Manajemen Pengetahuan

Dipublikasikan oleh Nurul Aeni Azizah Sari

22 Mei 2024, 11.57

Sumber: document360.com

Ketika seorang karyawan memiliki pertanyaan, apakah anda membuat jawaban tersebut mudah ditemukan, atau apakah mereka dibiarkan menggaruk-garuk kepala? Apakah pengetahuan dikelola dengan baik di perusahaan anda atau apakah anda mengandalkan karyawan untuk saling berbagi pengetahuan diam-diam atau berpotensi mereproduksi pekerjaan yang berlebihan?

Sebagian besar perusahaan saat ini dipenuhi oleh para pekerja pengetahuan. Artinya, mereka bergantung pada ketersediaan dan keakuratan pengetahuan untuk menjalankan peran pekerjaan mereka. Dan ketika karyawan dikeluarkan dari produk yang berwujud, kualitas pikiran kolektiflah yang menentukan keberhasilan atau kegagalan perusahaan. Perusahaan-perusahaan yang masuk dalam daftar Fortune 500 kehilangan setidaknya $31,5 miliar per tahun karena gagal berbagi pengetahuan.

Itu berarti Anda memerlukan sistem manajemen pengetahuan untuk membantu anda mengatur dan berbagi pengetahuan ini di seluruh perusahaan Anda. Tanpa repositori pengetahuan yang terpusat, karyawan akan terpaksa mencari berbagai sumber untuk mendapatkan jawaban yang penting, sehingga membuang-buang waktu dan sumber daya.

Daftar isi
Apa itu manajemen pengetahuan?
Manajemen pengetahuan adalah penyimpanan, pengorganisasian, pengelolaan, dan berbagi pengetahuan dalam perusahaan mana pun. Manajemen pengetahuan bergantung pada orang, proses, dan teknologi untuk berhasil dan sering kali menjadi faktor yang menentukan apakah sebuah bisnis berkembang atau gagal.

Sistem Manajemen pengetahuan digunakan untuk memberikan akses kepada karyawan ke informasi penting melalui pencarian atau penemuan. Sistem ini diluncurkan dan dikelola oleh tim terpusat yang bertanggung jawab atas kualitas pengetahuan ini. Manajemen Pengetahuan dapat dimulai dengan menyimpan pengetahuan dalam satu set folder Google Drive, namun harus segera berkembang untuk memanfaatkan sistem manajemen [engetahuan profesional. KMS menawarkan semua fitur yang dibutuhkan karyawan untuk mencari dan mengambil pengetahuan dengan cepat tanpa harus meminta bantuan rekan kerja.

Pentingnya manajemen pengetahuan dalam perusahaan anda
Para pekerja pengetahuan bergantung pada pengetahuan terkini dan akurat untuk melakukan pekerjaan mereka dengan baik. Masalahnya, pengetahuan adalah aset yang terus berubah sehingga sulit bagi perusahaan untuk mengidentifikasi apa yang mereka ketahui dan tidak ketahui.

Seperti yang pernah dikatakan oleh pakar pengetahuan Peter Drucker, “Pengetahuan berbeda dengan sumber daya lainnya. Pengetahuan itu sendiri akan terus usang sehingga pengetahuan yang canggih hari ini bisa jadi merupakan ketidaktahuan esok hari. Dan pengetahuan yang penting tunduk pada perubahan yang cepat dan tiba-tiba.”

Manajemen pengetahuan adalah proses mengelola pengetahuan ini secara terus-menerus agar menjadi sumber daya yang berguna bagi karyawan anda. Sistem panajemen pengetahuan dapat secara teratur beradaptasi dengan perubahan dan menawarkan pengetahuan kepada karyawan dalam format yang paling sesuai untuk mereka.

Dengan sumber daya manajemen pengetahuan yang tepat, karyawan akan menjadi lebih produktif dan berkolaborasi secara lebih efektif dengan anggota tim Anda yang lain. Mereka akan menghemat waktu untuk mencari informasi dan juga diberdayakan untuk berbagi pengetahuan mereka sendiri, membantu pengembangan profesional.

Manfaat utama dari manajemen pengetahuan adalah:

Membuang lebih sedikit sumber daya dan lebih sedikit waktu karena karyawan diberdayakan untuk mencapai tujuan mereka
Kehilangan pengetahuan yang kurang penting karena karyawan kunci meninggalkan perusahaan dan membawanya bersama mereka
karyawan membuat keputusan yang lebih baik karena mereka memiliki akses ke pengetahuan yang dibutuhkan untuk melakukan pekerjaan mereka:

  • Bisnis beroperasi dengan keunggulan kompetitif yang signifikan dibandingkan saingan yang tertinggal dalam transfer dan pelestarian pengetahuan
  • Tertarik dengan Manajemen Pengetahuan Document360? Jadwalkan demo dengan salah satu pakar kami

Disadur dari: document360.com