Mengenal Sisi Psikologi dari Pengembangan Diri

Dipublikasikan oleh Farrel Hanif Fathurahman

22 Mei 2024, 19.40

Glints

Pengembangan diri atau peningkatan diri dianggap sebagai kegiatan yang mengembangkan potensi dan bakat seseorang, menciptakan sumber daya manusia, meningkatkan kelayakan kerja, meningkatkan kualitas hidup, dan mewujudkan ambisi dan tujuan. Pertumbuhan pribadi tidak terbatas pada satu periode kehidupan seseorang; hal ini mungkin terjadi sepanjang keberadaan mereka. Hal ini tidak terbatas pada membantu diri sendiri dan dapat mencakup tindakan formal dan informal untuk pengembangan orang lain dalam posisi seperti manajer, pelatih, mentor, pembimbing, atau guru. Ketika pengembangan pribadi terjadi dalam lingkungan institusional, hal ini mengacu pada strategi, rencana, instrumen, dan kerangka evaluasi yang disediakan untuk mendorong pertumbuhan orang dewasa yang baik secara individu.

Pada awal abad ke-20, penelitian tentang hubungan antara psikologi dan pertumbuhan pribadi dilakukan oleh Alfred Adler (1870–1937) dan Carl Jung (1875–1961). Adler dengan tegas menentang pembatasan psikologi pada analisis. Dia mengemukakan sebuah poin penting: ambisi bersifat berwawasan ke depan dan tidak membatasi diri pada keinginan irasional atau peristiwa awal kehidupan. Seiring dengan definisinya tentang "gaya hidup" pada tahun 1929 sebagai pendekatan khas seseorang dalam mengatasi hambatan, ia juga menemukan konsep citra diri, yang memengaruhi manajemen di bawah payung keseimbangan kehidupan kerja—juga disebut sebagai keselarasan antara kehidupan seseorang. kehidupan pribadi dan profesional. Dengan teorinya tentang individuasi—yang ia definisikan sebagai keinginan individu untuk mencapai kelengkapan dan keseimbangan Diri—Carl Gustav Jung memberikan kontribusi pada bidang pengembangan pribadi.

Konsep Diri merupakan hipotesis psikologi humanistik yang dikemukakan oleh Carl Rogers. Dua gagasan tentang diri membentuk konsep ini. Diri ideal, atau ingin menjadi orang seperti apa, adalah konsep pertama. Yang kedua adalah diri sejati, yaitu penilaian yang tidak memihak terhadap diri sendiri dan diri kita yang sebenarnya. Menurut Rogers, keadaan pertumbuhan yang sehat terjadi ketika terdapat ketepatan antara diri ideal dan diri sebenarnya. Ketika diri aktual dan diri ideal tidak melihat sesuatu secara akurat, Rogers mendefinisikan ketidaksesuaian.

Penting untuk dipahami bahwa diri ideal meninggikan diri sebenarnya untuk mendorong pertumbuhan yang sehat, bukan menurunkan diri sebenarnya untuk mengimbanginya. Penting untuk diingat bahwa pencapaian yang signifikan dan bertahan lama adalah satu-satunya jalan menuju pertumbuhan pribadi yang sejati dan bertahan lama. Hal ini ditegaskan oleh Viktor Frankl yang mengatakan bahwa “kehidupan yang dijalani dengan baik” menghasilkan kesejahteraan yang sejati dan abadi. Ugur, H., Constantinescu, P.M., & Stevens, M.J. (2015) menjelaskan dalam esainya bahwa kita telah dilatih oleh masyarakat untuk mengarang ilusi positif yang tampaknya mewakili kemajuan yang baik tetapi hanya bersifat sementara. Mereka juga memberikan dua contoh pertumbuhan pribadi. Yang pertama adalah kesejahteraan hedonis, yaitu pencarian aktivitas menyenangkan yang meningkatkan tingkat kebahagiaan seseorang. Kesejahteraan Eudaimonic mengacu pada menjalani kehidupan yang sesuai dengan sifat sejati seseorang dan merupakan yang kedua.

Psikologi sosial

Studi psikologi sosial memberikan penekanan kuat pada perilaku manusia dan bagaimana orang berinteraksi satu sama lain dalam masyarakat. Bayi membentuk hubungan ketergantungan dan saling percaya dengan orang lain, terutama dengan orang tuanya, sebagai sarana untuk mengembangkan keterampilan sosialnya. Orang tua dan orang dewasa lainnya yang sering berinteraksi dengan mereka memberikan contoh bagi mereka tentang bagaimana berperilaku dan memperlakukan orang lain. Balita terus menyempurnakan keterampilan sosialnya. Seiring bertambahnya usia, mereka juga mulai mengembangkan kemandirian dan kerinduan akan otonomi.

Setiap individu mempunyai rasio otonomi terhadap interaksi sosial yang berbeda-beda, namun secara umum otonomi tumbuh seiring bertambahnya usia. Menurut beberapa penelitian, tindakan prososial cenderung meningkat sementara keegoisan mulai menurun antara usia enam dan dua belas tahun. Lebih lanjut, masa dewasa merupakan masa pertumbuhan yang dipengaruhi oleh orang-orang di lingkungan terdekat kita, termasuk orang tua, pasangan romantis, rekan kerja, dan anak-anak. Perkembangan tersebut meliputi aktualisasi diri, pengembangan relasional dan kejuruan, kehilangan, dan pengembangan keterampilan mengatasi masalah. Meskipun melihat psikologi melalui prisma interaksi sosial, psikologi sosial menggabungkan ide dan konsep dari banyak teori psikologi yang berbeda.

Psikologi psikodinamik

Dibandingkan dengan sudut pandang lain, perspektif psikodinamik tentang pengembangan pribadi berbeda. Secara khusus, sebagian besar karakteristik, kepribadian, dan proses berpikir kita berkembang terjadi di alam bawah sadar. Menurut teori psikodinamik, modifikasi bawah sadar ini—yang bermanifestasi sebagai perilaku lahiriah—adalah hasil dari ketegangan yang terinternalisasi dan dorongan yang ditekan terhadap agresi dan seksualitas.

Ahli teori psikodinamik seperti Sigmund Freud menyatakan bahwa pikiran-pikiran yang tertekan ini berkembang sepanjang masa bayi dan remaja. Proses "menggali" ingatan dan emosi yang tertekan ini akan membentuk pertumbuhan yang disadari. Seseorang mungkin memilah-milah ingatan dan emosi yang tertekan dan menemukan penutupan yang sehat setelah mereka teridentifikasi. Seorang terapis psikodinamik yang berkualifikasi membantu sebagian besar, jika tidak semua, proses pertumbuhan kesadaran.

Psikologi kognitif perilaku

Pola klasik perkembangan pribadi diikuti oleh perspektif kognitif-perilaku terhadap perkembangan; beberapa metode yang paling menonjol adalah modifikasi perilaku, pembingkaian ulang kognitif, dan pendekatan berturut-turut. Orang-orang percaya bahwa mereka bertanggung jawab atas ide-ide dan perilaku mereka, namun penguasaan diri tetap diperlukan. Melalui modifikasi perilaku, orang dapat mengubah perilakunya terlepas dari perasaannya, sehingga membantu mereka mengembangkan kualitas dan bakat pribadi. Misalnya, seseorang bisa menjadi sangat marah namun bertindak dengan cara yang konstruktif. Mereka mempunyai kemampuan untuk menekan perasaannya dan berperilaku dengan cara yang lebih dapat diterima di masyarakat. Sebagai hasil dari semua upaya ini, orang tersebut akan mengembangkan lebih banyak kesabaran.

Menyusun ulang ide secara kognitif sangat penting untuk pertumbuhan pribadi. Menurut psikolog kognitif-perilaku, persepsi kita terhadap suatu peristiwa memiliki arti yang lebih penting dibandingkan peristiwa itu sendiri. Dengan demikian, seseorang dapat maju dan tumbuh dengan lebih sedikit hambatan jika mereka mampu melihat aspek positif dari pengalaman yang tidak menyenangkan. Perkembangan diri paling selaras dengan pendekatan atau pencetakan yang berurutan. Ketika seseorang ingin mencapai hasil tertentu namun hanya mengambil sedikit langkah untuk mencapainya, mereka menggunakan pendekatan berturut-turut. Sampai tujuan tercapai, penghargaan sering diberikan untuk setiap langkah sukses menuju hasil akhir. Jika pertumbuhan pribadi ingin dipertahankan, hal itu harus dicapai secara bertahap.

Psikologi pendidikan

Studi psikologi pendidikan berfokus pada bagaimana orang belajar, termasuk strategi pengajaran, tes bakat, dan aspek pembelajaran lainnya. Dengan meningkatkan kapasitas seseorang untuk belajar, mengingat informasi, dan menerapkannya pada situasi dunia nyata, psikologi pendidikan bertujuan untuk mendorong pertumbuhan pribadi. Seseorang akan lebih siap menghadapi pertumbuhan pribadi jika mereka dapat meningkatkan kecepatan pembelajaran efektifnya.

Sumber:

https://en.wikipedia.org