Sayuran Buncis

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

12 Juni 2024, 08.08

Sumber: pinterest

Buncis adalah biji dari beberapa tanaman dalam keluarga Fabaceae, yang digunakan sebagai sayuran untuk makanan manusia atau hewan. Buncis dapat dimasak dengan berbagai cara, termasuk direbus, digoreng, dan dipanggang, dan digunakan dalam banyak hidangan tradisional di seluruh dunia.

Terminologi

Kata “buncis” dan serumpunnya dalam bahasa Jerman (misalnya Bohne Jerman) telah digunakan secara umum dalam bahasa Jerman Barat sejak sebelum abad ke-12, mengacu pada kacang polong, buncis, dan biji polong lainnya. Ini jauh sebelum genus Phaseolus dari Dunia Baru dikenal di Eropa. Dengan adanya pertukaran tanaman domestik antara Eropa dan Amerika, penggunaan kata tersebut diperluas ke biji Phaseolus yang terbawa polong, seperti kacang polong dan kacang panjang, serta genus Vigna yang terkait. Istilah ini telah lama digunakan secara umum untuk banyak biji lain yang memiliki bentuk serupa, seperti kedelai Dunia Lama, kacang polong, kacang polong lainnya, dan lupin, dan bahkan untuk biji-biji yang memiliki kemiripan yang lebih kecil, seperti biji kopi, biji vanili, biji jarak, dan biji kakao. Dengan demikian, istilah “biji” dalam penggunaan umum dapat merujuk pada sejumlah spesies yang berbeda.

Biji yang disebut “kacang-kacangan” sering kali dimasukkan di antara tanaman yang disebut “kacang-kacangan” (polong-polongan), meskipun kata-kata tersebut tidak selalu dapat dipertukarkan (penggunaan bervariasi menurut varietas tanaman dan wilayah). Kedua istilah tersebut, kacang-kacangan dan polong-polongan, biasanya diperuntukkan bagi tanaman biji-bijian dan dengan demikian mengecualikan kacang-kacangan yang memiliki biji kecil dan digunakan secara eksklusif untuk tujuan non-biji-bijian (hijauan, jerami, dan silase), seperti semanggi dan alfalfa. Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO) mendefinisikan “Kacang-kacangan, kering” (kode item 176) hanya berlaku untuk spesies Phaseolus.

Ini adalah salah satu dari berbagai contoh bagaimana pengertian kata yang lebih sempit yang diberlakukan dalam peraturan perdagangan atau botani sering kali hidup berdampingan dalam bahasa alami dengan pengertian yang lebih luas dalam penggunaan kuliner dan penggunaan umum; contoh umum lainnya adalah pengertian sempit dari kata kacang dan pengertian yang lebih luas dari kata kacang, serta fakta bahwa tomat adalah buah, secara botani, tetapi sering kali diperlakukan sebagai sayuran dalam kuliner dan penggunaan umum. Sejalan dengan itu, detail penggunaan lainnya adalah bahwa beberapa spesies tanaman yang kadang-kadang disebut kacang, termasuk Vigna angularis (kacang azuki), mungo (gram hitam), radiata (gram hijau), dan aconitifolia (kacang ngengat), dulunya diklasifikasikan sebagai Phaseolus tetapi kemudian diklasifikasikan ulang-tetapi revisi taksonomi tidak sepenuhnya menghentikan penggunaan pengertian yang sudah mapan dalam penggunaan umum.

Budidaya

Tidak seperti kacang polong yang berkerabat dekat, buncis merupakan tanaman musim panas yang membutuhkan suhu hangat untuk tumbuh. Kacang-kacangan mampu memfiksasi nitrogen sehingga membutuhkan lebih sedikit pupuk daripada kebanyakan tanaman. Kematangan biasanya 55-60 hari dari penanaman hingga panen. Saat polong buncis matang, warnanya akan menguning dan mengering, dan biji di dalamnya berubah dari hijau menjadi warna matang yang dimilikinya saat matang. Banyak buncis yang merambat, karena itu tanaman ini membutuhkan penyangga eksternal, yang dapat berupa “kandang buncis” atau tiang khusus. Penduduk asli Amerika biasanya menanamnya bersama jagung dan labu (yang disebut Three Sisters), dengan batang jagung yang tinggi berfungsi sebagai penopang buncis.

Belakangan ini, telah dikembangkan apa yang disebut “bush bean” yang tidak membutuhkan penyangga dan semua polongnya berkembang secara bersamaan (berlawanan dengan kacang polong yang berkembang secara bertahap). Hal ini membuat buncis lebih praktis untuk produksi komersial.

Sejarah

Buncis merupakan salah satu tanaman yang paling lama dibudidayakan dalam sejarah. Buncis, yang juga disebut kacang fava, dalam keadaan liar berukuran sebesar kuku jari tangan, dan pertama kali dikumpulkan di Afganistan dan kaki bukit Himalaya. Bentuk awal yang dibudidayakan ditanam di Thailand sejak awal milenium ketujuh sebelum masehi, mendahului keramik. Kacang-kacangan dititipkan kepada orang mati di Mesir kuno. Baru pada milenium kedua sebelum masehi, buncis yang dibudidayakan dan berbiji besar muncul di wilayah Aegea, Iberia, dan Eropa bagian tengah. Dalam Iliad (abad ke-8 SM), ada penyebutan sepintas tentang kacang dan buncis yang dilemparkan ke lantai pengirikan.

Kacang-kacangan yang diketahui paling tua di Amerika ditemukan di Gua Guitarrero, sebuah situs arkeologi di Peru, dan berasal dari sekitar milenium kedua sebelum masehi. Analisis genetik kacang Phaseolus menunjukkan bahwa kacang ini berasal dari Mesoamerika, dan kemudian menyebar ke selatan, bersama dengan jagung dan labu, tanaman pendamping tradisional.

Sebagian besar jenis kacang-kacangan yang biasa dimakan saat ini adalah bagian dari genus Phaseolus, yang berasal dari Amerika. Orang Eropa pertama yang menemukan kacang ini adalah Christopher Columbus, ketika menjelajahi daerah yang mungkin adalah Bahama, dan melihat kacang ini tumbuh di ladang. Lima jenis kacang Phaseolus telah didomestikasi oleh masyarakat pra-Columbus: kacang biasa (P. vulgaris) yang ditanam dari Chili ke bagian utara yang sekarang menjadi Amerika Serikat; dan kacang lima dan sieva (P. lunatus); serta kacang tepari yang kurang tersebar luas (P. acutifolius), kacang pelari merah (P. coccineus), dan kacang polianthus.

Salah satu penggunaan kacang-kacangan yang terdokumentasi dengan baik oleh orang-orang pra-Columbus hingga ke utara pesisir Atlantik adalah metode budidaya tanaman pendamping “Three Sisters”: Banyak suku yang menanam kacang bersama dengan jagung atau “jagung”, dan labu. Jagung tidak ditanam dalam barisan seperti yang dilakukan oleh pertanian Eropa, tetapi dalam bentuk kotak-kotak/heksagonal di ladang, dalam petak-petak terpisah yang masing-masing terdiri dari satu hingga enam batang. Kacang akan ditanam di sekitar pangkal batang yang sedang tumbuh, dan akan merambat ke atas seiring dengan pertumbuhan batang. Semua kacang Amerika pada waktu itu adalah tanaman merambat; “kacang semak” dibudidayakan baru-baru ini. Batang jagung akan berfungsi sebagai teralis untuk tanaman kacang, dan kacang akan menyediakan nitrogen yang sangat dibutuhkan untuk jagung. Labu akan ditanam di ruang-ruang di antara petak-petak jagung di ladang. Labu akan memberikan sedikit perlindungan dari sinar matahari oleh jagung, menaungi tanah dan mengurangi penguapan, dan mencegah banyak hewan menyerang jagung dan buncis karena tanaman merambatnya yang kasar dan berbulu serta daunnya yang lebar dan kaku membuat hewan seperti rusa dan rakun sulit atau tidak nyaman untuk melewatinya, burung gagak hinggap, dan juga menjadi penghalang bagi hewan lain.

Marga dan spesies yang umum

Sebagian besar makanan yang kita sebut “kacang-kacangan”, “polong-polongan”, “lentil”, dan “kacang-kacangan” termasuk dalam famili yang sama, Fabaceae (tanaman polong-polongan), tetapi berasal dari marga dan spesies yang berbeda, berasal dari berbagai negara yang berbeda dan tersebar di seluruh dunia, bergantung pada kemampuan beradaptasinya. Banyak varietas yang dimakan segar (seluruh polong, dan biji yang belum matang mungkin ada di dalamnya) atau dikupas (biji yang belum matang, biji yang matang dan segar, atau biji yang matang dan kering). Banyak kacang-kacangan yang terlihat mirip, dan telah dinaturalisasi di berbagai lokasi di seluruh dunia, yang sering kali menyebabkan nama-nama yang mirip untuk spesies yang berbeda.

Penyimpanan benih kacang-kacangan

Pada tahun 2023, Gudang Benih Global Svalbard Norwegia menyimpan lebih dari 40.000 aksesi spesies kacang Phaseolus.

Properti

 

  • Nutrisi
    Kacang hijau mentah mengandung 90% air, 7% karbohidrat, 2% protein, dan mengandung sedikit lemak (tabel). Dalam 100 gram (3,5 ons) porsi referensi, kacang hijau mentah memasok 31 kalori energi makanan, dan merupakan sumber moderat (10-19% dari Nilai Harian, DV) vitamin C (15% DV) dan vitamin B6 (11% DV), tanpa mikronutrien lain yang signifikan (tabel).

 

  • Antinutrisi
    Banyak jenis kacang-kacangan seperti kacang merah mengandung sejumlah besar antinutrisi yang menghambat beberapa proses enzim dalam tubuh. Asam fitat dan fitat, yang terdapat pada biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian dan kacang-kacangan, mengganggu pertumbuhan tulang dan mengganggu metabolisme vitamin D. Penelitian perintis tentang efek asam fitat dilakukan oleh Edward Mellanby dari tahun 1939.
  • Masalah kesehatan
    • Racun

Beberapa jenis kacang mentah mengandung racun yang berbahaya dan tidak berasa: lektin phytohaemagglutinin, yang harus dihilangkan dengan cara dimasak. Kacang merah sangat beracun, tetapi jenis kacang lainnya juga memiliki risiko keracunan makanan. Bahkan dalam jumlah kecil (4 atau 5 kacang mentah) dapat menyebabkan sakit perut yang parah, muntah, dan diare. Risiko ini tidak berlaku untuk kacang kalengan karena sudah dimasak. Metode yang disarankan adalah merebus kacang setidaknya selama sepuluh menit; kacang yang kurang matang mungkin lebih beracun daripada kacang mentah.

Memasak kacang, tanpa mendidihkannya, di dalam slow cooker dengan suhu di bawah titik didih tidak dapat menghancurkan racun. Sebuah kasus keracunan oleh kacang mentega yang digunakan untuk membuat falafel telah dilaporkan; kacang-kacangan tersebut digunakan sebagai pengganti kacang polong atau buncis tradisional, direndam dan digiling tanpa direbus, dijadikan roti, dan digoreng dangkal.

Keracunan kacang tidak dikenal dalam komunitas medis, dan banyak kasus yang mungkin salah didiagnosis atau tidak pernah dilaporkan; angka-angka tampaknya tidak tersedia. Dalam kasus Layanan Informasi Racun Nasional Inggris, yang hanya tersedia untuk para profesional kesehatan, bahaya kacang selain kacang merah tidak ditandai pada tahun 2008.

Fermentasi digunakan di beberapa bagian Afrika untuk meningkatkan nilai gizi kacang-kacangan dengan menghilangkan racun. Fermentasi yang murah meningkatkan dampak gizi tepung dari kacang kering dan meningkatkan daya cerna, menurut penelitian yang ditulis bersama oleh Emire Shimelis, dari Program Teknik Pangan di Universitas Addis Ababa.[36] Kacang merupakan sumber utama protein makanan di Kenya, Malawi, Tanzania, Uganda, dan Zambia.

 

  • Infeksi bakteri dari tauge

Biasanya tauge dibuat dengan membiarkan beberapa jenis kacang, biasanya kacang hijau, berkecambah dalam kondisi lembab dan hangat; tauge dapat digunakan sebagai bahan masakan, atau dimakan mentah atau dimasak sebentar. Ada banyak wabah penyakit akibat kontaminasi bakteri, sering kali oleh salmonella, listeria, dan Escherichia coli, dari tauge yang tidak dimasak dengan sempurna, beberapa menyebabkan kematian yang signifikan.

Perut kembung

Banyak kacang-kacangan yang dapat dimakan, termasuk kacang panjang, kacang merah, kacang merah, dan kedelai, mengandung oligosakarida (terutama rafinosa dan stakiosa), sejenis molekul gula yang juga ditemukan dalam kubis. Enzim anti-oligosakarida diperlukan untuk mencerna molekul gula ini dengan baik. Karena saluran pencernaan manusia normal tidak mengandung enzim anti-oligosakarida, oligosakarida yang dikonsumsi biasanya dicerna oleh bakteri di usus besar. Proses pencernaan ini menghasilkan gas, seperti metana sebagai produk sampingan, yang kemudian dikeluarkan sebagai perut kembung.

Produksi

Data produksi kacang-kacangan diterbitkan oleh FAO dalam tiga kategori:

  1. Kacang-kacangan kering: semua biji tanaman polong-polongan yang sudah matang dan kering kecuali kedelai dan kacang tanah.
  2. Tanaman minyak: kedelai dan kacang tanah.
  3. Sayuran segar: buah segar hijau yang belum matang dari tanaman polongan.

Berikut ini adalah ringkasan data FAO.

Tanaman utama dari “Kacang-kacangan, Total (kering)” adalah “Kacang-kacangan, kering [176]” 26,83 juta ton, “Kacang polong, kering [187]” 14,36 juta ton, “Kacang polong kering [191]” 12,09 juta ton, “Kacang polong sapi [195]” 6,99 juta ton, “Kacang-kacangan [201]” 6,32 juta ton, “Kacang polong merpati [197]” 4,49 juta ton, “Kacang polong, kacang kuda [181]” 4,46 juta ton. Secara umum, konsumsi kacang-kacangan per kapita telah menurun sejak tahun 1961. Pengecualiannya adalah lentil dan kacang tunggak.

Produsen teratas, kacang-kacangan, total [1726]
(juta metrik ton)

Pemimpin dunia dalam produksi kacang-kacangan kering (Phaseolus spp) adalah India, diikuti oleh Myanmar (Burma) dan Brasil. Di Afrika, produsen terpenting adalah Tanzania.

Sepuluh produsen kacang kering (Phaseolus spp) teratas, 2020

Tidak ada simbol = angka resmi, P = angka resmi, F = estimasi FAO, * = data tidak resmi/semi resmi/cermin, C = angka yang dihitung A = agregat (bisa termasuk angka resmi, semi resmi atau estimasi)

Sumber: Organisasi Pangan dan Pertanian PBB (FAO)

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/