Polusi Laut adalah Mimpi Buruk bagi Laut Indonesia

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

22 Juni 2024, 06.38

sumber: pixabay.com

  • Pentingnya laut bagi kehidupan.
  • Indonesia sebagai negara maritim.
  • Kondisi tentang laut Indonesia.
  • Sampah yang mencemari laut Indonesia.
  • Bagaimana cara mengurangi pencemaran lingkungan laut?

Pentingnya kehidupan laut

Laut memiliki peran penting dalam segala aspek kehidupan bagi semua makhluk hidup. Laut menjadi rumah dan habitat bagi berbagai tanaman laut, dan berbagai spesies hewan laut dari seluruh dunia. Organisme mikroskopis, dan terumbu karang yang sangat bermanfaat bagi keberlangsungan ekosistem di lingkungan laut. Laut juga membantu oksigen yang dihasilkan oleh fitoplankton, organisme kecil yang menyerupai tanaman kecil yang hidup di laut. Hal ini menyumbang sekitar 50% oksigen di Bumi.

Laut memberikan banyak manfaat bagi berbagai aspek kehidupan, seperti mengatur iklim di Bumi. Ekosistem laut juga sangat penting karena angin dan arus laut merupakan penentu utama bagi kelangsungan hidup biota laut dan manusia. Dalam kehidupan sehari-hari, laut sangat penting sebagai sumber makanan dan mata pencaharian. Selain itu, keindahannya juga dapat dimanfaatkan untuk kepentingan pariwisata. Di dalam laut sendiri terdapat berbagai biota laut, termasuk spesies tumbuhan laut, terumbu karang, dan ekosistemnya. Manusia juga dapat memanfaatkannya untuk penelitian ilmiah dan tujuan konservasi.

Indonesia sebagai negara maritim

Laut Indonesia telah mengalami pencemaran dan kerusakan yang signifikan yang disebabkan oleh aktivitas manusia. Sebagai contoh, eksploitasi sumber daya yang meluas telah menyebabkan terganggunya ekosistem laut. Hal ini sering kita lihat di berita atau bahkan kita saksikan sendiri. Misalnya pembuangan limbah industri ke sungai dan akhirnya ke laut yang dapat merusak ekosistem laut secara keseluruhan. Hal ini mungkin terjadi karena limbah pabrik seringkali mengandung zat-zat beracun seperti logam, merkuri, dan bahan kimia lainnya.

Masalahnya tidak berhenti sampai di situ, beberapa nelayan Indonesia masih menggunakan bom ikan. Kompas.id melaporkan bahwa sebelas nelayan ditangkap karena menggunakan bom untuk menangkap ikan di Teluk Rano, Kecamatan Lambu, Bima, Nusa Tenggara Barat. Para pelaku terancam hukuman hingga enam tahun penjara. Namun, praktik ini terus terjadi dan mengindikasikan kurangnya tindakan tegas dari pemerintah daerah dan penegak hukum. Serta kurangnya edukasi mengenai pentingnya konservasi laut.

Selain itu, pencemaran laut juga menjadi faktor utama yang menyebabkan tercemarnya laut Indonesia. Menurut indonesiabaik.id, World Population Review mencatat bahwa sampah plastik di laut Indonesia mencapai 56 ribu ton pada tahun 2021. Data ini menunjukkan betapa parahnya kondisi lingkungan laut kita yang penuh dengan polusi atau sampah plastik akibat ulah manusia.

Sampah yang mencemari laut indonesia

Masalah sampah tidak hanya terjadi di pemukiman dan perkotaan di daratan saja, namun juga di lautan, di mana sampah memberikan kontribusi yang cukup besar terhadap pencemaran laut. Jenis sampah yang ada di lautan beragam, mulai dari kayu, logam, busa plastik, kertas, hingga kardus. Yang paling umum adalah sampah plastik, seperti kantong plastik, botol, dan sebagainya. Menurut survei Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2020, menyatakan bahwa sampah plastik merupakan jenis pencemaran laut yang paling banyak ditemukan di Indonesia. Di bawah ini adalah data yang menunjukkan jumlah sampah yang mencemari lautan di Indonesia.

Penyumbang pencemaran laut terbesar: plastik

Sampah plastik memang telah menjadi masalah yang sudah lama terjadi di Indonesia, tidak hanya di daratan tapi juga di lautan. Banyak sekali sampah plastik yang mencemari perairan dan mengganggu ekosistem laut. Jika masyarakat tidak peduli dengan isu ini, maka dapat mengancam keanekaragaman hayati biota laut Indonesia, merusak terumbu karang, dan berdampak buruk pada mata pencaharian nelayan karena hasil tangkapan yang semakin menurun.

Akan sangat disayangkan jika hal ini tidak ditanggapi dengan serius. Mengingat Indonesia terkenal memiliki wilayah terumbu karang terluas di dunia, yaitu sekitar 284.300 km2, atau sekitar 18% dari total terumbu karang dunia. Selain itu, Indonesia juga merupakan penghasil produk laut terbesar kedua setelah Cina dengan total tangkapan sekitar 6,43 juta ton menurut Organisasi Pangan dan Pertanian.

Ini adalah sebuah warisan. Kita harus menjaga kelestarian laut karena ini adalah warisan kita, sehingga kekayaan alam negara ini dapat terus berkembang. Jika lingkungan kita sehat dan terjaga dengan baik, maka akan menjadi kebanggaan tersendiri bagi negara kita di kancah dunia. Indonesia dikenal dengan kekayaan alamnya yang melimpah dan indah. Oleh karena itu, sudah menjadi kewajiban kita untuk selalu menjaga dan melestarikannya.

  • Benarkah Botol PET Berbahaya Bagi Lingkungan?
  • Peran Blue Carbon dalam Pelestarian Lingkungan
  • Lalu, Bagaimana Cara Kita Mengurangi Pencemaran Lingkungan Laut?

Ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi sampah, seperti selalu membawa botol minum yang dapat digunakan kembali, membawa peralatan makan sendiri saat makan di luar, menggunakan tas belanja yang dapat digunakan kembali. Kita juga bisa bergabung atau memulai kelompok komunitas yang berdedikasi untuk membersihkan pantai. Yang paling penting, membina kerja sama dan keterlibatan antara masyarakat dan pemerintah daerah dalam mengatasi polusi laut untuk memastikan upaya pembersihan yang cepat. Selain itu, menyebarkan kesadaran dan pendidikan tentang pentingnya melindungi lingkungan laut kita dari sampah dan mengadvokasi pengurangan penggunaan plastik juga sangat penting.

Untuk melindungi laut kita dari polusi, ada beberapa tindakan yang dapat dilakukan oleh individu dan pemerintah. Pemerintah dapat berkolaborasi dengan penegak hukum setempat untuk memantau dan menindak kegiatan ilegal seperti pengeboman ikan, penggunaan racun untuk menangkap ikan, dan eksploitasi lingkungan dalam skala besar. Pendekatan lainnya adalah pelestarian terumbu karang melalui upaya perlindungan dan restorasi. Terakhir, membangun dan mengelola kawasan konservasi laut untuk melindungi ekosistem laut yang rentan sangat penting.

Disadur dari: zonaebt.com