Revolusi Digital 2024: Transformasi Mendalam dalam Kehidupan, Bisnis, dan Masyarakat

Dipublikasikan oleh Cindy Aulia Alfariyani

10 Mei 2024, 13.37

blog.workday.com

UKM adalah perusahaan yang memiliki karyawan, pendapatan, dan aset di bawah ambang batas yang ditetapkan, tetapi mendefinisikan ambang batas itu bisa jadi sulit. Ketahui bagaimana berbagai wilayah mendefinisikan UKM, dan bagaimana perusahaan kecil atau menengah Anda dapat memanfaatkan kekuatannya.

Dalam artikel ini, kita akan membahasnya:

  • Apa kepanjangan dari UKM?
  • Bagaimana AS Mendefinisikan UKM?
  • Bagaimana Uni Eropa dan Inggris Mendefinisikan UKM?
  • Bagaimana Cina Mendefinisikan UKM?
  • Mengapa Penting Jika Sebuah Bisnis adalah UKM?

Usaha kecil dan menengah (UKM) merupakan bagian utama dari ekonomi global, dari tahun ke tahun. Meskipun demikian, mendapatkan definisi yang konsisten tentang apa itu UKM bisa jadi sulit. Tidak hanya definisi yang berubah di antara negara-negara, tetapi juga di antara industri dan badan-badan pemerintahan. Jika sebuah bisnis tidak jelas klasifikasinya, menentukan strategi yang tepat untuk sukses bisa jadi mustahil.

Sebagian besar definisi usaha kecil dan menengah berasal dari jumlah karyawan yang dimiliki perusahaan. Apakah Anda memiliki 50 karyawan atau 500 karyawan, yang penting adalah membangun strategi berdasarkan ukuran dan potensi pertumbuhan Anda saat ini. Ini berarti mengidentifikasi solusi yang akan memberikan nilai terbaik, memberikan pengalaman karyawan yang terukur, dan memilih mitra yang tepat untuk membawa Anda dari bisnis mikro menjadi kehadiran global.

Apa kepanjangan dari SME?

UKM adalah singkatan dari usaha kecil dan menengah, yang sering digunakan secara bergantian dengan SMB, usaha kecil-menengah, atau usaha kecil dan menengah. UKM adalah bisnis dengan jumlah karyawan sekitar 500 orang, meskipun ambang batas tersebut berbeda di setiap wilayah dan industri. Faktor-faktor lain juga dapat memengaruhi klasifikasi UKM, seperti pendapatan tahunan dan aset yang dimiliki.

Umumnya, UKM adalah organisasi dengan sekitar 500 karyawan, meskipun ambang batas tersebut berbeda di setiap wilayah dan industri.

Dengan demikian, definisi UKM tersebut hanyalah sebagian kecil dari gambaran yang lebih luas. Karena setiap negara memiliki klasifikasi dan pedoman yang berbeda, maka penting untuk melakukan penelitian lebih lanjut. Berikut ini adalah bagaimana beberapa yurisdiksi mendefinisikan UKM secara berbeda, tergantung pada jenis bisnisnya.

Bagaimana AS Mendefinisikan UKM?

Dibandingkan dengan negara lain, AS sering kali memberikan angka yang lebih tinggi ketika mendefinisikan UKM. Titik referensi yang baik adalah Small Business Administration (SBA), sebuah lembaga pemerintah AS yang dimaksudkan untuk membantu usaha kecil. SBA mengklasifikasikan usaha kecil berdasarkan penerimaan tahunan rata-rata atau jumlah karyawan rata-rata.

Untuk memenuhi syarat sebagai bisnis kecil, perusahaan umumnya harus mempekerjakan kurang dari 500 karyawan. Namun, standar ukuran tersebut berbeda berdasarkan rata-rata industri. Manufaktur cenderung lebih tinggi, sementara perdagangan grosir lebih rendah. Berikut adalah beberapa contoh yang menunjukkan perbedaannya:

  • Manufaktur es krim dan makanan penutup beku: 1.000 karyawan
  • Pembangkit listrik tenaga surya: 500 karyawan
  • Pedagang grosir mebel: 100 karyawan

Meskipun batasan untuk mendefinisikan UKM berbeda-beda, ambang batas yang lebih rendah lebih konsisten. SBA biasanya mengidentifikasi setiap perusahaan yang memiliki kurang dari 10 karyawan sebagai kantor kecil/kantor rumahan (SOHO).

Bagaimana Uni Eropa dan Inggris Mendefinisikan UKM?

Sebagian besar, UE dan Inggris sepakat tentang bagaimana mendefinisikan UKM. Namun, pada tahun 2022, pemerintah Inggris mengubah jumlah karyawan maksimum untuk UKM dari 249 karyawan menjadi 499 karyawan. Selain itu, badan-badan pemerintahan Inggris dan Uni Eropa masih memiliki definisi yang sama untuk usaha mikro, kecil, dan menengah. Mereka adalah sebagai berikut:

  • Bisnis mikro: 0 hingga 9 karyawan, dengan omset tahunan (yaitu pendapatan) atau neraca tidak melebihi €2 juta
  • Usaha kecil: 10 hingga 49 karyawan, dengan omset tahunan atau neraca tidak melebihi €10 juta
  • Bisnis menengah: 50 hingga 249 karyawan (UE) atau 50 hingga 499 karyawan (Inggris), dengan omset tahunan di bawah € 50 juta atau neraca di bawah € 43 juta

Selain itu, Inggris memiliki aturan dan definisi yang berbeda tergantung pada badan yang mengatur. Misalnya, Companies Act 2006 mengkodifikasikan kategori yang berbeda berikut ini: entitas mikro, perusahaan kecil, dan perusahaan menengah. Seperti yang digunakan oleh Companies House, masing-masing klasifikasi ini memiliki ambang batas yang berbeda dengan yang disebutkan di atas. Menyadari bagaimana klasifikasi dan kategori yang berbeda ini berdampak pada Anda sangat penting ketika berurusan dengan lembaga yang berbeda di Inggris.

Bagaimana Cina Mendefinisikan UKM?

Sistem untuk mendefinisikan UKM di Cina cukup rumit, meskipun mengikuti pola yang mirip dengan yurisdiksi lain. Undang-undang Promosi UKM China tahun 2003 mempertimbangkan tiga faktor: jumlah karyawan, total aset, dan pendapatan operasional. Seperti halnya AS, industri tempat sebuah perusahaan bekerja juga mempengaruhi garis batas untuk setiap kategori. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana industri yang berbeda mempengaruhi ambang batas.

Undang-undang Promosi UKM mendefinisikan perusahaan konstruksi Cina sebagai:

  • Kecil jika mereka memiliki kurang dari 600 karyawan, total aset di bawah 40 juta RMB, dan pendapatan di bawah 30 juta RMB
  • Menengah jika memiliki kurang dari 3.000 karyawan, di bawah 400 juta RMB total aset, dan di bawah 300 juta RMB pendapatan

Sebaliknya, ini mendefinisikan perusahaan ritel Cina sebagai:

  • Kecil jika memiliki kurang dari 100 karyawan dan pendapatan di bawah 10 juta RMB
  • Menengah jika memiliki kurang dari 500 karyawan dan pendapatan di bawah 150 juta RMB

Terdapat 33.185.550 usaha kecil di Amerika Serikat, yang merupakan 99,9% dari seluruh bisnis di Amerika.

Rencana Lima Tahun terbaru Tiongkok menyebut UKM secara khusus, dengan menetapkan target untuk meningkatkan tingkat pertumbuhan tahunan dan pendapatan operasional per kapita pada tahun 2025. Ke depannya, jelas bahwa UKM akan memainkan peran utama dalam perekonomian Tiongkok-tetapi mengapa hal ini penting dalam skala global?

Mengapa Penting Jika Sebuah Bisnis adalah UKM?

Menurut SBA, ada 33.185.550 bisnis kecil di Amerika Serikat, yang merupakan 99,9% dari bisnis di Amerika. Demikian pula di Inggris, UKM juga merupakan 99,9% dari populasi bisnis di tahun 2023, dengan total 5,5 juta UKM. Dan di Cina, UKM menyumbang 60% dari total PDB dan menyumbang 50% dari pendapatan pajak negara. UKM tidak hanya produktif, tetapi juga sangat penting bagi kehidupan pasar global.

Banyak UKM yang ingin menargetkan pertumbuhan eksponensial berusaha meniru bisnis besar. Namun, hal ini sering kali merupakan sebuah kesalahan. Bisnis dengan kurang dari 250 karyawan tidak (dan tidak seharusnya) berfungsi dengan cara yang sama seperti perusahaan besar. Menyamakan kedudukan antara UKM dan perusahaan besar berarti bermain sesuai kekuatan Anda, bukan kekuatan mereka.

Setelah memastikan bahwa bisnis Anda memenuhi syarat sebagai UKM, langkah selanjutnya adalah menyusun strategi berdasarkan skala yang ada. UKM mendapatkan keuntungan dari beberapa faktor yang tidak dapat dimiliki oleh perusahaan yang lebih besar:

  • Fleksibilitas: Tidak mengherankan jika UKM jauh lebih lincah daripada bisnis perusahaan besar. UKM tidak hanya dapat berputar untuk menargetkan tren pasar yang sedang berkembang, mereka juga dapat lebih fleksibel dengan tumpukan teknologi mereka. Ketika perusahaan besar mungkin terjebak dengan teknologi yang sudah ketinggalan zaman, UKM bisa lebih mudah menerima model kerja baru.
  • Inovasi: Ketika perusahaan besar cenderung mengulang produk yang sudah ada, UKM sering kali mengembangkan produk dan layanan baru. Namun, ruang lingkup inovasi tersebut seharusnya tidak hanya tercermin dalam penawaran UKM kepada pelanggan. UKM harus menjadi yang terdepan dalam inovasi internal, baik itu menghubungkan dan merampingkan silo data, memanfaatkan kecerdasan buatan, atau memberdayakan karyawan dengan opsi layanan mandiri. 
  • Pendanaan dan dukungan: Salah satu kelemahan utama yang dihadapi perusahaan kecil dan menengah dibandingkan dengan pesaing yang lebih besar adalah akses ke pendanaan. Untungnya, seperti yang telah disebutkan di atas, banyak pemerintah di seluruh dunia yang memiliki inisiatif untuk mendukung UKM. Mengambil keuntungan dari inisiatif ini adalah alasan utama untuk mencari klasifikasi resmi sebagai UKM.

Cara Mendorong Pertumbuhan Jangka Panjang sebagai UKM

Pada tahun 2023, UKM mempekerjakan 61,7 juta orang Amerika, yang mencakup 46,4% dari total tenaga kerja sektor swasta. Menghadapi persaingan yang begitu ketat, UKM harus memanfaatkan setiap keunggulan kompetitif yang bisa mereka dapatkan. Ini berarti memilih solusi yang sudah teruji dan bekerja sama dengan mitra tepercaya dengan rekam jejak yang sudah terbukti.

Di Tiongkok, UKM menyumbang 60% dari total PDB dan menyumbang 50% dari pendapatan pajak negara.

Memilih vendor yang tepat untuk bisnis Anda berarti menemukan solusi yang sesuai untuk setiap bisnis, kecil atau besar. Itu berarti solusi tersebut harus cukup intuitif untuk digunakan oleh tim yang lebih kecil, dan memiliki fitur-fitur canggih yang dibutuhkan oleh perusahaan yang lebih besar. Dengan begitu, ekspansi menjadi mudah di setiap tahap perkembangan perusahaan Anda.

Di Workday, kami memahami nilai luar biasa yang diberikan UKM pada ekonomi global dan bagaimana cara mereka bekerja dengan baik. Faktanya, UKM memainkan peran utama dalam bisnis kami, menyumbang lebih dari 75% basis pelanggan kami. Hal ini dikarenakan Workday cukup fleksibel untuk memenuhi kebutuhan, tingkat layanan, dan hasil bisnis yang diinginkan oleh perusahaan dengan 1.000 karyawan atau perusahaan dengan 10.000 karyawan.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang bagaimana Workday dapat mendukung pertumbuhan Anda yang berkelanjutan, baca lebih lanjut tentang bagaimana solusi kami bekerja untuk organisasi dengan berbagai ukuran.

Disadur dari: blog.workday.com