat. Dalam fisika teknik, kamu akan menguasai metode numerik, matematika teknik, fisika, kimia, kuantum, konversi energi, termodinamika, dan lain-lain. Materi teknik mencakup bidang teknik elektro, teknik material, teknik proses, dan teknik mesin.

Melalui program studi ini, mahasiswa akan belajar tentang penerapan fisika dalam menggunakan dan memanfaatkan energi dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, menggunakan prinsip-prinsip fisika untuk membangun gedung yang hemat energi dan ramah lingkungan dengan memasang panel surya di atap. Dalam hal ini, Teknik Fisika UMN hadir untuk menjadi wadah bagi mahasiswa untuk mengembangkan penerapan ilmu fisika dalam pemanfaatan energi untuk menghadapi industri masa depan.

Teknik Fisika merupakan salah satu jurusan yang cukup bergengsi - beberapa kampus cukup terkenal memiliki jurusan teknik fisika. Jika Anda ingin mendaftar di jurusan ini, rangkaian ujian masuknya cukup rumit, dan Anda perlu mempersiapkan diri dengan baik.

Kenapa harus masuk jurusan Teknik Fisika?

Alasan memilih jurusan teknik fisika tentu saja karena kemajuan teknologi yang terus berkembang. Oleh karena itu, beberapa orang ingin memilih jurusan ini. Jurusan ini menantang namun tetap menyenangkan. Jika Anda masih bolak-balik memilih jurusan ini penting atau tidak, alasan-alasan berikut ini mungkin dapat membantu Anda untuk menentukan pilihan.

Fisika Teknik adalah kunci utama Teknik

Fisika Teknik merupakan salah satu acuan dari semua perkembangan teknologi yang ada. Ilmuwan teknik fisika juga menghasilkan banyak penemuan yang memudahkan kehidupan saat ini. Oleh karena itu, bidang ini dapat menjadi bagian dari Master Key Of Engineering karena jurusan teknik Fisika ini merupakan 'jembatan' bagi ilmu-ilmu teknik yang ada.
Jack of All Trades

Teknik Fisika dikenal sebagai Jack of All Trades karena bidang ini tidak hanya berpandangan jauh ke depan tetapi juga sangat luas secara keilmuan. Lulusan teknik fisika sangat diminati oleh para pengusaha dan sangat dibutuhkan di industri. Selain itu, prospek karir lulusan teknik fisika sangat beragam. Kamu bisa bekerja di hampir semua industri, termasuk di pemerintahan.

Pelopor Inovasi dan Inovasi

Mahasiswa jurusan ini diajarkan dasar-dasar ilmu fisika dan aplikasinya di dunia nyata serta menjadi pelopor penciptaan teknologi dan inovasi di Indonesia. Studi ilmiah ini dianggap sebagai kebanggaan teknik.

Pilihan Alternatif Non-Kesehatan

Sebagian besar siswa jurusan IPA mempertimbangkan untuk mengambil jurusan kesehatan setelah lulus. Banyak yang beranggapan bahwa ini adalah jurusan yang paling cocok. Namun, persepsi ini tidak selalu tepat karena Anda dapat memilih jurusan teknik Fisika selain bidang ilmu kesehatan. Bidang keilmuan ini sangat dekat dengan sains.

Prospek kerja yang luas

Alasan utama yang perlu dipertimbangkan ketika memilih program gelar sarjana adalah prospek kerja. Jika Anda memutuskan untuk belajar fisika teknik, banyak karir yang terbuka untuk Anda. Mulai dari sektor real estate, pertambangan, perminyakan, hingga pegawai negeri.

Apa saja yang akan kamu pelajari di jurusan Teknik Fisika?

Kamu bisa mempelajari hampir semua bidang teknik di jurusan ini. Teknik Fisika adalah jurusan dengan topik yang kompleks.

Di jurusan ini, kamu tidak hanya mempelajari fisika teoritis tetapi juga pemrograman, teknik elektronika, teknik sipil, kimia, material, dan lain sebagainya. Selain itu, fisika teknik berhubungan dengan perencanaan, desain, konstruksi, manajemen mesin, dan banyak lagi. Oleh karena itu, mahasiswa fisika mendapatkan berbagai pengetahuan dalam ilmu teknik (teknik mesin, teknik elektro, teknik kimia, teknik material) dan ilmu dasar (kimia, fisika, matematika).

Jadi dalam mata kuliah ini, Anda akan belajar banyak tentang hal-hal berikut:

  • Fisika Dasar
  • Fisika Modern
  • Fisika Material
  • Analisis Termal
  • Mekanika Fluida
  • Termodinamika
  • Otomasi Industri
  • Elektronika Analog dan Digital
  • Medan Elektromagnetik
  • Konversi energi
  • Teknik Akustik
  • Pemodelan Probabilitas dan Statistik

Mempelajari fisika teknik dengan spesialisasi manajemen energi. Kamu nantinya akan dapat mempelajari bagaimana menggunakan prinsip-prinsip fisika untuk membangun bangunan yang hemat energi dan ramah lingkungan. Sangat menyenangkan!

Teknik Fisika sangat ideal bagi mereka yang tertarik dengan teknik dan ilmu-ilmu dasar seperti fisika, kimia dan matematika. Selain itu, dengan pesatnya perkembangan teknologi yang semakin canggih, kebutuhan akan insinyur dengan keterampilan interdisipliner semakin meningkat.

Lima prospek karir yang menjanjikan bagi lulusan teknik fisika

Lulusan Teknik Fisika dapat bekerja sebagai insinyur profesional dalam berbagai disiplin ilmu. Setelah mempelajari semua aspek penting dalam bidang teknik, kamu akan memiliki kesempatan untuk bekerja di industri apa pun yang membutuhkan teknologi. Baik itu industri manufaktur yang biasanya diisi oleh mahasiswa teknik elektro atau teknik mesin, maupun industri proses yang identik dengan mahasiswa teknik kimia.

1. Industri Rekayasa dan Konstruksi

Lulusan teknik fisika dapat bekerja di industri teknik dan konstruksi. Industri ini sangat membutuhkan kamu sebagai lulusan teknik fisika. Di bidang ini, kamu bisa mengerjakan desain bangunan pabrik dan lain sebagainya. Bekerja di industri teknik dan konstruksi dapat memberikan masa depan yang cerah. Kamu bisa mendapatkan gaji di kisaran Rp 15.000.000,00.

2. Industri Pembangkit Listrik

Lulusan teknik fisika juga dapat bekerja di industri pembangkit listrik. Layaknya lulusan teknik elektro, kamu memiliki jenjang karir yang menjanjikan. Ilmu yang didapatkan selama kuliah juga sangat erat kaitannya dengan bidang ini. Bekerja di industri pembangkit listrik menawarkan masa depan yang cerah. Soal gaji, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang cukup besar. Gaji yang bisa kamu dapatkan di industri ini sekitar Rp. Rp. 10.000.000,00 - 15.000.000,00.

3. Bekerja di BUMN

BUMN menjadi salah satu tujuan bagi para mahasiswa yang telah lulus kuliah. Bagi Anda yang lulus dengan gelar sarjana Teknik Fisika, Anda juga memiliki kesempatan yang sangat baik untuk bekerja di BUMN. BUMN yang cocok untuk lulusan Teknik Fisika misalnya adalah PLM, TELKOM, dan lain sebagainya. Bekerja di BUMN memang dapat menjamin masa depan yang cerah untukmu. Kamu bisa mendapatkan jenjang karir yang memuaskan dan tentunya penghasilan yang cukup besar. Gaji karyawan BUMN sangat bervariasi, mulai dari Rp 4.000.000,00 hingga puluhan juta rupiah sesuai dengan level jabatan.

4. Perusahaan Pertambangan

Prospek kerja yang dimiliki oleh lulusan Teknik Fisika selanjutnya adalah bekerja di perusahaan pertambangan. Bidang pekerjaan ini banyak dijadikan tujuan oleh mahasiswa, terutama di jurusan teknik. Alasan terbesarnya adalah profesi di perusahaan pertambangan dapat memberikan gaji yang besar. Kamu bahkan bisa mendapatkan penghasilan mulai dari Rp 5.000.0000 hingga ratusan juta rupiah di bidang ini.

5. Dosen

Jika kamu memiliki passion untuk mengajar, kamu bisa menjadi dosen setelah lulus dari jurusan Teknik Fisika ini. Lulusan dari berbagai jurusan bisa menjadi dosen asalkan mau melanjutkan studi ke jenjang pascasarjana untuk memenuhi persyaratan melamar sebagai dosen di universitas. Bekerja sebagai dosen akan membuat ilmu yang kamu dapatkan semakin bermanfaat. Dari profesi ini, Anda bisa mendapatkan gaji sebesar Rp3.000.000,00 hingga Rp5.000.000,00. Kompensasi yang kamu dapatkan bisa lebih besar lagi jika ditambah dengan tunjangan.

Nah, itu dia penjelasan mengenai Jurusan Teknik Fisika dan berbagai pilihan pekerjaannya. Bagi Anda yang ingin menjadi bagian dari jurusan teknik fisika, Anda perlu meningkatkan pengetahuan dasar matematika, fisika, dan kimia.

Kamu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai jurusan teknik fisika di Universitas Multimedia Nusantara melalui website resmi UMN. Di sana kamu bisa memilih prosedur pendaftaran online sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan. Yuk, daftar sekarang dan mulailah karirmu bersama UMN!

Disadur dari: https://www.umn.ac.id/