Revolusi Industri

Dipublikasikan oleh Admin

12 April 2024, 09.59

Sumber: Wikipedia

Revolusi Industri, juga dikenal sebagai Revolusi Industri Pertama, adalah periode transisi global perekonomian manusia menuju proses manufaktur yang lebih luas, efisien dan stabil yang menggantikan Revolusi Pertanian. Dimulai di Inggris Raya, Revolusi Industri menyebar ke benua Eropa dan Amerika Serikat, selama periode sekitar tahun 1760 hingga sekitar tahun 1820–1840. Transisi ini mencakup peralihan dari metode produksi tangan ke mesin; proses manufaktur kimia dan produksi besi baru; meningkatnya penggunaan tenaga air dan tenaga uap; pengembangan peralatan mesin; dan kebangkitan sistem pabrik mekanis.

Output meningkat pesat, dan hasilnya adalah peningkatan populasi dan laju pertumbuhan penduduk yang belum pernah terjadi sebelumnya. Industri tekstil adalah yang pertama menggunakan metode produksi modern,[2]: 40  dan tekstil menjadi industri dominan dalam hal lapangan kerja, nilai output, dan modal yang diinvestasikan.

Banyak inovasi teknologi dan arsitektur berasal dari Inggris.[3][4] Pada pertengahan abad ke-18, Inggris menjadi negara komersial terkemuka di dunia,[5] mengendalikan kerajaan perdagangan global dengan koloni di Amerika Utara dan Karibia. Inggris mempunyai hegemoni militer dan politik yang besar di anak benua India; khususnya dengan Mughal Bengal proto-industrialisasi, melalui aktivitas East India Company.

Perkembangan perdagangan dan kebangkitan bisnis merupakan salah satu penyebab utama Revolusi Industri.[2]: 15  Perkembangan hukum juga memfasilitasi revolusi, seperti keputusan pengadilan yang mendukung hak milik. Semangat kewirausahaan dan revolusi konsumen membantu mendorong industrialisasi di Inggris, yang setelah tahun 1800 ditiru di Belgia, Amerika Serikat, dan Prancis.[10]

Revolusi Industri menandai titik balik besar dalam sejarah, yang hanya sebanding dengan adopsi pertanian oleh umat manusia sehubungan dengan kemajuan materi.[11] Revolusi Industri mempengaruhi hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari. Secara khusus, pendapatan rata-rata dan populasi mulai menunjukkan pertumbuhan berkelanjutan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Beberapa ekonom berpendapat bahwa dampak paling penting dari Revolusi Industri adalah standar hidup masyarakat umum di dunia Barat mulai meningkat secara konsisten untuk pertama kalinya dalam sejarah, meskipun ada pula yang mengatakan bahwa standar hidup masyarakat Barat tidak mengalami peningkatan yang berarti hingga saat ini. akhir abad ke-19 dan ke-20.[12][13][14] PDB per kapita secara umum stabil sebelum Revolusi Industri dan munculnya perekonomian kapitalis modern,[15] sedangkan Revolusi Industri memulai era pertumbuhan ekonomi per kapita di perekonomian kapitalis.[16] Para sejarawan ekonomi sepakat bahwa permulaan Revolusi Industri adalah peristiwa terpenting dalam sejarah manusia sejak domestikasi hewan dan tumbuhan.

Awal dan akhir Revolusi Industri masih diperdebatkan di kalangan sejarawan, begitu pula laju perubahan ekonomi dan sosial.[18][19][20][21] Inggris sudah melakukan industrialisasi pada abad ke-17.[22] Eric Hobsbawm berpendapat bahwa Revolusi Industri dimulai di Inggris pada tahun 1780-an dan baru terasa sepenuhnya pada tahun 1830-an atau 1840-an,[18] sementara T. S. Ashton berpendapat bahwa hal itu terjadi kira-kira antara tahun 1760 dan 1830.[19] Adopsi yang cepat dari pemintalan tekstil mekanis terjadi di Inggris pada tahun 1780-an,[23] dan tingkat pertumbuhan yang tinggi dalam produksi tenaga uap dan besi terjadi setelah tahun 1800. Produksi tekstil mekanis menyebar dari Inggris Raya ke benua Eropa dan Amerika Serikat pada awal abad ke-19. , dengan pusat-pusat tekstil, besi dan batu bara yang penting muncul di Belgia dan Amerika Serikat dan kemudian tekstil di Perancis.[2]

Resesi ekonomi terjadi pada akhir tahun 1830-an hingga awal tahun 1840-an ketika adopsi inovasi awal Revolusi Industri, seperti pemintalan dan penenunan mekanis, melambat seiring dengan semakin matangnya pasar mereka; dan meskipun penggunaan lokomotif, kapal uap dan kapal uap, serta peleburan besi ledakan panas semakin meningkat. Teknologi baru seperti telegraf listrik, yang diperkenalkan secara luas pada tahun 1840-an dan 1850-an di Inggris dan Amerika Serikat, tidak cukup kuat untuk mendorong tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Pertumbuhan ekonomi yang pesat mulai terjadi kembali setelah tahun 1870, yang muncul dari sekelompok inovasi baru yang disebut Revolusi Industri Kedua. Hal ini mencakup proses pembuatan baja baru, produksi massal, jalur perakitan, sistem jaringan listrik, pembuatan peralatan mesin skala besar, dan penggunaan mesin yang semakin canggih di pabrik bertenaga uap.

Etimologi
Penggunaan istilah "Revolusi Industri" paling awal tercatat pada bulan Juli 1799 oleh utusan Prancis Louis-Guillaume Otto, yang mengumumkan bahwa Prancis telah memasuki perlombaan untuk melakukan industrialisasi.[27] Dalam bukunya tahun 1976, Kata Kunci: Kosakata Budaya dan Masyarakat, Raymond Williams menyatakan dalam entri untuk "Industri": "Gagasan tatanan sosial baru berdasarkan perubahan industri besar sudah jelas di Southey dan Owen, antara tahun 1811 dan 1818, dan tersirat sejak Blake pada awal tahun 1790an dan Wordsworth pada pergantian abad [19]." Istilah Revolusi Industri yang diterapkan pada perubahan teknologi menjadi lebih umum pada akhir tahun 1830-an, seperti dalam deskripsi Jérôme-Adolphe Blanqui pada tahun 1837 tentang la révolution industrielle.[28]

Friedrich Engels dalam The Condition of the Working Class in England pada tahun 1844 berbicara tentang “sebuah revolusi industri, sebuah revolusi yang sekaligus mengubah seluruh masyarakat sipil”. Meskipun Engels menulis bukunya pada tahun 1840-an, buku tersebut belum diterjemahkan ke dalam bahasa Inggris hingga akhir abad ke-19, dan ungkapannya belum masuk ke dalam bahasa sehari-hari hingga saat itu. Penghargaan atas mempopulerkan istilah ini dapat diberikan kepada Arnold Toynbee, yang ceramahnya pada tahun 1881 memberikan penjelasan rinci tentang istilah tersebut.

Sejarawan dan penulis ekonomi seperti Mendels, Pomeranz, dan Kridte berpendapat bahwa proto-industrialisasi di sebagian Eropa, dunia Muslim, Mughal India, dan Tiongkok menciptakan kondisi sosial dan ekonomi yang mengarah pada Revolusi Industri, sehingga menyebabkan Divergensi Besar. [30] [31] [32] Beberapa sejarawan, seperti John Clapham dan Nicholas Crafts, berpendapat bahwa perubahan ekonomi dan sosial terjadi secara bertahap dan istilah revolusi adalah istilah yang keliru. Hal ini masih menjadi perdebatan di antara beberapa sejarawan.

Persyaratan
Enam faktor yang memfasilitasi industrialisasi: tingkat produktivitas pertanian yang tinggi, seperti yang tercermin dalam Revolusi Pertanian Inggris, yang menghasilkan kelebihan tenaga kerja dan makanan; kumpulan keterampilan manajerial dan kewirausahaan; tersedianya pelabuhan, sungai, kanal, dan jalan raya untuk memindahkan bahan mentah dan hasil produksi dengan biaya murah; sumber daya alam seperti batu bara, besi, dan air terjun; stabilitas politik dan sistem hukum yang mendukung bisnis; dan modal finansial yang tersedia untuk diinvestasikan. Ketika industrialisasi dimulai di Inggris, ada faktor-faktor baru yang dapat ditambahkan: keinginan pengusaha Inggris untuk mengekspor keahlian industri dan kesediaan untuk mengimpor proses tersebut. Inggris memenuhi kriteria dan melakukan industrialisasi mulai abad ke-18, dan kemudian mengekspor proses tersebut ke Eropa Barat (terutama Belgia, Prancis, dan negara-negara Jerman) pada awal abad ke-19. Amerika Serikat meniru model Inggris pada awal abad ke-19, dan Jepang meniru model Eropa Barat pada akhir abad ke-19.

Perkembangan teknologi yang penting
Dimulainya Revolusi Industri terkait erat dengan sejumlah kecil inovasi,[36] yang dimulai pada paruh kedua abad ke-18. Pada tahun 1830-an, kemajuan teknologi penting berikut telah dicapai:

Tekstil – pemintalan kapas mekanis yang ditenagai oleh air, dan kemudian uap, meningkatkan output pekerja sebanyak 500 kali lipat. Alat tenun listrik meningkatkan output pekerja sebanyak lebih dari 40 kali lipat.[37] Mesin pemisah kapas meningkatkan produktivitas penghilangan benih dari kapas sebanyak 50 kali lipat.[25] Peningkatan produktivitas yang besar juga terjadi pada pemintalan dan penenunan wol dan linen, namun tidak sebesar kapas.[2]
Tenaga uap – efisiensi mesin uap meningkat sehingga menggunakan seperlima dan sepersepuluh lebih banyak bahan bakar. Adaptasi mesin uap stasioner terhadap gerakan berputar membuatnya cocok untuk keperluan industri.[2]: 82  Mesin bertekanan tinggi memiliki rasio daya terhadap berat yang tinggi, sehingga cocok untuk transportasi.[26] Tenaga uap mengalami ekspansi pesat setelah tahun 1800.
Pembuatan besi – penggantian arang dengan kokas sangat menurunkan biaya bahan bakar produksi pig iron dan besi tempa.[2]: 89–93  Penggunaan kokas juga memungkinkan tanur tiup yang lebih besar,[38][39] sehingga menghasilkan skala ekonomi. Mesin uap mulai digunakan untuk menggerakkan udara ledakan (secara tidak langsung dengan memompa air ke kincir air) pada tahun 1750-an, sehingga memungkinkan peningkatan besar dalam produksi besi dengan mengatasi keterbatasan tenaga air.[40] Silinder peniup besi cor pertama kali digunakan pada tahun 1760. Kemudian diperbaiki dengan menjadikannya kerja ganda, yang memungkinkan suhu tanur sembur lebih tinggi. Proses genangan air menghasilkan besi kelas struktural dengan biaya lebih rendah dibandingkan dengan pengerjaan halus.[41] Pabrik penggilingan lima belas kali lebih cepat daripada memalu besi tempa. Dikembangkan pada tahun 1828, ledakan panas sangat meningkatkan efisiensi bahan bakar dalam produksi besi pada dekade berikutnya.
Penemuan peralatan mesin – peralatan mesin yang pertama kali ditemukan adalah mesin bubut pemotong ulir, mesin bor silinder, dan mesin penggilingan. Peralatan mesin memungkinkan pembuatan suku cadang logam presisi secara ekonomis, meskipun butuh beberapa dekade untuk mengembangkan teknik efektif untuk membuat suku cadang yang dapat dipertukarkan

Pembuatan tekstil

Statistik industri tekstil Inggris

Pada tahun 1750, Inggris mengimpor 2,5 juta pon kapas mentah, yang sebagian besar dipintal dan ditenun oleh industri rumahan di Lancashire. Pekerjaan tersebut dilakukan dengan tangan di rumah pekerja atau kadang-kadang di toko ahli penenun. Upah di Lancashire sekitar enam kali lipat upah di India pada tahun 1770 ketika produktivitas keseluruhan di Inggris sekitar tiga kali lebih tinggi dibandingkan di India.[43] Pada tahun 1787, konsumsi kapas mentah mencapai 22 juta pon, yang sebagian besar dibersihkan, digaruk, dan dipintal dengan mesin.[2]: 41–42  Industri tekstil Inggris menggunakan 52 juta pon kapas pada tahun 1800, yang meningkat menjadi 588 juta pon pada tahun 1850.[44]

Pangsa nilai tambah industri tekstil kapas di Inggris adalah 2,6% pada tahun 1760, 17% pada tahun 1801, dan 22,4% pada tahun 1831. Nilai tambah industri wol Inggris adalah 14,1% pada tahun 1801. Pabrik kapas di Inggris berjumlah sekitar 900 di 1797. Pada tahun 1760, sekitar sepertiga kain katun yang diproduksi di Inggris diekspor, meningkat menjadi dua pertiga pada tahun 1800. Pada tahun 1781, jumlah pemintalan kapas mencapai 5,1 juta pon, yang meningkat menjadi 56 juta pon pada tahun 1800. Pada tahun 1800, jumlah tersebut berkurang menjadi 5,1 juta pon. lebih dari 0,1% kain katun dunia diproduksi dengan mesin yang ditemukan di Inggris. Pada tahun 1788, terdapat 50.000 spindel di Inggris, dan meningkat menjadi 7 juta dalam 30 tahun berikutnya.[43]

Wol
Upaya Eropa yang paling awal dalam pemintalan mekanis dilakukan dengan wol; namun, pemintalan wol terbukti lebih sulit dilakukan secara mekanis dibandingkan kapas. Peningkatan produktivitas dalam pemintalan wol selama Revolusi Industri cukup signifikan namun jauh lebih kecil dibandingkan dengan kapas.

Sutra

Bisa dibilang pabrik pertama yang sangat mekanis adalah pabrik sutra bertenaga air milik John Lombe di Derby, yang beroperasi pada tahun 1721. Lombe mempelajari pembuatan benang sutra dengan bekerja di Italia dan bertindak sebagai mata-mata industri; namun, karena industri sutra Italia menjaga rahasianya dengan ketat, keadaan industri pada saat itu tidak diketahui. Meskipun pabrik Lombe secara teknis sukses, pasokan sutra mentah dari Italia dihentikan untuk menghilangkan persaingan. Untuk mempromosikan manufaktur, Kerajaan membayar model mesin Lombe yang dipamerkan di Menara London.[45][46]

Kapas
Sebagian wilayah India, Tiongkok, Amerika Tengah, Amerika Selatan, dan Timur Tengah mempunyai sejarah panjang dalam pembuatan tekstil katun tangan, yang menjadi industri besar sekitar tahun 1000 Masehi. Di daerah tropis dan subtropis dimana kain ini ditanam, sebagian besar ditanam oleh petani kecil bersama dengan tanaman pangan mereka dan dipintal serta ditenun di rumah tangga, sebagian besar untuk konsumsi dalam negeri. Pada abad ke-15, Tiongkok mulai mewajibkan rumah tangga membayar sebagian pajak mereka dalam bentuk kain katun. Pada abad ke-17, hampir semua orang Tionghoa mengenakan pakaian berbahan katun. Hampir di mana-mana kain katun bisa digunakan sebagai alat tukar. Di India, sejumlah besar tekstil katun diproduksi untuk pasar yang jauh, sering kali diproduksi oleh penenun profesional. Beberapa pedagang juga memiliki bengkel tenun kecil. India memproduksi berbagai macam kain katun, beberapa di antaranya berkualitas sangat bagus.[43]

Kapas merupakan bahan mentah yang sulit diperoleh Eropa sebelum ditanam di perkebunan kolonial di Amerika.[43] Penjelajah Spanyol awal menemukan penduduk asli Amerika menanam spesies kapas berkualitas tinggi yang tidak diketahui: kapas pulau laut (Gossypium barbadense) dan kapas berbiji hijau dataran tinggi Gossypium hirsutum. Kapas pulau laut tumbuh di daerah tropis dan di pulau-pulau penghalang di Georgia dan Carolina Selatan, namun pertumbuhannya buruk di wilayah daratan. Kapas pulau laut mulai diekspor dari Barbados pada tahun 1650-an. Kapas berbiji hijau dataran tinggi tumbuh dengan baik di wilayah pedalaman AS bagian selatan tetapi tidak ekonomis karena sulitnya membuang benih, suatu masalah yang diselesaikan dengan mesin pemisah kapas.[25]: 157  Strain benih kapas yang dibawa dari Meksiko ke Natchez, Mississippi , pada tahun 1806 menjadi materi genetik induk bagi lebih dari 90% produksi kapas dunia saat ini; ini menghasilkan buah kapas yang tiga hingga empat kali lebih cepat untuk dipetik.

Perdagangan dan tekstil

Era Penemuan diikuti oleh periode kolonialisme yang dimulai sekitar abad ke-16. Menyusul ditemukannya jalur perdagangan ke India di sekitar Afrika bagian selatan oleh Portugis, Inggris mendirikan East India Company, bersama dengan perusahaan-perusahaan kecil dari berbagai negara yang mendirikan pos perdagangan dan mempekerjakan agen untuk terlibat dalam perdagangan di seluruh wilayah Samudera Hindia.[43 ]

Salah satu segmen terbesar dari perdagangan ini adalah tekstil kapas, yang dibeli di India dan dijual di Asia Tenggara, termasuk kepulauan Indonesia tempat rempah-rempah dibeli untuk dijual ke Asia Tenggara dan Eropa. Pada pertengahan tahun 1760-an, kain mewakili tiga perempat ekspor East India Company. Tekstil India banyak diminati di kawasan Atlantik Utara di Eropa yang sebelumnya hanya tersedia wol dan linen; namun, jumlah barang berbahan katun yang dikonsumsi di Eropa Barat hanya sedikit hingga awal abad ke-19.

Produksi tekstil Eropa pra-mekanis

Pada tahun 1600, pengungsi Flemish mulai menenun kain katun di kota-kota Inggris di mana pemintalan rumahan dan penenunan wol dan linen sudah mapan. Mereka ditinggalkan oleh guild yang tidak menganggap kapas sebagai ancaman. Upaya Eropa sebelumnya dalam pemintalan dan penenunan kapas dilakukan di Italia pada abad ke-12 dan Jerman selatan pada abad ke-15, namun industri ini akhirnya berakhir ketika pasokan kapas terputus. Bangsa Moor di Spanyol menanam, memintal, dan menenun kapas mulai sekitar abad ke-10.[43]

Kain Inggris tidak dapat bersaing dengan kain India karena biaya tenaga kerja di India kira-kira seperlima hingga seperenam biaya tenaga kerja di Inggris.[23] Pada tahun 1700 dan 1721, pemerintah Inggris mengesahkan Calico Acts untuk melindungi industri wol dan linen dalam negeri dari meningkatnya jumlah kain katun yang diimpor dari India.[2][47]

Permintaan kain yang lebih berat dipenuhi oleh industri dalam negeri yang berbasis di sekitar Lancashire yang memproduksi fustian, kain dengan bahan rami lusi dan benang katun. Rami digunakan untuk lusi karena kapas yang dipintal roda tidak memiliki kekuatan yang cukup, namun campuran yang dihasilkan tidak selembut kapas 100% dan lebih sulit untuk dijahit.[47]

Menjelang Revolusi Industri, pemintalan dan penenunan dilakukan di rumah tangga, untuk konsumsi domestik, dan sebagai industri rumahan dengan sistem put-out. Kadang-kadang, pekerjaan itu dilakukan di bengkel seorang ahli penenun. Di bawah sistem pemadaman, pekerja rumahan berproduksi berdasarkan kontrak dengan penjual pedagang, yang sering kali memasok bahan mentah. Di luar musim, perempuan, biasanya istri petani, melakukan pemintalan dan laki-laki menenun. Dengan menggunakan roda pemintal, diperlukan empat hingga delapan pemintal untuk memasok satu penenun alat tenun.

Penemuan mesin tekstil

Pesawat ulang-alik terbang, yang dipatenkan pada tahun 1733 oleh John Kay—dengan sejumlah perbaikan berikutnya termasuk perbaikan penting pada tahun 1747—menggandakan hasil produksi penenun, sehingga memperburuk ketidakseimbangan antara pemintalan dan penenunan. Ini mulai digunakan secara luas di sekitar Lancashire setelah tahun 1760 ketika putra John, Robert, menemukan dropbox, yang memfasilitasi perubahan warna benang.[48]: 821–822

Lewis Paul mematenkan rangka pemintal roller dan sistem flyer-and-bobbin untuk menggambar wol hingga ketebalan yang lebih merata. Teknologi ini dikembangkan dengan bantuan John Wyatt dari Birmingham. Paul dan Wyatt membuka pabrik di Birmingham yang menggunakan mesin penggulung yang digerakkan oleh keledai. Pada tahun 1743, sebuah pabrik dibuka di Northampton dengan 50 spindel pada masing-masing lima mesin Paul dan Wyatt. Pabrik ini beroperasi hingga sekitar tahun 1764. Pabrik serupa dibangun oleh Daniel Bourn di Leominster, namun pabrik ini terbakar. Baik Lewis Paul maupun Daniel Bourn mematenkan mesin carding pada tahun 1748. Berdasarkan dua set roller yang bergerak dengan kecepatan berbeda, mesin ini kemudian digunakan di pabrik pemintalan kapas pertama.

Pada tahun 1764, di desa Stanhill, Lancashire, James Hargreaves menemukan mesin pemintal jenny, yang dipatenkannya pada tahun 1770. Ini adalah mesin pemintal praktis pertama dengan banyak spindel.[49] Jenny bekerja dengan cara yang mirip dengan roda pemintal, dengan terlebih dahulu menjepit seratnya, lalu menariknya keluar, lalu memutarnya.[50] Ini adalah mesin sederhana berbingkai kayu yang hanya berharga sekitar £6 untuk model 40 spindel pada tahun 1792[51] dan digunakan terutama oleh pemintal rumahan. Jenny menghasilkan benang yang dipilin ringan hanya cocok untuk pakan, bukan benang lusi.[48]: 825–827

Mesin pemintal atau rangka air dikembangkan oleh Richard Arkwright yang, bersama dengan dua rekannya, mematenkannya pada tahun 1769. Desainnya sebagian didasarkan pada mesin pemintal yang dibuat oleh Kay, yang disewa oleh Arkwright.[48]: 827–830  Untuk setiap spindel kerangka air menggunakan serangkaian empat pasang rol, masing-masing beroperasi pada kecepatan putar yang lebih tinggi berturut-turut, untuk menarik keluar serat yang kemudian dipelintir oleh spindel. Jarak roller sedikit lebih panjang dari panjang serat. Jarak yang terlalu dekat menyebabkan serat putus, sedangkan jarak yang terlalu jauh menyebabkan benang tidak rata. Rol atas dilapisi kulit dan pembebanan pada rol dilakukan dengan beban. Beban tersebut menjaga putaran agar tidak mundur sebelum penggulung. Rol bawahnya terbuat dari kayu dan logam, dengan alur sepanjang panjangnya. Kerangka air mampu menghasilkan benang keras dengan jumlah sedang yang cocok untuk lusi, sehingga akhirnya memungkinkan pembuatan kain katun 100% di Inggris. Arkwright dan rekan-rekannya menggunakan tenaga air di sebuah pabrik di Cromford, Derbyshire pada tahun 1771, sehingga penemuan tersebut diberi nama.

Samuel Crompton menemukan keledai pemintal pada tahun 1779, dinamakan demikian karena merupakan hibrida dari kerangka air Arkwright dan jenny pemintal James Hargreaves dengan cara yang sama seperti bagal yang merupakan hasil persilangan kuda betina dengan keledai jantan. Bagal Crompton mampu menghasilkan benang yang lebih halus daripada pemintalan tangan dan dengan biaya lebih rendah. Benang pintal bagal memiliki kekuatan yang sesuai untuk digunakan sebagai benang lusi dan akhirnya memungkinkan Inggris memproduksi benang yang sangat kompetitif dalam jumlah besar.[48]: 832

Menyadari bahwa berakhirnya masa paten Arkwright akan sangat meningkatkan pasokan kapas pintal dan menyebabkan kekurangan penenun, Edmund Cartwright mengembangkan alat tenun listrik vertikal yang ia patenkan pada tahun 1785. Pada tahun 1776, ia mematenkan alat tenun yang dioperasikan oleh dua orang. 48]: 834  Desain alat tenun Cartwright memiliki beberapa kelemahan, yang paling serius adalah putusnya benang. Samuel Horrocks mematenkan alat tenun yang cukup sukses pada tahun 1813. Alat tenun Horock diperbaiki oleh Richard Roberts pada tahun 1822, dan mesin ini diproduksi dalam jumlah besar oleh Roberts, Hill & Co. Roberts juga merupakan pembuat peralatan mesin berkualitas tinggi dan pionir dalam industri mesin tenun. penggunaan jig dan pengukur untuk pengukuran bengkel yang presisi

Permintaan kapas memberikan peluang bagi para pekebun di Amerika Serikat Bagian Selatan, yang menganggap kapas dataran tinggi akan menjadi tanaman yang menguntungkan jika ditemukan cara yang lebih baik untuk membuang bijinya. Eli Whitney menanggapi tantangan ini dengan menciptakan mesin pemisah kapas yang murah. Seseorang yang menggunakan mesin pemisah kapas dapat membuang benih dari kapas dataran tinggi dalam satu hari seperti yang sebelumnya membutuhkan waktu dua bulan untuk memprosesnya, dengan kecepatan satu pon kapas per hari.[25][53]

Kemajuan ini dimanfaatkan oleh para wirausahawan, salah satunya yang paling terkenal adalah Arkwright. Ia dikreditkan dengan sejumlah penemuan, namun penemuan ini sebenarnya dikembangkan oleh orang-orang seperti Kay dan Thomas Highs; Arkwright mengasuh para penemu, mematenkan ide, mendanai inisiatif, dan melindungi mesin. Dia menciptakan pabrik kapas yang menyatukan proses produksi di sebuah pabrik, dan dia mengembangkan penggunaan tenaga—pertama tenaga kuda dan kemudian tenaga air—yang menjadikan pembuatan kapas sebagai industri mekanis. Penemu lain meningkatkan efisiensi setiap langkah pemintalan (carding, twisting dan spinning, dan rolling) sehingga pasokan benang meningkat pesat. Tenaga uap kemudian diterapkan untuk menggerakkan mesin tekstil. Manchester mendapat julukan Cottonopolis pada awal abad ke-19 karena banyaknya pabrik tekstil di kota tersebut.[54]

Meskipun mekanisasi menurunkan harga kain katun secara drastis, pada pertengahan abad ke-19 kain tenunan mesin masih belum bisa menyamai kualitas kain tenunan tangan India, sebagian karena kehalusan benang yang dimungkinkan oleh jenis kapas yang digunakan. India, yang mengizinkan jumlah thread yang tinggi. Namun, produktivitas manufaktur tekstil Inggris yang tinggi memungkinkan kualitas kain Inggris yang lebih kasar untuk menjual lebih rendah kain tenunan tangan dan tenunan di India yang berupah rendah, yang pada akhirnya menghancurkan industri India.

Industri besi

Statistik produksi besi Inggris
Besi batangan adalah suatu komoditi berupa besi yang digunakan sebagai bahan baku pembuatan barang-barang perangkat keras seperti paku, kawat, engsel, sepatu kuda, ban gerobak, rantai, dan lain-lain, serta bentuk strukturnya. Sejumlah kecil besi batangan diubah menjadi baja. Besi tuang digunakan untuk panci, kompor, dan benda lain yang kerapuhannya masih bisa ditoleransi. Kebanyakan besi tuang dimurnikan dan diubah menjadi besi batangan, dengan kerugian yang besar. Besi batangan dibuat melalui proses mekar, yang merupakan proses peleburan besi yang dominan hingga akhir abad ke-18.

Di Inggris pada tahun 1720, terdapat 20.500 ton besi cor yang diproduksi dengan arang dan 400 ton dengan kokas. Pada tahun 1750 produksi besi arang sebanyak 24.500 dan besi kokas sebanyak 2.500 ton. Pada tahun 1788 produksi besi cor arang sebanyak 14.000 ton sedangkan produksi besi kokas sebanyak 54.000 ton. Pada tahun 1806, produksi besi cor arang sebesar 7.800 ton dan besi cor kokas sebesar 250.000 ton.[40]: 125

Pada tahun 1750, Inggris mengimpor 31.200 ton besi batangan dan dimurnikan dari besi tuang atau langsung memproduksi 18.800 ton besi batangan menggunakan arang dan 100 ton menggunakan kokas. Pada tahun 1796, Inggris membuat 125.000 ton besi batangan dengan kokas dan 6.400 ton dengan arang; impor sebanyak 38.000 ton dan ekspor sebanyak 24.600 ton. Pada tahun 1806 Inggris tidak mengimpor besi batangan tetapi mengekspor 31.500 ton

 

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/wiki/Industrial_Revolution