Program Studi Magister (S2) di ITS

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

18 Maret 2024, 08.42

sevima.com

Program Master atau magister Teknik Sistem dan Industri ITS

Program Magister ITS atau Magister Sistem dan Teknologi Industri bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan mendalam terkait bidang desain, integrasi dan perbaikan sistem industri yang kompleks. Kami menawarkan tujuh paket dalam program master kami:

  1. Manajemen Kualitas dan Manufaktur (MKM)
  2. Optimasi Sistem dan Industri (OSI)
  3. Manajemen Logistik dan Rantai Pasok (MLRP)
  4. Ergonomi dan Keselamatan Industri (EKI)
  5. Manajemen Rekayasa (MR)
  6. Rekayasa Sistem dan Industri (RSI)
  7. Operations and Supply Chain Engineering (OSCE)

Mahasiswa magister harus menyelesaikan 36 satuan kredit semester (SKS) yang meliputi mata kuliah wajib, mata kuliah pilihan, dan tesis. Biasanya dibutuhkan waktu dua tahun untuk menyelesaikan program magister, tetapi siswa yang baik dapat menyelesaikannya dalam 1,5 tahun. Bobot skripsi adalah 6 SKS dan akan diarahkan oleh dosen. Mahasiswa harus menyerahkan proposal tesis kepada direktur. Setelah menyelesaikan laporan tesis, mahasiswa harus mempertahankan tesisnya. Sebagai bagian dari kualifikasi, siswa harus mempresentasikan karyanya di konferensi nasional atau internasional atau mempublikasikannya di jurnal nasional atau internasional.

Proses penerimaan diselenggarakan 2 kali setahun. Semester pertama dimulai diawal September, sementara semester kedua dimulai pada awal Februari. Informasi lebih lanjut tentang proses penerimaan tersedia di https://www.its.ac.id/admission/pascasarjana/.

Mereka yang memenuhi semua persyaratan diberikan gelar Master of Technology (MT).

VISI MISI

Program studi Magister Teknik Industri, Departemen Teknik Sistem dan Industri ITS mempunyai visi dan misi diantaranya:

Visi: Menjadi institusi pendidikan magister teknik industri unggulan yang mempunyai reputasi internasional dan mampu mendukung pembangunan nasional yang berkelanjutan.

Misi:

  1. Mengadakan pendidikan magister pada bidang Teknik Sistem dan Industri yang berkualitas tinggi dan mempunyai reputasi internasional.
  2. Menciptakan atmosfir penelitian yang kondusif dan mendukung terciptanya hasil-hasil yang dapat dipublikasikan secara internasional.
  3. Menyebarluaskan dan mengaplikasikan ilmu Teknik Sistem dan Industri untuk memecahkan persoalan industri dan masyarakat

Bidang Konsentrasi

1. Manajemen Kualitas dan Manufaktur (MKM)

Oleh Laboratorium Sistem Manufaktur (SIMAN) atau Manufacturing Systems Laboratory (ManSys Lab)

Kursus intensif ini akan memberikan siswa kesempatan untuk memahami konsep dan terus merancang, mengoperasikan, mengelola dan meningkatkan sistem manufaktur cerdas agar lebih efisien dan mempertimbangkan masalah lingkungan (hijau). Lulusan program hebat ini sangat cocok untuk berkarir di berbagai bidang, termasuk manufaktur dan jasa.

2. Optimasi Sistem dan Industri (OSI)

Institute for Quantitative Modeling and Analysis of Industrial Projects (QMIPA) Konsentrasi ini membekali lulusan dengan kemampuan analisis mendalam dengan menggunakan berbagai model matematika (optimasi), model statistik atau model simulasi. Lulusan sangat cocok untuk bekerja dalam berbagai peran yang memerlukan analisis sistem yang kompleks di industri manufaktur dan jasa.

3. Manajemen Logistik dan Rantai Pasok (MLRP)

Institut Logistik dan Manajemen Rantai Pasokan (LSCM) Konsentrasi ini membekali lulusan dengan kemampuan merancang, merencanakan, mengelola dan mengendalikan aliran material dari atas ke bawah dalam suatu organisasi. Lulusan sangat cocok untuk bekerja di industri manufaktur dalam peran seperti perencanaan produksi, manajemen inventaris, pembelian dan pergudangan, serta di industri logistik.


Disadur dari : its.ac.id