Pengenalan terhadap Teknologi Bangunan Pintar

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

30 Mei 2024, 08.07

Sumber: Pinterest

Teknologi pintar dengan cepat mengubah cara kita bekerja dan tinggal di dalam gedung

Studi indikator efisiensi energi 2019 mengungkapkan 64% perusahaan berencana untuk meningkatkan investasi dalam teknologi bangunan pintar. Hal ini jelas menunjukkan bahwa sekarang adalah waktu yang tepat untuk memperkenalkan teknologi ini pada proyek baru atau yang sudah ada. Dengan kata lain: bangunan pintar adalah untuk masa depan. Inilah yang perlu anda ketahui.

Langsung ke

  • Apa Itu teknologi bangunan pintar?
  • Aplikasi teknologi bangunan pintar
  • Apa saja manfaat teknologi bangunan pintar?
  • Pikiran akhir

Apa Itu teknologi bangunan pintar?

Teknologi bangunan pintar adalah jaringan sistem cerdas dan proses otomatis yang bekerja sama untuk meningkatkan kemudahan penggunaan bangunan. Perangkat ini mendukung manajer fasilitas dengan manajemen sumber daya manusia, sistem manajemen gedung, dan pemantauan keamanan. Ini bisa berupa apa saja, mulai dari pencahayaan pintar, hingga teknologi keamanan pintar seperti kontrol akses nirkabel.

Mendefinisikan 'gedung pintar' bisa jadi sulit. Istilah ini lebih dari sekadar memasang beberapa perangkat 'plug-and-play' sederhana. Desain gedung pintar biasanya mencakup solusi Internet of Things (IoT), kecerdasan buatan (AI), dan teknologi augmented reality (AR). Tujuan dari sistem otomasi gedung adalah untuk meningkatkan operasional properti dan perangkat di dalamnya. Sistem ini meningkatkan pengalaman pengguna dan mengatasi tantangan yang dihadapi oleh pemilik gedung aplikasi teknologi bangunan pintar.

Pemantauan hunian dan pemanfaatan ruang

Sistem kontrol akses pintar dapat membantu pemilik bisnis untuk melacak dan memantau orang-orang di dalam gedung mereka, dan memberikan konteks pada peristiwa masuk. Data gedung pintar ini merupakan alat yang sangat berguna di lokasi yang membutuhkan batasan kapasitas seperti gym dan kantin.

Pintu dapat diprogram untuk menolak masuk setelah batas kapasitas tercapai. Selain itu, panel sentuh interaktif dapat digunakan di pintu masuk untuk memungkinkan orang bergabung dalam antrian virtual. Hal ini mencegah pengunjung berdiri dan berdesak-desakan di pintu masuk. Dengan kontrol akses dan CCTV, pengguna dapat memantau langkah kaki di area tertentu dan menunjukkan area mana yang paling sering digunakan.

Pencahayaan dan sistem suara yang cerdas

Pencahayaan dan suara yang cerdas dapat meningkatkan suasana dan pengalaman pengguna di dalam gedung. Melalui penggunaan jadwal dan sensor yang telah diatur sebelumnya, pencahayaan dan sistem suara pintar dapat membuat ruangan menjadi lebih hidup saat dimasuki - atau pada waktu-waktu tertentu dalam sehari.

Misalnya, Anda dapat mengatur sistem audio pintar untuk memutar pemberitahuan keselamatan penting saat sensor terpicu "peringatan, eskalator lantai 3 tidak berfungsi" misalnya. Pencahayaan dan suara dapat digunakan untuk mengubah suasana hati di area gedung anda, misalnya di ruang istirahat, Anda dapat memilih musik yang tenang dan pencahayaan yang rendah. Di kantor penjualan, Anda dapat memilih musik dan pencahayaan yang membangkitkan semangat untuk meningkatkan fokus.

Keamanan cerdas

CCTV pintar, alarm penyusup, dan teknologi kontrol akses semuanya dapat memberikan pendekatan proaktif yang mengutamakan keamanan di gedung Anda. Jaringan keamanan pintar menyatukan perangkat anda. Misalnya, ketika seseorang masuk melalui pintu kontrol akses, kamera CCTV dapat memeriksa apakah ada penyusup yang masuk ke dalam gedung dan memberikan peringatan.

Kontrol iklim cerdas

Teknologi pintar dapat secara alami menyesuaikan sistem pendingin ruangan/HVAC ketika orang meninggalkan gedung. Hal ini membantu menjaga suhu tetap teratur dan menghemat penggunaan energi. Tirai pintar juga dapat digunakan dengan kontrol pemanas gedung untuk menjaga suhu yang sempurna di dalamnya. Atau bahkan, buka dan tutup saat diperlukan untuk membiarkan matahari masuk atau keluar.

Sensor lingkungan cerdas

Sensor lingkungan dapat memantau sejumlah faktor di dalam gedung termasuk kualitas udara, dan memperingatkan risiko yang dapat menyebabkan gangguan kesehatan. Sensor ini juga dapat digunakan untuk mengurangi kunjungan dan biaya pemeliharaan di tempat, dengan memperingatkan risiko seperti kebocoran gas sebelum menyebabkan kerusakan. Sensor lingkungan secara teratur digunakan di ruang server atau area dengan barang elektronik bernilai tinggi untuk memantau udara dari perubahan suhu yang dapat merusak peralatan.

Sistem konferensi cerdas

Sistem konferensi ruang rapat dan video yang cerdas jauh lebih dapat diandalkan dibandingkan dengan sistem konferensi tradisional. Ketika Anda masuk ke ruang konferensi dan layar menyala, pengguna dapat menekan tombol "gabung rapat" pada layar sentuh untuk membawa mereka langsung ke rapat. Kamera berkualitas tinggi juga dapat menyesuaikan pandangan mereka dengan jumlah peserta dan meningkatkan audio untuk menawarkan obrolan yang jelas dengan orang lain dalam sesi tersebut.

Apa saja manfaat teknologi gedung pintar?

Gaya dan kenyamanan

Teknologi pintar dapat menambah gaya, kelas, dan suasana pada bangunan anda. Sekaligus meningkatkan pengalaman bagi pengunjung dan penghuni. Memiliki gedung pintar adalah suatu keharusan bagi perusahaan teknologi dan bisnis yang ingin menarik dan mempertahankan karyawan.

Perkenalkan solusi gedung pintar ke dalam area kebugaran dan rekreasi di gedung anda seperti gym dan spa. Dengan menggunakan sistem suara berkualitas tinggi, Anda dapat menciptakan lingkungan yang damai untuk spa. Atau suasana yang memotivasi dan hidup di dalam gym.

Pencahayaan otomatis dapat menggunakan sensor untuk mengaktifkan ketika seseorang memasuki ruangan, lalu mematikannya setelah mereka pergi. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa lampu hanya digunakan saat dibutuhkan. Ini juga akan memberikan kontrol yang lebih sederhana karena tidak perlu meraba-raba sakelar lampu dalam kegelapan atau berjuang ketika tangan Anda penuh.

Atau, jika anda menjalankan sebuah kantor, manfaatkan sistem konferensi dan presentasi yang cerdas. Teknologi kantor pintar dapat meningkatkan kehidupan kerja bagi karyawan, dengan memanfaatkan jam kerja sebaik-baiknya. Telah dilaporkan bahwa sistem gedung pintar dapat meningkatkan hasil di tempat kerja, dengan lebih sedikit masalah teknologi dan gangguan presentasi.

Peningkatan keamanan

Teknologi pintar dapat meningkatkan keamanan gedung anda dengan menawarkan pemantauan jarak jauh dan solusi yang mengutamakan keamanan. Sistem kontrol akses memungkinkan pengguna untuk memantau lokasi dan jumlah orang di dalam gedung anda. Dengan menggunakan kartu kunci nirkabel atau bahkan kartu akses seluler, pengunjung dapat dengan mudah mengakses area gedung yang menjadi hak mereka.

Ketika kontrol akses dipasangkan dengan sistem deteksi kebakaran gedung, sistem ini dapat diatur untuk langsung memanggil layanan pemadam kebakaran dan penyelamatan ketika alarm dipicu. Hal ini menghasilkan waktu respons yang cepat. Selain itu, sistem juga akan memaksa semua pintu terbuka, sehingga orang dapat keluar dari gedung dengan cepat dan aman.

Sistem CCTV pintar dapat mendukung kontrol akses anda, dengan memberikan konteks kejadian melalui umpan video. Anda juga dapat memverifikasi secara visual orang-orang yang ingin masuk seperti staf kebersihan di luar jam kerja atau pekerja pengiriman, dan menolak atau menerima masuk.

Peningkatan keberlanjutan dam efisiensi energi

Ada banyak cara bahkan teknologi bangunan pintar yang umum dapat membuat properti lebih berkelanjutan dan maju ke masa depan. Keuntungan utama dari teknologi pintar adalah kemampuannya untuk mengenali saat sistem dan perangkat tidak diperlukan dan langsung mematikannya.

Solusi pencahayaan pintar dapat menghilangkan jumlah konsumsi energi yang tidak perlu yang disebabkan oleh lampu yang menyala di siang hari atau di ruangan kosong. Lampu otomatis akan aktif saat seseorang memasuki ruangan, memastikan tidak ada energi yang terbuang. Selain itu, integrasikan dengan tirai pintar untuk memaksimalkan cahaya alami yang masuk ke dalam gedung dan membantu mengatur suhu ruangan.

Skalabilitas

Sistem pintar dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kebutuhan anda saat kebutuhan anda mulai berkembang. Menambahkan perangkat keras dan lokasi baru ke sistem anda menjadi mudah dengan teknologi pintar, karena ini dapat dengan mudah disambungkan ke sistem jaringan.

Tidak perlu lagi perangkat keras yang besar seperti DVR atau NVR, ketika Anda memilih sistem berbasis cloud, Anda dapat dengan mudah memasang lebih banyak alarm, kamera, dan pengontrol akses jika perlu. Dengan keamanan cloud, semua sistem Anda dapat diintegrasikan dengan mulus ke dalam satu platform, sehingga Anda dapat mengakses dan memantau semua aspek di lokasi mana pun sekaligus. Cari tahu lebih lanjut tentang apa yang bisa dilakukan cloud untuk bisnis Anda.

Mengurangi biaya seiring waktu

Biaya awal untuk memasang teknologi gedung pintar bisa jadi menakutkan, namun sistem ini akan terbayar dengan sendirinya berkali-kali lipat seiring berjalannya waktu. Solusi pintar yang hemat energi tidak hanya mengurangi biaya energi yang memberikan dampak besar dalam bangunan besar, namun juga mengurangi kebutuhan untuk kunjungan pemeliharaan dan peningkatan. Teknologi pintar dapat ditambal dan diperbarui dari jarak jauh saat disediakan di cloud.

Selain itu, solusi berbasis cloud seperti CCTV cloud dan kontrol akses terus meningkat. Dengan pembaruan firmware otomatis, perangkat berbasis cloud terus ditingkatkan dan ditingkatkan seiring dengan inovasi industri. Sederhananya, ketika Anda menginstal sistem berbasis cloud, itu adalah versi terburuk dari sistem yang pernah Anda miliki. Sistem ini akan terus meningkat dengan fitur dan algoritme terbaru, membuat solusi ini semakin dapat diandalkan seiring berjalannya waktu.

Kesimpulan Akhir

Gelombang teknologi pintar telah menghantam dengan keras dan pasti tidak akan melambat dalam waktu dekat. Gagal menerapkan sistem pintar sekarang hanya akan membuat Anda dirugikan di masa mendatang. Dengan pengalaman lebih dari 15 tahun dalam menerapkan teknologi pintar, Chris Lewis Group adalah pelopor dalam desain dan instalasi bangunan pintar. Baik anda ingin memperkenalkan teknologi pintar pada bangunan yang sudah ada atau ingin menerapkannya selama proses konstruksi, para ahli kami memiliki keahlian, pengalaman, dan kepercayaan diri untuk mewujudkan visi anda.

Saya menjalankan inisiatif penjualan, desain teknis, dan pemasaran untuk bisnis kami. Saya bekerja sama dengan produsen dan asosiasi perdagangan untuk mengikuti perkembangan teknologi dan peraturan terbaru guna memastikan klien kami mendapatkan sistem terbaik dan terbaru yang tersedia.

Disadur dari: chrislewis.co.uk