Panduan Lengkap: Apa itu Teknik Elektronik?

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

02 Juni 2024, 14.40

Sumber: pinterest

Insinyur elektronik semakin berguna seiring dengan kemajuan teknologi. Seorang insinyur elektronik dapat merancang komputer baru, telepon baru, sistem telekomunikasi, atau peralatan medis yang menyelamatkan jiwa. Jika Anda tertarik untuk menjadi seorang insinyur elektronik, ada baiknya Anda mengetahui lebih banyak tentang pekerjaan dan cara memulainya. Dalam artikel ini, kami menjelaskan apa itu insinyur elektronik, apa tanggung jawab utamanya, berapa penghasilan insinyur elektronik, bagaimana cara menjadi insinyur elektronik, dan keterampilan apa saja yang dibutuhkan oleh insinyur elektronik.

Apa yang dimaksud dengan teknik elektronik?

Teknik elektronik adalah jenis teknik yang dikhususkan untuk mengerjakan elektronik. Kadang-kadang ini disebut sebagai teknik elektronik. Beberapa insinyur elektronik mempelajari bidang terkait seperti teknik elektro, teknik penerbangan atau mekatronika. Insinyur elektronik juga dapat berspesialisasi dalam subbidang seperti telekomunikasi atau teknik kontrol. Berbagai macam elektronik yang tersedia di dunia saat ini membuat teknik elektronika menjadi bidang yang semakin relevan dengan banyak variasi. Insinyur elektronik merancang komponen elektronik untuk berbagai hal seperti komputer pribadi, televisi, perangkat telekomunikasi, peralatan manufaktur elektronik, kontrol sistem dan perangkat radio.

Tanggung jawab utama insinyur elektronik

Insinyur elektronik mungkin memiliki berbagai tanggung jawab tergantung pada subbidang mereka, organisasi tempat mereka bekerja, pelatihan khusus, dan tingkat pengalaman mereka. Berikut adalah beberapa tanggung jawab utama insinyur elektronik yang umum:

1. Manajemen proyek elektronik

Sebagian besar insinyur elektronik perlu mengelola proyek mereka untuk memenuhi tenggat waktu dan ekspektasi pemberi kerja atau klien. Beberapa insinyur elektronik yang lebih berpengalaman dan telah memajukan karier mereka mungkin memiliki lebih banyak tanggung jawab manajemen proyek. Bagi setiap insinyur, ini berarti mengetahui cara menyelesaikan proyek yang berkualitas tinggi dan tepat waktu melalui kolaborasi dan komunikasi.

2. Merancang elektronik

Salah satu bagian terpenting dalam bekerja sebagai seorang insinyur elektronik adalah mendesain elektronik. Ini bisa berarti merancang seluruh produk elektronik atau bisa juga berarti merancang satu komponen dari produk yang lebih besar. Insinyur elektronik menggunakan pengetahuan mereka tentang jenis perangkat yang mereka rancang untuk membuat versi yang lebih baru dan lebih inovatif yang memenuhi kebutuhan klien dan pemberi kerja.

3. Berkolaborasi dalam proyek elektronik

Kolaborasi sering kali merupakan bagian penting dari pekerjaan seorang insinyur elektronik. Apakah mereka membuat produk yang harus kompatibel dengan sesuatu yang sedang dirancang oleh insinyur lain atau mereka membuat satu bagian dari suatu produk dengan tim, mereka biasanya tidak bekerja sendiri. Selain itu, insinyur elektronik mungkin perlu berkolaborasi dengan klien atau dengan manajemen untuk membuat produk elektronik yang mereka rancang sesuai dengan kebutuhan mereka.

4. Menguji produk elektronik

Beberapa insinyur elektronik melakukan pekerjaan yang lebih dari sekadar mendesain di komputer dan mereka harus dapat menguji produk elektronik mereka. Ini mungkin merupakan bagian rutin dari pekerjaan mereka untuk memastikan apa yang mereka rancang bekerja dengan baik. Insinyur elektronik lainnya mungkin menguji produk elektronik untuk mengumpulkan data guna menciptakan produk yang lebih inovatif.

5. Membuat dokumen teknis

Dokumen teknis dapat menjadi hal yang penting untuk dibuat oleh seorang insinyur elektronik. Dokumen-dokumen ini dapat berkisar dari instruksi penggunaan satu halaman yang sederhana hingga ratusan halaman informasi dan data teknis. Beberapa perusahaan memiliki tenaga profesional yang membantu para insinyur membuat dokumen-dokumen ini, sementara yang lain mengharapkan para insinyur untuk membuatnya sendiri sebagai ahli produk.

Pemeliharaan dan perbaikan elektronik

Insinyur elektronik yang lebih banyak bekerja di lapangan atau mengawasi instalasi dan penggunaan produk elektronik mungkin perlu melakukan pemeliharaan dan perbaikan untuk klien atau pemberi kerja mereka. Untuk beberapa insinyur elektronik, ini bukan bagian dari pekerjaan sama sekali, sementara yang lain mungkin terutama bekerja di bidang pemeliharaan dan perbaikan. Barang elektronik yang dirancang atau dikerjakan oleh beberapa insinyur sering kali sangat kompleks sehingga akan sangat membantu jika ada insinyur yang memeliharanya.

Gaji insinyur elektronik

Menurut Indeed Salaries, gaji rata-rata nasional untuk insinyur elektronik adalah Rp840.480,89 per tahun. Insinyur elektronik dengan lebih banyak pengalaman biasanya mendapatkan lebih banyak dan memiliki gelar yang lebih tinggi juga dapat meningkatkan penghasilan Anda. Selain itu, insinyur yang disewa biasanya mendapatkan lebih banyak daripada insinyur yang tidak disewa.

Bagaimana menjadi seorang insinyur elektronik

Berikut adalah langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk menjadi seorang insinyur elektronik:

1. Pilih jalur yang tepat untuk Anda

Anda dapat menjadi insinyur elektronik dengan beberapa cara. Anda dapat melakukan magang gelar, yang membutuhkan empat atau lima GCSE dan A-level. Anda dapat memperoleh gelar di bidang teknik elektronik atau bidang terkait dengan dua hingga tiga A-level. Anda juga dapat memperoleh Diploma Nasional Tingkat 4 atau 5 Higher National Diploma (HND) di bidang Teknik Elektro dan Elektronik. Semua pilihan ini memerlukan beberapa pendidikan dan pelatihan, tetapi yang cocok untuk Anda dapat bervariasi tergantung pada seberapa banyak sekolah yang ingin Anda ikuti.
Tergantung pada bagaimana Anda lebih suka merencanakan, Anda dapat memutuskan sebelum memulai jalur apa yang ingin Anda ambil atau Anda dapat memutuskan saat Anda mendapatkan pendidikan Anda.

2. Dapatkan gelar A-level yang diperlukan

Untuk bekerja sebagai insinyur elektronik, Anda akan membutuhkan setidaknya satu A-level jika tidak lebih, tergantung pada jalur yang Anda pilih. Anda mungkin mendapatkan A-level pertama Anda dan kemudian memutuskan apakah Anda ingin mendapatkan A-level tambahan atau jika Anda ingin melakukan magang. A-level Anda sering kali mengajarkan Anda beberapa konsep dan keterampilan paling relevan yang Anda perlukan untuk bekerja sebagai insinyur elektronik.

3. Mengejar magang

Jika Anda telah memutuskan untuk mempelajari keterampilan teknik elektronik melalui magang, Anda harus mencari tempat magang dan menentukan apa yang diharapkan sebelum Anda bekerja sebagai magang. Seringkali, program magang memakan waktu hingga lima tahun, tetapi Anda mempelajari keterampilan yang Anda perlukan untuk bekerja sebagai insinyur elektronik. Anda biasanya membutuhkan gelar magang untuk bekerja sebagai insinyur elektronik.

4. Selesaikan gelar Anda jika diinginkan

Jika Anda memutuskan untuk mendapatkan gelar daripada melakukan magang, Anda harus menyelesaikan gelar Anda untuk bekerja sebagai insinyur elektronik. Apakah Anda kuliah di perguruan tinggi atau universitas dan apakah Anda mendapatkan gelar sarjana atau HND, pendidikan Anda dapat mempersiapkan Anda untuk bekerja tanpa melakukan magang. Jika Anda berniat untuk menjadi insinyur yang disewa, Anda mungkin memerlukan sekolah tambahan untuk memenuhi syarat, seperti PhD.

Keterampilan untuk teknik elektronik

Insinyur elektronik membutuhkan berbagai keterampilan agar efektif dalam bekerja. Berikut adalah beberapa keterampilan utama untuk insinyur elektronik:

1. Pengetahuan teknis

Pengetahuan teknis cukup penting bagi para insinyur elektronik. Ini termasuk pengetahuan umum tentang elektronik dan pengetahuan khusus yang mungkin Anda perlukan untuk subbidang atau industri tertentu. Pengetahuan teknis Anda adalah apa yang membuat Anda menjadi seorang insinyur elektronik sehingga memajukan keterampilan tersebut diperlukan untuk karier Anda. Anda mungkin mempelajari pengetahuan teknis ini selama pendidikan Anda, dalam magang atau di tempat kerja.

2. Manajemen waktu

Insinyur sering kali harus memiliki kemampuan manajemen waktu yang sangat baik, karena pekerjaan Anda biasanya dilakukan dengan tenggat waktu. Mengetahui berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan sebuah tugas dan bagaimana merencanakan untuk menyelesaikan semua pekerjaan Anda adalah keterampilan yang berguna, meskipun mungkin perlu waktu untuk mengembangkannya. Manajer dan klien menghargai jika pekerjaan diselesaikan tepat waktu, jadi memiliki keterampilan manajemen waktu yang andal menunjukkan bahwa Anda dapat melakukannya.

3. Keterampilan komunikasi

Insinyur sering kali perlu berkomunikasi dengan orang lain untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Hal ini termasuk kemampuan untuk berkomunikasi dengan insinyur lain, dengan manajemen, dan dengan klien. Anda mungkin diharapkan untuk berkomunikasi secara lisan dan tertulis, jadi pastikan Anda adalah komunikator yang efektif dalam segala bentuk. Selain itu, jika Anda perlu membuat dokumentasi teknis untuk pekerjaan Anda, akan sangat membantu jika Anda memahami cara mengomunikasikan informasi tersebut secara efektif.

4. Kolaborasi

Insinyur elektronik sering kali harus berkolaborasi dengan orang lain. Terkadang kolaborasi ini dilakukan saat membuat produk atau sistem dan di lain waktu Anda berkolaborasi saat memelihara elektronik untuk klien. Meskipun beberapa insinyur elektronik bekerja secara mandiri, sebagian besar merupakan bagian dari tim dan harus siap untuk berkolaborasi dengan tim tersebut.

5. Perhatian terhadap detail

Perhatian terhadap detail adalah keterampilan yang berguna untuk semua jenis insinyur. Seorang insinyur elektronik dengan perhatian yang baik terhadap detail biasanya dapat menciptakan produk yang efektif dan berguna dengan pengawasan yang lebih sedikit, yang dapat bermanfaat bagi perusahaan. Bergantung pada jenis elektronik yang Anda rancang atau kerjakan, memiliki perhatian yang sangat baik terhadap detail dapat menjadi masalah hidup atau mati bagi pengguna elektronik tersebut, seperti peralatan medis.

6. Pemecahan masalah

Insinyur elektronik sering diminta untuk memecahkan masalah. Hal ini dapat mencakup menciptakan produk baru yang memecahkan masalah pelanggan atau klien atau menentukan mengapa suatu produk tidak berfungsi dengan benar. Insinyur elektronik mungkin perlu melakukan berbagai pengujian dan analisis untuk menciptakan produk yang berfungsi dengan baik dan memenuhi kebutuhan pengguna, yang sering kali melibatkan banyak pemecahan masalah dan pemikiran kritis.

Angka gaji mencerminkan data yang tercantum di situs web yang dikutip pada saat penulisan. Gaji dapat bervariasi tergantung pada organisasi yang mempekerjakan dan pengalaman, latar belakang akademis, dan lokasi kandidat. Artikel ini didasarkan pada informasi yang tersedia pada saat artikel ini ditulis, yang dapat berubah sewaktu-waktu. Memang tidak ada jaminan bahwa informasi ini selalu mutakhir. Silakan cari sumber informasi lokal untuk mendapatkan informasi terbaru tentang topik ini.

Disadur dari: https://uk.indeed.com/