Siap Diresmikan, SPAM Waemese II Akan Penuhi 70 Persen Kebutuhan Air Bersih Warga di Labuan Bajo

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 12.36

seputarcibubur.pikiran-rakyat.com

Labuan Bajo - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus membangun sarana serta prasarana pendukung kesejahteraan masyarakat di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Tinur (NTT). Salah satunya ialah Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Wae Mese II.

“Dibangunnya Labuan Bajo sebagai destinasi wisata premium tentu membuat kebutuhan air meningkat. Tak hanya untuk kegiatan turisme, namun juga untuk masyarakat. Dibangunnya SPAM Wae Mese II ini akan memenuhi kebutuhan air bersih sekitar 40.000 penduduk Labuan Bajo atau 70 persen dari total penduduk,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

SPAM Wae Mese II dibangun dengan kapasitas 100 liter per detik. SPAM Wae Mese II melengkapi SPAM Wae Mese yang sebelumnya sudah dibangun dengan kapasitas 40 liter per detik.

Lingkup pekerjaan mencakup pembangunan intake air baku, jaringan perpipaan transmisi air baku, sistem pengolahan air bersih dan reservoir distribusi. Proyek ini dilaksanakan pada November 2020 hingga awal 2022 dilakukan oleh kontraktor PT Amarta Karya dengan nilai kontrak Rp. 159 milyar.

Sumber air berasal dari Sungai Wae Mese dan akan dialirkan ke Reservoir Wae Mata yang memiliki kapasitas 2.000 m3 untuk melayani 5 reservoir, yakni Reservoar Bappeda, Golokoe, Firdaus, Gua Cermin dan DPRD.

“Saya kira dengan 100 liter per detik tambahan ini dapat mengurangi gap antara industri, pariwisata, dan masyarakat. Sehingga harapannya tak memicu kecemburuan sosial,” ungkap Menteri Basuki.

Menteri Basuki menyampaikan bahwa kualitas air SPAM Wae Mese II ini baik dengan 4 indikator yaitu pH, suhu, electric conductivity dan kekeruhan.

Bupati Manggarai Barat Edistasius Endi menyampaikan tujuan dari pembangunan SPAM ini ialah untuk pelayanan publik. “Tujuan utama SPAM ini bukan untuk mencari dividen, tapi guna meningkatkan pelayanan untuk masyarakat seoptimal mungkin dari SPAM yang dikelola PDAM ini,” ungkapnya.

SPAM Wae Mese II adalah salah satu infrastruktur yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Jumat(22/7/2022).

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Staf Ahli Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja, Kepala Balai Prasarana Permukiman Wilayah NTT Normansjah Wartabone dan Kepala Balai Wilayah Sungai Nusa Tenggara II Agus Sosiawan.


Disadur dari sumber pu.go.id