Seluk Beluk Makanan: Menggali Nutrisi dan Kesehatan

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

08 Mei 2024, 10.56

Sumber: en.wikipedia.org

Makanan adalah zat apa pun yang dikonsumsi oleh suatu organisme untuk mendapatkan nutrisi. Makanan biasanya berasal dari tumbuhan, hewan, atau jamur dan mengandung nutrisi penting seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin, atau mineral. Zat ini dicerna oleh organisme dan diasimilasi oleh sel-sel organisme untuk menyediakan energi, mempertahankan hidup, atau merangsang pertumbuhan. Spesies hewan yang berbeda memiliki perilaku makan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan metabolisme mereka dan telah berevolusi untuk mengisi ceruk ekologi tertentu dalam konteks geografis tertentu.

Manusia omnivora sangat mudah beradaptasi dan telah beradaptasi untuk mendapatkan makanan di berbagai ekosistem yang berbeda. Manusia umumnya menggunakan cara memasak untuk menyiapkan makanan untuk dikonsumsi. Sebagian besar energi makanan yang dibutuhkan dipasok oleh industri makanan industri, yang memproduksi makanan melalui pertanian intensif dan mendistribusikannya melalui sistem pengolahan makanan dan distribusi makanan yang kompleks. Sistem pertanian konvensional ini sangat bergantung pada bahan bakar fosil, yang berarti bahwa sistem pangan dan pertanian merupakan salah satu kontributor utama terhadap perubahan iklim, yang menyumbang sebanyak 37% dari total emisi gas rumah kaca.

Sistem pangan memiliki dampak yang signifikan terhadap berbagai isu sosial dan politik lainnya, termasuk keberlanjutan, keanekaragaman hayati, ekonomi, pertumbuhan populasi, pasokan air, dan ketahanan pangan. Keamanan dan ketahanan pangan dipantau oleh badan-badan internasional seperti Asosiasi Internasional untuk Perlindungan Pangan, Institut Sumber Daya Dunia, Program Pangan Dunia, Organisasi Pangan dan Pertanian, dan Dewan Informasi Pangan Internasional.

Definisi dan klasifikasi

Makanan adalah zat apa pun yang dikonsumsi untuk memberikan dukungan nutrisi dan energi bagi suatu organisme. Makanan dapat berupa makanan mentah, olahan, atau formulasi dan dikonsumsi secara oral oleh hewan untuk pertumbuhan, kesehatan, atau kesenangan. Makanan terutama terdiri dari air, lipid, protein, dan karbohidrat. Mineral (misalnya garam) dan zat organik (misalnya vitamin) juga dapat ditemukan dalam makanan. Tumbuhan, ganggang, dan beberapa mikroorganisme menggunakan fotosintesis untuk membuat beberapa nutrisi mereka sendiri. Air ditemukan dalam banyak makanan dan telah didefinisikan sebagai makanan itu sendiri. Air dan serat memiliki kepadatan energi yang rendah, atau kalori, sedangkan lemak adalah komponen yang paling padat energi. Beberapa elemen anorganik (non-makanan) juga penting untuk fungsi tanaman dan hewan.

Makanan manusia dapat diklasifikasikan dengan berbagai cara, baik berdasarkan kandungan yang terkait atau cara pengolahannya. Jumlah dan komposisi kelompok makanan dapat bervariasi. Sebagian besar sistem mencakup empat kelompok dasar yang menggambarkan asal dan fungsi nutrisi relatifnya: Sayur dan Buah, Sereal dan Roti, Produk Susu, dan Daging. Studi yang meneliti kualitas makanan mengelompokkan makanan ke dalam biji-bijian/sereal, biji-bijian/sereal olahan, sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, polong-polongan, telur, produk susu, ikan, daging merah, daging olahan, dan minuman berpemanis. Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) dan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menggunakan sistem dengan sembilan belas klasifikasi makanan: sereal, umbi-umbian, kacang-kacangan dan kacang-kacangan, susu, telur, ikan dan kerang-kerangan, daging, serangga, sayuran, buah-buahan, lemak dan minyak, manisan dan gula, rempah-rempah dan bumbu-bumbuan, minuman, makanan yang mengandung nutrisi, bahan tambahan makanan, hidangan komposit, dan makanan ringan yang gurih.

Sumber makanan

Dalam ekosistem tertentu, makanan membentuk jaringan rantai yang saling terkait dengan produsen primer di bagian bawah dan predator puncak di bagian atas. Aspek lain dari jaring ini termasuk detrovora (yang memakan detritus) dan pengurai (yang mengurai organisme mati). Produsen primer meliputi ganggang, tanaman, bakteri dan protista yang memperoleh energi dari sinar matahari. Konsumen primer adalah herbivora yang mengkonsumsi tanaman, dan konsumen sekunder adalah karnivora yang mengkonsumsi herbivora tersebut. Beberapa organisme, termasuk sebagian besar mamalia dan burung, makanannya terdiri dari hewan dan tumbuhan, dan mereka dianggap sebagai omnivora. Rantai ini berakhir dengan predator puncak, yaitu hewan yang tidak memiliki predator yang dikenal dalam ekosistemnya. Manusia dianggap sebagai predator puncak.

Manusia adalah omnivora, yang mencari makanan dari sayuran, buah-buahan, daging yang dimasak, susu, telur, jamur, dan rumput laut. Biji-bijian sereal adalah makanan pokok yang menyediakan lebih banyak energi makanan di seluruh dunia daripada jenis tanaman lainnya. Jagung (maize), gandum, dan beras menyumbang 87% dari seluruh produksi biji-bijian di seluruh dunia. Lebih dari separuh hasil panen dunia digunakan untuk memberi makan manusia (55%), dengan 36% ditanam sebagai pakan ternak dan 9% untuk bahan bakar nabati. Jamur dan bakteri juga digunakan dalam pembuatan makanan fermentasi seperti roti, anggur, keju, dan yogurt.

  • Bakteri

Tanpa bakteri, kehidupan tidak akan ada karena bakteri mengubah nitrogen di atmosfer menjadi amonia yang bergizi. Amonia adalah prekursor protein, asam nukleat, dan sebagian besar vitamin. Sejak munculnya proses industri untuk fiksasi nitrogen, Proses Haber-Bosch, sebagian besar amonia di dunia adalah buatan manusia.

  • Tanaman

Fotosintesis adalah sumber sebagian besar energi dan makanan bagi hampir semua kehidupan di bumi. Fotosintesis adalah salah satu sumber utama biomassa, makanan bagi tanaman, ganggang dan bakteri tertentu dan, secara tidak langsung, organisme yang lebih tinggi dalam rantai makanan. Energi dari matahari diserap dan digunakan untuk mengubah air dan karbon dioksida di udara atau tanah menjadi oksigen dan glukosa. Oksigen kemudian dilepaskan, dan glukosa disimpan sebagai cadangan energi.

Tanaman juga menyerap nutrisi dan mineral penting dari udara, air alami, dan tanah. Karbon, oksigen, dan hidrogen diserap dari udara atau air dan merupakan nutrisi dasar yang dibutuhkan untuk kelangsungan hidup tanaman. Tiga nutrisi utama yang diserap dari tanah untuk pertumbuhan tanaman adalah nitrogen, fosfor dan kalium, dengan nutrisi penting lainnya termasuk kalsium, belerang, magnesium, boron besi, klorin, mangan, seng, tembaga molibdenum, dan nikel.

Tanaman sebagai sumber makanan dibagi menjadi biji-bijian, buah-buahan, sayuran, polong-polongan, biji-bijian dan kacang-kacangan. Tanaman yang termasuk dalam kategori ini dapat bervariasi, dengan buah-buahan yang secara botani dijelaskan seperti tomat, labu, lada dan terong atau biji-bijian seperti kacang polong yang umumnya dianggap sebagai sayuran. Makanan adalah buah jika bagian yang dimakan berasal dari jaringan reproduksi, sehingga biji, kacang-kacangan dan biji-bijian secara teknis adalah buah. Dari perspektif kuliner, buah-buahan umumnya dianggap sebagai sisa-sisa buah yang dideskripsikan secara botani setelah biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah-buahan yang digunakan sebagai sayuran dibuang. Biji-bijian dapat didefinisikan sebagai biji yang dimakan atau dipanen oleh manusia, dengan biji-bijian sereal (gandum, gandum, beras, jagung, barley, gandum hitam, sorgum, dan jawawut) yang termasuk dalam famili Poaceae (rumput-rumputan) dan kacang-kacangan yang berasal dari famili Fabaceae (kacang-kacangan). Biji-bijian utuh adalah makanan yang mengandung semua elemen biji asli (dedak, benih, dan endosperma). Kacang-kacangan adalah buah kering yang dapat dibedakan dari cangkangnya yang berkayu.

Buah-buahan berdaging (dapat dibedakan dari buah-buahan kering seperti biji-bijian, biji-bijian, dan kacang-kacangan) dapat diklasifikasikan lebih lanjut sebagai buah batu (ceri dan persik), buah pome (apel, pir), buah beri (blackberry, stroberi), jeruk (jeruk, lemon), melon (semangka, blewah), buah-buahan Mediterania (anggur, buah ara), buah-buahan tropis (pisang, nanas). Sayuran mengacu pada bagian lain dari tanaman yang dapat dimakan, termasuk akar, batang, daun, bunga, kulit kayu, atau seluruh tanaman itu sendiri. Ini termasuk sayuran akar (kentang dan wortel), umbi (keluarga bawang), bunga (kembang kol dan brokoli), sayuran daun (bayam dan selada), dan sayuran batang (seledri dan asparagus).

Kandungan karbohidrat, protein dan lipid tanaman sangat bervariasi. Karbohidrat terutama dalam bentuk pati, fruktosa, glukosa dan gula lainnya. Sebagian besar vitamin ditemukan dari sumber nabati, dengan pengecualian vitamin D dan vitamin B12. Mineral juga bisa banyak atau tidak. Buah dapat terdiri dari hingga 90% air, mengandung kadar gula sederhana yang tinggi yang berkontribusi pada rasa manisnya, dan memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Dibandingkan dengan buah berdaging (kecuali Pisang), sayuran mengandung pati, kalium, serat makanan, folat, dan vitamin, serta rendah lemak dan kalori. Biji-bijian lebih banyak mengandung pati dan kacang-kacangan memiliki kandungan protein, serat, vitamin E dan B yang tinggi. Biji-bijian merupakan sumber makanan yang baik untuk hewan karena banyak mengandung serat dan lemak yang menyehatkan, seperti lemak omega-3. Interaksi kimiawi yang rumit dapat meningkatkan atau menekan ketersediaan hayati nutrisi tertentu. Fitat dapat mencegah pelepasan beberapa gula dan vitamin.

Hewan yang hanya memakan tanaman disebut herbivora, dengan mereka yang sebagian besar hanya memakan buah-buahan yang dikenal sebagai frugivora, daun, sedangkan pemakan pucuk adalah folivora (panda) dan pemakan kayu yang disebut xilofag (rayap). Frugivora mencakup beragam spesies dari annelida hingga gajah, simpanse, dan banyak burung. Sekitar 182 ikan mengkonsumsi biji atau buah. Hewan (peliharaan dan liar) menggunakan berbagai jenis rumput yang telah beradaptasi dengan lokasi yang berbeda sebagai sumber nutrisi utama mereka.

Manusia memakan ribuan spesies tanaman; mungkin ada sebanyak 75.000 spesies angiospermae yang dapat dimakan, dan mungkin 7.000 di antaranya sering dimakan. Tanaman dapat diolah menjadi roti, pasta, sereal, jus dan selai atau bahan-bahan mentah seperti gula, rempah-rempah, bumbu dan minyak dapat diekstrak. Biji minyak diperas untuk menghasilkan minyak yang kaya - bunga matahari, biji rami, biji rapa (termasuk minyak kanola) dan wijen.

Banyak tanaman dan hewan telah berevolusi sedemikian rupa sehingga buahnya menjadi sumber nutrisi yang baik bagi hewan yang kemudian mengeluarkan bijinya agak jauh, memungkinkan penyebaran yang lebih besar. Bahkan pemangsaan biji dapat saling menguntungkan, karena beberapa biji dapat bertahan hidup dalam proses pencernaan. Serangga adalah pemakan biji yang utama, dengan semut sebagai satu-satunya pemencar biji yang sesungguhnya. Burung, meskipun merupakan pemakan biji yang utama, jarang sekali memakan biji sebagai sumber makanannya dan dapat dikenali dari paruhnya yang tebal yang digunakan untuk membuka kulit biji. Mamalia memakan biji yang lebih beragam, karena mereka mampu menghancurkan biji yang lebih keras dan lebih besar dengan giginya.

  • Hewan

Hewan digunakan sebagai makanan baik secara langsung maupun tidak langsung. Ini termasuk daging, telur, kerang, dan produk susu seperti susu dan keju. Mereka adalah sumber protein yang penting dan dianggap sebagai protein lengkap untuk konsumsi manusia karena mengandung semua asam amino esensial yang dibutuhkan tubuh manusia. Satu steak, dada ayam, atau potongan daging babi seberat 4 ons (110 gram) mengandung sekitar 30 gram protein. Satu butir telur berukuran besar mengandung 7 gram protein. Satu porsi keju seberat 4 ons (110 g) mengandung sekitar 15 gram protein. Dan 1 cangkir susu mengandung sekitar 8 gram protein. Nutrisi lain yang ditemukan dalam produk hewani termasuk kalori, lemak, vitamin esensial (termasuk B12) dan mineral (termasuk seng, zat besi, kalsium, magnesium).

Produk makanan yang dihasilkan oleh hewan termasuk susu yang diproduksi oleh kelenjar susu, yang dalam banyak budaya diminum atau diolah menjadi produk susu (keju, mentega, dll.). Telur yang diletakkan oleh burung dan hewan lainnya dimakan dan lebah menghasilkan madu, nektar yang telah diencerkan dari bunga yang digunakan sebagai pemanis yang populer di banyak budaya. Beberapa budaya mengonsumsi darah, seperti dalam sosis darah, sebagai pengental saus, atau dalam bentuk yang diawetkan dan diasinkan untuk saat-saat kelangkaan makanan, dan budaya lainnya menggunakan darah dalam rebusan seperti jugged hare.

Rasa

Hewan, khususnya manusia, biasanya memiliki lima jenis rasa yang berbeda: manis, asam, asin, pahit, dan umami. Perbedaan rasa ini penting untuk membedakan antara makanan yang memiliki manfaat nutrisi dan makanan yang mungkin mengandung racun berbahaya. Seiring dengan evolusi hewan, rasa yang memberikan energi paling banyak adalah yang paling enak untuk dimakan sementara yang lain tidak enak, meskipun manusia secara khusus dapat memperoleh preferensi untuk beberapa zat yang pada awalnya tidak enak. Air, meskipun penting untuk kelangsungan hidup, tidak memiliki rasa.

Rasa manis hampir selalu disebabkan oleh jenis gula sederhana seperti glukosa atau fruktosa, atau disakarida seperti sukrosa, molekul yang menggabungkan glukosa dan fruktosa. Rasa asam disebabkan oleh asam, seperti cuka dalam minuman beralkohol. Rasa asam secara evolusioner sangat penting karena dapat menandakan makanan yang mungkin sudah tengik karena bakteri.[69] Rasa asin adalah rasa ion logam alkali seperti natrium dan kalium. Rasa asam secara evolusioner sangat penting karena dapat menandakan makanan yang mungkin sudah tengik karena bakteri. Rasa asin adalah rasa ion logam alkali seperti natrium dan kalium. Rasa ini ditemukan di hampir setiap makanan dalam proporsi rendah hingga sedang untuk meningkatkan rasa. Rasa pahit adalah sensasi yang dianggap tidak menyenangkan yang ditandai dengan rasa yang tajam dan menyengat. Cokelat hitam tanpa pemanis, kafein, kulit lemon, dan beberapa jenis buah dikenal memiliki rasa pahit. Umami, umumnya digambarkan sebagai rasa gurih, merupakan penanda protein dan karakteristik kaldu dan daging yang dimasak. Makanan yang memiliki rasa umami yang kuat antara lain keju, daging, dan jamur.

Ikan lele memiliki jutaan pengecap yang menutupi seluruh tubuhnya.
Sementara sebagian besar pengecap pada hewan terletak di mulut mereka, beberapa reseptor pengecap serangga terletak di kaki mereka dan beberapa ikan memiliki pengecap di seluruh tubuh mereka. Anjing, kucing, dan burung memiliki kuncup pengecap yang relatif sedikit (ayam memiliki sekitar 30), manusia dewasa memiliki antara 2000 hingga 4000, sementara ikan lele dapat memiliki lebih dari satu juta. Herbivora umumnya memiliki lebih banyak daripada karnivora karena mereka perlu mengetahui tanaman mana yang beracun. Tidak semua mamalia memiliki rasa yang sama: beberapa hewan pengerat dapat merasakan pati, kucing tidak dapat merasakan rasa manis, dan beberapa karnivora (termasuk hyena, lumba-lumba, dan singa laut) telah kehilangan kemampuan untuk merasakan empat dari lima modalitas rasa yang ditemukan pada manusia.

Pencernaan

Makanan dipecah menjadi komponen-komponen nutrisi melalui proses pencernaan. Pencernaan yang baik terdiri dari proses mekanis (mengunyah, gerak peristaltik) dan proses kimiawi (enzim pencernaan dan mikroorganisme). Sistem pencernaan herbivora dan karnivora sangat berbeda karena materi tumbuhan lebih sulit dicerna. Mulut karnivora dirancang untuk merobek dan menggigit dibandingkan dengan tindakan menggiling yang ditemukan pada herbivora. Namun, herbivora memiliki saluran pencernaan yang relatif lebih panjang dan perut yang lebih besar untuk membantu mencerna selulosa pada tanaman.

Keamanan pangan

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), sekitar 600 juta orang di seluruh dunia jatuh sakit dan 420.000 orang meninggal setiap tahunnya karena mengonsumsi makanan yang terkontaminasi. Diare adalah penyakit yang paling umum disebabkan oleh mengkonsumsi makanan yang terkontaminasi, dengan sekitar 550 juta kasus dan 230.000 kematian akibat diare setiap tahunnya. Anak-anak di bawah usia lima tahun menyumbang 40% dari beban penyakit bawaan makanan, dengan 125.000 kematian setiap tahunnya.

Laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) tahun 2003 menyimpulkan bahwa sekitar 30% wabah keracunan makanan yang dilaporkan di Wilayah Eropa WHO terjadi di rumah-rumah pribadi. Menurut WHO dan CDC, di Amerika Serikat saja, setiap tahunnya, terdapat 76 juta kasus penyakit bawaan makanan yang menyebabkan 325.000 rawat inap dan 5.000 kematian.

Dari tahun 2011 hingga 2016, rata-rata terdapat 668.673 kasus penyakit bawaan makanan dan 21 kematian setiap tahunnya. Selain itu, selama periode ini, 1.007 wabah keracunan makanan dengan 30.395 kasus keracunan makanan telah dilaporkan.

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/