Pertanyaan yang Sering Diajukan (FAQ) Seputar Fisika Teknik ITB

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

01 Juni 2024, 15.54

Sumber: pinterest

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai Fisika Teknik ITB. Beberapa pertanyaan dan jawaban di halaman ini ditujukan untuk masyarakat umum, termasuk mereka yang sedang mempertimbangkan untuk mendaftar di program pascasarjana. Untuk pertanyaan dan jawaban yang secara khusus ditujukan untuk siswa SMA (atau sederajat) yang berminat masuk ke program sarjana, akan ada halaman terpisah yang saat ini sedang dikembangkan.

Apa yang dimaksud dengan Fisika Teknik?

Fisika Teknik adalah disiplin ilmu yang mempelajari prinsip-prinsip teknik dengan menggunakan pendekatan ilmiah yang mendalam. Hal ini berbeda dengan disiplin ilmu teknik lainnya yang cenderung mengkhususkan diri dalam mempelajari bidang teknik tertentu. Teknik Fisika ITB memiliki kurikulum yang berbeda yang mencakup semua bidang teknik termasuk dasar-dasar elektronika, mekanika, material, desain, dan proses industri. Oleh karena itu, lulusan Teknik Fisika memiliki keunggulan yaitu kemampuan untuk menjembatani sains dan teknik dalam proses pemecahan masalah.

Apakah Fisika Teknik merupakan bagian dari program studi Fisika?

Tidak, bukan. Seperti halnya perguruan tinggi lainnya, ITB menawarkan program studi Fisika (sarjana dan pascasarjana) yang berada di bawah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA). Perbedaan program studi Teknik Fisika dan Fisika terletak pada berbagai aspek termasuk struktur kurikulum serta gelar yang diberikan setelah menyelesaikan masing-masing program. Lulusan program Fisika memiliki kualifikasi di bidang keilmuan dan program ini memberikan gelar Sarjana Sains (S.Si.) untuk program sarjana (setara dengan BS di bidang Fisika) dan Magister Sains (M.Si.) untuk program magister (setara dengan MS di bidang Fisika). Lulusan program studi Teknik Fisika memiliki kualifikasi di bidang teknik dan program ini memberikan gelar Sarjana Teknik (S.T.) untuk program sarjana (setara dengan BS dalam bidang Teknik) dan Magister Teknik (M.T.) untuk program magister (setara dengan MS dalam bidang Teknik). Lulusan program studi Teknik Fisika juga dapat melanjutkan ke program Insinyur Profesional dan bergabung dengan Persatuan Insinyur Indonesia.

Apa yang dimaksud dengan 'komunitas' Teknik Fisika?

Seiring berjalannya waktu, program-program akademik yang tersedia di ITB juga bertambah banyak. Istilah 'komunitas' ditambahkan pada kelompok yang menawarkan beberapa program (sarjana dan pascasarjana) dalam lingkup studi yang sama. Saat ini, komunitas Fisika Teknik ITB menyediakan program sarjana untuk program studi Fisika Teknik, program magister untuk program studi Fisika Teknik, program magister untuk program studi Instrumentasi dan Kontrol, dan program doktor untuk program studi Fisika Teknik.

Di mana lulusan Teknik Fisika biasanya bekerja?

Dengan latar belakang pengetahuan yang luas, lulusan Teknik Fisika memiliki kesempatan untuk bekerja di berbagai bidang, mulai dari industri proses seperti petrokimia dan minyak dan gas, industri manufaktur, industri jasa, penelitian, hingga wirausaha. Profil alumni Teknik Fisika dapat dilihat pada laman di tautan ini.

Saya bukan lulusan Teknik Fisika, apakah saya bisa melanjutkan studi ke program studi yang ditawarkan oleh komunitas Teknik Fisika ITB?

Tergantung dari latar belakang pendidikan Anda sebelumnya. Jika Anda adalah lulusan dari bidang teknik dan sains lainnya, Anda dapat mendaftar di program yang ditawarkan oleh Komunitas Fisika Teknik ITB. Untuk informasi lebih lanjut, silakan baca informasi yang tersedia di bawah menu 'Program Akademik' pada menu bar di atas.

Apakah ada sub-jurusan di Teknik Fisika?

Lulusan dari prodi S1 atau S2 Teknik Fisika atau S2 Instrumentasi dan Kontrol akan tetap memiliki gelar Sarjana atau Magister dari program yang ditempuh tanpa ada keterangan sub-jurusan tertentu pada transkrip nilai (kecuali jika mengambil minor di prodi komunitas lain di ITB). Akan tetapi mulai tahun ajaran 2019/2020, kurikulum terbaru sarjana TF menyediakan pilihan spesialisasi bagi mahasiswa di tingkat tiga yang terdiri dari:

  1. Instrumentasi dan Kontrol
  2. Fisika Bangunan
  3. Sistem Energi dan Termal
  4. Pengolahan Material

Untuk program magister, ada empat jalur yang dapat Anda pilih. Informasi lebih lanjut dapat dilihat di halaman ini.

Jika saya mendaftar ke Program Studi Teknik Fisika ITB, apakah saya memiliki kesempatan untuk berpartisipasi dalam program internasional atau bahkan melanjutkan studi di luar negeri?

Ya, untuk semua program yang ditawarkan oleh komunitas Fisika Teknik ITB, kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar atau penelitian internasional sudah tersedia. Mulai dari program pertukaran pelajar, sekolah musim panas, dan program gelar ganda tersedia di beberapa program. Anda dapat mengakses laman internasional dan jaringan untuk melihat rekam jejak program dan jaringan yang dibangun dengan universitas dan institusi luar negeri.

Disadur dari: https://tf.itb.ac.id/