Pemelajaran dalam

Dipublikasikan oleh Muhammad Farhan Fadhil

25 Maret 2022, 17.31

Gambar: EduBCA

Pemelajaran dalam (bahasa Inggris: deep learning) atau sering dikenal dengan istilah pemelajaran struktural mendalam (bahasa Inggris: deep structured learning) atau pemelajaran hierarki (bahasa Inggris: hierarchical learning) adalah salah satu cabang dari ilmu pemelajaran mesin (bahasa Inggris: machine learning) yang terdiri algoritme pemodelan abstraksi tingkat tinggi pada data menggunakan sekumpulan fungsi transformasi non-linear yang ditata berlapis-lapis dan mendalam. Teknik dan algoritme dalam pemelajaran dalam dapat digunakan baik untuk kebutuhan pemelajaran terarah (supervised learning), pemelajaran tak terarah (unsupervised learning) dan semi-terarah (semi-supervised learning) dalam berbagai aplikasi seperti pengenalan citra, pengenalan suara, klasifikasi teks, dan sebagainya. Model pada pembelajaran dalam pada dasarnya dibangun berdasarkan jaringan saraf tiruan, yang risetnya sudah berlangsung sejak era 80-an namun baru-baru ini kembali bangkit dengan adanya komputer yang semakin cepat apalagi ditambah dengan kemampuan kartu grafis modern yang mampu melakukan kalkulasi berbasis matriks secara simultan.

Berdasarkan riset yang baru-baru ini dilakukan, pemelajaran dalam mampu melakukan pengenalan grafis, pola tulis tangan dan beberapa pola lainnya lebih akurat dibandingkan dengan algoritme pemelajaran mesin lainnya.

Arsitektur

  • Deep Feedforward Network
    • Deep Feedforward Network atau dikenal dengan Multilayer Perceptron (MLP) merupakan pengembangan dari jaringan saraf tiruan yang menekankan pada penggunakan satu atau lebih lapis tersembunyi (hidden layer) pada jaringannya dan penggunaan fungsi transformasi non-linear sebagai fungsi transformasi. Jaringan ini disebut Feedforward oleh karena sifatnya yang membawa informasi dari lapis masukan (input layer) untuk dibawa dan ditransformasi ke depan hingga lapis luaran (output layer).
  • Recurrent Neural Network
    • Recurrent Neural Network merupakan pengembangan dari Deep Feedforward Network yang mana informasi dari suatu neuron dapat berputar kembali ke neuron yang sama (Deep Feddforward Network hanya membawa informasi ke lapis A ke lapis B secara progresif tanpa kembali ke lapis sebelumnya).
  • Convolutional Neural Network
    • Convolutional Neural Network merupakan modifikasi dari Deep Feedforward Network yang mana setiap lapisnya dibuat dalam bentuk topologi grid mendalam.

Sumber Artikel: id.wikipedia.org