Klasifikasi dan Terminologi Simulasi

Dipublikasikan oleh Admin

11 April 2024, 04.02

Simulasi manusia di luar angkasa

Simulasi

Simulasi, suatu konsep yang mengacu pada bagaimana suatu proses atau sistem berperilaku di dunia nyata, diinterpretasikan melalui model. Biasanya, model digunakan sebagai dasar simulasi, dengan model yang mewakili karakteristik atau perilaku utama sistem tertentu, dan simulasi menunjukkan evolusi model dari waktu ke waktu. Namun secara umum simulasi juga dapat diartikan sebagai pengujian tersendiri ketika suatu model digunakan sebagai basis. Simulasi biasanya dilakukan dengan menggunakan komputer dan sistem atau prosesnya dapat direalisasikan sepenuhnya.

Penggunaan simulasi tersebar luas dalam berbagai konteks, termasuk optimasi dan optimalisasi kinerja, metode pengujian dan pelatihan, serta di bidang pendidikan dan video game. Dalam sains, simulasi digunakan untuk memodelkan sistem alam atau manusia untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang proses dan interaksi dalam sistem tersebut. Simulasi juga memungkinkan peneliti untuk mengeksplorasi berbagai skenario dan dampak dari tindakan yang diambil, bahkan di area dimana sistem nyata tidak dapat diakses, berisiko, atau tidak mungkin untuk diuji.

Namun, pemodelan dan simulasi juga merupakan tantangan. Proses ini melibatkan pengumpulan data empiris, memilih fitur dan perilaku utama yang relevan dengan pembuatan model, dan menggunakan metode dan asumsi sederhana. Validitas hasil simulasi juga penting, sehingga validasi dan verifikasi model menjadi bagian penting dalam pengembangan simulasi, terutama dalam konteks pengembangan teknologi computer vision.

Klasifikasi dan terminology

Meskipun simulasi berkembang secara independen di beberapa bidang, kemajuan teori sistem dan Internet pada abad ke-20, serta meluasnya penggunaan komputer di mana-mana, membawa konsep-konsep ini dan pandangan yang lebih sistematis.

Misalnya, simulasi fisik menggunakan objek fisik untuk mewakili suatu sistem atau proses, dipilih karena lebih efisien atau lebih murah dibandingkan menggunakan objek, sistem, atau Simulasi interaktif adalah bentuk interaksi manusia yang spesifik, seperti pilot pesawat atau supir taksi.

Simulasi berkelanjutan dan simulasi kejadian diskrit adalah dua cara utama untuk memodelkan perubahan sistem seiring waktu. Simulasi stokastik memperhitungkan perubahan acak dalam proses, sedangkan simulasi deterministik tidak memperhitungkan fenomena acak.

Ada juga variasi simulasi, termasuk simulasi hybrid, yang menggabungkan pendekatan kontinu dan diskrit, dan simulasi terdistribusi, yang menggunakan banyak komputer untuk menjalankan simulasi. Simulasi paralel mempercepat kinerja dengan mendistribusikan tugas ke beberapa prosesor, memodelkan dan mensimulasikan sebagai layanan yang dapat diakses melalui Internet.

Konsep lainnya mencakup fidelitas simulasi, yang menggambarkan seberapa baik simulasi mencerminkan situasi dunia nyata, dan lingkungan sintetik, yang contohnya dapat dimasukkan ke dalam Person-In-The-Loop. Simulasi juga digunakan dalam analisis kegagalan untuk menentukan penyebab kegagalan peralatan dengan menciptakan lingkungan yang sesuai. Jenis simulasi ini memungkinkan pengguna untuk memodelkan sistem yang kompleks dan mendapatkan wawasan berharga tentang pengoperasian sistem di dunia nyata.

Simulasi computer

Simulasi komputer adalah upaya untuk memodelkan situasi nyata atau hipotetis pada komputer untuk mempelajari cara kerja sistem. Dengan mengubah variabel dalam simulasi, Anda dapat memprediksi perilaku sistem. Simulasi komputer adalah alat yang sangat berguna untuk memodelkan banyak sistem alam dalam fisika, kimia, dan biologi, serta sistem manusia dalam bidang ekonomi dan kehidupan sosial, seperti ilmu komputer. Di bidang teknik, simulasi komputer memberikan wawasan tentang cara kerja sistem.

Misalnya, dalam simulasi lalu lintas jaringan, perilaku model berubah bergantung pada parameter awal yang dipertimbangkan untuk lingkungan tertentu. Di masa lalu, pemodelan formal sistem dilakukan dengan menggunakan model matematika untuk menemukan solusi analitis guna memprediksi perilaku sistem dari parameter dan kondisi awal. Namun, simulasi komputer digunakan sebagai tindakan tambahan, dalam tindakan lain di mana solusi analitis tidak memungkinkan.

Ada berbagai jenis simulasi komputer, termasuk simulasi Monte Carlo, pemodelan stokastik, dan pemodelan multimetode. Jenis simulasi ini memiliki tujuan yang sama. Dengan kata lain, untuk membuat model situasi yang mewakili model yang mustahil, tidak mungkin mewakili semua situasi yang mungkin terjadi.

Berbagai paket perangkat lunak telah dikembangkan untuk melakukan pemodelan simulasi komputer, sehingga membuat pemodelan menjadi lebih mudah. Dalam konteks modern, istilah "otomasi komputer" mencakup hampir semua deskripsi sistem komputer.

Ilmu Komputer

Dalam ilmu komputer, konsep simulasi memiliki beberapa arti berbeda. Misalnya, Alan Turing menggunakan istilah "perhitungan" untuk merujuk pada proses dimana mesin tujuan umum membangun tabel transisi. Dengan kata baru, ini adalah pengalihan lahan, integrasi dan produksi sistem pemerintahan yang terpisah. Dengan kata lain, komputer mensimulasikan mesin target. Dalam konteks komputasi teoritis, istilah "paralel" penting untuk memahami hubungan antara sistem transisi keadaan, yang berguna untuk mempelajari indikator kinerja.

Dalam ilmu komputer, konsep simulasi memiliki banyak arti berbeda. Misalnya, Alan Turing menggunakan istilah "promosi" untuk menggambarkan proses dimana mesin serba guna menjalankan tabel silang. Dengan kata lain, transisi negara, integrasi dan produksi sistem manajemen independen. Dengan kata lain, komputer mensimulasikan sistem target. Dalam konteks komputasi teoretis, istilah "paralel" penting untuk memahami hubungan antara sistem peralihan status, yang berguna untuk mempelajari metrik kinerja.

Simulator juga berguna untuk menguji pohon kesalahan atau menguji desain logika VLSI sebelum konstruksi fisik. Simulasi simbolik menggunakan variabel untuk mewakili nilai yang tidak diketahui. Di bidang optimasi, simulasi proses fisik digunakan bersama dengan pengembangan perangkat lunak untuk mengoptimalkan strategi operasional. Oleh karena itu, simulasi memainkan peran penting dalam ilmu komputer dalam berbagai konteks, mulai dari pengembangan program hingga manajemen optimasi strategis.

Disadur dari: en.wikipedia.org