Kisah Sukses Mantan Insinyur Alih Profesi Jadi Petani Sayur di Swiss

Dipublikasikan oleh Nadia Pratiwi

07 Mei 2024, 11.05

Sumber: food.detik.com

Kisah sukses alih profesi menjadi petani kerap mencuri perhatian. Kali ini datang dari mantan insinyur yang kini sukses mengelola pertanian di Swiss.

Seorang pria yang dulunya berprofesi sebagai insinyur memiliki kisah hidup yang menarik. Kini, ia justru sukses menjadi petani sayur dan menginspirasi banyak orang.

Dilansir dari World of Buzz (22/2), seorang pria bernama Eryzal Zainal membagikan kisahnya kepada Berita Harian di Malaysia bagaimana profesi petani bisa mengubah hidupnya. Dulunya Eryzal adalah seorang insinyur di bidang telekomunikasi, minyak, dan gas.

Eryzal (41) menceritakan kalau dirinya dulu bekerja di sebuah perusahaan di Malaysia. Kemudian, berhenti bekerja pada 2014 dan fokus pada proyek konservasi di Malaysia.

Setelah itu, ia dan sang istri yang merupakan orang Swiss berkeliling dunia. Mereka menjadi sukarelawan di pertanian berbagai negara.

Sampai akhirnya, Eryzal dan istrinya memulai usaha di bidang pertanian dengan sebidang tanah kecil di samping rumahnya di Swiss. Mereka mulai menetap di Swiss sejak 2017.

Usaha pertanian kecil itu semakin berkembang dengan bantuan dari tetangga yang mendukungnya. Sebelumnya, Eryzal juga bekerja serabutan di desa dan kini memutuskan menjadi petani penuh waktu.

Eryzal mengungkapkan bagaimana mereka memanfaatkan barang apapun yang mereka miliki. Seiring berjalannya waktu, alat pertanian bisa mereka tingkatkan dan kini menjalankannya dengan bantuan traktor.

Ia dan sang istri bercocok tanam aneka sayuran. "Sekarang, kami menghasilkan sekitar aneka jenis sayuran salad yang berbeda setiap minggunya. Bersama dengan 20 kg selada, 50 kg lobak merah, dan 70 kg tomat. Semua hasilnya kami jual di pasar," ungkap Eryzal.

Kisah Eryzal ini mampu menjadi inspirasi banyak orang. Ia membuktikan bahwa banting stir dari pekerjaan sebelumnya juga bisa sukses asalkan tekun dan sabar menjalaninya.

Sumber: https://food.detik.com/