Perdana, Kementerian PUPR Laksanakan Pelatihan Operator Launching Girder

Dipublikasikan oleh Admin

22 November 2022, 06.17

Sumber: pu.go.id

Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR melalui Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta, untuk pertama kalinya melaksanakan Pelatihan Operator Launching Girder/Launcher Gantry. Inisiasi pelatihan ini telah ada sejak tahun 2016 sebagai solusi atas terjadinya beberapa kecelakaan kerja di pekerjaan konstruksi layang, yang disebabkan oleh minimnya kompetensi dan kelelahan dari para operator.

“Di tahun 2022 ini peralatan launcher gantry sudah tersedia, sehingga kini saatnya dilaksanakan Pelatihan Operator Launcher Gantry, dengan harapan kita dapat mencetak SDM  Konstruksi yang kompeten khususnya di bidang konstruksi layang, serta untuk mendukung pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Nusantara (IKN)”, demikian disampaikan Direktur Jenderal Bina Konstruksi Kementerian PUPR Yudha Mediawan saat membuka acara ini, Selasa (8/11), di Citeureup Bogor Jawa Barat.

Lebih lanjut Yudha menambahkan bahwa Kementerian PUPR berinvestasi tidak sedikit di peralatan ini, sebagai bukti keseriusan Pemerintah untuk meningkatkan kompetensi SDM bidang konstruksi sekaligus mendorong penggunaan teknologi material peralatan konstruksi. Keseluruhan kelengkapan peralatan ini untuk dipergunakan dan disiapkan kelengkapan kelembagaan sertifikasinya sampai dengan LSP nya sehingga memudahkan proses sertifikasi tenaga kerja pada pekerjaan infrastruktur Kementerian PUPR.

Tidak hanya itu, peserta pelatihan perdana kali ini yang berasal dari daerah di sekitar lokasi IKN, diharapkan akan mendorong kesejahteraan tenaga kerja konstruksi, terutama bagi tenaga terampil daerah.

“Kami berharap para peserta kegiatan ini nantinya mampu meningkatkan profesionalisme dalam bekerja dan pada akhirnya dapat meningkat pula kesejahteraannya. Dan tidak lupa harus tetap melaksanakan prinsip Keselamatan dan Kesehatan Kerja Konstruksi, sehingga kecelakaan kerja dan kegagalan pekerjaan konstruksi dapat dihindari”, ujar Dirjen Bina Konstruksi.

Disampaikan oleh Kepala Balai Jasa Konstruksi Wilayah III Jakarta Samuel EDP Tampubolon, pelatihan ini diikuti oleh 20 orang peserta yang telah lulus Seleksi Administrasi, Kesehatan (Medical Check Up) dan Wawancara yang dilakukan di Balikpapan pada tanggal 31 Oktober s.d 1 November 2022 lalu. Para peserta seluruhnya merupakan Warga Kalimantan Timur (Balikpapan, Samarinda, Penajam Paser Utara, Paser, Bontang, dan Kutai Kertanegara).

Tahap pertama pelatihan ini berlangsung mulai 7 hingga 12 November 2022. Setelah Tahap Pertama ini, masih akan diikuti oleh tahap berikutnya dengan peserta yang telah terseleksi sebelumnya. Seleksi Calon Peserta Pelatihan dilaksanakan juga oleh Balai Jasa Konstruksi Wilayah (I Aceh, II Palembang, IV Surabaya, V Banjarmasin, VI Makasar, dan VII Jayapura), dengan pelaksanaan Pelatihan dilaksanakan di Kampus Citeureup ini.

Turut hadir pada kegiatan ini, Sekretaris Direktorat Jenderal Bina Konstruksi Dewi Chomistriana, Direktur Keberlanjutan Konstruksi Kimron Manik, dan Pengurus LPJK Bidang VI Syarif Burhanuddin.

Dikutip dari situstekniksipil.com, Launching Gantry adalah alat angkat khusus yang digunakan dalam konstruksi jembatan pemasang girder pracetak. Proses perakitan Launching Gantry, contohnya pada proyek pembangunan Tol 6 Ruas Dalam Kota, diawali dengan mendatangkan komponen rangka utama (main truss) ke lapangan. Setibanya di lapangan, main truss akan ditempatkan di atas pier menggunakan alat bantu crane. *

Sumber: pu.go.id