Perangkat Lunak Manajemen Energi

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

22 Agustus 2022, 11.24

www.republika.co.id

Perangkat Lunak Manajemen Energi (EMS) adalah istilah dan kategori umum yang mengacu pada berbagai perangkat lunak terkait energi aplikasi yang dapat menyediakan pelacakan tagihan utilitas, pengukuran waktu nyata, HVAC bangunan dan sistem kontrol pencahayaan, simulasi dan pemodelan bangunan, karbon dan pelaporan keberlanjutan, manajemen peralatan TI, respons permintaan, dan/atau audit energi. Mengelola energi membutuhkan pendekatan sistem.

Perangkat lunak manajemen energi sering kali menyediakan alat untuk mengurangi biaya dan konsumsi energi untuk bangunan, komunitas, atau industri. EMS mengumpulkan data energi dan menggunakannya untuk tiga tujuan utama: Pelaporan, Pemantauan, dan Keterlibatan. Pelaporan dapat mencakup verifikasi data energi, benchmarking, dan menetapkan target pengurangan penggunaan energi tingkat tinggi. Pemantauan dapat mencakup analisis tren dan pelacakan konsumsi energi untuk mengidentifikasi peluang penghematan biaya. Keterlibatan dapat berarti respons waktu nyata (otomatis atau manual), atau inisiasi dialog antara penghuni dan pengelola gedung untuk mempromosikan konservasi energi. Salah satu metode keterlibatan yang baru-baru ini mendapatkan popularitas adalah tampilan konsumsi energi waktu nyata yang tersedia di aplikasi web atau dasbor/tampilan energi di tempat.

Pengumpulan data

Perangkat Lunak Manajemen Energi mengumpulkan data interval historis dan/atau real-time, dengan interval bervariasi dari laporan tagihan triwulanan hingga pembacaan smart meter menit demi menit. Data dikumpulkan dari meter interval, Building Automation Systems (BAS), langsung dari utilitas, langsung dari sensor di sirkuit listrik, atau sumber lainnya. Tagihan sebelumnya dapat digunakan untuk memberikan perbandingan antara konsumsi energi sebelum dan sesudah EMS.

Analisis data

Melalui Analisis Data Energi, EMS membantu pengguna dalam menyusun rumus matematika untuk menganalisis, memperkirakan, dan melacak tindakan konservasi energi untuk mengukur keberhasilan tindakan, setelah diterapkan. Analisis energi membantu manajer energi menggabungkan seluruh data energi dan non-energi untuk membuat indikator kinerja utama, menghitung jejak karbon, gas rumah kaca, insentif panas terbarukan, dan sertifikasi efisiensi energi untuk memenuhi kebijakan, arahan, regulasi, dan sertifikasi perubahan iklim setempat. Analisis energi juga mencakup algoritme cerdas seperti klasifikasi dan pembelajaran mesin untuk menganalisis konsumsi energi bangunan dan/atau peralatannya yang membangun memori pola penggunaan energi, mempelajari perilaku konsumsi energi yang baik dan buruk, dan memberi tahu jika terjadi penggunaan energi yang tidak normal. .

Pelaporan

Alat pelaporan ditargetkan untuk pemilik dan eksekutif yang ingin mengotomatiskan audit energi dan emisi. Data biaya dan konsumsi dari sejumlah bangunan dapat digabungkan atau dibandingkan dengan perangkat lunak, menghemat waktu dibandingkan dengan pelaporan manual. EMS menawarkan informasi energi yang lebih rinci daripada yang dapat diberikan oleh tagihan utilitas; keuntungan lain adalah bahwa faktor luar yang mempengaruhi penggunaan energi, seperti kondisi cuaca atau hunian gedung, dapat diperhitungkan sebagai bagian dari proses pelaporan. Informasi ini dapat digunakan untuk memprioritaskan inisiatif penghematan energi dan menyeimbangkan penghematan energi dengan belanja modal terkait energi.

Verifikasi tagihan dapat digunakan untuk membandingkan konsumsi meteran dengan konsumsi tagihan. Analisis tagihan juga dapat menunjukkan dampak dari biaya energi yang berbeda, misalnya dengan membandingkan biaya permintaan listrik dengan biaya konsumsi.

Penghitungan gas rumah kaca (GRK) dapat menghitung emisi GRK langsung atau tidak langsung, yang dapat digunakan untuk pelaporan internal atau penghitungan karbon perusahaan.

Pemantauan

Alat pemantauan melacak dan menampilkan data real-time dan historis. Seringkali, EMS menyertakan berbagai alat pembandingan, seperti konsumsi energi per kaki persegi, normalisasi cuaca, atau analisis lebih lanjut menggunakan algoritme pemodelan energi untuk mengidentifikasi konsumsi anomali. Melihat dengan tepat kapan energi digunakan, dikombinasikan dengan pengenalan anomali, dapat memungkinkan Manajer Fasilitas atau Energi mengidentifikasi peluang penghematan.

Inisiatif seperti pencukuran permintaan, penggantian peralatan yang tidak berfungsi, retrofit peralatan yang tidak efisien, dan pemindahan beban yang tidak perlu dapat ditemukan dan dikoordinasikan menggunakan EMS. Misalnya, lonjakan energi yang tidak terduga pada waktu tertentu setiap hari dapat menunjukkan pengatur waktu yang tidak disetel dengan benar atau tidak berfungsi. Alat ini juga dapat digunakan untuk Pemantauan dan Penargetan Energi. EMS menggunakan model untuk mengoreksi faktor variabel seperti cuaca saat melakukan perbandingan historis untuk memverifikasi efek inisiatif konservasi dan efisiensi.

EMS mungkin menawarkan peringatan, melalui pesan teks atau email, ketika nilai konsumsi melebihi ambang batas yang ditentukan sebelumnya berdasarkan konsumsi atau biaya. Ambang batas ini dapat ditetapkan pada tingkat absolut, atau menggunakan model energi untuk menentukan kapan konsumsi tinggi atau rendah secara tidak normal. Baru-baru ini, smartphone dan tablet menjadi platform utama untuk EMS.

Keterikatan

Keterlibatan dapat merujuk ke otomatis atau tanggapan manual untuk mengumpulkan dan menganalisis data energi. Sistem kontrol bangunan dapat merespon dengan mudah terhadap fluktuasi energi seperti halnya sistem pemanas dapat merespons variasi suhu. Lonjakan permintaan dapat memicu proses pemadaman peralatan, dengan atau tanpa campur tangan manusia.

Tujuan lain dari Keterlibatan adalah untuk menghubungkan pilihan sehari-hari penghuni dengan konsumsi energi bangunan. Dengan menampilkan informasi konsumsi real-time, penghuni melihat dampak langsung dari tindakan mereka. Perangkat lunak ini dapat digunakan untuk mempromosikan inisiatif konservasi energi, menawarkan saran kepada penghuni, atau menyediakan forum untuk umpan balik tentang inisiatif keberlanjutan.

Program konservasi energi yang digerakkan oleh manusia, seperti yang disponsori oleh Energy Education, dapat sangat efektif dalam mengurangi penggunaan dan biaya energi.

Membiarkan penghuni mengetahui konsumsi real-time mereka sendiri dapat bertanggung jawab atas pengurangan 7% dalam konsumsi energi.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org