Masuk Jurusan Teknik Industri Harus Pintar Apa? Kuasai 5 Keterampilan Ini

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

07 Juni 2024, 07.23

Sumber: pinterest

Jurusan teknik industri (industrial engineering) adalah bidang ilmu yang berfokus pada pengoptimalan berbagai kegiatan manusia.
Teknik industri berkaitan dengan analisis, perancangan, manajemen operasi, hingga perbaikan sistem produksi.

Ketahui lebih lanjut mengenai skill yang dibutuhkan di jurusan teknik industri dan prospek kerjanya.

Mengenal jurusan teknik industri

Jurusan teknik bisa disebut menggabungkan ilmu teknik dengan ilmu manajemen. Pasalnya, jurusan ini bukan hanya berkutat dengan mesin tetapi juga berkaitan dengan analisis, perancangan, manajemen, hingga sistem produksi.

Oleh sebab itu, diharapkan lulusannya bisa melakukan pekerjaan yang meningkatkan efisiensi dan produktivitas dalam sebuah industri.

Dikutip dari ebook Pengantar Teknik Industri oleh Julianus Hutabarat, sejarah jurusan teknik industri pertama kali ada di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Namun saat ini, jurusan tersebut sudah banyak tersedia di kampus-kampus lainnya.

Keterampilan yang harus dikuasai di jurusan teknik industri

Dilansir laman Research, berikut adalah syarat untuk belajar teknik industri secara umum yang perlu dikuasai, di antaranya:

1. Keterampilan Matematika
Persyaratan utama dalam teknik industri yaitu pemahaman yang kuat tentang pelajaran pelajaran matematika dan fisika tingkat lanjut. Di mana di dalamnya termasuk trigonometri, statistik, dan kalkulus.

Di samping itu, kamu juga bisa mengambil beberapa kelas bisnis, desain penelitian, dan analisis data. Hal ini disarankan terutama bagi kamu yang ingin melanjutkan studi pascasarjana teknik industri.

2. Kemampuan berpikir kritis
Logika dan penalaran memang menjadi keterampilan yang harus dikuasai mahasiswa teknik industri. Dalam hal ini, kamu perlu mengidentifikasi masalah sekaligus menemukan solusi logis atau alternatif untuk mengatasinya suatu permasalahan.

3. Kemampuan berkomunikasi
Pada dasarnya keterampilan komunikasi menjadi skill penting yang perlu dikuasai oleh semua jurusan, tak terkecuali jurusan teknik.

Keterampilan seperti berbicara dan menulis penting bagi orang teknik industri, karena hal ini menjadi bagian dari pekerjaan mereka.

Di sini, kamu akan dituntut untuk menjelaskan konsep dan menghasilkan dokumentasi ke kolega kerjamu, dengan cara yang koheren dan jelas.

4. Keterampilan memecahkan masalah
Sebagai seorang industrial engineering, kamu mungkin akan banyak menghadapi beberapa masalah sekaligus. Misalnya, mulai dari tempat terbaik untuk menempatkan mesin di pabrik, hingga tentang persoalan keselamatan pekerja.

5. Kreativitas
Kreativitas adalah keterampilan yang berguna dalam merancang suatu proses.

Contohnya, kreativitas di sini dipakai untuk membuat strategi tujuan bisnis bisa tercapai tanpa harus mengeluarkan modal besar (mengurangi biaya dan tenaga kerja sekaligus sebagai mencapai tujuan bisnis yang sama).

Mata pelajaran jurusan teknik industri

Secara umum, jurusan teknik industri akan belajar mata pelajaran (fokus teknik industri) berikut ini:

  1. Manajemen proyek
  2. Manufaktur, produksi, dan distribusi
  3. Manajemen rantai persediaan
  4. Produktivitas, metode dan proses rekayasa
  5. Pengukuran dan peningkatan kualitas
  6. Program manajemen
  7. Ergonomi
  8. Perkembangan dan transfer teknologi
  9. Strategi perencanaan
  10. Manajemen perubahan
  11. Rekayasa keuangan

Prospek bidang kerja lulusan teknik industri

Lulusan teknik industri adalah seseorang yang menerapkan ilmu sains, matematika, dan teknik pada sistem yang kompleks.

Salah satu pekerjaan mereka yaitu berperan dalam menghilangkan pemborosan dalam produksi, dengan merancang sistem yang efisien dan menilai operasi untuk area yang perlu ditingkatkan.

Prospek kerja jurusan teknik industri cukup luas. Dilansir dari laman itb.ac.id, berikut adalah beberapa peluang bidang kerja lulusan teknik industri:

  • Bidang pemasaran
  • Bidang produksi atau operasi dan penjaminan mutu
  • Bidang konsultasi manajemen
  • Bidang manajemen sumber daya manusia
  • Bidang logistik
  • Bidang sistem informasi
  • Bidang operasi dan penjaminan mutu atau produksi

Itu tadi penjelasan seputar jurusan teknik industri dan beberapa pelajaran serta skill yang harus dikuasai. Apakah detikers tertarik untuk terjun di bidang ini?

Sumber: https://www.detik.com/