Kenali, Ragam Gaya Arsitektur di Seluruh Dunia (I)

Dipublikasikan oleh Merlin Reineta

04 Maret 2022, 11.48

Piramida Giza (google.com)

Berkelana ke sejumlah negara dalam rangka mengenal budaya setempat, tak lengkap jika melewatkan keindahan arsitekturnya.

Kita mengenal bangunan-bangunan hebat, terbuat dari batu, yang kokoh berdiri hingga sekarang, atau bahkan yang memengaruhi peradaban dunia, namun tak tahu langgam arsitekturnya.

Padahal, di balik bangunan kokoh itu tersimpan filosofi, konsep, kisah, dan juga sejarah yang menyertainya.

Berikut bagian pertama dari dua tulisan gaya arsitektur yang masih menjadi inspirasi para perancang dalam membangun sebuah desain bangunan yang kami urut berdasarkan masanya. Bagian kedua bisa dibaca pada tautan berikut: Kenali Ragam Gaya Arsitektur di Seluruh Dunia (I)

1. Arsitektur Mesir Kuno, 3050 SM-900 SM
 Piramida Djoser (google.com)
Tidak mengherankan jika peradaban di Mesir paling berpengaruh dalam sejarah arsitektur, termasuk piramida. Namun demikian, piramida bukanlah satu-satunya struktur yang mewakili ekspresi arsitektural orang Mesir. Sebelum membangun piramida, orang Mesir merancang kreativitasnya dengan membangun kompleks candi yang sangat detail, gedung adminitrasi, kuil, makam dan rumah-rumah pribadi dan bangsawan. 

Salah satu ikon dari arsitektur Mesir berupa piramida pertama bernama Djoser di Saqqara, dan Piramida di Giza berasal dari Kerajaan Lama (2613-2181 SM). Keduanya dianggap sebagai puncak kejayaan bakat dan keterampilan yang diperoleh pada waktu itu. Gaya arsitektur klasik juga terinspirasi dari beberapa fitur dari gaya arsitektur ini, termasuk obelisk di Roma dan motif kolom bergaya di Yunani. 

2. Arsitektur Klasik (Yunani dan Romawi), 850 SM-476 M

 Ilustrasi Arsitektur Klasik Kuil Bacchus Baalbek, Lebanon(Fred Nassar)

Arsitektur klasik adalah gaya arsitektur yang mencakup struktur yang awalnya dibangun oleh orang Yunani dan Romawi Kuno. Desain arsitektur berkembang pada abad ke-5 SM di Yunani dan abad ke-3 M di Roma. Jenis arsitektur ini telah menjadi pilar inspirasi bagi para arsitek dari generasi ke generasi. Beberapa arsitek terkenal yang terinspirasi oleh desain arsitektur ini adalah arsitek Victoria, yang terkadang menciptakan replika persis bentuk klasik. Mereka juga mengadopsi pendekatan eklektik yang melibatkan penggabungan motif dan bentuk klasik untuk menciptakan gaya baru.

3. Arsitektur Gotik, 1150-1530 M

Saat Halloween, menginap di The Witchery by Castle bisa jadi tempat yang tepat bagi penyuka dunia sihir. Hotel ini awalnya dibangun untuk pedagang pada tahun 1.595 dan saat ini masih mempertahankan arsitektur gotik dan lengkap dengan pintu rahasia dan kamar lilin.(The Huffington Post) 

Sebagian besar gereja paling terkenal di Eropa bergaya arsitektur Gotik. Di Perancis dan negara Eropa lainnya, akan ditemui kombinasi kubah berusuk, lengkungan runcing, dan penopang terbang menghiasi sebagian besar struktur. Jika Anda pernah ke salah satu gereja yang terinspirasi gaya arsitektur Gotik ini, akan melihat sejumlah besar cahaya masuk dari jendela kaca patri yang menerangi gereja secara unik.  Contoh arsitektur Gotik Perancis yang terkenal adalah Notre Dame dan Katedral Milano yang menjulang tinggi menampilkan kemegahan langgam Gotik di Italia.

4. Arsitektur Mesoamerika,  2000 SM-1519 M

Piramida El Castillo(JELENASEF )

Arsitektur Mesoamerika atau arsitektur Pra-Columbus mencakup bangunan yang dibangun oleh budaya asli yang membentang dari Meksiko tengah hingga Kosta Rika Utara di Amerika Tengah. Pada masa perancangan arsitektur ini, kegiatan perencanaan kota didominasi berdasarkan kepercayaan mitologis dan agama. Masyarakat setempat percaya bahwa gaya dan desain arsitektur melambangkan iman mereka.

Desain arsitektur ini terutama diidentifikasi dengan arsitektur Maya dan piramida berundak. Strukturnya terkenal karena penggunaan batu yang berat. Mereka menggunakan tenaga kerja yang sangat besar sebagai cara inovatif untuk mengatasi hambatan teknologi mereka. Piramida El Castillo adalah contoh yang sangat baik dari arsitektur Pra-Columbus ini. Banyak arsitek telah terinspirasi oleh gaya arsitektur ini, terutama Frank Lloyd Wright, yang menerapkannya pada abad ke-20 antara tahun 1920-an dan 1930-an.

5. Arsitektur Bizantium,  527-1453 M  

 Haga Sophia(wikipedia)

Arsitektur Bizantium muncul ketika Konstantin mengubah ibu kota Kekaisaran Romawi menjadi Konstantinopel pada tahun 330 M. Konstantinopel sekarang dikenal sebagai Istanbul. Pada era ini, pembangunan gereja menggabungkan penggunaan denah salib Yunani dan bahan bangunan seperti batu bata dan mortar. Bahan bangunan ini digunakan untuk membentuk pola geometris rumit yang dirancang untuk tujuan dekoratif. Sebagian besar strukturnya yang paling ikonik muncul pada masa kejayaan kekaisaran yaitu sekitar periode era tengah. Hagia Sophia merupakan salah satu kreasi rancangan paling ikonik dari desain arsitektur yang merefkleksikan teknik Bizantium.

Sumber Artikel: Kompas.com