Rekayasa Arsitektur

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

02 Maret 2022, 23.15

google.com

Rekayasa arsitektur, juga dikenal sebagai teknik arsitektur, atau rekayasa bangunan, adalah disiplin teknik yang berhubungan dengan aspek teknologi dan pendekatan antardisiplin untuk perencanaandesainkonstruksi dan pengoperasian bangunan, seperti analisis dan desain terpadu sistem lingkungan (konservasi energiHVACledengpencahayaanproteksi kebakaranakustika, transportasi vertikal dan horizontal, sistem tenaga listrik), sistem struktur, perilaku dan sifat komponen dan bahan bangunan, dan manajemen konstruksi.

Ratner Athletic Center karya César Pelli menggunakan kabel dan tiang sebagai perangkat penahan beban.

Dari pengurangan emisi gas rumah kaca hingga konstruksi bangunan-bangunan tangguh, rekayasawan arsitektur berada di garis depan dalam mengatasi beberapa tantangan utama abad ke-21. Mereka menerapkan pengetahuan dan teknologi ilmiah terbaru ke desain-desain bangunan. Rekayasa arsitektur sebagai profesi berlisensi baru muncul pada abad ke-20 sebagai akibat dari perkembangan teknologi yang pesat. Rekayasawan arsitektur berada di garis depan dari dua peluang utama sejarah yang menjadi fokus dunia saat ini: (1) kemajuan pesat teknologi komputer, dan (2) revolusi paralel yang timbul dari kebutuhan untuk menciptakan planet yang berkelanjutan.

Dibedakan dari arsitektur sebagai seni desain, rekayasa arsitektur adalah seni dan ilmu rekayasa dan konstruksi seperti yang dilakukan dalam hal bangunan.

 

Sumber Artikel: Wikipedia.org