Studi Bidang Ekonomi Teknik (Teknik Sipil)

Dipublikasikan oleh Muhammad Ilham Maulana

08 Mei 2024, 09.42

Sumber: freepik.com

Ekonomi Teknik dalam Teknik Sipil, yang juga dikenal secara umum sebagai ekonomi teknik, atau ekonomi teknik alternatif, adalah bagian dari ilmu ekonomi, lebih khusus lagi, ekonomi mikro. Ekonomi teknik didefinisikan sebagai “panduan pemilihan ekonomi di antara alternatif-alternatif yang layak secara teknis untuk tujuan alokasi sumber daya yang langka secara rasional.” Tujuannya adalah untuk memandu entitas, baik swasta maupun publik, yang dihadapkan pada masalah-masalah fundamental ekonomi.

Masalah-masalah fundamental ekonomi ini terdiri dari dua pertanyaan mendasar yang harus dijawab, yaitu, tujuan apa yang harus diselidiki atau dieksplorasi dan bagaimana cara mencapainya? Ekonomi sebagai ilmu sosial menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dan didefinisikan sebagai pengetahuan yang digunakan untuk memilih di antara “... alternatif-alternatif yang layak secara teknis dengan tujuan mengalokasikan sumber-sumber daya yang langka secara rasional.” Sejalan dengan itu, semua masalah ekonomi didasarkan pada konsep “apa tujuan yang ingin diselidiki atau dieksplorasi”. “Sejalan dengan itu, semua masalah yang melibatkan ‘... memaksimalkan keuntungan atau meminimalkan biaya adalah masalah teknik dengan tujuan ekonomi dan secara tepat dijelaskan dengan label ’ekonomi teknik”.

Sebagai subdisiplin yang dipraktikkan oleh insinyur sipil, ekonomi teknik mempersempit definisi masalah ekonomi mendasar dan pertanyaan yang terkait dengan masalah yang terkait dengan investasi modal, publik atau swasta dalam berbagai proyek infrastruktur. Insinyur sipil menghadapi bentuk yang lebih khusus dari masalah mendasar dalam bentuk evaluasi ekonomi yang tidak memadai dari proyek-proyek teknik. Insinyur sipil yang berada di bawah tekanan konstan untuk menyediakan infrastruktur secara efektif dan efisien menghadapi masalah kompleks yang terkait dengan pengalokasian sumber daya yang langka untuk memastikan kualitas, mengurangi risiko, dan mengendalikan pelaksanaan proyek. Insinyur sipil harus dididik untuk mengenali peran ekonomi teknik sebagai bagian dari evaluasi yang terjadi pada setiap fase dalam siklus hidup proyek.

Dengan demikian, penerapan ekonomi teknik dalam praktik teknik sipil berfokus pada proses pengambilan keputusan, konteks, dan lingkungannya dalam pelaksanaan dan penyelesaian proyek. Pendekatan ini bersifat pragmatis, mengintegrasikan teori ekonomi mikro dengan praktik teknik sipil, namun juga merupakan aplikasi teori ekonomi yang disederhanakan karena menghindari sejumlah konsep ekonomi mikro seperti penetapan harga, persaingan, dan penawaran dan permintaan. Hal ini menimbulkan masalah ekonomi baru yang mendasari alokasi sumber daya bagi para insinyur sipil dalam melaksanakan proyek infrastruktur dan khususnya, sumber daya untuk manajemen proyek, fungsi perencanaan dan pengendalian.

Insinyur sipil mengatasi masalah ekonomi mendasar ini dengan menggunakan pengetahuan ekonomi teknik khusus sebagai kerangka kerja untuk terus “... menyelidiki kelayakan ekonomi ... menggunakan pendekatan tahap-bijaksana ...” di sepanjang siklus hidup proyek. Penerapan pengetahuan teknik sipil khusus ini dapat berupa analisis rekayasa biaya siklus hidup, akuntansi biaya, penetapan biaya modal, dan kelayakan ekonomi dari solusi rekayasa untuk desain, konstruksi, dan manajemen proyek. Insinyur sipil harus memiliki kemampuan untuk menggunakan metodologi ekonomi teknik untuk “perumusan tujuan, spesifikasi alternatif, prediksi hasil” dan estimasi penerimaan minimum untuk investasi dan optimasi. Mereka juga harus mampu mengintegrasikan pertimbangan ekonomi ini ke dalam solusi teknik yang tepat dan rencana manajemen yang dapat diprediksi dan diandalkan untuk memenuhi harapan para pemangku kepentingan proyek secara berkelanjutan.

Profesi insinyur sipil memiliki fungsi khusus dalam masyarakat dan ekonomi kita, di mana investasi dana dalam jumlah besar untuk infrastruktur publik membutuhkan “...jaminan bahwa infrastruktur tersebut akan menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya.” Oleh karena itu, para insinyur sipil yang menggunakan pertimbangan profesionalnya dalam mengambil keputusan mengenai isu-isu fundamental bergantung pada pengetahuan profesi ekonomi teknik untuk memberikan “jaminan praktis” yang membuat investasi masyarakat pada infrastruktur publik menjadi layak.

Kursus Instruksi

Secara historis, kursus dan kurikulum ekonomi teknik untuk insinyur sipil telah berfokus pada penganggaran modal: "... kapan harus mengganti peralatan modal, dan investasi alternatif mana yang harus dilakukan.

Jurnal

The Engineering Economist - diterbitkan bersama oleh Divisi Ekonomi Teknik dari American Society of Engineering Education (ASEE) dan Institute of Industrial and Systems Engineers (IISE). Ini menerbitkan "...penelitian asli, praktik saat ini, dan pengajaran yang melibatkan masalah investasi modal."
 

Disadur dari: en.wikipedia.org