Mengenal Pengertian Elektronika dan Sejarahnya

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

25 Mei 2024, 08.47

Sumber: kumparan.com

Pengertian elektronika dan sejarahnya merupakan hal yang penting untuk dipelajari. Sebab, kehidupan manusia yang telah berkembang menjadi modern kini tak terlepas dari perkembangan elektronika sejak dahulu.

Dikutip dari buku Teori Umum Teknik Elektronika oleh Daryanto (2023:108) elektronika adalah cabang ilmu elektro yang mempelajari sifat-sifat elektron atau fenomena kelistrikan.

Pengertian elektronika dan sejarahnya

Pengertian elektronika dan sejarahnya. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pexels/Joy Singh

Pengertian elektronika dan sejarahnya. Foto hanya ilustrasi. Sumber: Pexels/Joy Singh

Pengertian elektronika dan sejarahnya menjadi salah satu materi yang wajib dipelajari dalam ilmu sains. Istilah elektronika sendiri merujuk pada sebuah cabang keilmuan yang berkaitan dengan sirkuit, perangkat, atau aplikasi elektronik untuk mengendalikan aliran listrik.

Elektronika juga mempelajari berbagai hal yang termasuk dalam komponen elektronik. Misalnya adalah resistor, kapasitor, induktor, transistor, dioda, dan mikrokontroler. Tujuan dari elektronika adalah dapat membangun, merancang, dan menjalankan perangkat elektronik.

Sehingga, perangkat tersebut dapat berguna dalam berbagaai bidang kegiatan manusia. Contohnya sistem komunikasi, komputer, industri, peralatan rumah tangga, hingga kendaraan. Selama proses tersebut, elektronika akan berkaitan dengan dengan bidang ilmu lain. Seperti fisika, matematika, dan rekayasa.

Mengenai sejarah elektronika, ilmu ini telah ada sejak abad ke 19. Penemuan ini diawali oleh seorang tokoh fisika bernama Thomas Alva Edison. Awalnya, penemuan tersebut berupa lampu pijar. Namun, dikembangkan hingga sang ilmuwan menemukan teori atom elektron.

Teori atom elektron sendiri menyatakan bahwa sebuah atom dapat berpindah dari sebuah konduktor ke konduktor lainnya. Hal tersebut dilakukan dengan melewati sebuah ruang hampa. Sehingga, penemuan ini disebut sebagai efek Edison ini, sebagai prinsip dasar dari kelistrikan.

Mulai dari penemuan lampu pijar dengan teori atom, maka perkembangan elektronika berlanjut dengan penemuan instalasi radio sederhana. Alat ini berguna untuk berkomunikasi dalam jarak jauh. Penemuan tersebut dimulai pada tahun 1901.

Kemudian, pada tahun 1980-an, teknologi elektronika berkembang dengan cepat hingga ditemukannya berbagai perangkat. Seperti perangkat semikonduktor yang lebih canggih, berupa mikrokontroler, sensor, komunikasi nirkabel, teknologi tampilan, dan Internet of Things (IoT).

Hingga kini, sejarah perkembangan elektronika dapat dilihat melalui kecanggihan barang-barang yang digunakan sehari-hari. Hal tersebut tak terlepas dari pemanfaataan teknologi kelistrikan ini dengan lebih mendalam.

Itulah penjelasan mengenai pengertian elektronika dan sejarahnya yang penting untuk diketahui. Semoga bermanfaat! (NUM)

Sumber: https://kumparan.com/