Seperti Apa Siklus Hidup Manajemen Produk?

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

07 Mei 2024, 13.35

sumber: pexels.com

Bagaimana sebuah ide untuk sebuah produk benar-benar menjadi sebuah produk?

Semuanya dimulai dengan manajemen produk: proses di balik cara kita mendapatkan produk fisik dan digital yang kita gunakan setiap hari. Dibutuhkan juga tim pengembangan produk yang dikelola dengan baik dan berdedikasi untuk membawa sesuatu dari ide ke peluncuran.

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang manajemen produk, baca terus dan ikuti kisah tim produk yang beraksi saat mereka membuat dan membawa produk ke pasar. 

Mungkin menjadi bagian dari tim manajemen produk ada di masa depan Anda.

Apa yang dimaksud dengan manajemen produk?

Manajemen produk adalah proses mengawasi pembuatan produk mulai dari ide, peluncuran, hingga akhir siklus hidupnya. Produk ini bisa berupa sejumlah produk fisik, mulai dari mobil hingga komputer, atau bisa juga berupa perangkat lunak, mulai dari aplikasi ponsel pintar hingga seluruh platform perusahaan digital.

Produk selalu hadir di pasar, namun mereka membutuhkan tim manajemen produk yang berdedikasi untuk mewujudkannya dengan sukses, yang meliputi:

  • Memastikan produk sesuai dengan permintaan pasar
  • Memastikan produk memberikan nilai bagi pelanggan
  • Membuat prototipe dan pengujian untuk mendapatkan desain produk akhir
  • Mengikuti jadwal dan anggaran untuk peluncuran produk
  • Merancang dan melaksanakan rencana pemasaran dan penjualan
  • Mengantisipasi dukungan produk dan pelanggan setelah peluncuran

Mengapa manajemen produk penting bagi perusahaan?

Perusahaan yang bisnisnya berpusat pada pembuatan produk dapat maju atau mundur tergantung pada seberapa baik produk tersebut dikelola. Produk yang hebat:

  • Memecahkan masalah pelanggan.
  • Membangun perusahaan baru.
  • Membangun kesadaran dan kepercayaan merek.
  • Menghasilkan pendapatan.
  • Dapat menciptakan kategori produk baru di pasar.
  • Menghubungkan pelanggan dengan komunitas konsumen yang berpikiran sama.

Karena manajemen produk yang baik merupakan bagian penting dari strategi bisnis yang berfokus pada produk, 91% perusahaan mengatakan bahwa mereka berencana untuk meningkatkan investasi mereka dalam pertumbuhan yang dipimpin oleh produk. 

Komitmen ini tercermin dari fakta bahwa lebih dari sepertiga Perusahaan Fortune 100 sekarang memiliki Chief Product Officer - tingkat pertumbuhan sebesar 41% sejak tahun 2020. Peran tim produk sangat diminati, dan "manajer produk" dinobatkan sebagai salah satu Pekerjaan yang Sedang Naik Daun di LinkedIn untuk tahun 2022.

Bagaimana manajemen produk mewujudkan ide menjadi nyata

Sebuah produk melewati sejumlah tahapan dalam siklus hidupnya untuk beralih dari ide menjadi sesuatu yang ada di tangan pelanggan. Mari kita ikuti kisah sebuah tim produk untuk melihat beberapa langkah utama dalam manajemen produk.

  • Ide produk awal

Katakanlah ada sebuah perusahaan di sebuah kota besar yang membuat helm sepeda yang inovatif dan dibuat secara berkelanjutan. Penggemar sepeda di kota tersebut telah membeli helm tersebut, dan penjualan serta jumlah pelanggan meningkat.

Namun, salah satu pendiri perusahaan ingin memecahkan masalah yang dilihatnya setiap hari: orang-orang yang menggunakan sepeda bersama tetapi tidak memakai helm. Dia menyampaikan hal ini kepada tim kepemimpinan dan mereka memutuskan untuk memecahkan masalah ini. Solusinya? Sebuah helm sepeda jenis baru yang bisa dilipat dan dibawa kemana-mana, jadi setiap kali seseorang menyewa sepeda, mereka sudah memiliki helm sendiri.

  • Umpan balik pelanggan, riset pasar, dan prototipe awal

Awal Manajer produk perusahaan sepeda sekarang ditugaskan untuk melihat helm baru ini mulai dari ide awal hingga eksekusi. Namun, alih-alih hanya membuat helm baru, mereka perlu memahami permintaan pasar untuk helm tersebut.

Manajer produk mengirimkan tim mereka ke luar kota untuk berbicara dengan orang-orang yang menggunakan sepeda bersama. Tim mereka juga melakukan riset pasar yang lebih luas dan membuat rencana awal tentang bahan apa saja yang dibutuhkan, seperti apa anggarannya, dan jadwal pembuatan produk. Tim juga mulai merancang prototipe awal.

Namun, tim manajer produk menemukan dari riset pengguna di jalan bahwa orang-orang yang menyewa sepeda tidak akan tertarik dengan helm portabel yang dapat dilipat. Biasanya, menyewa sepeda adalah tindakan impulsif, atau mereka adalah turis yang ingin menyewa sepeda untuk bersenang-senang. Mereka semua setuju bahwa helm diperlukan untuk menjaga keselamatan, dan akan menggunakannya jika tersedia, tetapi mereka tidak akan membawanya karena biasanya perjalanan bersepeda mereka tidak direncanakan.

  • Berputar

Manajer produk membawa informasi tersebut kembali ke tim kepemimpinan, dan mereka membuat rencana baru: loker luar ruangan di tempat penyewaan sepeda untuk penyewaan helm. Hal ini akan memenuhi keinginan pelanggan akan helm dan memenuhi sifat impulsif penyewaan sepeda. Tim harus melakukan apa yang dilakukan oleh banyak tim produk pada tahap awal: melakukan pivot, atau mengubah arah dari ide awal ke hal lain.

Dengan informasi baru ini, manajer produk mengirimkan tim mereka lagi untuk melakukan riset pelanggan. Karena mereka akan membuat sistem loker sekarang, tim pengembangan produk juga melakukan penelitian tentang cara memproduksinya dengan menggunakan prinsip-prinsip berkelanjutan. Mereka juga menghubungi perusahaan penyewaan sepeda untuk mengetahui apakah mereka mengizinkan mereka memasang loker helm ini di lokasi mereka.

Tim produk menentukan bahwa ada cukup banyak permintaan pelanggan untuk penyewaan helm sepeda, dan perusahaan penyewaan sepeda juga berpikir bahwa ini adalah ide yang bagus dan akan senang dengan kemitraan ini. 

  • Strategi produk dan peta jalan

Sekarang, manajer produk bekerja dengan tim mereka untuk membuat strategi peluncuran. Mereka mempertimbangkan cara kerja loker, berapa harga sewa yang seharusnya, bagaimana loker akan diisi ulang, berapa banyak unit yang akan diproduksi, siapa target pelanggan, dan anggaran mereka. Mereka menetapkan tanggal peluncuran di musim semi sebelum penggunaan musim panas.

Manajer produk juga membuat peta jalan produk yang akan memandu tim untuk melakukan apa yang diharapkan dari mereka. Dokumen ini menjabarkan siapa yang akan mengerjakan tugas apa - seperti mencari bahan untuk produksi dan meluncurkan kampanye pemasaran - dan tenggat waktu apa yang harus dipenuhi dalam proses pengembangan produk.

  • Desain, sumber bahan, dan proses manufaktur

Setelah perancang produk mengembangkan desain akhir yang sesuai dengan spesifikasi dan kepatuhan, mereka mencari bahan yang berkelanjutan dari vendor dan mengidentifikasi siapa yang akan bermitra dengan mereka untuk membuat loker. Di sinilah sebagian besar perencanaan dan anggaran akan difokuskan; manajer produk perlu memastikan bahwa pembuatan loker tetap sesuai dengan perkiraan.

  • Strategi penjualan dan pemasaran

Selanjutnya, manajer produk bertemu dengan tim pemasaran untuk mendiskusikan cara menyebarkan berita tentang loker penyewaan helm yang baru. Mereka memutuskan bahwa mereka akan mulai mempromosikan peluncuran beberapa bulan sebelumnya, dan mereka merencanakan jadwal siaran pers. Mereka juga merencanakan kampanye media sosial yang lengkap seputar penyewaan helm dan keselamatan sepeda secara umum. Mereka merekrut influencer lokal untuk membantu menyebarkan berita.

  • Peluncuran produk dan pelacakan data

Tanggal peluncuran tiba! Loker telah selesai dibuat dan dipasang - tepat waktu dan sesuai anggaran - di tempat penyewaan sepeda di seluruh kota. Kampanye pemasaran telah berjalan selama beberapa minggu dan menghasilkan gebrakan. Pada hari peluncuran, manajer produk mengatur tim untuk berkeliling kota guna mempromosikan loker baru ini kepada pelanggan penyewaan sepeda dan mendapatkan umpan balik dari pelanggan.

  • Pasca peluncuran hingga akhir 

Produk telah diluncurkan, namun itu bukanlah akhir dari siklus manajemen produk. Loker mungkin memerlukan pemeliharaan atau peningkatan. Pemasar produk akan terus fokus untuk menyebarkan informasi tentang program ini. Analis produk akan terus melacak data yang dikumpulkan dari loker. Tim produk mungkin masih perlu meluncurkan iterasi atau versi produk baru.

Yang terakhir, mungkin ada perubahan dalam permintaan kota, perusahaan, atau pelanggan yang menyebabkan penghapusan loker, dan pada saat itulah siklus hidup manajemen produk akan berakhir.

Karier dalam manajemen produk

Ada sejumlah peran berbeda yang membantu mewujudkan produk dari ide menjadi kenyataan, tetapi semuanya dipimpin oleh manajer produk. Ada beberapa jenis peran manajer produk spesialis yang ada, tergantung pada kebutuhan industri atau produk, yang meliputi yang berikut ini:

Manajer produk Tteknis

Manajer produk teknis mengawasi siklus hidup produk, dan memiliki peran pekerjaan yang serupa dengan manajer produk lainnya. Namun, mereka biasanya bekerja pada produk yang lebih teknis dan mungkin memiliki latar belakang di bidang teknik, pengembangan perangkat lunak, atau ilmu komputer. Gaji tahunan rata-rata manajer produk teknis pada tahun 2023 adalah $169.676.

Manajer produk data

Peran manajer produk ini berfokus pada pengelolaan data dalam sebuah produk - tidak hanya data yang menginformasikan pembuatan produk, tetapi juga data yang dikumpulkan dan dihasilkan oleh produk. Individu ini memiliki latar belakang yang kuat dalam analisis data atau ilmu data, serta menggunakan data untuk mendorong pengambilan keputusan. Gaji tahunan rata-rata manajer produk data pada tahun 2023 adalah $149.571.

Manajer pemasaran produk

Seorang manajer pemasaran produk bertanggung jawab atas pemasaran produk, dan mengomunikasikan produk kepada pelanggan potensial untuk menghasilkan minat dan penjualan. Mereka memiliki kemampuan komunikasi dan bercerita yang baik, dan tahu bagaimana menyusun kampanye online dan offline yang efektif untuk menarik perhatian pelanggan. Gaji tahunan rata-rata manajer pemasaran produk pada tahun 2023 adalah $ 156.090.

Manajer produk pertumbuhan

Manajer produk pertumbuhan memiliki banyak atribut dan tugas pekerjaan manajer produk tradisional. Namun, mereka lebih fokus pada strategi pertumbuhan dan meningkatkan metrik dan tujuan bisnis tertentu, seperti membangun pendapatan, retensi pelanggan, atau menciptakan nilai jangka panjang. Peran ini lebih mungkin ditemukan di organisasi yang telah mengadopsi strategi pertumbuhan yang dipimpin oleh produk. Gaji tahunan rata-rata manajer produk pertumbuhan pada tahun 2023 adalah $144.855.

Langkah anda selanjutnya dalam manajemen produk

Jika Anda tertarik untuk mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana sebuah tim menghidupkan sebuah produk, "Manajemen Produk: Dari Desain hingga Peluncuran" dapat memberi Anda alat manajemen produk untuk memperluas pengetahuan Anda dan mengambil langkah karier berikutnya. 

Dirancang untuk berbagai pemilik produk dan calon manajer produk, kursus ini akan membantu Anda lebih memahami langkah-langkah manajemen produk seperti memahami kebutuhan pelanggan, menetapkan visi produk, membuat peta jalan, membuat strategi pemasaran, dan cara bekerja dengan tim multi-fungsi untuk mencapai tujuan akhir. Pelajari lebih lanjut dan daftarkan diri Anda hari ini.

Disadur dari: professional.dce.harvard.edu