Program Diploma Teknik Informatika

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

21 Mei 2024, 10.59

Sumber: usu.ac.id

Didirikan pada tahun 2001, Program Diploma Teknik Informatika Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan program studi terkemuka yang bertanggung jawab untuk menyediakan pendidikan vokasi di bidang teknik informatika.

Dengan dukungan dosen-dosen terbaik yang berintegritas dan bersertifikasi nasional, program studi ini menawarkan tiga kompetensi, yaitu database manager, application developer, dan network engineer. Alumni Program Studi Diploma Teknik Informatika USU telah tersebar di seluruh penjuru tanah air sebagai tenaga ahli madya yang bekerja di bidang IT, programmer, desainer dan web developer, teknisi komputer dan jaringan, wiraswasta, staf, pegawai negeri sipil, dan pegawai kantor pemerintahan.

Profil lulusan

Lulusan Program Studi Diploma Tiga Teknik Informatika USU merupakan tenaga profesional dengan gelar Ahli Madya Komputer (A.Md) bidang Teknik Informatika dengan kemampuan mengimplementasikan, mengelola, memelihara dan memperbaiki basis data, mengembangkan aplikasi dalam pemrograman, perancangan, metodologi pengembangan sistem dan manajemen proyek TI, mampu mengakuisisi teknologi informasi di masa yang akan datang, sebagai pelaksana teknis di jaringan komputer seperti merancang instalasi dan perbaikan jaringan serta mampu mengelola bidang usaha teknik informatika.

Lama studi

Program Diploma Teknik Informatika USU mencakup proses pembelajaran setara dengan 110 SKS yang dapat diselesaikan dalam waktu 3 tahun. Mahasiswa berhak mendapatkan gelar Ahli Madya (A.Md.) setelah memperoleh minimal 110 SKS sesuai dengan persyaratan kurikulum yang telah ditetapkan.

Capaian pembelajaran yang diharapkan

Mahasiswa program diploma teknik informatika diharapkan memiliki:

  1. Pemahaman intelektual dan kemampuan untuk menerapkan disiplin ilmu komputer atau informatika di berbagai bidang.
  2. Kemampuan untuk memiliki perspektif yang kritis dan kreatif dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah dengan menggunakan pemikiran komputasi.
  3. Menggunakan keterampilan yang relevan dalam mempelajari bidang informatika atau ilmu komputer untuk meningkatkan produktivitas.
  4. Menunjukkan komitmen terhadap etika dan perilaku profesional di tempat kerja dan kehidupan sehari-hari.
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif dengan para pemangku kepentingan dari berbagai latar belakang.
  6. Mempelajari model, teknik, teknologi, dan alat baru untuk menerapkan efektivitas dalam meningkatkan kualitas hidup.
  7. Menunjukkan keterampilan interpersonal sebagai bagian dari tim dalam situasi apa pun, termasuk kepemimpinan dalam memberikan hasil/resolusi yang berkualitas.
  8. Menerapkan keterampilan kewirausahaan di bidang teknologi informasi.

Sub-Bidang

Dosen

1. Normalina Napitupulu

NIP. 196311061989022001

Dosen Tetap

2. Asima Manurung

NIP. 197303151999032001

Dosen tetap

Biaya pendidikan

Program diploma teknik informatika

RP. 500.000,- - RP. 8.800.000,-.

Biaya kuliah tunggal I - VIII

RP 0 - RP 66.400.000

Biaya Pengembangan Institusi I - VIII (Khusus Program Mandiri)

Disadur dari: https://www.usu.ac.id/