Mengenal Stasiun Jakarta Kota

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

11 Juni 2024, 07.52

Sumber: en.wikipedia.org

Stasiun Jakarta Kota (bahasa Indonesia: Stasiun Jakarta Kota, kode stasiun: JAKK) adalah sebuah stasiun kereta api yang terletak di kawasan kota tua Kota, Jakarta, Indonesia.

Stasiun ini dulunya bernama Batavia Zuid (atau Batavia Selatan) hingga awal abad ke-20. Stasiun ini juga dikenal dengan nama Stasiun Beos sebagai singkatan dari nama pemilik stasiun sebelumnya, Bataviasche Oosterspoorweg Maatschapij (BOS).

Stasiun Jakarta Kota merupakan stasiun utama, bersama dengan Stasiun Gambir, Stasiun Jatinegara, dan Stasiun Pasar Senen, untuk beberapa jalur kereta api antarkota di Pulau Jawa. Stasiun ini juga melayani dua dari lima jalur kereta KRL Commuterline yang beroperasi di wilayah metropolitan Jakarta.

Nama Beos pada julukan stasiun ini memiliki banyak versi. Pertama, nama Beos merujuk pada pemilik stasiun Batavia, Bataviasche Oosterspoorweg Maatschapij (Perusahaan Kereta Api Batavia Timur atau BOS), yang berada di lokasi yang sama sebelum stasiun ini dihancurkan. Ini adalah perusahaan kereta api swasta yang menghubungkan Batavia dengan Kedunggedeh. Pada versi lain, Beos berasal dari kata Batavia En Omstreken, yang berarti “Batavia dan Sekitarnya”, yang berasal dari fungsi stasiun ini sebagai pusat transportasi kereta api yang menghubungkan Batavia dengan kota-kota lain seperti Bekassie (Bekasi), Buitenzorg (Bogor), Parijs van Java (Bandung), Karavam (Karawang), dan lain-lain.

Sebenarnya masih ada nama lain dari Stasiun Jakarta Kota ini, yaitu Batavia Zuid yang berarti Stasiun Batavia Selatan. Nama ini muncul karena pada akhir abad ke-19, Batavia sudah memiliki lebih dari dua stasiun kereta api. Salah satunya adalah Stasiun Batavia Noord (Batavia Utara) yang terletak di sebelah selatan Museum Sejarah Jakarta saat ini. Batavia Noord awalnya merupakan milik perusahaan kereta api Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij, dan merupakan stasiun pemberhentian untuk jalur Batavia-Buitenzorg. Pada tahun 1913, jalur Batavia-Buitenzorg dijual kepada pemerintah Hindia Belanda dan dikelola oleh Staatsspoorwegen. Pada saat itu wilayah Jatinegara dan Tanjung Priok belum menjadi bagian dari gemeente Batavia.

Stasiun pertama dibangun pada tahun 1887 oleh BOS, sebuah perusahaan kereta api swasta. Stasiun ini diberi nama Batavia Zuid (Batavia Selatan) untuk membedakannya dengan stasiun Batavia Noord (Batavia Utara) yang lebih tua (dimiliki oleh Nederlandsch-Indische Spoorweg Maatschappij, sebuah perusahaan kereta api swasta lainnya), yang terletak agak jauh di sebelah utara, tepat di belakang bekas balai kota. Perusahaan kereta api publik Staatsspoorwegen mengakuisisi stasiun selatan dan utara pada tahun 1898 dan 1913.

Stasiun BOS selatan ditutup pada tahun 1923, dan dibangun kembali antara tahun 1926 dan 1929, di mana semua layanan kereta api untuk sementara waktu diambil alih oleh stasiun Batavia Utara. Bangunan stasiun ini dirancang pada tahun 1927-1928 oleh arsitek Asselbergs, Frans Johan Louwrens Ghijsels, dan Hes dari perusahaan arsitek Algemeen Ingenieurs-en Architectenbureau (AIA) di Batavia. Selama pembangunan pada tahun 1928-1929, digunakan beton dari Hollandsche Beton Maatschappij (“Perusahaan Beton Belanda”). Bangunan utama dirancang dengan 12 rel kereta api, yang dirancang untuk menghubungkan Batavia dengan Buitenzorg, pelabuhan Tandjoeng Priok, dan pelabuhan Merak di dekat Selat Sunda dengan kapal feri yang menghubungkan Jawa bagian Barat dengan Sumatera bagian Selatan. Bangunan baru dan yang sekarang ini secara resmi dibuka pada tanggal 8 Oktober 1929 dengan sebuah upacara pribadi oleh staf perusahaan. Semua layanan kereta api ke kota lama kemudian dipindahkan ke stasiun selatan yang baru, sementara stasiun utara yang tersisa dihancurkan.

Stasiun baru ini dijuluki BEOS sesuai dengan nama pemilik stasiun sebelumnya, BOS. Secara resmi bernama Stasiun Batavia Stad (“Stasiun Kota Batavia”), stasiun ini terletak di Stationsplein (“Alun-alun stasiun”) di Batavia Benedenstad (“Pusat Kota Batavia”), yang sekarang menjadi Jalan Stasiun Kota Barat.

Stasiun Beos merupakan mahakarya Ghijsels yang dikenal dengan ekspresi Het Indische Bouwen, yang merupakan perpaduan antara struktur dan teknik modern barat yang dipadukan dengan bentuk-bentuk tradisional setempat. Dengan balutan art deco yang kental, desain Ghijsels ini terkesan sederhana meskipun memiliki cita rasa yang tinggi. Menurut filosofi Yunani kuno, kesederhanaan adalah jalan terpendek menuju keindahan.

Stasiun Jakarta Kota akhirnya ditetapkan sebagai cagar budaya melalui Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta No. 475 tahun 1993. Meski masih berfungsi, masih ada beberapa sudut yang tidak terawat dengan baik. Keberadaannya mulai terusik dengan adanya kabar pembangunan pusat perbelanjaan di atas bangunan stasiun. Begitu juga dengan kebersihan yang tidak terjaga dengan baik, sampah-sampah berserakan di rel kereta api. Selain itu, banyaknya masyarakat yang tinggal di kanan-kiri rel kereta api di dekat stasiun mengurangi nilai estetika dari stasiun ini. Kini, Kereta Api Indonesia melalui Unit Pelestarian Benda dan Bangunan Bersejarah mulai menata stasiun bersejarah ini.

Bangunan dan tata letak

Desain stasiun yang dirancang oleh arsitek Belanda Frans Johan Louwrens Ghijsels (lahir 8 September 1882) ini merupakan perpaduan antara gaya Art Deco Barat dan arsitektur lokal.

Stasiun Jakarta Kota merupakan stasiun dua lantai yang dikelilingi oleh jalan di ketiga sisinya dengan satu pintu masuk utama dan dua pintu masuk samping. Pintu masuk utama dan aula memiliki ciri khas atap kubah tong dengan bukaan yang disusun secara horizontal dengan bagian atas didominasi oleh unit vertikal (lunette).

Dinding bagian dalam aula dilapisi dengan keramik berwarna coklat bertekstur kasar dan dinding luar pada bagian bawah seluruh bangunan dilapisi dengan plesteran berwarna hijau kekuningan. Lantai stasiun menggunakan kayu jati kuning dan kayu abu-abu, dan untuk lantai peron menggunakan kayu jati wafel kuning. Stasiun Jakarta Kota memiliki enam peron yang melayani 12 jalur. Peron-peron tersebut dinaungi oleh kanopi yang ditopang oleh tiang-tiang baja.

Pada awalnya, stasiun ini memiliki dua belas jalur kereta api dengan jalur 4 dan 5 merupakan jalur ganda sepur lurus dari dan ke arah Kampung Bandan Bawah-Pasar Senen-Jatinegara, jalur 8 dan 9 merupakan jalur ganda sepur lurus dari dan ke arah Kampung Bandan Atas-Tanjung Priuk, serta jalur 11 dan 12 merupakan jalur ganda sepur layang dari dan ke arah Gambir-Manggarai. Namun, saat ini jumlah jalur tersebut berkurang menjadi sebelas jalur karena jalur 1 yang lama telah ditutup dan dialihfungsikan menjadi ruang tunggu penumpang untuk beberapa kereta api antarkota yang layanan rutenya berhenti di stasiun ini.

Stasiun ini terakhir kali direnovasi pada tahun 2019, salah satunya adalah penambahan ruang tunggu baru untuk kereta jarak jauh. Per 23 Februari 2020, saklar kereta api Inggris dan gunting stasiun yang telah digunakan selama hampir lima puluh tahun kini telah diganti dengan yang terbaru.

Pada budaya populer

Stasiun ini dijadikan salah satu lokasi syuting video musik oleh sejumlah grup musik dan penyanyi, seperti Krakatau dalam lagu yang berjudul Kau Datang pada tahun 1989, TIC Band dalam lagu Terbaik Untukmu pada tahun 2001, film Cinlok pada tahun 2008, Kotak dalam lagu Selalu Cinta pada tahun 2013, penyanyi Kunto Aji dalam lagu debutnya yang berjudul Terlalu Lama Sendiri pada tahun 2014, dan Maudy Ayunda dalam lagu Jakarta Ramai pada tahun 2016.

Layanan kereta api

Sejak sekitar tahun 2013-2014 semua kereta api penumpang jarak jauh dan menengah yang dahulu memiliki terminus ke Stasiun Jakarta Kota dialihkan ke Stasiun Pasar Senen, antara lain KA Gumarang, KA Gaya Baru Malam Selatan, KA Tegal Arum (sekarang tidak beroperasi lagi), dan KA Serayu. Pemindahan juga dilakukan ke Gambir untuk KA Argo Parahyangan dan KA Gajayana. Sejak tanggal 9 Februari 2017 semua perjalanan KA lokal Daop I bagian timur (KA Walahar Ekspres/Lokal Purwakarta dan KA Jatiluhur/Lokal Cikampek) dipindahkan ke Stasiun Tanjung Priuk.

Sejak tanggal 29 Mei 2019, tiga perjalanan kereta api jarak jauh dan menengah kelas ekonomi yang semula berakhir di Stasiun Pasar Senen (KA Jayakarta, Menoreh, dan Kutojaya Utara), dipindahkan ke Stasiun Jakarta Kota. Dengan berlakunya Gapeka 2021 tanggal 10 Februari 2021, maka stasiun terminus KA Jayakarta dikembalikan lagi ke Stasiun Pasar Senen untuk memudahkan pelayanan penumpang kereta api rangkaian panjang.

Mulai 1 Juni 2023 sejak diberlakukan Gapeka 2023, keberangkatan KA Menoreh dikembalikan ke Stasiun Pasar Senen karena okupansi yang minim di Stasiun Jakarta Kota.

Berikut ini adalah layanan kereta api yang berhenti di stasiun ini sesuai Gapeka 2023

  • Antarkota

  • Komuter

  • Insiden

​​​​​​​Pada 26 Desember 2014 pukul 06.30, lokomotif CC201 89 07 menabrak peron di Stasiun Jakarta Kota, pada saat melangsir rangkaian kereta api Argo Parahyangan. Lokomotif tersebut melampaui batas aman berhenti, sehingga meloncat keluar rel kemudian menggerus lantai peron. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini.

  • Antarmoda pendukung

​​​​​​​

Galeri

Disadur dari: https://en.wikipedia.org/