Mengenal Smart Healthcare, Teknologi Deteksi Kesehatan Menggunakan IoT

Dipublikasikan oleh Muhammad Farhan Fadhil

25 Maret 2022, 13.29

Mengenal Smart Healthcare, Teknologi Deteksi Kesehatan Menggunakan IoT (Sumber: JPNN)

Perkembangan Internet of Things (IoT) merambah seluruh bidang usaha, tak terkecuali pada industri alat kesehatan.

Salah satu rumah sakit yang memanfaatkan IoT adalah RS Metropolitan Medical Centre (MMC).

RS MMC Berkolaborasi dengan XL Axiata Business Solutions menghadirkan Smart Healthcare yang memanfaatkan IoT di Wellness Centre rumah sakit tersebut.

CEO RS MMC Dr. Roswin Rosnim Djaafar, MARS mengatakan Smart Healthcare memantau dan mendeteksi kondisi kebugaran seseorang.

"Solusi IoT dipilih karena mampu memberikan visibilitas secara real-time di mana pun dan kapan pun tanpa terhalang jarak dan waktu," kata Roswin dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Sabtu (13/11).

Roswin menjelasakan kehadiran Smart Healthcare menjadi bagikan dari value tambahan bagi seluruh pasien RS MMC. Pasien akan merasakan pelayanan yang lebih lengkap dengan pendampingan langsung oleh dokter spesialis Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre serta dilengkapi dengan fitur Smart Healthcare.

Dia berharap perangkat Smart Healthcare di Wellness Centre mampu memberikan pemantauan kondisi tubuh pasien secara realtime.

"Sehingga, pasien-pasien di Wellness Centre dapat rekondisi tubuh, meningkatkan kebugaran, serta meningkatkan derajat kesehatan pada tubuhnya," ungkap Roswin.

Roswin menegaskan RS MMC selalu mengutamakan mutu dan pelayanan yang berfokus pada pasien.

"Kerja sama pengembangan solusi Internet of Thing (IoT) bersama XL Axiata diharapkan bisa memberikan pelayanan dan pengalaman kepada para pasien secara lebih komprehensif dan juga memperkenalkan Wellness Centre," bebernya.

Menurut dia, Wellnes menyediakan fasilitas gym, outdoor jogging track, dan Smart Healthcare disertai pendampingan dan pemantauan langsung oleh tim Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga.

Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga dr. Donny Kurniawan, Sp.KO (K) sebagai menambahkan Wellness Centre adalah sarana untuk meningkatkan derajat kesehatan seseorang lewat peningkatan kebugaran tubuh.

“Wellness Centre hadir untuk menjadi solusi yang komprehensif bagi pasien untuk meningkatkan kebugaran sehingga kualitas hidup akan lebih baik dan mereka dapat menikmati, tak hanya di hidup masa kini, namun juga kehidupan di masa tua.”

Chief of Enterprise & SME Officer XL Axiata Feby Sallyanto mengatakan berkomitmen untuk terus menghadirkan beragam solusi IoT untuk seluruh sektor industri.

"Termasuk juga untuk masuk industri teknologi kesehatan," ungkapnya.

Dia menyebut Smart Healthcare merupakan solusi IoT untuk kesehatan yang pertama di Indonesia, yang dibangun bersama oleh XL Axiata Business Solutions dan RS MMC.

"Solusi IoT dan konektivitas yang kami sediakan, Smart Healthcare ini bisa menjadi perangkat cerdas yang akan sangat membantu Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre memantau kondisi seseorang secara cepat dan tepat," ujar Feby.

Smart Healthcare merupakan perangkat yang memantau kondisi kebugaran tubuh seperti detak jantung, EKG, pola pernafasan, suhu tubuh, gerakan, dan titik lokasi pada saat yang bersamaan.

Semua sinyal tersebut, kata Feby, secara terus menerus dan secara instan akan diukur dan dianalisa lewat perangkat yang sudah terintegrasi dengan platform IoT XL Axiata.

"Oleh karena itu, perangkat dapat memberikan report analisa kesehatan penggunanya dari waktu ke waktu," tegas Feby.

Sumber Artikel: msn.com