Mengenal Apa Itu Bencana

Dipublikasikan oleh Dias Perdana Putra

04 Maret 2024, 10.12

Reruntuhan gempa San Francisco tahun 1906 , dikenang sebagai salah satu bencana terburuk dalam sejarah Amerika Serikat (Wikipedia)

Bencana

Bencana adalah masalah serius yang terjadi dalam jangka waktu lama dan menyebabkan kerugian besar pada manusia, harta benda, ekonomi atau lingkungan yang melebihi kemampuan masyarakat yang terkena dampak dengan menggunakan sumber daya mereka sendiri. Kecelakaan yang disebut “bencana alam” terjadi. Untuk "bencana akibat ulah manusia", baik alam maupun ulah manusia. Namun, saat ini sulit membedakan antara bencana alam, bencana akibat ulah manusia, dan bencana akibat ulah manusia.

Contoh bencana alam adalah: tanah longsor, banjir, gelombang panas dan dingin, kekeringan, gempa bumi, angin topan, tanah longsor, petir, tsunami, aktivitas gunung berapi, kebakaran hutan, hujan musim dingin dan banyak lagi. Contoh bencana akibat ulah manusia adalah kejahatan, kerusuhan sipil, terorisme, perang, kecelakaan industri, teknik, dan lain-lain. Kecelakaan, pemadaman listrik, kebakaran, kecelakaan lalu lintas, bahaya lingkungan.

Ketika bencana terjadi, negara-negara berkembang menderita. Lebih dari 95% kematian akibat bencana terjadi di negara-negara berkembang, dan 20% kematian disebabkan oleh bencana alam. “Produk domestik bruto (PDB) negara-negara berkembang jauh lebih tinggi dibandingkan negara-negara maju.

Etimologi

Kata bencana berasal dari bahasa Prancis Kuno désastre dan awalan peyoratif Yunani Kuno δυσ-(dus-) "buruk" dan bencana Italia Kuno, dari ἀστήρ(aster), "bintang". Etimologi dari kata buruk adalah (The "Estrela mala (Yunani untuk bintang buruk) berasal dari teori astrologi tentang kecelakaan yang terjadi di alam semesta.".

Klasifikasi

“Bencana seringkali dibedakan menjadi bencana alam dan bencana akibat ulah manusia. Namun, saat ini sangat sulit membedakan mana bencana alam, bencana akibat ulah manusia, dan bencana akibat ulah manusia. .Bencana yang kompleks tidak mempunyai penyebab tunggal, banyak yang sering terjadi di negara-negara berkembang. Bencana individual menyebabkan bencana susulan dengan dampak yang lebih besar. Contoh umum adalah gempa bumi yang menyebabkan tsunami, banjir pesisir, dan kerusakan pada pembangkit listrik tenaga nuklir (seperti bencana nuklir Fukushima), seperti kabut asap dan hujan asam.Beberapa peneliti membagi antara peristiwa yang bersifat permanen, seperti banjir musiman, dan peristiwa yang dianggap tidak dapat diprediksi."

Terkait dengan Bahaya Alam

Bencana yang berkaitan dengan bencana alam disebut bencana alam, suatu istilah yang sudah lama dianggap sebagai masalah. Banyak bencana alam yang berdampak pada lingkungan dan masyarakat. Misalnya, tanah longsor dapat terjadi secara tiba-tiba dan cepat di bawah tebing, baik secara alami, seperti salju segar atau hujan, atau karena ulah manusia, seperti penggunaan bahan peledak, atau ski lintas alam. . Badai disertai angin kencang dan suhu yang sangat rendah dapat menimbulkan ancaman serius. Gempa bumi yang disebabkan oleh aktivitas gunung berapi bawah tanah yang mengguncang kerak bumi menyebabkan kerusakan struktural yang signifikan. Kebakaran hutan yang dimulai di wilayah yang tidak berpenghuni dapat menyebar ke wilayah berpenduduk dan menyebabkan kerusakan serius. Banjir di sungai-sungai kecil, kali kecil, lembah-lembah kering dan daerah-daerah kecil dapat terjadi dengan cepat dan menyebabkan kerusakan yang signifikan. Fenomena lain seperti hujan beku, gelombang panas, tanah longsor, petir, letusan metamorf, badai tropis, tsunami, dan letusan gunung berapi menimbulkan ancaman serius bagi masyarakat dan lingkungan. Dengan kesadaran dan perencanaan yang tepat, tindakan pencegahan dan mitigasi dapat mengurangi dampak negatif dari bencana jenis ini.

Bencana alam menyebabkan kerusakan pada satu atau lebih komunitas setelah suatu peristiwa. Contoh bencana alam adalah banjir, kekeringan, gempa bumi, angin topan, petir, tsunami, gunung berapi, dan kebakaran hutan. Bencana alam dapat menyebabkan kematian, kerusakan harta benda, dan kerugian ekonomi, dan tingkat keparahan kerusakan bergantung pada ketahanan masyarakat yang terkena dampak dan ketersediaan infrastruktur.

Beberapa ahli mengatakan istilah “bencana alam” tidak tepat dan harus dihilangkan. Secara umum, lebih baik menggunakan istilah bencana yang lebih sederhana dan menunjukkan kategori atau jenis bahaya. Bencana diartikan sebagai akibat dari bencana alam atau aktivitas manusia yang berdampak pada masyarakat rentan. Saat ini, semakin sulit membedakan antara bencana alam dan bencana akibat ulah manusia.

Aktivitas manusia seperti konstruksi, kebakaran, pengelolaan sumber daya, dan perubahan iklim membuat bencana menjadi lebih berbahaya. Faktanya, kata “bencana alam” telah digunakan sejak tahun 1976. Faktor-faktor seperti standar bangunan yang tidak memadai, pengucilan sosial, kesenjangan, eksploitasi sumber daya yang berlebihan, perluasan kota dan perubahan iklim membuat bencana menjadi lebih buruk. Seiring dengan pertumbuhan populasi dunia yang pesat dan semakin sensitifnya masyarakat terhadap lingkungan berbahaya, frekuensi dan tingkat keparahan bencana pun semakin meningkat. Di negara-negara berkembang dimana bencana alam sering terjadi, sistem informasi yang tidak efektif dan tidak didukung secara memadai dapat menghambat upaya pencegahan dan pengendalian.

Disadur dari :https://en.wikipedia.org/wiki/Disaster