Mengenal Sistem Kontrol

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

22 Mei 2024, 10.39

Sumber: pinterest

Apa yang dimaksud dengan sistem kontrol?

Sistem kontrol adalah seperangkat perangkat mekanis atau elektronik yang mengatur perangkat atau sistem lain melalui loop kontrol. Biasanya, sistem kontrol terkomputerisasi.

Sistem kontrol adalah bagian penting dari produksi dan distribusi di banyak industri. Teknologi otomasi memainkan peran besar dalam sistem ini. Jenis-jenis loop kontrol yang mengatur proses ini termasuk sistem kontrol industri, seperti kontrol pengawasan dan akuisisi data, sistem, dan sistem kontrol terdistribusi.

Bagaimana sistem kontrol digunakan?

Sistem kontrol digunakan untuk meningkatkan produksi, efisiensi, dan keamanan di banyak industri:

  • Pertanian.
  • Pabrik kimia.
  • Pabrik pulp dan kertas.
  • Kontrol kualitas industri dan manufaktur.
  • Kontrol boiler dan operasi pembangkit listrik.
  • Kontrol lingkungan.
  • Instalasi pengolahan air dan limbah.
  • Pengolahan makanan dan makanan.
  • Logam dan tambang.
  • Manufaktur farmasi.
  • Pemurnian gula.

Berikut ini adalah contoh spesifik di mana sistem kontrol digunakan dalam proses industri:

  • Kontrol boiler dalam sistem pemanas dan pembangkit listrik.
  • Pemantauan pipa.
  • Sistem distribusi air.
  • Sistem pengolahan air limbah.
  • Sistem distribusi listrik.

Apa saja jenis utama sistem kontrol?

Ada dua jenis sistem kontrol yang umum digunakan: sistem loop terbuka dan loop tertutup.

Loop terbuka

Sistem kontrol ini beroperasi dengan input manusia. Tindakan kontrol tidak bergantung pada output. Dalam penggunaan rumah tangga, mesin cuci adalah contoh sistem loop terbuka karena seseorang perlu membuat pilihan di antara pengaturan untuk menjalankannya. Sistem lampu lalu lintas berbasis waktu adalah contoh industri dari sistem kontrol loop terbuka, di mana insinyur lalu lintas harus menentukan waktu untuk lampu berhenti, jalan, dan lampu peringatan.

Loop tertutup

Sistem ini dapat dikelola secara aktif atau diatur untuk beroperasi secara mandiri. Sistem ini menggunakan sinyal umpan balik dari sistem untuk memberikan kontrol otomatis dan mempertahankan pengaturan tertentu atau kondisi yang diinginkan tanpa campur tangan manusia. Beberapa loop kontrol dapat dialihkan antara mode tertutup dan terbuka. Saat terbuka, loop yang dapat dialihkan dikontrol secara manual; saat tertutup, loop ini dapat sepenuhnya otomatis.

Termostat adalah contoh sistem loop tertutup. Termostat menyalakan dan mematikan sistem pemanas berdasarkan sinyal yang diterima dari sensor yang memantau suhu udara. Kontrol suhu adalah bagian yang sangat penting dalam menjaga lingkungan pusat data yang tepat.

Terdiri dari apakah sistem kontrol itu?

Loop kontrol yang membentuk keseluruhan sistem umumnya mencakup sensor, pengontrol, dan elemen kontrol akhir. Sensor membaca variabel proses atau pengukuran kontrol proses terkait. Pengontrol menerima sinyal dari sensor dan meneruskannya ke instrumentasi, unit terminal jarak jauh, dan elemen kontrol akhir. Di sana, variabel proses disesuaikan agar tetap konstan pada titik setel yang dipilih.

Komponen lain dalam modul loop kontrol termasuk pengontrol logika yang dapat diprogram, pengontrol otomasi yang dapat diprogram, unit terminal jarak jauh, server kontrol, dan perangkat elektronik cerdas.

Apa saja kelebihan dan kekurangan sistem kontrol?

Sistem kontrol loop tertutup banyak digunakan dalam banyak aplikasi. Sistem ini efektif dalam mengendalikan perangkat yang terletak di luar, menyediakan data keluaran yang dapat diandalkan dan siap tersedia, serta tahan terhadap gangguan eksternal.

Namun, sistem kontrol sangat kompleks, dan memerlukan pelatihan dan dokumentasi untuk pengoperasian yang optimal dan untuk mencapai output yang diinginkan. Kerusakan pada sensor jarak jauh dapat memberikan data yang tidak akurat tentang kinerja sistem, yang mungkin mengakibatkan perubahan sistem yang tidak perlu. Kompleksitasnya juga berarti bahwa sensor ini belum tentu siap digunakan langsung dari kemasannya dan mungkin memerlukan pemrograman dan aktivitas prapeluncuran lainnya sebelum digunakan.

Pelajari tentang bagaimana perusahaan minyak, energi, dan kimia mengganti sistem kontrol yang mahal dengan sistem yang lebih murah dan lebih aman.

Disadur dari: https://www.techtarget.com/