Perangkat Lunak MSDM

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

21 Mei 2024, 14.36

Sumber: Pinterest

Hampir semua bidang MSDM memiliki perangkat lunak canggih yang mengotomatiskan proses MSDM dalam berbagai tingkatan, bersama dengan fitur-fitur lain, seperti analitik. Sebagai contoh, perekrutan kandidat pekerjaan telah mengalami pertumbuhan yang sangat besar dalam jumlah perangkat lunak dan sistem manajemen yang sesuai dengan pemberi kerja dan kandidat pekerjaan. Sistem-sistem tersebut juga mengelola langkah-langkah lain dalam proses perekrutan, seperti wawancara dan pemeriksaan.

Perangkat lunak MSDM sering kali disediakan sebagai sistem lokal. Namun, hampir semua bidang teknologi HR telah beralih ke platform software-as-a-service berbasis cloud. Ada beberapa vendor di pasar MSDM, termasuk ADP, BambooHR, HROne, Isolved, Paycom, Paylocity, Personio, Rippling, SAP, dan Workday.

Peluang dan persyaratan karier MSDM
Gelar sarjana biasanya dibutuhkan untuk berkarier di bidang manajemen sumber daya manusia. Beberapa perguruan tinggi menawarkan gelar MSDM yang menyediakan jalur karier ke posisi HR tingkat pemula. Cara lain untuk mendapatkan pekerjaan di bidang SDM adalah dengan menyelesaikan program sarjana di bidang terkait, seperti administrasi bisnis.

Pengalaman beberapa tahun dalam peran yang berhubungan dengan operasi dapat menjadi nilai tambah saat melakukan transisi karier ke posisi MS. Bagi mereka yang tidak memiliki gelar sarjana yang relevan atau pengalaman kerja yang dapat diterjemahkan, ada program gelar master khusus SDM untuk membantu membangun pengetahuan, keterampilan, dan kualifikasi yang diperlukan.

Sejarah manajemen sumber daya manusia
Manajemen sumber daya manusia modern dapat ditelusuri kembali ke abad ke-18. Revolusi Industri Inggris memunculkan pabrik-pabrik besar dan menciptakan lonjakan permintaan pekerja yang belum pernah terjadi sebelumnya. Dengan banyaknya pekerja yang bekerja berjam-jam - sering kali bekerja 16 jam sehari - menjadi jelas bahwa kepuasan dan kebahagiaan pekerja memiliki korelasi positif yang kuat dengan produktivitas. Untuk memaksimalkan ROI, program kepuasan pekerja diperkenalkan. Kondisi pabrik, masalah keselamatan, dan hak-hak pekerja juga mulai mendapat perhatian pada akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20.

Departemen SDM dalam perusahaan mulai muncul pada abad ke-20. Mereka sering dikenal sebagai departemen manajemen personalia yang menangani persyaratan kepatuhan hukum dan mengimplementasikan program kepuasan dan keselamatan pekerja. Setelah Perang Dunia II, program pelatihan angkatan darat AS digunakan sebagai model di beberapa perusahaan yang mulai menjadikan pelatihan karyawan sebagai titik penekanan.

Departemen personalia mulai menggunakan label sumber daya manusia pada tahun 1970-an. Faktor utama yang membedakan HR dengan manajemen personalia adalah cara teknologi mulai digunakan untuk meningkatkan komunikasi dan akses ke informasi karyawan.

Tren MSDM
Peluang kerja untuk berkarir di bidang MSDM tetap kuat. Perusahaan-perusahaan menyadari perbedaan strategis yang dapat dibuat oleh departemen sumber daya manusia yang baik dan berinvestasi di dalamnya. Hasilnya, pekerjaan MSDM semakin diminati. Menurut biro statistik tenaga kerja AS (BLS), jabatan MSDM diperkirakan akan tumbuh 5% di AS antara tahun 2022 hingga 2023. Prospek gaji tetap kuat; gaji tahunan rata-rata untuk manajer SDM adalah sekitar $ 130.000 pada Mei 2022, menurut BLS. Untuk posisi spesialis SDM, gaji rata-rata lebih dari $64.000 pada waktu yang sama.

Dapatkah bisnis kecil menggunakan MSDM?
Bisnis kecil mungkin memiliki sumber daya yang terbatas dan tenaga kerja yang lebih sedikit dibandingkan dengan perusahaan besar, sehingga membuat MSDM lebih sulit untuk diterapkan. Namun, prinsip dan kemampuan MSDM dapat bermanfaat bagi bisnis kecil dengan cara-cara berikut:

  • Perekrutan yang efektif: Bisnis kecil dapat menggunakan praktik-praktik MSDM untuk mengidentifikasi dan menarik talenta yang tepat, memastikan setiap karyawan berkontribusi secara signifikan terhadap kesuksesan perusahaan.
  • Kepatuhan: Undang-undang ketenagakerjaan berlaku untuk bisnis dari semua ukuran. MSDM dapat membantu bisnis kecil menavigasi lanskap hukum yang kompleks, mengurangi risiko masalah hukum yang mahal.
  • Pengembangan karyawan: MSDM mendorong investasi dalam pengembangan karyawan, yang dapat memberikan keunggulan kompetitif bagi usaha kecil: Program pelatihan dan pengembangan yang dirancang dengan cermat dapat meningkatkan keterampilan karyawan dan berkontribusi pada pertumbuhan perusahaan.
  • Resolusi konflik: Tim kecil sangat rentan terhadap konflik dan gangguan. Praktik-praktik HRM menyediakan metode terstruktur untuk mengatasi dan menyelesaikan konflik dan menjaga lingkungan kerja yang harmonis.
  • Retensi dan keterlibatan: MSDM membantu bisnis kecil dengan budaya kerja yang erat untuk menumbuhkan keterlibatan dan loyalitas karyawan, mengurangi perputaran karyawan dan biaya perekrutan.
  • Perencanaan strategis: MSDM menyelaraskan strategi SDM dengan tujuan bisnis, memastikan setiap inisiatif SDM berkontribusi pada rencana strategis perusahaan.
  • Skalabilitas: Seiring dengan pertumbuhan bisnis kecil, kebutuhan SDM mereka pun berkembang. Praktik-praktik MSDM dapat ditingkatkan untuk mengakomodasi perubahan kebutuhan tenaga kerja dan tuntutan struktur organisasi yang baru.

Disadur dari: techtarget.com