Manufaktur Tangkas

Dipublikasikan oleh Siti Nur Rahmawati

24 Agustus 2022, 14.39

www.tempoautomation.com

Manufaktur tangkas adalah istilah yang diterapkan pada organisasi yang telah menciptakan proses, alat, dan pelatihan untuk memungkinkannya merespons dengan cepat kebutuhan pelanggan dan perubahan pasar sambil tetap mengendalikan biaya dan kualitas. Ini sebagian besar terkait dengan lean manufacturing.

Faktor yang memungkinkan untuk menjadi produsen yang gesit adalah pengembangan teknologi pendukung manufaktur yang memungkinkan pemasar, perancang, dan personel produksi untuk berbagi basis data suku cadang dan produk yang sama, untuk berbagi data tentang kapasitas dan masalah produksi—terutama di mana awal kecil masalah mungkin memiliki efek hilir yang lebih besar. Ini adalah proposisi umum manufaktur bahwa biaya memperbaiki masalah kualitas meningkat saat masalah bergerak ke hilir, sehingga lebih murah untuk memperbaiki masalah kualitas pada titik sedini mungkin dalam proses.

Manufaktur tangkas dipandang sebagai langkah berikutnya setelah lean manufacturing dalam evolusi metodologi produksi. [rujukan?] Perbedaan utama antara keduanya adalah seperti antara orang kurus dan atletis, tangkas menjadi yang terakhir. Seseorang tidak bisa menjadi keduanya, satu atau keduanya. Dalam teori manufaktur, keduanya sering disebut sebagai leagile. Menurut Martin Christopher, ketika perusahaan harus memutuskan akan menjadi apa, mereka harus melihat siklus pesanan pelanggan (COC) (waktu pelanggan bersedia menunggu) dan waktu tunggu untuk mendapatkan persediaan. Jika pemasok memiliki waktu tunggu yang singkat, produksi ramping dimungkinkan. Jika COC pendek, produksi tangkas menguntungkan.

Manufaktur tangkas adalah pendekatan manufaktur yang berfokus pada pemenuhan kebutuhan pelanggan sambil mempertahankan standar kualitas yang tinggi dan mengendalikan biaya keseluruhan yang terlibat dalam produksi produk tertentu. Pendekatan ini diarahkan pada perusahaan yang bekerja di lingkungan yang sangat kompetitif, di mana variasi kecil dalam kinerja dan pengiriman produk dapat membuat perbedaan besar dalam jangka panjang untuk kelangsungan hidup dan reputasi perusahaan di antara konsumen.

Konsep ini erat kaitannya dengan lean manufacturing, dimana tujuannya adalah untuk mengurangi pemborosan sebanyak mungkin. Dalam lean manufacturing, perusahaan bertujuan untuk memotong semua biaya yang tidak terkait langsung dengan produksi suatu produk untuk konsumen. Manufaktur tangkas dapat mencakup konsep ini, tetapi juga menambahkan dimensi tambahan, gagasan bahwa permintaan pelanggan harus dipenuhi dengan cepat dan efektif. Dalam situasi di mana perusahaan mengintegrasikan kedua pendekatan, mereka kadang-kadang dikatakan menggunakan "manufaktur tangkas dan ramping". Perusahaan yang menggunakan pendekatan manufaktur tangkas cenderung memiliki jaringan yang sangat kuat dengan pemasok dan perusahaan terkait, bersama dengan banyak tim kooperatif yang bekerja di dalam perusahaan untuk mengirimkan produk secara efektif. Mereka dapat memperlengkapi kembali fasilitas dengan cepat, menegosiasikan perjanjian baru dengan pemasok dan mitra lain sebagai tanggapan terhadap perubahan kekuatan pasar, dan mengambil langkah lain untuk memenuhi permintaan pelanggan. Artinya, perusahaan dapat meningkatkan produksi pada produk dengan permintaan konsumen yang tinggi, serta mendesain ulang produk untuk merespon isu yang muncul di pasar terbuka.

Pasar dapat berubah dengan sangat cepat, terutama dalam ekonomi global. Sebuah perusahaan yang tidak dapat beradaptasi dengan cepat terhadap perubahan mungkin akan tertinggal, dan begitu sebuah perusahaan mulai kehilangan pangsa pasar, ia dapat jatuh dengan cepat. Tujuan dari agile manufacturing adalah untuk menjaga perusahaan tetap terdepan dalam persaingan sehingga konsumen memikirkan perusahaan itu terlebih dahulu, yang memungkinkannya untuk terus berinovasi dan memperkenalkan produk baru, karena stabil secara finansial dan memiliki basis dukungan pelanggan yang kuat.

Perusahaan yang ingin beralih ke penggunaan agile manufacturing dapat memanfaatkan konsultan yang berspesialisasi dalam membantu perusahaan mengubah dan meningkatkan sistem yang ada. Konsultan dapat menawarkan saran dan bantuan yang disesuaikan dengan industri tempat perusahaan terlibat, dan mereka biasanya berfokus untuk membuat perusahaan kompetitif secepat mungkin dengan teknik gesit yang terbukti. Ada juga sejumlah buku teks dan manual yang tersedia dengan informasi tambahan tentang teknik dan pendekatan manufaktur tangkas.

Pendekatan lain yang dikembangkan dengan menggabungkan atribut kelincahan bersama dengan lean di satu rantai pasokan adalah strategi hybrid lean-agile. Strategi blended lean-agile ini menggabungkan atribut leanness (minimalisasi biaya, pengurangan limbah, peningkatan berkelanjutan), agility (kecepatan, fleksibilitas, daya tanggap) dan leagility (kustomisasi massal, penundaan) dalam satu jaringan pasokan. Signifikansi aspek lean hybrid lebih tinggi di hulu rantai pasokan daripada dimensi kelincahan di simpul pemasok yang sama, dibandingkan dengan hilir rantai pasokan di simpul distributor yang lebih dekat dengan pelanggan, yang beroperasi dengan cara yang lebih gesit.

 

Sumber Artikel: en.wikipedia.org