Menonton Pertandingan di Era Internet of Things

Dipublikasikan oleh Muhammad Farhan Fadhil

25 Maret 2022, 13.42

Gambar: Fantech

Internet of things (IoT) merupakan konsep di mana satu perangkat di rumah terkoneksi dengan perangkat lainnya. Fantech Indonesia menjadi produk lokal yang mulai merambah dunia tersebut.

Konsep Internet of things telah ada sejak 1982. Namun, istilah tersebut baru muncul dari pidato Peter T. Lewis di Washington DC pada September 1985.

Lewis menjelaskan internet of things sebagai "integrasi manusia, proses, dan teknologi dengan perangkat-perangkat yang bisa terhubung dan sensor-sensor untuk mengaktifkan pengawasan, status, manipulasi, dan evaluasi tren perangkat-perangkat tersebut dari jarak jauh." IoT dewasa ini besar di pasar konsumer, termasuk teknologi yang bisa dipakai, perangkat automasi rumah, kendaraan pintar, dsb.

Dalam konteks lebih luas, konsep ini mulai kerap digunakan untuk kepentingan yang lebih besar lagi, seperti mengubah sebuah kota konvensional menjadi “Smart City”.

Salah satu pasar utama di IoT ini adalah automasi rumah atau konsep rumah pintar di mana berbagai perangkat terhubung ke jaringan internet di rumah dan dikendalikan lewat gawai atau perangkat lain.

IoT adalah masa depan yang akan memberikan dampak sangat besar bagi kehidupan manusia. Membuat segala sesuatu hanya dengan perintah suara atau klik aplikasi dan tinggal atur jadwalnya saja.

Tak dapat dibayangkan seberapa besar waktu yang dapat dipangkas, penggunaan sumber daya & energi yang lebih efeisien, dan berbagai keuntungan lainnya.

Melihat manfaat yang sangat besar dan dapat membantu aktivitas keseharian masyarakat, salah satu brand teknologi lokal asli Indonesia, yaitu Fantech mulai melebarkan sayapnya ke lini Smart Life dengan menghadirkan beragam produk Internet of Things.

Fantech Smart Life memulainya dengan produk pendukung aktivitas sehari-hari dan lifestyle, seperti Lampu Smart LED Bulb, Wireless Earphone (TWS), LED Strip, colokan listrik Smart Socket, dan berbagai produk teknologi IoT lainnya.

Sebagai bentuk apresiasi & memberikan kembali ke komunitas, Fantech sebagai brand lokal berusaha untuk memperkenalkan produk Internet of Things ini dengan produk berkualitas.

Line up produk berkualitas ini dipilih dari hasil penelitian dan pengembangan terbaik dengan harga sangat affordable yang mengusung prinsip “Worth to Buy!” Fantech Smart Life terus berusaha untuk mengembangkan produk dan pelayanannya, serta berharap masyarakat Indonesia mulai beradaptasi dengan perkembangan teknologi.

Sehingga, Indonesia dapat menjadi negara yang dapat bersaing dalam industri teknologi di kancah internasional. Kompas.com sendiri telah mencoba line up Smart Home Fantech dan puas dengan apa yang telah ditawarkan.

Semua device bisa dengan mudah terhubung lewat aplikasi Fantech Smart Life yang bisa diunduh dari Play Store atau juga Apple AppStore. Aplikasinya sendiri ringan dan sangat user friendly.

Setiap device disertakan dengan buku instruksi yang menjelaskan semua operasional perangkat tersebut dengan bantuan visual sehingga mudah dimengerti.

Tak ada kesulitan sama sekali untuk menghubungkan semua perangkat, mulai dari Smart Light Bulb, Smart LED Strip, hingga Smart IR Remote. Headphone nirkabel sangat berguna bagi Anda yang suka menonton pertandingan pada malam hari/dini hari dan tak ingin membangunkan buah hati atau pasangan di sebelah.

Proses syncing dengan laptop atau gawai sangat mudah dan headphone mempunyai kekuatan baterai untuk pemakaian selama 60 jam atau standby 200 jam.  Smart Light Bulb menawarkan hingga 16 juta warna RGB dengan waktu pemakaian 25.000 jam. Light Bulb ini cocok sekali bagi orang yang ingin mengubah warna lampu di kamar tergantung mood (apakah tim kita kala/menang) atau apa yang sedang ia kerjakan.

Terlebih, para pengguna bisa mengatur luminasi setiap lampu hingga 806 lumens. Sementara, instalasi dan penyesuaian fitur-fitur Smart LED Strip juga sangat mudah dan praktis.

Satu lagi yang berguna untuk sebuah Smart Home adalah Smart IR Remote di mana kita akhirnya bisa memusatkan kendali televisi, set up box, dan pendingin ruangan lewat gawai. Hal tersebut akan menghilangkan kans kita mencari-cari remote televisi yang tentu saja sangat mengganggu apabila pertandingan atau balapan yang ingin kita tonton sudah hendak dimulai!

Sumber Artikel: kompas.com