Mengenal Lebih dalam ERP

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

04 Juni 2024, 08.52

Sumber: pinterest

Definisi ERP secara rinci

ERP adalah singkatan dari perencanaan sumber daya perusahaan, tetapi apa arti ERP? Cara paling sederhana untuk mendefinisikan ERP adalah dengan memikirkan semua proses bisnis inti yang diperlukan untuk menjalankan perusahaan: keuangan, SDM, manufaktur, rantai pasokan, layanan, pengadaan, dan lainnya. Pada tingkat yang paling dasar, ERP membantu mengelola semua proses ini secara efisien dalam sebuah sistem yang terintegrasi. Sistem ini sering disebut sebagai sistem pencatatan organisasi.

Namun, sistem ERP saat ini sama sekali tidak mendasar dan memiliki sedikit kemiripan dengan ERP beberapa dekade yang lalu. Sistem ini sekarang dikirim melalui cloud dan menggunakan teknologi terbaru - seperti kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin - untuk memberikan otomatisasi cerdas, efisiensi yang lebih besar, dan wawasan instan di seluruh bisnis. Perangkat lunak ERP cloud modern juga menghubungkan operasi internal dengan mitra bisnis dan jaringan di seluruh dunia, memberikan perusahaan kolaborasi, kelincahan, dan kecepatan yang mereka butuhkan untuk menjadi kompetitif saat ini.

Mengapa ERP penting?

Terkadang digambarkan sebagai “sistem saraf pusat perusahaan,” sistem perangkat lunak ERP menyediakan otomatisasi, integrasi, dan kecerdasan yang sangat penting untuk menjalankan semua operasi bisnis sehari-hari secara efisien. Sebagian besar atau seluruh data organisasi harus berada dalam sistem ERP untuk menyediakan sumber kebenaran tunggal di seluruh bisnis. 

Bagian keuangan membutuhkan ERP untuk menutup pembukuan dengan cepat. Penjualan membutuhkan ERP untuk mengelola semua pesanan pelanggan. Logistik bergantung pada perangkat lunak ERP yang berjalan dengan baik untuk memberikan produk dan layanan yang tepat kepada pelanggan tepat waktu. Hutang usaha membutuhkan ERP untuk membayar pemasok dengan benar dan tepat waktu. Manajemen membutuhkan visibilitas instan ke dalam kinerja perusahaan untuk membuat keputusan tepat waktu. Dan bank dan pemegang saham membutuhkan catatan keuangan yang akurat, sehingga mereka mengandalkan data dan analisis yang dapat diandalkan yang dimungkinkan oleh sistem ERP.

Pentingnya perangkat lunak ERP untuk bisnis diilustrasikan oleh tingkat adopsi yang terus meningkat. Menurut G2, “Pasar perangkat lunak ERP global diproyeksikan mencapai US $ 78,40 miliar pada tahun 2026, tumbuh dengan CAGR 10,2% dari 2019 hingga 2026.”

Enam manfaat utama ERP

Sistem ERP yang baik menawarkan banyak keuntungan - yang dapat bervariasi tergantung pada bagaimana sistem tersebut digunakan. Manfaat cloud ERP, misalnya, berbeda dengan yang ada di lokasi. Meskipun demikian, ada enam manfaat utama yang berlaku untuk semua solusi ERP modern:

  1. Produktivitas yang lebih tinggi: Merampingkan dan mengotomatiskan proses bisnis inti Anda untuk membantu semua orang di organisasi Anda melakukan lebih banyak hal dengan sumber daya yang lebih sedikit.
  2. Wawasan yang lebih dalam: Hilangkan silo informasi, dapatkan satu sumber kebenaran, dan dapatkan jawaban cepat untuk pertanyaan bisnis yang sangat penting.
  3. Pelaporan yang dipercepat: Mempercepat pelaporan bisnis dan keuangan serta membagikan hasilnya dengan mudah. Bertindak berdasarkan wawasan dan tingkatkan kinerja secara real time.
  4. Risiko lebih rendah: Memaksimalkan visibilitas dan kontrol bisnis, memastikan kepatuhan terhadap persyaratan peraturan, serta memprediksi dan mencegah risiko.
  5. TI yang lebih sederhana: Dengan menggunakan aplikasi ERP terintegrasi yang berbagi basis data, Anda dapat menyederhanakan TI dan memberikan cara yang lebih mudah bagi semua orang untuk bekerja.
  6. Kelincahan yang lebih baik: Dengan operasi yang efisien dan akses yang siap ke data real-time, Anda dapat dengan cepat mengidentifikasi dan bereaksi terhadap peluang baru.

Contoh-contoh ERP di berbagai industri

Bisnis di setiap industri - mulai dari otomotif hingga distribusi grosir - membutuhkan informasi yang akurat, real-time, dan proses bisnis yang efektif untuk bersaing dan berkembang. Namun, setiap industri mengandalkan perangkat lunak ERP mereka untuk alasan yang berbeda-beda. Berikut adalah beberapa contohnya:

  • Perusahaan utilitas perlu secara konstan meninjau aset modal mereka, tidak hanya untuk memenuhi permintaan akan layanan di masa depan, tetapi juga untuk penggantian aset yang sudah tua. Tanpa ERP, upaya untuk memprioritaskan investasi aset utama ini akan sulit dan rentan terhadap kesalahan. ERP juga membantu memecahkan masalah penting perusahaan utilitas lainnya: peramalan suku cadang. Tidak memiliki suku cadang yang tepat selama pemadaman dapat menciptakan masalah layanan pelanggan yang signifikan. Di sisi lain, memiliki terlalu banyak suku cadang berarti biaya yang berlebihan dan stok yang kedaluwarsa.
  • Untuk pedagang grosir, importir, pengiriman ke toko langsung, dan perusahaan 3PL / 4PL, pengiriman tepat waktu adalah kuncinya. Semua organisasi ini ingin mengurangi biaya distribusi, meningkatkan perputaran inventaris, dan mempersingkat waktu pemesanan hingga pembayaran. Untuk mencapai tujuan ini, mereka membutuhkan integrasi manajemen inventaris, pembelian, dan fungsi logistik, serta proses otomatis yang disesuaikan dengan kebutuhan mereka.
  • Produsen proses diskrit, batch, dan kontinu semuanya mengandalkan ERP dan sistem rantai pasokan untuk memenuhi sasaran kualitas produk, mengelola pemanfaatan aset, mengontrol biaya lembur, menangani pengembalian pelanggan, dan banyak lagi. Produsen juga dapat memperoleh kontrol inventaris secara menyeluruh dengan memantau pergerakan stok, menentukan produk yang berkinerja terbaik dan yang berkinerja buruk, serta mengelola pengadaan secara lebih efisien.
  • Perusahaan jasa - termasuk akuntansi, pajak, teknik, TI, hukum, dan perusahaan jasa profesional lainnya - membutuhkan teknologi ERP seluler yang kuat dan real-time untuk menyeimbangkan komitmen pemberian layanan dengan kesehatan keuangan. Kunci keberhasilan layanan profesional adalah kemampuan untuk tetap sesuai jadwal sambil mengelola profitabilitas proyek, pemanfaatan sumber daya, pengakuan pendapatan, tujuan pendapatan berulang, dan peluang pertumbuhan.
  • Ritel telah mengalami transformasi yang signifikan karena e-commerce telah bergabung dengan saluran penjualan lainnya serta operasi fisik. Kemampuan untuk menyediakan opsi swalayan untuk mengidentifikasi, mengkonfigurasi, membeli, dan mengirim produk bergantung pada data yang terintegrasi. ERP modern juga membantu pengecer mengurangi pengabaian keranjang, meningkatkan konversi situs Web, meningkatkan nilai pesanan rata-rata, dan meningkatkan nilai seumur hidup pelanggan.

Bagaimana cara kerja sistem ERP?

Sistem ERP - juga disebut paket ERP - terdiri dari modul-modul terintegrasi atau aplikasi bisnis yang saling berkomunikasi dan berbagi basis data yang sama.

Setiap modul ERP biasanya berfokus pada satu area bisnis, tetapi mereka bekerja bersama menggunakan data yang sama untuk memenuhi kebutuhan perusahaan. Keuangan, akuntansi, sumber daya manusia, penjualan, pengadaan, logistik, dan rantai pasokan adalah titik awal yang populer. Perusahaan dapat memilih modul yang mereka inginkan dan dapat menambahkan dan meningkatkan skala sesuai kebutuhan.

Sistem ERP juga mendukung kebutuhan spesifik industri, baik sebagai bagian dari fungsionalitas inti sistem atau melalui ekstensi aplikasi yang terintegrasi secara mulus dengan suite.

Perangkat lunak ERP dapat dibeli dengan menggunakan model langganan cloud (perangkat lunak sebagai layanan) atau model lisensi (di lokasi).

Modul-modul ERP yang umum

Sistem perencanaan sumber daya perusahaan mencakup berbagai modul yang berbeda. Setiap modul ERP mendukung proses bisnis tertentu - seperti keuangan, pengadaan, atau manufaktur - dan memberikan karyawan di departemen tersebut transaksi dan wawasan yang mereka butuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka. Setiap modul terhubung ke sistem ERP, yang memberikan satu sumber kebenaran dan data yang akurat dan dibagikan di seluruh departemen.

Modul ERP yang paling banyak digunakan meliputi:

  • Keuangan: Modul keuangan dan akuntansi adalah tulang punggung dari sebagian besar sistem ERP. Selain mengelola buku besar dan mengotomatiskan tugas-tugas keuangan utama, modul ini membantu bisnis melacak utang usaha (AP) dan piutang usaha (AR), menutup pembukuan secara efisien, membuat laporan keuangan, mematuhi standar pengakuan pendapatan, mengurangi risiko keuangan, dan banyak lagi.
  • Manajemen sumber daya manusia: Sebagian besar sistem ERP menyertakan modul SDM yang menyediakan kemampuan inti seperti waktu dan kehadiran serta penggajian. Add-on, atau bahkan seluruh rangkaian manajemen sumber daya manusia (human capital management/HCM), dapat terhubung ke ERP dan memberikan fungsionalitas SDM yang lebih kuat - mulai dari analisis tenaga kerja hingga manajemen pengalaman karyawan.
  • Pengadaan dan pengadaan: Modul pengadaan dan pengadaan membantu bisnis untuk mendapatkan bahan dan layanan yang mereka butuhkan untuk memproduksi barang mereka - atau barang yang ingin mereka jual kembali. Modul ini memusatkan dan mengotomatiskan pembelian, termasuk permintaan penawaran, pembuatan kontrak, dan persetujuan. Modul ini dapat meminimalkan pembelian yang kurang dan pembelian yang berlebihan, meningkatkan negosiasi pemasok dengan analitik bertenaga AI, dan bahkan terhubung secara mulus dengan jaringan pembeli.
  • Penjualan: Modul penjualan melacak komunikasi dengan prospek dan pelanggan - dan membantu perwakilan menggunakan wawasan berbasis data untuk meningkatkan penjualan dan menargetkan prospek dengan promosi yang tepat dan peluang penjualan. Modul ini mencakup fungsionalitas untuk proses order-to-cash, termasuk manajemen pesanan, kontrak, penagihan, manajemen kinerja penjualan, dan dukungan tenaga penjualan.
  • Manufaktur: Modul manufaktur adalah komponen perencanaan dan pelaksanaan utama dari perangkat lunak ERP. Modul ini membantu perusahaan menyederhanakan proses manufaktur yang kompleks dan memastikan produksi sesuai dengan permintaan. Modul ini biasanya mencakup fungsionalitas untuk perencanaan kebutuhan material (MRP), penjadwalan produksi, eksekusi manufaktur, manajemen kualitas, dan banyak lagi.
  • Manajemen logistik dan rantai pasokan: Komponen utama lain dari sistem ERP, modul rantai pasokan melacak pergerakan barang dan pasokan di seluruh rantai pasokan organisasi. Modul ini menyediakan alat untuk manajemen inventaris waktu nyata, operasi pergudangan, transportasi, dan logistik - dan dapat membantu meningkatkan visibilitas dan ketahanan rantai pasokan.
  • Layanan: Dalam ERP, modul layanan membantu perusahaan memberikan layanan yang dapat diandalkan dan dipersonalisasi yang diharapkan pelanggan. Modul ini dapat mencakup alat untuk perbaikan internal, suku cadang, manajemen layanan lapangan, dan aliran pendapatan berbasis layanan. Modul ini juga menyediakan analitik untuk membantu petugas layanan dan teknisi menyelesaikan masalah pelanggan dengan cepat dan meningkatkan loyalitas.
  • Penelitian dan pengembangan dan perekayasaan: Sistem ERP yang kaya fitur mencakup modul R&D dan perekayasaan. Modul ini menyediakan alat untuk desain dan pengembangan produk, manajemen siklus hidup produk (PLM), kepatuhan produk, dan banyak lagi - sehingga perusahaan dapat dengan cepat dan hemat biaya menciptakan inovasi baru.
  • Manajemen aset perusahaan: Sistem ERP yang kuat dapat menyertakan modul EAM - yang membantu bisnis yang padat aset untuk meminimalkan waktu henti dan menjaga mesin serta peralatan mereka tetap berjalan pada efisiensi puncak. Modul ini mencakup fungsionalitas untuk pemeliharaan prediktif, penjadwalan, operasi dan perencanaan aset, lingkungan, kesehatan dan keselamatan (EHS), dan banyak lagi.

Jenis penerapan ERP

Sistem ERP modern dapat digunakan dalam beberapa cara: di cloud publik atau privat, di lokasi, atau dalam berbagai skenario hibrida yang menggabungkan berbagai lingkungan. Berikut adalah beberapa manfaat tingkat tinggi dari masing-masing opsi untuk membantu Anda mengidentifikasi opsi penerapan ERP yang paling masuk akal untuk bisnis Anda.

1. Cloud ERP
Dengan cloud ERP, perangkat lunak di-host di cloud dan dikirimkan melalui Internet sebagai layanan yang Anda langgani. Penyedia perangkat lunak umumnya menangani pemeliharaan rutin, pembaruan, dan keamanan atas nama Anda. Saat ini, cloud ERP adalah metode penerapan yang paling populer karena berbagai alasan - termasuk biaya di muka yang lebih rendah, skalabilitas dan kelincahan yang lebih besar, integrasi yang lebih mudah, dan banyak lagi.

2. ERP Lokal (On-Premise ERP)
Ini adalah model tradisional untuk menerapkan perangkat lunak di mana Anda mengendalikan semuanya. Perangkat lunak ERP biasanya dipasang di pusat data Anda di lokasi yang Anda pilih. Instalasi dan pemeliharaan perangkat keras dan perangkat lunak adalah tanggung jawab staf Anda.

Banyak perusahaan memodernisasi dan meningkatkan sistem ERP lokal mereka ke penerapan cloud. Hal ini membutuhkan perencanaan yang matang untuk peningkatan ERP Anda serta proses evaluasi perangkat lunak ERP dan opsi penerapan yang cermat.

3. ERP Hibrida
Bagi perusahaan yang menginginkan campuran keduanya untuk memenuhi kebutuhan bisnis mereka, ada model hybrid cloud ERP. Di sinilah beberapa aplikasi dan data ERP Anda akan berada di cloud dan beberapa di lokasi. Terkadang ini disebut sebagai ERP dua tingkat.

4. Integrasi ERP
Sistem ERP saat ini menyediakan berbagai macam fungsionalitas bisnis, namun masih perlu terhubung dan disinkronkan dengan aplikasi dan sumber data lain - seperti perangkat lunak CRM dan HCM, platform e-commerce, solusi khusus industri, dan bahkan ERP lainnya. Dengan integrasi ERP, perusahaan dapat memperoleh pandangan terpadu tentang informasi dari sistem yang berbeda, meningkatkan efisiensi proses bisnis, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memfasilitasi kolaborasi di seluruh tim dan mitra bisnis.

Sistem ERP modern bersifat terbuka dan fleksibel - dan dapat dengan mudah diintegrasikan dengan berbagai macam produk perangkat lunak menggunakan konektor atau adaptor yang disesuaikan, seperti antarmuka pemrograman aplikasi (API). Metode lain untuk integrasi ERP termasuk ESB (bus layanan perusahaan) dan iPaaS (platform integrasi sebagai layanan). iPaaS, yang menawarkan pendekatan berbasis cloud, merupakan pilihan yang sangat populer untuk bisnis modern. Platform iPaaS dapat dengan cepat menyinkronkan ERP berbasis on-premise atau cloud dengan aplikasi SaaS dari vendor yang sama atau pihak ketiga. Platform ini biasanya hanya membutuhkan sedikit atau bahkan tanpa pengkodean, fleksibel dan relatif murah, serta menawarkan banyak kegunaan lain - seperti pembuatan API otomatis, integrasi data pembelajaran mesin, integrasi jaringan Internet of Things (IoT), konten siap pakai, dan banyak lagi.

Total biaya ERP

Biaya ERP tergantung pada vendor perangkat lunak, modul yang dipilih, dan metode penerapan. Secara umum, ERP berbasis cloud memiliki biaya yang lebih rendah daripada ERP lokal karena tidak ada perangkat keras yang perlu dibeli - dan tidak ada ahli TI internal yang mahal yang perlu dipekerjakan. Vendor menangani pemeliharaan dan membebankan biaya langganan tahunan atau bulanan kepada pelanggan, biasanya berdasarkan jumlah pengguna.

Ketika menghitung laba atas investasi (ROI) dan total biaya kepemilikan (TCO) dari implementasi ERP baru, biaya tenaga kerja awal dan yang sedang berjalan sama pentingnya dengan biaya pemilihan dan penerapan perangkat lunak. Dengan opsi cloud dan hybrid, faktor-faktor baru harus dievaluasi. Misalnya, pemeliharaan perangkat lunak, fasilitas, kapasitas komputer, waktu henti, pemulihan, keamanan, privasi, dan biaya staf TI merupakan pertimbangan penting. Seperti yang telah disebutkan, opsi cloud secara signifikan mengurangi biaya modal dan biaya operasional - meningkatkan ROI dan TCO.

Sejarah ERP: Evolusi ERP yang cepat

Aplikasi bisnis terkomputerisasi lahir di dunia akuntansi dan keuangan pada tahun 1960-an dengan menggunakan komputer mainframe. Aplikasi perintis ini lebih cepat dan lebih akurat daripada proses manual - tetapi mahal, fungsinya terbatas, dan masih lambat. Tak lama kemudian, aplikasi ini melahirkan pengembangan solusi khusus dan mandiri seperti pemrosesan pesanan penjualan dan perencanaan kebutuhan manufaktur (MRP).

Pada pertengahan tahun 1980-an, persaingan di sektor manufaktur meledak dan alat bantu baru diperlukan. Perangkat lunak MRP II yang baru mengintegrasikan akuntansi dan keuangan, penjualan, pembelian, inventaris, serta perencanaan dan penjadwalan manufaktur - menyediakan sistem yang terintegrasi bagi produsen.

Menjelang akhir tahun 1990-an, ERP diperkenalkan. ERP mengubah sektor teknologi dengan melayani berbagai industri yang lebih luas dan dengan menggabungkan MRP II, sumber daya manusia, akuntansi proyek, dan pelaporan pengguna akhir.

Dalam kurun waktu singkat di abad ke-21, kecepatan internet yang lebih cepat dan alat pengembangan baru kembali merevolusi rangkaian ERP. Pengenalan perangkat lunak berbasis browser membuka jalan bagi perangkat lunak ERP cloud, sebuah terobosan yang telah memperluas jangkauan dan fungsionalitas solusi ERP.

Saat ini - di era transformasi digital - sistem ERP modern semakin memanfaatkan teknologi cerdas baru seperti AI, pembelajaran mesin, otomatisasi proses robotik (RPA), IoT, pemrosesan bahasa alami (NLP), dan basis data dalam memori. Teknologi-teknologi ini memberikan kemampuan kepada bisnis untuk menjalankan proses yang lebih efisien, memanfaatkan wawasan terkini dari data transaksional dan data tidak terstruktur, dan pada akhirnya tetap kompetitif di tengah perubahan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Masa depan ERP

Transformasi digital semakin cepat - dan ERP adalah intinya. Ketika perusahaan mengadopsi teknologi digital di setiap bagian bisnis, mereka secara fundamental mengubah cara mereka beroperasi.

Menurut Gartner, salah satu akselerator bisnis digital inti adalah “menghilangkan hambatan” - dengan kata lain, menghilangkan kekuatan negatif apa pun yang memperlambat bisnis, termasuk proses dan sistem yang sudah ketinggalan zaman. Jadi, tidak mengherankan jika perusahaan-perusahaan sudah menuntut sistem ERP yang lebih kuat.
 
Berikut ini adalah tiga tren utama yang membangun momentum yang kita lihat saat ini:

  1. Cloud, cloud, cloud: Preferensi untuk cloud ERP akan terus meningkat karena semakin banyak perusahaan menemukan manfaatnya - termasuk akses “di mana saja”, pengurangan biaya perangkat keras dan dukungan teknis, keamanan yang lebih baik, dan integrasi dengan sistem lain, untuk menyebutkan beberapa di antaranya. Menurut Panorama Research dalam Laporan ERP 2020 mereka, “Lebih dari separuh organisasi memilih perangkat lunak cloud (63%) daripada perangkat lunak lokal (37%).” Seiring dengan kecepatan bisnis yang terus meningkat, cloud menjadi semakin penting.
  2. Integrasi vertikal: Tarik menarik antara solusi terbaik dan ERP terintegrasi secara resmi telah berakhir. Ke depannya, kami percaya bahwa perusahaan akan menuntut yang terbaik dari kedua hal tersebut - sistem ERP yang terintegrasi penuh dengan ekstensi vertikal. Hal ini memungkinkan perusahaan untuk mendapatkan fungsionalitas spesifik yang mereka butuhkan, tanpa masalah integrasi yang menyakitkan atau data yang terkunci dalam silo informasi. Kami juga melihat adanya pergeseran ke arah fleksibilitas yang lebih besar, karena proses bisnis disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.
  3. Personalisasi pengguna: Staf, pelanggan, dan pemasok menginginkan konten dan fungsionalitas yang sesuai dengan kebutuhan atau minat mereka dan membuat mereka lebih produktif. Perubahan demografi tenaga kerja, terutama di industri seperti manufaktur, juga mendorong minat terhadap platform tanpa kode dan tanpa kode. Platform ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pengalaman yang mereka inginkan, daripada harus beradaptasi dengan perangkat lunak. Pengguna juga bisa mendapatkan dasbor yang disesuaikan, pencarian berbasis AI, obrolan yang dipersonalisasi, dan alur kerja yang dipersonalisasi di seluruh perangkat.

Jelajahi lebih banyak tren teknologi ERP - dan pelajari cara mengevaluasi pilihan Anda secara sistematis, menghindari jebakan, dan memulai dengan inovasi yang tepat untuk bisnis Anda.

10 hal yang harus diperhatikan dalam sistem ERP

Setiap sistem ERP modern akan memiliki daftar panjang kemampuan berdasarkan industri yang mereka layani dan modul yang mereka tawarkan. Namun, ada 10 fitur mendasar yang harus dimiliki oleh semua sistem manajemen sumber daya perusahaan:

  1. Basis data yang umum: Informasi terpusat dan satu versi kebenaran - menyediakan data yang konsisten, data yang digunakan bersama, dan pandangan lintas fungsional perusahaan.
  2. Analisis yang tertanam: Analitik bawaan, BI swalayan, pelaporan, dan alat bantu kepatuhan yang dapat memberikan wawasan cerdas untuk setiap area bisnis.
  3. Visualisasi data: Presentasi visual dari informasi penting dengan dasbor, KPI, dan analitik tunjuk-dan-klik untuk membantu pengambilan keputusan yang cepat dan tepat.
  4. Otomatisasi. Otomatisasi tugas-tugas yang berulang serta RPA canggih yang didukung oleh AI dan pembelajaran mesin.
  5. UI/UX yang konsisten: Tampilan dan nuansa yang sama di seluruh modul - serta alat konfigurasi dan personalisasi yang mudah digunakan untuk proses, pengguna (termasuk pelanggan dan pemasok), unit bisnis, lokasi, dan lini produk, misalnya.
  6. Integrasi: Integrasi proses bisnis dan alur kerja yang mulus - serta integrasi yang terbuka dan mudah dengan solusi perangkat lunak dan sumber data lain, termasuk dari pihak ketiga.
  7. Teknologi baru: Dukungan untuk AI dan pembelajaran mesin, asisten digital, IoT, RPA, keamanan dan privasi, dan seluler.
  8. Platform teknologi: Rangkaian teknologi yang cepat, terbukti, dan stabil untuk investasi jangka panjang ini - termasuk platform low-code/tanpa-kode, iPaaS, manajemen data, dan banyak lagi.
  9. Dukungan multinasional: Termasuk untuk bahasa, mata uang, serta praktik dan peraturan bisnis lokal - serta dukungan teknis untuk layanan cloud, pelatihan, meja bantuan, dan implementasi.
  10. Pilihan penerapan: Cloud, di lokasi, atau hibrida.

ERP dalam berbagai ukuran: Apa saja pilihan saya?

ERP tidak hanya untuk perusahaan global. Solusi ERP dirancang untuk bisnis dengan berbagai ukuran - kecil, menengah, dan besar. Anda juga bisa mendapatkan fungsionalitas khusus industri dan perusahaan untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang unik. Terlepas dari sektor dan ukuran bisnis Anda, Anda perlu merencanakan proyek implementasi ERP dengan hati-hati, mengikuti praktik terbaik.

1. ERP bisnis kecil
Perangkat lunak ERP untuk bisnis kecil dapat membantu Anda melampaui spreadsheet dan mengelola setiap aspek perusahaan Anda yang sedang berkembang secara efisien - mulai dari penjualan dan hubungan dengan pelanggan hingga keuangan dan operasi. Perangkat ERP untuk bisnis kecil biasanya tersedia di cloud, cepat dipasang, dan dirancang untuk tumbuh bersama Anda.

2. ERP Pasar Menengah
Saat ini, perangkat lunak ERP yang dirancang untuk perusahaan pasar menengah dan anak perusahaan mendapat manfaat dari analitik bawaan, penerapan cepat, dan praktik terbaik untuk lusinan proses bisnis yang berbeda - keuangan, SDM, manajemen rantai pasokan, dan banyak lagi. Alat ERP menengah membantu bisnis yang sedang berkembang untuk berkembang dan bersaing, bahkan dengan sumber daya yang terbatas. Sistem ERP perusahaan berbasis cloud yang modular juga merupakan pilihan populer bagi perusahaan kelas menengah dengan proses yang kompleks atau rencana pertumbuhan yang cepat.

3. ERP Perusahaan
Perusahaan besar dengan operasi global atau anak perusahaan membutuhkan sistem ERP yang kuat dan terdepan di pasar dengan AI, pembelajaran mesin, dan analitik yang tertanam - serta otomatisasi cerdas untuk mengubah model dan proses bisnis. Sistem ERP dapat digunakan di lokasi, di cloud, atau dalam skenario hibrida tergantung pada kebutuhan bisnis. Sistem ini dapat diintegrasikan dengan database yang sudah ada atau, idealnya, berjalan pada database in-memory yang lebih baru dan kuat.

Banyak perusahaan memodernisasi dan meningkatkan sistem ERP lokal mereka ke penerapan cloud. Hal ini membutuhkan perencanaan yang matang untuk peningkatan ERP Anda, serta evaluasi ERP dan tinjauan terhadap opsi penerapan Anda.

Disadur dari: https://www.sap.com/