Profil Perusahaan Indofarma

Dipublikasikan oleh Jovita Aurelia Sugihardja

17 April 2024, 08.06

PT Indonesia Farma Tbk (Wikipedia)

PT Indonesia Farma Tbk atau biasa disingkat sebagai Indofarma, artinya anak usaha Bio Farma yang berbisnis pada bidang farmasi & alat kesehatan. Hingga tahun 2020, perusahaan ini memproduksi 222 jenis obat & 106 jenis alat kesehatan. Jenis obat Indofarma relatif lengkap mulai dari obat bebas misalnya paracetamol hingga dengan obat keras yang wajib memakai resep dari dokter.

Sejarah

Perusahaan ini memulai sejarahnya dalam 11 Juli 1918 menjadi pabrik salep & kasa pembalut pada lingkungan Centrale Burgerlijke Ziekenhuis (kini RS Cipto Mangunkusumo). Pada tahun 1931, pabrik tadi dipindah ke Kebon Manggis, Matraman, Jakarta Timur, kemudian mulai memproduksi tablet & injeksi. Pada masa pendudukan Jepang pada Indonesia, pabrik tadi dikelola sang Takeda Pharmaceutical Company. Setelah Indonesia merdeka, dalam tahun 1950, pabrik tadi diambil alih sang Departemen Kesehatan, & diberi nama "Pusat Produksi Farmasi". Pabrik tadi kemudian mulai memproduksi obat-obat esensial. Pada lepas 11 Juli 1981, status Pusat Produksi Farmasi diubah sebagai perusahaan umum (Perum) dengan nama "Indonesia Farma" (Indofarma). Pada tahun 1988, perusahaan ini mulai menciptakan pabrik baru pada lahan seluas 200 hektar pada Cibitung, Bekasi, yang akhirnya mulai dioperasikan 3 tahun kemudian. Pada tahun 1996, status perusahaan ini pulang diubah sebagai persero. Pada tahun 2000, perusahaan ini berekspansi ke usaha distribusi & perdagangan farmasi dengan mendirikan PT Indofarma Global Medika (IGM). Pada lepas 17 April 2001, perusahaan ini resmi melantai pada Bursa Efek Jakarta & Bursa Efek Surabaya. Pada tahun 2012, perusahaan ini mulai mengkomersialisasikan unit usahanya yang memproduksi alat-alat pabrik farmasi, yakni Indomach. Pada tahun 2013, melalui IGM, perusahaan ini mendirikan PT Farmalab Indoutama buat berbisnis pada bidang laboratorium pengujian ekivalensi & klinis. Pada lepas 31 Januari 2020, pemerintah resmi menyerahkan lebih banyak didominasi saham perusahaan ini ke Bio Farma, menjadi bagian dari upaya buat membangun holding BUMN yang beranjak pada bidang farmasi.

Anak Usaha
Indofarma mempunyai anak usaha bernama PT Indofarma Global Medika yang berkecimpung pada bidang distribusi obat & alat kesehatan. Didirikan dalam lepas 4 Januari 2000 dengan 99,99% sahamnya dipegang sang Indofarma & sisanya dipegang sang Koperasi Pegawai Indofarma. Perusahaan yang sudah berusia lebih dari 20 tahun ini mempunyai 29 tempat kerja cabang yang tersebar pada seluruh Indonesia.

Sumber: id.wikipedia.org