Tahapan Pendidikan di Indonesia

Dipublikasikan oleh Kania Zulia Ganda Putri

29 April 2024, 06.26

Sumber: id.pinterest.com

Indonesia adalah negara kepulauan indah yang terletak di antara Samudera Pasifik dan Samudera Hindia. Terletak di sepanjang garis khatulistiwa, negara ini tidak mengalami musim ekstrem baik di musim dingin maupun musim panas. Wilayahnya basah antara bulan Oktober dan April atau kering antara bulan Mei dan September. Indonesia tidak mempunyai wilayah di daratan Asia, namun Malaysia adalah negara daratan terdekat dan Semenanjung Malaya mengklaim daratan tersebut.

Wajib belajar di Indonesia

Wajib belajar Indonesia terdiri dari sembilan tahun dan seluruh warga negara Indonesia harus menjalani enam tahun di tingkat dasar dan tiga tahun di tingkat menengah. Pesantren tersebut tidak termasuk dalam kategori ini dan dikelola oleh Kementerian Agama.

Tahun ajaran di Indonesia

Sekolah ini rata-rata berlangsung selama 38 minggu untuk tingkat dasar dan menengah. Durasi kelas untuk tingkat SD adalah 30 menit di kelas 1 dan kelas 2, durasi 40 menit untuk kelas 3 hingga kelas 6, dan durasi 45 menit untuk SMP. Bahasa pengantar kelas di Indonesia disediakan dalam bahasa nasional Bahasa Indonesia

Sistem pendidikan di Indonesia

Pendidikan dasar

Pendidikan dasar di Indonesia dimulai setelah prasekolah, yang mungkin dimulai pada tahun ketiga seorang anak. Sebagian besar sekolah dasar di Indonesia dikelola oleh pemerintah dan beberapa sekolah menawarkan program yang dipercepat dan dikompres fasenya menjadi 5 tahun. Sistem pendidikan Islam juga berjalan paralel dengan sistem pendidikan ini.

Pendidikan menengah

Pendidikan Menengah berfungsi sebagai jembatan antara jenjang ringan pendidikan dasar diikuti dengan sekolah menengah atas yang lebih menantang. Sistem pendidikan ini juga memandu pendidik untuk menentukan kemungkinan arah masa depan bagi siswanya. Sistem pendidikan menengah Islam terus memberikan alternatif.

Pendidikan menengah

Pendidikan menengah memiliki dua jenis yang menyediakan dua aliran pendidikan yang berbeda. Yang satu diperuntukkan bagi mereka yang ingin melanjutkan studi ke universitas dan yang lainnya adalah bagi mereka yang ingin mencari pekerjaan setelah lulus SMA.

Pendidikan kejuruan

Pelatihan kejuruan bagi siswa di Indonesia ditawarkan oleh lembaga pelatihan swasta yang diprakarsai oleh negara-negara donor.

Pendidikan tinggi

Pendidikan Tinggi di Indonesia terdiri dari empat jenis yaitu akademi, politeknik, universitas, dan institut. Ada yang didanai swasta, ada yang dikendalikan negara, dan ada yang berafiliasi dengan organisasi keagamaan.

Disadur dari: www.indonesiaeducation.info