Manfaat Manajemen Rantai Pasok Global bagi Perusahaan

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

06 Mei 2024, 11.37

sumber: pinterest.com

Perusahaan akan membuat rantai pasok global karena dapat mengurangi biaya. Perusahaan dapat memanfaatkan biaya produksi yang jauh lebih rendah dan juga dapat menggunakan layanan outsourcing. Layanan ini digunakan untuk membebaskan modal serta aktivitas non-inti untuk menghasilkan efisiensi dalam skala besar. Tidak hanya itu, biaya pengiriman, komunikasi, dan biaya terkait lainnya dapat turun dan berkurang.

Menjadi global melalui rantai pasokan global juga dapat membuat bisnis Anda memasuki pasar baru yang dapat mendukung pertumbuhan bisnis sekaligus memberikan akses ke teknologi baru melalui kemitraan perusahaan asing.

Global Supply Chain Management akan melibatkan semua perencanaan bagaimana semua rantai pasokan akan berfungsi dan juga terintegrasi satu sama lain. Tujuannya adalah untuk dapat meningkatkan pelayanan yang lebih optimal dan hemat biaya. Selain itu, juga mampu meningkatkan kecepatan dan jangkauan produk kepada pelanggan.

Manfaat manajemen rantai pasokan global
Di pasar global yang semakin modern ini, kemajuan teknologi komunikasi dan transportasi membuat pelanggan mengharapkan pasokan produk yang stabil dan teratur. Selain itu, produk dalam kondisi yang baik dan dapat diperoleh dengan harga serendah mungkin. Di pasar global, meskipun jaraknya jauh, sebagian besar produk, komoditas, dan bahan makanan akan dikirim dengan harga murah namun dengan kualitas dan kondisi yang baik.

Perusahaan Anda harus dapat menemukan cara agar fungsi rantai pasok ini dapat memenuhi permintaan pelanggan dan bahkan memproyeksikannya dengan biaya yang efektif. Jika perusahaan tidak dapat menghasilkan produk yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan maka akan membuat mereka kecewa.

Jika perusahaan memproduksi terlalu banyak, Anda harus membayar biaya pergudangan yang lebih mahal, yang dapat menyebabkan masalah keuangan dalam bisnis Anda. Persediaan yang tidak diambil dengan hati-hati dan produksinya tidak dipantau oleh perusahaan dapat menghadapi penarikan dan pengembalian produk massal dan hal ini yang dilakukan secara terus menerus dapat menyebabkan kehancuran finansial bagi perusahaan Anda.

Dengan manajemen rantai pasok global yang tepat, penghematan biaya dapat dilakukan. Manajemen ini dapat meningkatkan metode pemotongan serta biaya produksi tambahan. Selain itu, strategi perusahaan berbasis internasional ini telah melembaga. Beberapa strategi yang dapat digunakan perusahaan Anda adalah manufaktur Just In Time atau JIT yang digunakan sebagai pengurangan tingkat persediaan, biaya keseluruhan, variabilitas produk dan juga waktu produksi sekaligus meningkatkan kualitas produk.

Penyederhanaan manufaktur juga dapat dilakukan dengan manajemen rantai pasokan global. Rantai pasokan global mampu memproduksi barang dengan menggunakan lebih sedikit tenaga kerja, bahan baku, waktu dan ruang. Terakhir adalah strategi manajemen kualitas total yang digunakan untuk menanamkan kesadaran kualitas dalam semua strategi operasional.

Melihat beberapa manfaat tersebut, dapat disimpulkan bahwa Global Supply Chain ini memiliki banyak manfaat bagi perusahaan. Dengan menerapkan global supply chain ini, diharapkan bisnis perusahaan dapat bereaksi lebih cepat terhadap kondisi pasar yang tidak terduga. Selain itu, diharapkan strategi transportasi dapat lebih ditingkatkan, biaya dapat diminimalisir dan pemborosan biaya dapat dihilangkan.

Untuk manajemen rantai pasokan global yang efektif dan efisien Anda dapat menggunakan solusi dari SOLTIUS. Kami adalah perusahaan penyedia solusi IT terbaik di Indonesia dimana dengan solusi kami banyak perusahaan startup dan profesional yang dapat menyelesaikan setiap permasalahan dalam bisnis mereka dengan tepat.

Untuk mengatasi masalah dalam supply chain global dan melakukan manajemen yang lebih baik kami memiliki solusi berupa software JDA. Dengan solusi JDA ini, pengiriman dan pendistribusian barang dapat dilakukan secara sistematis dan otomatis. Anda dapat memonitor proses Global Supply Chain dari ujung ke ujung mulai dari perencanaan hingga pengiriman, solusi kami juga mampu menciptakan peningkatan profitabilitas perusahaan, hubungi kami untuk konsultasi lebih lanjut. 

Disadur dari: soltius.co.id