Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja

Dipublikasikan oleh Syayyidatur Rosyida

22 Mei 2024, 08.20

sumber: pinterest.com

Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja - metode yang telah terbukti mengurangi risiko dan meningkatkan produktivitas. Hubungi kami jika Anda memiliki pertanyaan tentang sistem manajemen Kesehatan dan Keselamatan. 

Mengelola kesehatan dan keselamatan tidak harus rumit, mahal, atau memakan waktu. Bahkan lebih mudah dari yang Anda kira. Sertifikasi terhadap standar Kesehatan dan Keselamatan Kerja Internasional menunjukkan bahwa sebuah organisasi telah mempertimbangkan bagaimana mereka akan mengidentifikasi, mengelola, dan mengendalikan risiko kesehatan dan keselamatan.

Standar ini didasarkan pada proses manajemen 'rencanakan - lakukan - periksa - tindak', dan telah dirancang agar sesuai dengan standar manajemen ISO 9001 (kualitas) dan ISO 14001 (lingkungan). 

Dalam iklim yang menghargai kesehatan yang optimal, organisasi dari semua ukuran dan sektor industri sekarang menerapkan sistem manajemen sebagai kerangka kerja untuk meningkatkan kinerja kesehatan dan keselamatan mereka. Kesehatan dan keselamatan kerja merupakan bagian integral dari keberhasilan organisasi secara keseluruhan. 

Kegagalan untuk bertanggung jawab atas kesehatan dan keselamatan kerja di dalam organisasi Anda dapat menyebabkan konsekuensi serius, tidak hanya Anda berisiko terkena denda finansial yang besar, tetapi juga membahayakan keselamatan pekerja Anda. Hal ini kemudian dapat menimbulkan konsekuensi termasuk kerusakan reputasi dan melemahnya kinerja keuangan. 

Elemen-elemen utama dari sistem manajemen kesehatan dan keselamatan 

Terlepas dari ukuran atau jenis organisasi, sistem manajemen kesehatan dan keselamatan terbaik menerapkan pendekatan yang masuk akal berdasarkan pemahaman menyeluruh tentang bahaya dan risiko spesifik yang dihadapi organisasi setiap hari.

Hal ini membutuhkan kepemimpinan dan manajemen yang kuat, termasuk pengembangan proses bisnis yang tepat dan kesiapsiagaan darurat. Hal ini juga membutuhkan tenaga kerja yang terlatih dan kompeten yang bekerja dalam suasana saling percaya. Selain itu, diperlukan pendekatan yang konsisten dan berkelanjutan.

Sistem manajemen kesehatan dan keselamatan yang benar-benar efektif akan membentuk dan memelihara budaya keselamatan yang meresap ke seluruh organisasi. Sikap dan perilaku manajemen dan pekerja harus menunjukkan komitmen yang kuat terhadap lingkungan kerja yang lebih aman, jika tidak, sistem tersebut tidak akan menghasilkan hasil yang diinginkan. 

Kerangka kerja sistem manajemen kesehatan dan keselamatan

  • Identifikasi persyaratan hukum dan persyaratan lainnya
  • Struktur yang jelas untuk wewenang dan tanggung jawab
  • Tujuan yang terukur untuk perbaikan
  • Pendekatan terstruktur untuk penilaian risiko
  • Pendekatan yang terencana dan terdokumentasi untuk kesehatan dan keselamatan
  • Pemantauan masalah kesehatan dan keselamatan dan audit kinerja

Manfaat sistem manajemen kesehatan dan keselamatan

  • Mengurangi kecelakaan dan penyakit akibat kerja
  • Pengurangan stres dan peningkatan produktivitas
  • Pengurangan kemungkinan membayar biaya hukum dan kompensasi
  • Peningkatan dalam risiko penjaminan

Peningkatan kesadaran mengurangi kemungkinan melakukan pelanggaran

Fakta bahwa perusahaan Anda menempatkan fokus yang lebih kuat pada manajemen kesehatan dan keselamatan membantu meningkatkan kesadaran akan pentingnya keselamatan di tempat kerja di seluruh organisasi Anda. Pada gilirannya, pekerja akan menjadikan keselamatan sebagai fokus utama saat mereka melakukan aktivitas sehari-hari.

Semangat kerja karyawan yang lebih baik

Ketika pekerja mengetahui bahwa atasan mereka peduli dengan kesehatan dan keselamatan mereka, mereka merasa lebih baik untuk datang ke tempat kerja setiap hari, dan mereka juga lebih cenderung melakukan pekerjaan mereka dengan sikap yang positif. Semangat kerja yang tinggi cenderung meningkatkan kepuasan kerja, yang pada akhirnya dapat menurunkan pergantian karyawan.

Orang ingin bekerja untuk perusahaan yang menghargai karyawannya. Menerapkan sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja menunjukkan bahwa perusahaan Anda peduli dengan kesejahteraan pekerjanya, yang dapat membantu Anda menarik lebih banyak kandidat berkualitas.

Meningkatkan prospek jangka panjang perusahaan anda

Jika Anda berharap untuk memperluas operasi Anda di kemudian hari dan memiliki sistem manajemen kesehatan dan keselamatan kerja, lembaga keuangan mungkin akan lebih bersedia meminjamkan uang kepada Anda, karena hal ini menunjukkan bahwa perusahaan Anda dikelola dengan baik dan berkomitmen untuk meminimalkan risiko. Anda juga dapat meningkatkan peluang Anda untuk menarik mitra bisnis atau investor baru.

Disadur dari: nqa.com